10 Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak dan Oleh-oleh Pilihan


Reni  May 18, 2018  0 Comment

Ada banyak sekali makanan khas Cianjur yang bisa dipilih dan paling enak. Bahkan oleh-oleh yang ada di sana pun bisa menjadi hadiah untuk orang tua dan juga sanak keluarga. 10 Makanan khas Cianjur terkenal paling enak dan oleh-oleh pilihan antara lain yaitu :

1. Laksa Cianjur

Laksa Cianjur

wisataku.id

Mungkin saja Anda baru pertama kali mendengar mengenai Laksa Cianjur. Jenis makanan ini memiliki rasa yang enak dajuga mengundang selera. Apabila Anda melihat sekilas hampir mirip dengan gulai. Anda bisa mencobanya sendiri untuk mengetahui rasa yang ditawarkan.

Ada banyak sekali penjual laksa namun untuk mendapatkan yang paling enak bisa meminta rekomendasi orang pribuminya.

Cilok, Salah Satu Jajanan Khas Kota Bandung.

Menikmati Kuliner Klasik Di Braga Permai Resto

2. Roti manis Tan Keng Cu

Roti manis Tan Keng Cu

wisataku.id

Apabila Anda memiliki kegemaran mengkonsumsi roti. Maka jenis kuliner yang satu ini cocok untuk Anda. Sedikit informasi untuk Anda bahwa roti ini berdiri sejak tahun 1926. Anda bisa mengkonsumsi roti yang memiliki tekstur yang manis dan pembuatannya juga masih menggunakan cara tradisional.

3. Geco

Geco

inilah-sukabumi.blogspot.co.id

Geco ini adalah makanan khas dari Cianjur yang berarti tauge dan tauco. Untuk itu saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk menikmatinya. Nama yang unik ini akan semakin membuat orang terpikat karena rasanya yang lezat.

Apabila di daerah lainnya maka akan dirasakan mirip dengan kupat tahu. Untuk itu apabila siang hari Anda merasaka lapar pesan geco ditambahkan teh manis pasti bisa mengobati rasa lapar yang dirasakan.

Baca juga :  10 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Kepulauan Nias

4. Kentang stick

Kentang stick

food.detik.com

Untuk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang bisa memilih kentang stick. Anda bisa menghidangkan makanan ini sebagai camilan saat bersantai dengan pasangan atau keluarga. Sedikit informasi bagi Anda yang merasa ingin mengetahui mengenai makanan ini bahwa terbuat dari kentang dan digoreng kering. Kemudian diberikan bumbu khas yang membuat penikmatnya tidak ingin berhenti mengunyah.

5. Asinan dan manisan buah

Asinan dan manisan buah

apasih.web.id

Saat siang hari dan dirasakan udara panas. Maka camilan yang bisa menjadi kudapan ringan adalah asinan dan manisan buah. Untuk rasa dari kedua makanan ini adalah asam manis atau asam pedas. Biasanya didalamnya ada buah dan sayuran yang dipotong-potong kemudian diberikan kuah khas sebagai bumbunya.

6. Moci

Moci

tokopedia.com/cianjurstore

Makanan yang satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh saat Anda berkunjung ke Cianjur. Terbuat dari isian bagian dalam kacang tanah dan bagian luar tepung kanji. Sehingga rasa lezat akan dirasakan saat mengkonsumsinya bersama teh hangat. Anda bisa membeli beberapa box sebagai oleh-oleh dari Cianjur.

7. Roti popon

Roti popon

tempatwisataindonesia.id

Makanan khas yang hanya ada di Kota Cianjur adalah roti popon. Meskipun dibuat rumahan saja namun rasa yang enak membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Bahkan apabila dibandingkan dengan roti yang dijual di mal besar juga tidak kalah saing mengenai rasanya.

Sedikit informasi untuk Anda bahwa jenis roti ini memiliki isian berupa coklat dan pisang coklat. Sehingga membuat wisatawan yang membelinya menjadi ketagihan.

8. Sate maranggi

Sate maranggi

commons.wikimedia.org

Sate maranggi ini juga sangat terkenal di Cianjur. Hal ini karena bumbu yang sederhana berupa bumbu bacem untuk dioleskan pada daging sate tersebut. Pada saat membakarnya dipastikan bahwa bumbu menjadi semakin meresap ke dalamnya.

Baca juga :  11 Makanan Khas Ambon Enak Banget No 7 Pasti Kamu Belum Tahu

Untuk satu tusuk satenya bisa dijual hingga dua ribu lima ratus. Apabila ditambahkan dengan nasi juga memiliki harga dua ribu lima ratus. Nasi tersebut dijual dengan bungkus pisang sehingga akan terasa semakin nikmat.

9. Keripik singkong

Keripik singkong

keripikpedasgrosir.blogspot.co.id

Untuk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang juga ada keripik singkong. Cara pengolahannya sangat sederhana hanya dengan memilih singkong dengan kualitas unggulan. Dikupas dan diiris tipis untuk selanjutnya direndam menggunakan air bumbu.

10. Bubur Cianjur

Bubur Cianjur

pergikuliner.com

Tak hanya Jakarta saja yang memiliki bubur khas namun kota Cianjur pun memiliki bubur yang bisa menjadi sarapan pagi. Namun ada yang istimewa pada jenis bubur Cianjur dibandingkan bubur lainnya yaitu diberikan potongan berupa ati, usus dan ampela ayam.

Untuk jeroan ayam ini dimasak menggunakan kuah kuning dan ditambahkan dengan risol. Sehingga membuat cita rasa bubur ini menjadi semakin gurih dan enak.

Dengan demikian akan membantu untuk menjadikan keripik memiliki rasa yang lezat. Keripik kemudian digoreng dan diberikan dua bumbu berupa biasa dan juga pedas.

Jika Anda telah mengetahui mengenai jenis makanan khas Cianjur terkenal paling enak + oleh-oleh pilihan yang bisa dibawa pulang. Maka usahakan untuk memilih jenis yang Anda sukai untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih di rumah.

Selain itu kenali juga mengenai tips yang akan membantu membuat liburan yang dilakukan menjadi terkendali dan tidak membuat kantong menjadi bolong. Beberapa tips yang sebaiknya dilakukan saat berwisata agar kantong boros antara lain yaitu:

• Usahakan sebelum Anda berangkat untuk liburan mulailah dengan mencari beberapa refensi tempat makan selama berada di sana. Carilah tempat makan yang hits dan memberikan harga terjangkau. Sehingga tidak mendadak dan membuat Anda sembarang mencari makanan. Hal inilah yang membuat Anda menjadi boros dalam hal makan.

Baca juga :  10 Cake & Bakery Terkenal di Eropa yang Wajib Anda Kunjungi

• Mulailah dengan menetapkan budget untuk makan saat berada di kawasan wisata. Sehingga Anda akan mulai mengetahui mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali makan. Dengan perhitungan yang tepat membuat Anda menjadi lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran yang ada.

• Pengaturan pada saat ingin liburan memang bisa dilakukan dengan baik. Misalnya saja apabila Anda dirasakan memang memiliki dana yang terbatas. Usahakan memilih liburan pada waktu hari kerja. Umumnya apabila hal ini dilakukan akan menjadi lebih murah harga makanan bahkan ada promo yang diberikan.

• Mulailah untuk lebih selektif dalam memilih tempat untuk makan. Hindari sembarangan dalam pemilihannya karena bisa saja Anda datang ke tempat yang menawarkan harga yang mahal. Untuk itu silahkan untuk melihat mengenai daftar harga yang disediakan atau bertanya kepada penjual. Sedangkan langkah yang bisa diambil tanpa masuk ke tempat makan adalah meminta referensi orang lain.

• Pastikan untuk menanyakan harga pada makanan dan jangan memesan sebelumnya. Hal ini karena menurut pengalaman yang ada kebanyakan penjual akan sembarangan menetapkan harga apabila tidak bertanya terlebih dahulu.

• Jika tidak memiliki sama sekali referensi tempat makan. Maka bisa melihat mengenai banyaknya orang yang membeli. Dengan demikian akan mudah diketahui apakah rasa yang enak atau harga yang terjangkau. Hindari memilih tempat makan yang sepi karena bisa saja rasa yang tidak enak atau mahal.

• Meskipun harga yang murah untuk tempat makan yang dipilih atau direkomendasikan. Namun usahakan untuk memilih juga mengenai kebersihan tempat makan. Hal ini berhubungan dengan kesehatan Anda. Anda tentu saja tidak ingin pada saat liburan namun masuk rumah sakit. Tentu saja hal ini akan menjadi sia-sia. Pastikan kebersihan dengan melihat lingkungan sekitar dan tempat masak jika mudah terlihat.



Leave a Reply