Keunikan Rasa 10 Makanan Khas Palestina bikin Lidah Bahagia


sisil angelin  May 28, 2019  0 Comment

Makanan Khas Palestina tak hanya lezat tapi juga menyehatkan. Palestina merupakan Negara dengan mayoritasnya adalah penduduk muslim. Negara yang memiliki konflik dengan Israel ini sendiri memiliki banyak sekali keunikan dan juga ciri khasnya yang sangat menarik untuk diketahui selain dari tempat wisata atau mungkin sejarah dari Negara Palestina itu sendiri. Salah satunya adalah makanan khasnya yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Palestina yang wajib Anda coba ketika berkunjung kesana.

1. Baklava

Baklava
foodnetwork.com

Makanan khas Palestina yang pertama adalah Baklava. Makanan ini merupakan makanan yang berupa lapisan pastry yang renyah dan memiliki cita rasa manis, karena dimasak diatas pinggan panas yang kemudian akan disajikan dengan siraman air sirup ataupun madu selain sebagai perekat setiap lapisannya. Tak lupa, makanan ini juga diisi dengan potongan kacang Pistachio, Almond ataupun Walnut yang sudah dicincang sebagai isiannya dan taburan di atasnya. Jadi, dapat disimpulkan makanan ini akan sangat cocok bagi Anda pecinta makanan bercita rasa manis.

Gotravelly

Banyu Mili Rseto & Cafe ; Tempat Nongkrong Hits Di Tawangmangu Tawarkan View Pegunungan

Bersantai Sore Di Hutan Pinus Wanus Kediri

2. Hummus

Hummus
simplyrecipes.com

Hummus merupakan makanan yang paling legendaris di Palestina karena sudah ratusan tahun hadir di wilayah Timur Tengah. Oleh karena itu, makanan ini akan sangat sayang jika dilewatkan ketika Anda ke daerah sana.

Hummus milik negara Palestina tentunya cukup berbeda dari hummus dari Negara-negara lain. Makanan ini sendiri memiliki tekstur yang lembut dan juga lumer ketika sudah masuk ke mulut mirip dengan tekstur bubur pada umumnya. Makanan ini terbuat dari beberapa bahan, diantaranya wijen giling, kacang arab, zaitun, garam, dan juga bawang putih. Selain itu, makanan ini akan cocok jika disajikan sebagai cocolan roti, bola ayam ataupun daging.

3. Maqluba

Maqluba

YouTube.com

Jika di Indonesia ada nasi uduk, maka di Palestina ada maqluba. Nah, Maqluba sendiri merupakan makanan berupa nasi yang sudah dibumbui dengan bumbu khas Palestina dan tentunya makanan ini sangat populer bagi para wisatawan dunia. Bahan utama dari makanan khas palestina ini sendiri terdiri dari nasi, bumbu-bumbu rempah, daging ayam atau bisa juga daging kambing, dan tak ketinggalan sayuran sebagai pelengkap.

Menariknya, makanan ini dihidangkan dengan cara membalikkan panci yang digunakan untuk memasak dan kemudian dihidangkan langsung di atas piring. Biasanya makanan ini juga diberi taburan seperti kacang almond, kacang tanah, daun seledri, dan juga kismis di atasnya.

4. Sahlab

Sahlab
myoliveroots.org

Kuliner ini sebenarnya berupa minuman tradisional yang biasanya dihidangkan pada saat bulan Ramadhan saja. Minuman ini berbentuk seperti puding krim yang terbuat dari susu panas dan dicampur dengan tepung sahlab yang diberi gula dan kemudian dibumbui dengan kayu manis, dan juga kacang-kacangan. Tentunya minuman ini memiliki cita rasa yang creamy. Minuman ini bisa disajikan baik ketika masih hangat maupun dingin. Dan tentunya sama-sama nikmat.

5. Frikeh

Frikeh

Storgram

Makanan khas Palestina ini adalah makanan berupa sereal yang terbuat dari gandum durum hijau, jenis gandum yang terbaik untuk membuat berbagai olahan pasta seperti makaroni, spageti, dan produk pasta yang lainnya. Gandum durum sendiri memiliki kadar protein yang tinggi sehingga Anda akan cepat kenyang dan tidak mudah lapar ketika mengonsumsinya sehingga cocok bagi Anda yang sedang diet dan mencari makanan yang sehat. Makanan ini juga bisa Anda temukan di beberapa Negara selain Palestina seperti Mesir, Yordania, Algeria, dan juga Tunisia.

6. Halloumi

Halloumi
thespruceeats.com

Halloumi merupakan makanan berupa keju yang bertekstur semi lembut. Makanan ini akan enak untuk disantap baik dengan cara dipanggang atau juga bisa digoreng. Halloumi terbuat dari campuran susu kambing, domba dan sapi atau campuran susu diantaranya.

Halloumi memlki rasa yang asin karena ditambahkan garam sebagai pengawetnya. Oleh karena itu, rasanya gurih dan sekaligus juga asin . Tak jarang pula, keju jenis ini akan ada yang ditambahkan dengan daun mint. Daun mint sendiri juga berfungsi sebagai bahan pengawet untuk keju ini. Sehingga dapat disimpulkan, Halloumi aman dikonsumsi karena mengandung bahan pengawet yang alami. Maka tak heran jika jenis keju yang satu ini sangat populer di daerah Timur Tengah.

7. Basbousa

Basbousa

Cooktube.com

Basbousa merupakan makanan khas Palestina berupa cemilan kue yang manis dan terbuat dari tepung semofina atau farina yang sudah dimasak sebagai bahan utamanya. Untuk cara membuatnyapun tepung tersebut direndam terlebih dahulu ke dalam larutan sirup. Makanan ini juga disajikan bersama bahan tambahan yaitu kelapa. Jika tidak ada sirup, maka bisa digantikan dengan air bunga jeruk atau bisa juga dengan air mawar.

8. Sup lentil

Sup lentil

Sup lentil merupakan makanan favorit bagi warga Palestina yang cocok untuk menghangatkan badan. Sup ini cocok bagi Anda yang vegetarian dan juga penikmat daging sekaligus. Sup ini terbuat dari kacang lentil, yakni kacang yang tinggi akan serat sebagai bahan utamanya. Oleh karena itu pula, sup ini juga terdiri dari lentilan yang berwarna-warni seperti warna hijau, merah, cokelat, kuning atau hitam dan bahkan ada juga yang tanpa kulit sehingga tidak berwarna sesuai dengan jenis kacang lentil yang digunakan.

Untuk menikmati makanan yang satu ini, Anda bisa menambahkannya dengan daging. Sup lentil juga terkenal di beberapa Negara lain selain Palestina seperti Negara Lebanon dan juga Syiria.

9. Shish kebab

Shish kebab
andrewzimmern.com

Shish kebab merupakan salah satu jenis kebab yang juga sangat populer di Palestina. Makanan khas Palestina ini merupakan makanan yang populer yang berupa potongan daging yang ditusuk dan kemudian dibakar. Untuk membuatnya Anda bisa menyiapkan bahan utama dari Shish Kebab itu sendiri yaitu berupa potongan daging ayam, kambing, ataupun sapi yang dimasak dengan cara ditusuk dan kemudian dipanggang hingga matang. Terkadang makanan ini juga diselipi dengan beberapa potongan sayuran. Makanan yang satu ini terbilang hampir mirip dengan makanan khas yang biasa kita temukan di wilayah Kaukasus yaitu Shashlik.

10. Tahini

Tahini
daringgourmet.com

Makanan khas Palestina ini adalah makanan yang berupa bumbu dan bertekstur seperti saos atau selai kacang. Tahini terbuat dari biji wijen dan juga kulit jagung yang sudah dipanggang. Makanan ini dapat disajikan sebagai celupan atau cocolan dari beberapa makanan utama seperti Hummus, Baba ghanoush, dan juga Halva. Oleh karena itu, makanan yang berupa bumbu ini juga banyak dipakai pada masakan wilayah Mediterania seperti Yunani, Israel, Turki, Armenia, Afrika utara, Siprus, Lebanon,Levantine. Manfaat dari makanan Tahini itu sendiri adalah kandungan asam lemak baik omega 3 maupun 6 yang tinggi sehingga baik bagi kesehatan Anda.

Nah, itulah beberapa makanan khas Palestina yang sayang untuk Anda dilewatkan. Sudah tertarik untuk mencoba? Meskipun demikian, masih banyak lagi jenis makanan yang bisa Anda coba ketika berada di sana selain yang telah disebutkan seperti di atas. Jadi, Anda perlu mencobanya agar tahu sensasi dan kenikmatan dari beberapa makanan tersebut. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply