7 Kuliner Wajib Coba di Simpang Lima Semarang Yang Enak Banget!


Reni  October 4, 2019  0 Comment

Simpang Lima merupakan salah satu lokasi yang paling terkenal, jika anda berkunjung ke kota Semarang. Bahkan bisa dibilang, jika Simpang Lima merupakan jantung dari kota Semarang. Tempat yang satu ini memang seringkali dijadikan pilihan oleh para wisatawan atau bahkan warga asli, untuk berburu kuliner khas Simpang Lima yang nikmat dan terkenal.

Banyak wisata kuliner yang bisa anda temukan, terutama wisata kuliner malam hari yang terkenal. Banyak berbagai jenis makanan yang dijual, dimulai dari camilan hingga makanan berat sekalipun. Namun memang banyak wisatawan, yang sengaja untuk datang dan ingin menikmati berbagai camilan agar dapat mencoba banyak makanan yang dijual di Simpang Lima.

1. Pecel bu Sumo

 Pecel bu Sumo

Diantara banyaknya kuliner khas Simpang Lima, pecel bu Sumo merupakan salah satu kuliner yang wajib anda coba. Warung yang satu ini bahkan sudah sangat terkenal oleh banyak warga Semarang atau warga lokal disana. Bukan merupakan tempat makan baru, namun pecel bu Sumo ini memang sudah ada sejak 1965 silam. Menarik bukan?

Bukan hanya di Simpang Lima saja, namun memang pecel bu Sumo ini sudah membuka banyak cabang yang tersebar di wilayah Semarang. Namun memang jika anda berkunjung ke Simpang Lima, makanan yang satu ini salah satu makanan yang wajib untuk anda coba. Perpaduan pecel dan juga aneka lauk pauk dengan bumbu kacang hingga sayur, yang membuatnya spesial.

Anda juga dapat memilih berbagai lauk yang anda inginkan, disajikan dengan nasi yang hangat. Diantara banyaknya lauk yang ada, lauk telur dan ayam, hingga kakap merupakan pilihan yang paling favorit. Salah satu tips untuk anda yang ingin mengunjungi pecel bu Sumo, datanglah dari pagi mulai jam 6 hingga sore jam 3 sebelum kehabisan.

Gotravelly

Sekar Kedaton: Makan Mewah Ala Keraton Khas Yogyakarta

Yamie Panda: Sasaran Pecinta Mie Yogyakarta!

2. Soto ayam mbak Lin

 Soto ayam mbak Lin

Bukan hanya pecel, namun wisata kuliner yang memang juga menjadi khas di Simpang Lima ini adalah soto ayam. Soto ayam mbak Lin merupakan soto ayam yang paling nikmat, terutama jika dinikmati saat hujan atau dengan udara yang sejuk. Berbeda dengan soto ayam lainnya, soto ayam milik mbak Lin ini tidak menggunakan kuah dari santan seperti soto pada umumnya.

Dalam hal ini, soto ayam disajikan bersamaan dengan nasi hangat, daun seledri ditambah dengan suiran ayam yang ditabur di soto. Namun jika anda menyukai lontong, anda juga dapat menikmati soto ayam dengan lontong lalu lauk tambahan yang dimilikinya. Lauk tersebut dapat berupa tempe goreng, sate telur, perkedel, sate kerang, otak goreng hingga paru goreng.

3. Nasi pecel yu Sri

Nasi pecel yu Sri

Makanan lainnya yang juga menjadi kuliner yang khas jika berkunjung ke Simpang Lima, adalah nasi pecel. Selain bu Sumo, nasi pecel milik yu Sri ini juga sangat terkenal dan nikmat. Bahkan warung nasi pecel ini sudah sangat terkenal jika anda berkunjung ke Semarang. Pecel yang dibuat yu Sri, memiliki rasa yang sangat nikmat dan juga gurih.

Namun jika anda tidak menginginkan pecel, anda juga dapat menikmati makanan lainnya yang disajikan seperti salah satunya nasu gudangan. Anda juga dapat menambah lauk seperti sate telur, sate ati hingga lauk lainnya. Tempat makan yang satu ini memang sangat cocok, untuk anda yang lapar saat tengah malam karena memang buka hingga jam 4 subuh.

4. Tahu gimbal pak Edy

Tahu gimbal pak Edy

Jika anda bosan dengan hidangan soto atau bahkan pecel, anda dapat langsung mencoba makanan tahu gimbal pak Edy. Warung yang satu ini,juga tidak kalah terkenal jika dibandingkan dengan 3 warung makan sebelumnya. Bahkan warung tahu gimbal yang dimiliki pak Edy ini, sudah terkenal sejak tahun 70-an.

Namun walaupun sudah berumur tua, namun cita rasa makanan yang diberikan tidak berubah sejak dahulu dan masih menjadi favorit banyak orang. Hal inilah juga yang membuat warung ini semakin ramai dari pengunjung, walaupun baru buka di sore hari. Bahkan makanan yang dijual selalu habis dan membuat banyak orang harus cepat untuk bisa mendapatkan tahu gimbal.

Makanan yang dijual disini adalah tahu gimbal, dimana tahu gimbal ini merupakan tahu yang diisi dengan lontong, tahu, peyek dan juga berbagai lalapan yang menambah kesegarannya seperti irisan kubis dan juga tauge. Anda juga bisa menikmati telurnya yang nikmat, dengan saus kacang yang pedas dan juga gurih karena petis yang dimilikinya.

5. Lumpia mataram

 Lumpia mataram

Jika anda mampir atau berkunjung ke Semarang, dalam hal ini anda harus mencoba untuk menikmati lumpia. Lumpia ini merupakan salah satu makanan yang khas di Simpang Lima. Lokasi dari warung lumpia ini, merupakan salah satu lokasi terbaik yang banyak dipilih oleh masyarakat dan wisatawan. Memang sebenarnya lumpia merupakan makanan perpaduan.

Makanan tersebut merupakan perpaduan antara Indonesia dan juga Tionghoa. Namun memang sudah menjadi makanan yang khas di Simpang Lima Semarang. Kedai yang satu ini sudah lama ada, dan bahkan sudah merupakan usaha turun menurun dari keluarga Siem. Bahkan sudah diturunkan di 4 generasi. Untuk dapat mencicipinya, anda bisa langsung berkunjung ke kedai Lumpia yang satu ini.

6. Tahu petis Semarang

 Tahu petis Semarang

Bukan rahasia lagi, jika tahu petis sudah menjadi makanan yang khas di Sematang. Tahu petis merupakan tahu yang diolah dengan cara di goreng, namun memang sebelum digoreng terlebih dahulu di belah dan dilapisi dengan bahan petis. Makanan yang satu ini sangat berkembang pesat di Jawa, terutama Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Salah satu perbedaan tahu petis Semarang dengan tahu petis di daerah lainnya, adalah tekstur yang dimiliki oleh petis tersebut. Untuk daerah lain seperti Banyuwangi, disajikan dengan bentuk yang encer namun untuk Simpang Lima Semarang, lebih disajikan dengan kental dan lengket. Rasa petis yang dimilikinya juga tidak terlalu manis, namun tetap nikmat dan membuat ketagihan.

Selain itu, yang membuat unik tahu petis di Semarang ini adalah gaya makannya yang diisi di tahu petis bukan hanya di cocol seperti gaya makan tahu petis di daerah lainnya.

7. Nasi pecel mbak Sador

Nasi pecel mbak Sador

Kuliner di Simpang lima Semarang lainnya yang juga menjadi salah satu makanan yang khas di Simpang Lima, adalah nasi pecel mbak Sador. Nasi pecel yang satu ini merupakan nasi pecel yang paling laris di kawasan Simpang Lima. Bahkan untuk anda yang ingin memesannya, harus mengantre terlebih dahulu. Nasi pecel yang satu ini, dilapisi dengan 7 lapis daun pisang.

Memang porsi untuk nasi yang dimilikinya tidak terlalu banyak, dan masih termasuk ke dalam porsi yang standar. Namun sayuran yang menjadi layuknya, cukup banyak dan memiliki banyak jenis. Selain itu, jenis sayuran tersebut bisa berupa kacang panjang, kubis, daun papaya, kecambah dan masih banyak lagi.

Masih banyak lagi kuliner khas Simpang Lima yang wajib untuk anda coba. Jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas yang ada, selain itu anda juga bisa membawanya pulang untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang ke kota asal anda.



Leave a Reply