Kuliner

10 Makanan Khas Nganjuk Rasanya Bikin Merindu Kampung Halaman

Di Indonesia banyak sekali daerah – daerah yang memiliki banyak makanan khas terutama di daerah jawa yaitu daerah yang sangat dikenal dengan makanan – makanan khas yang sangat beragam terutama di daerah Nganjuk. Makanan di Nganjuk jawa timur sangatlah unik dan pastinya lezat maka dari itu bagi Anda yang ingin berwisata ke Nganjuk maka Anda harus mencicipi beberapa makanan khas Nganjuk, berikut ini akan saya berikan beberapa jenis makanan khas Nganjuk yang harus Anda coba.

Sego Banting

makanan khas Nganjuk.
malang-guidance.com

Makanan khas Nganjuk yang pertama adalah sego banting, makanan khas Nganjuk yang satu ini tidak boleh sampai Anda lewatkan karena pada dasarnya sego banting hampir mirip dengan sego kucing yang biasa kita temukan di angkringan – angkringan pinggir jalan.

Tapi tetap ada sesuatu yang membedakan antara segi banting dan sego kucing yaitu perbedaanya terletak pada porsi dari kedua nasi ini jika sego banting akan cenderung lebih banyak dari sego kucing dan juga didalam sego banting sudah ditambahi dengan sambel cabai merah yang pastinya akan membuat rasa dari sego banting yang lebih mantap dan pedas.

Nasi Tumpang khas Nganjuk

Makanan khas Nganjuk yang kedua adalah nasi tumpang khas Nganjuk, bagi Anda yang sering datang ke Nganjuk pastinya sudah tidak asing lagi dengan nasi tumpang khas Nganjuk. Nasi tumpang ini merupakan makanan yang paling terkenal di Nganjuk yaitu nasi yang disiram dengan sambal tumpang dan setelah itu ditambahkan dengan daun kulup.

Sambal tumpang ini adalah sambal khas dari Nganjuk yang dibuat dari tempe busuk atau tempe yang sudah difermentasikan terlebih dahulu. Setelah itu tempe yang sudah difermentasikan tadi dicampur dengan bumbu yang khas dan juga rempah yang kemudian dimasak dan setelah itu disajikan dengan nasi tumpang.

Kerupuk Pecel khas Nganjuk

Makanan khas Nganjuk yang ketiga adalah kerupuk pecel khas Nganjuk. Makanan khas Nganjuk yang satu ini adalah sebuah kerupuk yang dibakar dan setelah itu dicampur dengan beberapa sayuran segar. Nah untuk cara penyajiannya kerupuk pecel ini biasanya disajikan dengan sayuran yang berupa capar atau biasa kita kenal dengan toge, bayam, kenikir, mbayung, rebung dan kacang panjang. Dan juga setelah itu biasanya makanan kerupuk pecel ini akan dilumuri dengan bumbu pecel yang sangat menggoda dan pastinya akan menambah cita rasa dari makanan ini.

Nasi pecel khas Nganjuk

makanan khas Nganjuk.
putratravel.net

Makanan khas Nganjuk yang keempat adalah nasi pecel khas ngajuk. Nasi pecel khas Nganjuk ini memang jika dilihat sekilas tidak ada perbedaanya dengan nasi pecel biasanya tapi ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari nasi pecel khas Nganjuk ini yaitu penambahan sayuran yaitu kulupan kembang turi dan juga cara penyajiannya dengan dilumuri sambel kuah kacang dan tempe goreng sebagai pelengkapnya. Rasa dari sambel kacang Nganjuk ini juga sedikit mempunyai ciri khas yang berbeda jika dibandingkan dengan sambel pecel lainnya.

Kerupuk Upil khas Nganjuk

makanan khas Nganjuk.
eyerdiningtyas02.student.umm.ac.id

Makanan khas kota Nganjuk yang kelima adalah kerupuk yang mempunyai bentuk mungil dan kerupuk ini sering disebut dengan kerupuk upil khas Nganjuk. Walaupun namanya sedikit membuat jijik tapi dari segi rasa kerupuk ini sama sekali tidak menjijikan. Kerupuk ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan juga kerupuk ini digoreng dengan tanpa menggunakan minyak jadi kerupuk ini digoreng menggunakan pasir dan yang pastinya pasir yang digunakan untuk menggoreng sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Dumbleng khas Nganjuk

makanan khas Nganjuk.
goodnewsfromindonesia.id

Makana khas Nganjuk yang selanjutnya adalah dumbleng, dumbleng ini memiliki bentuk dan tekstur seperti dodok. Dumbleng khas Nganjuk ini terbuat dari gula jawa, tepung ketan dan pastinya santan kelapa. Tapi jika Anda ingin membuat dari tepung beras juga bisa. Makanan dumbleng khas Nganjuk ini memiliki rasa yang legit dan manis nah bagi Anda yang ingin mencoba dumleng ini Anda bisa menemukan dan membelinya di pasar gondang.

Tepo Mbah Umbuk

Makanan khas Nganjuk yang ketujuh adalah tepo mbah umbuk, makanan khas Nganjuk yang satu ini tidak kalah lezatnya karena tepo mbah umbruk ini adalah sebuah makanan khas yang berbentuk dan juga dibuat dan memiliki bentuk seperti lontong dan terlebih lagi tepo mbah umbruk ini dibungkus menggunakan daun pisang yang pastinya akan lebih membuat aroma dan rasa makanan ini lebih mantap. Tepo mbah umbruk ini bisa disajikan dengan kacang tolo atau kacang panjang yang hanya diambil bijinya saja. Makanan khas Nganjuk ini dimasak dengan bumbu khas yang akan membuat cita rasa dari makanan ini begitu mantap dan lezat.

Nasi becek khas Nganjuk

makanan khas Nganjuk.
ragaminfo.com

Makanan khas Nganjuk yang selanjutnya adalah nasi becek. Nah nasi becek ini adalah salah satu makanan yang mempunyai bentuk dan rasa seperti kari kambing tapi perbedaanya adalah isi dari sego atau nasi becek ini hampir sama seperti soto babat jadi bisa dikatakan sego becek ini adalah penggabungan dari kari kambing dan soto babat. Nasi atau sego bebek ini berisi potongan – potongan sate kambing yang telah dilepaskan dari tusuknya. Makanan khas Nganjuk ini hampir memiliki cita rasa yang sama seperti makanan – makanan sejenisnya di daerah solo dan sekitarnya.

Nasi jagung sadudo khas Nganjuk

Makanan khas Nganjuk yang selanjutnya adalah nasi jagung sadudo khas Nganjuk, masakan ini adalah sebuah nasi jagung yang disajikan dengan cara dipincuk dengan daun pisang dan setelah itu ditambah dengan beberapa sayuran yang sudah matang dan juga sambal kelapa, rempeyek dan juga ikan asin yang ketika semua tadi masuk kedalam mulut Anda dan bercampur maka akan sangat mampu memanjakan lidah Anda dan pastinya dengan harga yang sangat terjangkau di kantong Anda

Asem – asem kambing

Makanan khas Nganjuk yang terakhir adalah asem – asem kambing khas Nganjuk, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan khas Nganjuk ini karena banyak sekali orang yang menjual makanan khas ini terutama di daerah Nganjuk utara. Asem – asem kambing khas Nganjuk ini terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan daun kedondong dan juga bumbu – bumbu lainnya yang pastinya akan menjadikan rasa masakan yang segar dan juga asam maka dari itu tak salah jika makanan khas Nganjuk ini sangat cocok disantap saat siang hari.

Nah itulah 10 makanan khas Nganjuk yang semoga jika Anda sedang berkunjung ke daerah Nganjuk bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk berkuliner. Dan juga semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang makanan – makanan khas daerah di Indonesia yang pastinya sangat beragam sekali bentuk, rasa dan juga cara penyajiannya.

Join The Discussion