23 Makanan Khas Nganjuk Rasanya Bikin Rindu Kampung Halaman


sisil angelin  March 14, 2019  0 Comments

Makanan Khas Nganjuk – Di Indonesia banyak sekali daerah – daerah yang memiliki banyak makanan khas terutama di daerah jawa yaitu daerah yang sangat dikenal dengan makanan – makanan khas yang sangat beragam terutama di daerah Nganjuk. Makanan di Nganjuk jawa timur sangatlah unik dan pastinya lezat maka dari itu bagi Anda yang ingin berwisata ke Nganjuk maka Anda harus mencicipi beberapa makanan khas Nganjuk,

Nganjuk merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki sejuta pesona yang menawan. Mendapat julukan sebagai Kota Angin atau Kota Bayu, Nganjuk memiliki banyak spot wisata menarik untuk dikunjungi. Seperti Situs Budaya, situs bersejarah, danau, bukit dan air terjun. Tak hanya memiliki destinasi wisata, Nganjuk juga memiliki segudang kuliner khas yang nikmat.

Berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di sebelah utara, Kabupaten Jombang di sisi timur, Kabupaten Madiun di sebelah barat dan kabupaten ponorogo dan Kediri di sebelah selatan, membuat kuliner khas Nganjuk ini juga dipengaruhi dengan kuliner dari beberapa daerah tersebut. Kuliner khas Nganjuk memang cukup beragam, bahkan beberapa diantaranya bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat di rumah. Kuliner Nganjuk ini pilihannya beragam, ada mulai dari cita rasa manis, asin, gurih hingga pedas pun ada. Bahkan, makanan khas Kota Angin ini bisa membuat siapapun yang mencobanya langsung ketagihan.Berikut ini akan saya berikan beberapa jenis makanan khas Nganjuk yang harus Anda coba

Makanan Khas Nganjuk

1. Sego Banting

 Sego Banting
malang-guidance.com

Makanan khas Nganjuk yang pertama adalah sego banting, makanan khas Nganjuk yang satu ini tidak boleh sampai Anda lewatkan karena pada dasarnya sego banting hampir mirip dengan sego kucing yang biasa kita temukan di angkringan – angkringan pinggir jalan.

Tapi tetap ada sesuatu yang membedakan antara segi banting dan sego kucing yaitu perbedaanya terletak pada porsi dari kedua nasi ini jika sego banting akan cenderung lebih banyak dari sego kucing dan juga didalam sego banting sudah ditambahi dengan sambel cabai merah yang pastinya akan membuat rasa dari sego banting yang lebih mantap dan pedas.

Nyobain Lezatnya Nasi Becek Khas Nganjuk

Mencicipi Lezatnya “Bakso Mama” Bakso Legendaris Di Kota Santri

2. Nasi Tumpang khas Nganjuk

Nasi Tumpang khas Nganjuk

azzamaviero.com

Makanan khas Nganjuk yang kedua adalah nasi tumpang khas Nganjuk, bagi Anda yang sering datang ke Nganjuk pastinya sudah tidak asing lagi dengan nasi tumpang khas Nganjuk. Nasi tumpang ini merupakan makanan yang paling terkenal di Nganjuk yaitu nasi yang disiram dengan sambal tumpang dan setelah itu ditambahkan dengan daun kulup.

Sambal tumpang ini adalah sambal khas dari Nganjuk yang dibuat dari tempe busuk atau tempe yang sudah difermentasikan terlebih dahulu. Setelah itu tempe yang sudah difermentasikan tadi dicampur dengan bumbu yang khas dan juga rempah yang kemudian dimasak dan setelah itu disajikan dengan nasi tumpang.

3. Kerupuk Pecel khas Nganjuk

Kerupuk Pecel khas Nganjuk

cookpad.com

Makanan khas Nganjuk yang ketiga adalah kerupuk pecel khas Nganjuk. Makanan khas Nganjuk yang satu ini adalah sebuah kerupuk yang dibakar dan setelah itu dicampur dengan beberapa sayuran segar. Nah untuk cara penyajiannya kerupuk pecel ini biasanya disajikan dengan sayuran yang berupa capar atau biasa kita kenal dengan toge, bayam, kenikir, mbayung, rebung dan kacang panjang. Dan juga setelah itu biasanya makanan kerupuk pecel ini akan dilumuri dengan bumbu pecel yang sangat menggoda dan pastinya akan menambah cita rasa dari makanan ini.

4. Nasi pecel khas Nganjuk

Nasi pecel khas Nganjuk
putratravel.net

Makanan khas Nganjuk yang keempat adalah nasi pecel khas ngajuk. Nasi pecel khas Nganjuk ini memang jika dilihat sekilas tidak ada perbedaanya dengan nasi pecel biasanya tapi ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari nasi pecel khas Nganjuk ini yaitu penambahan sayuran yaitu kulupan kembang turi dan juga cara penyajiannya dengan dilumuri sambel kuah kacang dan tempe goreng sebagai pelengkapnya. Rasa dari sambel kacang Nganjuk ini juga sedikit mempunyai ciri khas yang berbeda jika dibandingkan dengan sambel pecel lainnya.

Baca juga :  5 Nasi Uceng Paling Enak Di Blitar Dengan Rasa Enak menggigit Lidah

5. Kerupuk Upil khas Nganjuk

Kerupuk Upil khas Nganjuk
eyerdiningtyas02.student.umm.ac.id

Makanan khas kota Nganjuk yang kelima adalah kerupuk yang mempunyai bentuk mungil dan kerupuk ini sering disebut dengan kerupuk upil khas Nganjuk. Walaupun namanya sedikit membuat jijik tapi dari segi rasa kerupuk ini sama sekali tidak menjijikan. Kerupuk ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan juga kerupuk ini digoreng dengan tanpa menggunakan minyak jadi kerupuk ini digoreng menggunakan pasir dan yang pastinya pasir yang digunakan untuk menggoreng sudah dibersihkan terlebih dahulu.

6. Dumbleng khas Nganjuk

 Dumbleng khas Nganjuk
goodnewsfromindonesia.id

Makana khas Nganjuk yang selanjutnya adalah dumbleng, dumbleng ini memiliki bentuk dan tekstur seperti dodok. Dumbleng khas Nganjuk ini terbuat dari gula jawa, tepung ketan dan pastinya santan kelapa. Tapi jika Anda ingin membuat dari tepung beras juga bisa. Makanan dumbleng khas Nganjuk ini memiliki rasa yang legit dan manis nah bagi Anda yang ingin mencoba dumleng ini Anda bisa menemukan dan membelinya di pasar gondang.

7. Tepo Mbah Umbuk

Tepo Mbah Umbuk

ResepKoki.id

Makanan khas Nganjuk yang ketujuh adalah tepo mbah umbuk, makanan khas Nganjuk yang satu ini tidak kalah lezatnya karena tepo mbah umbruk ini adalah sebuah makanan khas yang berbentuk dan juga dibuat dan memiliki bentuk seperti lontong dan terlebih lagi tepo mbah umbruk ini dibungkus menggunakan daun pisang yang pastinya akan lebih membuat aroma dan rasa makanan ini lebih mantap. Tepo mbah umbruk ini bisa disajikan dengan kacang tolo atau kacang panjang yang hanya diambil bijinya saja. Makanan khas Nganjuk ini dimasak dengan bumbu khas yang akan membuat cita rasa dari makanan ini begitu mantap dan lezat.

8. Nasi becek khas Nganjuk

Nasi becek khas Nganjuk
ragaminfo.com

Makanan khas Nganjuk yang selanjutnya adalah nasi becek. Nah nasi becek ini adalah salah satu makanan yang mempunyai bentuk dan rasa seperti kari kambing tapi perbedaanya adalah isi dari sego atau nasi becek ini hampir sama seperti soto babat jadi bisa dikatakan sego becek ini adalah penggabungan dari kari kambing dan soto babat. Nasi atau sego bebek ini berisi potongan – potongan sate kambing yang telah dilepaskan dari tusuknya. Makanan khas Nganjuk ini hampir memiliki cita rasa yang sama seperti makanan – makanan sejenisnya di daerah solo dan sekitarnya.

9. Nasi jagung sadudo khas Nganjuk

Nasi jagung sadudo khas Nganjuk

PicBon.com

Makanan khas Nganjuk yang selanjutnya adalah nasi jagung sadudo khas Nganjuk, masakan ini adalah sebuah nasi jagung yang disajikan dengan cara dipincuk dengan daun pisang dan setelah itu ditambah dengan beberapa sayuran yang sudah matang dan juga sambal kelapa, rempeyek dan juga ikan asin yang ketika semua tadi masuk kedalam mulut Anda dan bercampur maka akan sangat mampu memanjakan lidah Anda dan pastinya dengan harga yang sangat terjangkau di kantong Anda

10. Asem – asem kambing

Asem - asem kambing

cookpad.com

Makanan khas Nganjuk yang terakhir adalah asem – asem kambing khas Nganjuk, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan khas Nganjuk ini karena banyak sekali orang yang menjual makanan khas ini terutama di daerah Nganjuk utara. Asem – asem kambing khas Nganjuk ini terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan daun kedondong dan juga bumbu – bumbu lainnya yang pastinya akan menjadikan rasa masakan yang segar dan juga asam maka dari itu tak salah jika makanan khas Nganjuk ini sangat cocok disantap saat siang hari.

11. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang
kompasiana.com

Makanan khas Nganjuk yang tak boleh untuk anda lewatkan selanjutnya adalah gethuk pisang. Gethuk pisang ini sebenarnya berasal dari Kediri, namun makanan ini juga banyak ditemukan di Nganjuk karena lokasinya yang berdekatan.

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Cita rasa yang ditawarkan pun cukup unik dan pastinya bisa membuat siapapun ketagihan. Gethuk pisang ini juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Nganjuk yang bisa anda bawa pulang karena bisa tahan lama.

Baca juga :  7 Rekomendasi Kuliner Khas Yang Enak di Nunukan

12. Sate Kenul

Sate Kenul
cookpad.com

Jika anda adalah pecinta sate, maka anda wajib untuk mencoba makanan khas Nganjuk yang satu ini, yaitu Sate Kenul. Sate Kenul ini merupakan olahan sate daging kambing yang diberi bumbu kelapa muda parut. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan sayur usik.

Sayur usik ini adalah sajian berkuah berbahan dasar potongan daging kambing bercampur tulang sapi yang kemudian diberi bumbu rempah-rempah. Biasanya sate kenul ini banyak ditemukan di Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen. Sate kenul ini juga menjadi salah satu kuliner legendaris Nganjuk dan selalu ada di setiap hajatan, bahkan sate ini menjadi ikon kuliner Nganjuk sampai saat ini.

13. Bebek Korek

Bebek Korek
wisatadanhotelmurah.com

Kalau anda menyukai kuliner dengan olahan bebek, anda wajib untuk mencoba Bebek Korek ini. Bebek Korek merupakan salah satu makanan khas Nganjuk yang populer dan paling digemari oleh wisatawan.

Bebek Korek ini merupakan sajian bebek goreng yang dipadukan dengan sambal korek yang pedas namun tetap nikmat. Daging bebek goreng ini terasa sangat nikmat dan teksturnya lembut. Apalagi jika dipadukan dengan sambal koreknya yang pedas. Biasanya bebek korek ini dinikmati dengan nasi hangat dan lalapan sehingga terasa lebih nikmat.

14. Onde-Onde Ketawa atau Njeblos

Onde Onde Ketawa atau Njeblos
azzamaviero.com

Makanan khas Nganjuk yang satu ini juga tak kalah populer dan wajib untuk Anda coba, yaitu Onde-onde Ketawa atau Njeblos. Jajanan khas Nganjuk yang satu ini terbuat dari bahan tepung terigu yang dicampur dengan soda kue sehingga menjadikan adonannya kalis. Adonan tersebut dibentuk bulatan dan digulingkan pada wijen kemudian digoreng.

Setelah digoreng, onde-onde ini memiliki bentuk yang merekah bagaikan bibir orang yang tertawa. Itulah mengapa makanan ini diberi nama onde-onde ketawa. Perbedaan onde-onde ketawa ini dengan onde-onde lainnya adalah pada bentuk dan bahan yang digunakan. Onde-onde ketawa ini memiliki tekstur yang kering dan renyah tanpa isian apapun.

15. Manisan Mangga

Manisan Mangga
usaharumahan.id

Mangga merupakan salah satu komoditi yang dihasilkan oleh Kota Nganjuk dan menjadi salah satu hasil alam yang cukup melimpah. Maka tak perlu heran jika mangga cukup banyak ditemukan disana, bahkan mangga juga diolah menjadi berbagai macam olahan, salah satunya adalah Manisan Buah Mangga.

Manisan buah mangga ini cukup populer dan banyak sekali penggemarnya, tak heran jika manisan mangga menjadi salah satu makanan khas Nganjuk yang paling dicari. Manisan mangga disini terkenal sangat nikmat dan segar. Bahkan manisan mangga ini bisa bertahan lama hingga 10 hari sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jika anda ingin membelinya, anda bisa langsung berkunjung ke pusat oleh-oleh di Kota Nganjuk karena hampir semua toko oleh-oleh menjual manisan mangga ini. Bahkan, ragam jenis mangganya juga beragam, seperti mangga podang, manalagi, madu, gadung dan lainnya. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau, yaitu Rp 7.000,- hingga Rp 10.000,- per mika.

16. Keripik Mangga

Keripik Mangga
tokodimas.com

Selain menjadi manisan, buah mangga juga bisa olah menjadi keripik, lho. Keripik mangga ini juga merupakan salah satu makanan khas Nganjuk yang cukup populer karena juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

dibuat dari buah mangga sebagai bahan utamanya yang diiris tipis-tipis kemudian dikeringkan selama beberapa hari sebelum tiba di tahap terakhir pengolahannya, yaitu digoreng dalam minyak panas. Keripik mangga ini sangat renyah dan memiliki cita rasa unik yaitu perpaduan dari manis dan asam. Keripik ini sangat cocok dinikmati saat bersantai atau sedang berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

17. Keripik Tempe

Keripik Tempe
kuka.co.id

Makanan khas Nganjuk selanjutnya juga masih berupa keripik, yaitu keripik tempe. Keripik tempe memang dikenal sebagai salah satu kuliner yang cukup banyak ditemukan di Nganjuk dan juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Keripik tempa khas Nganjuk ini dibuat dari bahan-bahan murni tanpa campuran tepung sagu. Minyak untuk menggoreng keripik ini juga menggunakan minyak pilihan dengan kualitas terbaik sehingga sangat sehat dan tidak membuat sakit tenggorokan. Keripik tempe ini juga sangat mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Nganjuk atau di pedagang kelontong pinggir jalan. Untuk harganya pun cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 25.000,- per kemasan.

Baca juga :  10 Makanan Indonesia Yang Sering Dibawa Traveller ke Luar Negeri

18. Rempeyek Kacang

Rempeyek Kacang
umkmkitabisa.com

Mulanya rempeyek kacang menjadi makanan khas Jombang, namun sekarang rempeyek kacang ini juga banyak ditemukan di kabupaten Nganjuk sehingga sajian ini kemudian menjadi salah satu makanan khas Nganjuk yang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Rempeyek kacang terbuat dari tepung beras dan kacang tanah sebagai bahan utamanya. Agar terasa makin gurih dan nikmat, adonan tersebut kemudian dibumbui dengan rempah-rempah khas baru kemudian digoreng di dalam minyak panas hingga mengeras seperti kerupuk. Rempeyek ini bisa bertahan lama dan biasanya disajikan sebagai teman makan nasi pecel atau bisa juga sebagai camilan saat bersantai.

19. Bawang Goreng

Bawang Merah Goreng Crunchy
biggo.id

Nganjuk juga dikenal sebagai salah satu kabupaten penghasil bawang merah terbanyak di Indonesia. Untuk itu, bawang merah goreng juga menjadi salah satu makanan khas Nganjuk yang patut untuk anda coba.

Bawang merah goreng kriuk khas Nganjuk ini memang terbilang istimewa dan berbeda dengan bawang goreng pada umumnya. Pasalnya, bawang goreng kriuk ini tersedia dalam beberapa varian, yaitu original, pedas dan asin. Tekstur bawang goreng ini benar-benar crunchy dan tidak mudah melempem meskipun telah disimpan beberapa hari. Bawang merah goreng kriuk ini bisa anda dapatkan banyak toko oleh-oleh yang ada di Nganjuk dengan harga yang cukup terjangkau.

20. Brem

Brem
umkmkitabisa.com

Brem juga merupakan salah satu makanan khas Nganjuk yang cukup banyak diburu. Awalnya, brem dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Madiun, namun sekarang brem juga bisa anda temukan di Nganjuk dan juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Nganjuk yang cukup banyak diburu.

sebuah jajanan yang terbuat dari sari tebu yang difermentasikan kemudian dikeraskan. Brem memiliki cita rasa manis bercampur asam dan mudah hancur saat ditahan di lidah. Brem bisa tahan lama dan tidak mudah basi meskipun telah berbulan-bulan disimpan.

ibanderol dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per kotak. Anda juga bisa menemukannya dengan mudah di pusat oleh-oleh Nganjuk.

21. Sagon

Sagon
putratravel.net

Makanan khas Nganjuk yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah sagon. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar kelapa murni tanpa bahan campuran apapun.

memiliki cita rasa gurih yang nikmat dengan sedikit sensasi manis sedikit. Sagon ini dibuat dengan cara dipanggang menggunakan oven hingga parutan kelapa murni tersebut mengeras. Sagon ini biasanya disajikan sebagai kue lebaran atau bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh karena mampu bertahan lama dan bentuknya tidak mudah hancur. Kue sagon ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 20.000,- per bungkusnya. Anda bisa membeli sagon ini di pedagang pinggir jalan, pusat oleh-oleh atau langsung datang ke pabriknya yang berada di sekitar Nganjuk.

22. Beras Kencur

Beras Kencur
shopee.co.id

Beras Kencur adalah minuman khas Nganjuk yang cukup populer dan bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas disana. Beras kencur dikenal sebagai salah satu varian jamu yang cukup banyak diminati karena memiliki segudang manfaat.

memiliki cita rasa manis dan sedikit getir, namun tetap terasa segar apalagi jika dinikmati saat dingin. Beras kencur ini memiliki manfaat meningkatkan nafsu makan seseorang sehingga banyak dicari. Apalagi harga yang dibanderol cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 5.000 per botolnya. Salah satu beras kencur yang cukup terkenal di Nganjuk adalah Beras Kencur Nirwana yang memiliki rasa nikmat dan bisa bertahan hingga satu minggu. Beras kencur ini juga cocok untuk buah tangan bagi keluarga di rumah.

23. Bakpia Kacang Hijau

Makanan Khas Nganjuk
facebook.com

Makanan khas Nganjuk yang terakhir adalah Bakpia Kacang Hijau. Bakpia memang dikenal sebagai makanan khas Jogja, namun bakpia juga bisa ditemukan di Nganjuk.

Di Nganjuk, bakpia ini telah diproduksi sejak puluhan tahun lalu sehingga sampai saat ini keberadaannya masih dicari sampai saat ini. Ciri khas Bakpia ini adalah adanya kulit bakpia yang lembut dan kacang hijau yang lembut dan manis. Saat pertama kali menggigitnya, anda akan merasa ketagihan karena sangat lumer.

Bakpia ini bentuknya empuk dan basah, meskipun begitu bakpia ini bisa bertahan lama hingga lebih dari 10 hari. Bakpia ini juga cocok untuk oleh-oleh untuk keluarga di rumah dan harganya juga sangat terjangkau dengan harga berkisar Rp 2.000 hingga Rp 25.000.

Nah itulah 23 makanan khas Nganjuk yang semoga jika Anda sedang berkunjung ke daerah Nganjuk bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk berkuliner. Dan juga semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang makanan – makanan khas daerah di Indonesia yang pastinya sangat beragam sekali bentuk, rasa dan juga cara penyajiannya.



Leave a Reply

One Response
  1. Laila says:

    Ralat kak.. klu Nasi tumpang itu.. khasnya KEDIRI… Nganjuk jarang ada Sambal Tumpang/ Nasi tumpang itu sendiri..
    Klu krupuk upil/krupuk kuping/krupuk angin sama sambel pecel.. itu keresidenan kediri.. kaya kediri, nganjuk, madiun ada juga????ya.. begitulah..