25 Makanan Khas Malaysia ini Bikin Ketagihan


sisil angelin  November 21, 2017  0 Comment

Makanan Khas Malaysia wajib banget kamu cobain Saat berlibur ke Negeri Jiran Malaysia. Selain bisa menikmati indahnya wisata yang ada di Malaysia, pastinya anda mencari kuliner apa sih yang enak di Malaysia? nah kali ini saya akan membagikan makanan khas malaysia yang bikin ketagihan dan rekomended banget untuk anda, saat berada di Malaysia.

1. Nasi Lemak

Nasi Lemak

doyanresep.com

kuliner yang satu ini mungkin sudah tidak asing didengar, ia karena kuliner yang satu ini menjadi tujuan utama saat berada di Malaysia, nasi lemak ini memiliki aroma yang menggoda dan makanan khas malaysia ini terdiri dari beras yang direndam santan lalu dimasak. setelah itu diberi lauk seperti daging sapi, telur, ikan, atau ayam, yang dilengkapi dengan tumisan. tampilan dari nasi lemak ini hampir mirip dengan nasi uduk indonesia. Saat berkunjung ke negeri jiran wajib banget guys cobain Nasi lemaknya dijamin enak.

review kuliner dan tempat wisata

Ke Malaysia, Wajib Nyobain Nasi Kerabu Berwarna Biru Ini

Sedapnya Laksa Nyonya Dan Laksa Penang, Kuliner Malaysia Wajib Coba

2. Nasi Daun Pisang

nasi daun pisang

image credit : @mumblingcici

Nasi daun pisang ini sebenarnya kuliner yang berkombinasi melayu dan india yang memiliki citarasa sempurna. meskipun ada citarasa khas india, lidah orang malaysia ternyata menerima nasi daun pisang ini guys. untuk kalian yang belum pernah tau seperti apa nasi daun pisang.
nasi daun pisang ini disajikan di daun pisang yang diberi lauk, sayur, acar, rendang, dan disiram kuah khas india, membuat 1 porsi nasi daun pisang ini terasa lezat, apalagi aroma daun pisangnya yang harum membuat siapapun tergoda saat mencium aromanya.
Setiap berkunjung ke Malaysia nasi daun pisang ini juga menjadi tujuan travelers yang kepo banget seperti apa sih rasanya nasi daun pisang, nah guys kalian juga wajib cobain kuliner yang kedua ini.

3. Mee Siam

Mee Siam

image credit : @cliffton_jt

Makanan yang satu ini memang sudah terkenal di Malaysia dan sampai mancanegara, Mee Siam atau sering dikenal dengan Trully Malaysia, ini merupakan makanan melayu khas malaysia. Untuk anda yang belum pernah tau Mee siam ini sebenarnya terdiri dari bihun yang diberi kuah santan dengan bumbu khas malaysia yang khas dan kuah dari mee siam ini cendrung kental. bumbu mee siam ini sangat dirahasiakan, namun saya sudah pernah mencobanya rasa dari mee siam ini gurih, bihunnya lembut, rasa asin, asam dan manisnya pas banget guys, so yummy banget deh guys kalian wajib cobain mee siam, kalo gak cobain mee siam di Malaysia rasanya kurang pas, jadi saat berada di Malaysia jangan lupa cobain mee siam khas Malaysia ya guys.

4. Pasembur

Pasembur

image credit : @farifayr

Pasembur ini sejenis salad yang diberi nama sedikit aneh, karena nama dari pasebur sendiri merupakan kombinasi malaysia, dan india.

1 porsi pasembur terdiri dari kentang, potongan mentimun, potongan daging, potongan kepiting, cumi, dan di beri saus kacang yang memiliki bumbu yang lezat…1 porsi pasebur ini memang sempurna saat dimakan siang hari.

5. Bubur Century (Bubur Bitan)

Bubur Century

image credit : phinemo.com

Bubur ini mungkin sudah tidak asing ditelinga travelers, nah untuk kalian yang gak tau seperti apa sih Bubu Century, bubur ini memang hampir sama dengan bubur abang-abang yang jualan di Indonesia, namun membedakannya adalah topping bubur yang terdiri dari telur bitan, telur bitan ini merupakan telur bebek yang diawetkan seperti telur asin namun di awetkan selama 1 bulan, makanya berwarna hitam, dan untuk kalian yang belum tau telur bitan ini bagus lo guys untuk kesehatan. Saat berada di Malaysia kalian wajib banget cobain bubur ini.

Baca juga :  10 Makanan Khas Sri Lanka, Perpaduan Rasa India dan Indonesia

6. Sambal Udang

Sambal Udang

image credit :  resepmagz.com

Siapa sih yang gak suka sama udang? pasti kalian suka donk, nah di malaysia sambal udang ini menjadi sambal mereka, kalo di Indonesia sambal terasi.

sambal udang ini menjadi makanan wajib orang malaysia, dan sellau dicari travelers mancanegara saat berada di Malaysia, sambal udang ini biasanya makan dengan nasi hangat, rasanya gak terlalu pedas, ada manis, dan empuknya daging udang ini memang sempuna saat dimakan siang hari di Malaysia.

7. Sang Har Kuey Teow

Makanan Khas Malaysia

image credit : rebeccasaw.com

kuliner yang satu ini cocok sekali untuk anda pencinta mie, karena makanan yang di sebut Sang Har Kuey Teow ini sangat lezat!!! untuk anda yang belum tau seperti apa rasa Sang Har Kuey Teow ini adalah mie telur yang di campur dengan udang, sayur, dan kaldu telur yang dicampur dengan bumbu rahasia yang lezat membuat Sang Har Kuey Teow lezat sekali, saat dimakan malam hari.

8. Es Air Mata Kucing

Es Air Mata Kucing

image credit : klikhotel.com

Setelah bahas makanan yang ada di Malaysia, gak lengkap rasanya kalo belum cobain es air mata kucing rasanya belum lengkap nih guys. Es air mata kucing ini memiliki rasa manis, segar, dan memiliki potongan buah leci disajikan dingin dengan es batu membuatnya begitu segar dan pas banget dijadikan minuman saat setelah jalan-jalan di Malaysia.

9. Teh Tarik

Teh Tarik

image credit : silvialaurent_

Teh tarik ini memang menjadi minuman yang sangat menyegarkan dan menjadi minuman favorit dari tahun ke tahun. teh tarik mungkin sering sekali kita temui di Indonesia, namun taukah anda jika teh tarik Malaysia ini berbeda, yang membedakan teh indonesia dan malaysia adalah tehnya serta cara penarikan teh tariknya, membuat rasa dari teh tarik Malaysia terasa lebih segar dibandingkan Indonesia guys, saat berada di Malaysia kalian wajib banget cobain teh tariknya.

10. Nasi Kerabu

Nasi Kerabu

gotravelly.com

Makanan khas Malaysia yang patut untuk anda coba selanjutnya adalah Nasi Kerabu. Nasi Kerabu merupakan kuliner asal Kelantan yang unik dan banyak menjadi buruan wisatawan saat berlibur ke Malaysia.

Nasi Kerabu ini memiliki warna kebiruan sehingga banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk mencoba rasanya. Warna biru pada sajian ini bukanlah berasal dari pewarna makanan, namun berasal dari penggunaan kelopak bunga saat proses memasak nasi kerabu ini. Untuk menikmati nasi kerabu ini biasanya ditemani dengan ragam lauk, seperti ayam goreng, telur asin, ikan kering, ayam bakar, kerupuk dan berbagai jenis sayuran.

11. Nasi Kandar

Nasi Kandar

rajacuti.com

Selain Nasi Kerabu dan Nasi Lemak, makanan khas Malaysia yang berupa nasi selanjutnya adalah Nasi Kandar. Nasi kandar ini juga kerap menjadi buruan banyak wisatawan saat berkunjung ke Malaysia, pasalnya nasi ini telah ada sejak abad ke-19.

Nasi kandar memang memiliki tampilan yang mirip dengan nasi rames khas Indonesia, namun pembuatan dari nasi kandar ini diberi ekstra rempah-rempah yang biasa digunakan untuk membuat kari. Bumbu rempah tersebut kemudian menyatu dengan nasi sehingga aroma dan rasanya sangat menggoda. Sama halnya dengan nasi kerabu dan nasi lemak, nasi kandar ini juga disajikan dengan berbagai lauk pauk yang nikmat.

12. Char Kway Teow

Char Kway Teow

schoolofwok.co.uk

Makanan khas Malaysia yang satu ini bisa dibilang mirip dengan salah satu makanan khas Indonesia, yaitu Kwetiaw Goreng. Namun, di Malaysia sajian ini disebut sebagai Char Kway Teow.

Sajian ini dibuat dari kwetiaw atau mie pipih yang diolah bersama bahan pelengkap lainnya yang menyehatkan, seperti telur, sosis, bakso ikan, kerang, udang, tauge dan daun kucai. Bumbu char kway teow yang digunakan juga tak jauh berbeda dengan kwetiaw Indonesia, seperti kecap manis, kecap ikan, sambal dan bawang putih. Bahkan, beberapa daerah di Malaysia, char kway teow ini disajikan dengan tambahan daging kepiting. Selain Malaysia, char kway teow ini juga bisa anda temukan di Singapore.

Baca juga :  Rekomendasi Lumpia Semarang di Jakarta Terbaru 2023

13. Mee Goreng Mamak

Mee Goreng Mamak

resepichicken.blogspot.com

Jika anda adalah pecinta sajian mie, makanan khas Malaysia yang satu ini merupakan makanan khas Malaysia yang wajib untuk dicoba. Mee Goreng Mamak ini merupakan sebuah sajian bernuansa Muslim India yang terdiri dari mie kuning dengan irisan daging ayam atau sapi, yang kemudian diberi tambahan telur dan sayuran.

Mie yang digunakan untuk membuat sajian ini adalah mie ukuran sedang yang tidak terlalu tipis juga tidak terlalu tebal, namun teksturnya sangat lembut. Meskipun diolah menggunakan bumbu yang sederhana, namun mee goreng mamak ini memiliki rasa yang sangat istimewa.

14. Mie Tarik

Mie Tarik

thelittlesnacks.com

Olahan mie lainnya yang bisa anda temukan di Malaysia adalah Mie Tarik. Disebut demikian karena sajian ini dibuat dengan cara dibanting-banting dan ditarik. Atraksi seperti ini memang selalu identik dengan ciri khas restoran mie khas Tiongkok.

Mie Tarik ini memiliki tekstur yang lembut dengan kuah kaldu yang segar. Tak hanya itu, biasanya mie Tarik ini biasanya disajikan dalam mangkok yang diberi tambahan aneka lauk, seperti telur rebus atau irisan daging. Semangkok mie Tarik ini biasanya disajikan dalam porsi yang cukup besar dan sangat cocok dinikmati saat malam hari.

15. Mee Kolok

Mee Kolok

resepimantab.blogspot.com

Makanan khas Malaysia yang satu ini juga tak kalah populer dari olahan mie lainnya, yaitu Mee Kolok. Mee Kolok ini jika diartikan dalam Bahasa Indonesia memiliki arti Mie Lengket. Sajian mie ini adalah jenis mie kering atau mie iris yang berasal dari Serawak, Malaysia.

Mee Kolok ini banyak ditemukan di kawasan Kuching dan biasanya disajikan dengan sup dan kecap. Sajian mie khas Malaysia ini juga terbilang cukup unik karena menggunakan mie yee yang kemudian dicampur dengan potongan daging sapi atau ayam. Sup yang disajikan bersama dengan mie ini pun juga tak kalah sedap karena memang dibuat sebagai pendampingnya.

16. Umai

Umai

youtube.com

Umai juga masuk dalam daftar makanan khas Malaysia yang cukup menarik untuk dicoba. Sajian yang berasal dari Kuching, Serawak ini merupakan salah satu makanan yang cukup banyak digemari tak hanya oleh masyarakat setempat, namun juga oleh wisatawan.

Umai merupakan sajian yang terbuat dari ikan tenggiri atau udang sebagai bahan dasarnya. Sajian ini memang banyak ditemukan di sejumlah restoran di kota Kuching. Anda bisa menyantap umai ini langsung atau bisa juga ditemani dengan nasi putih.

Umai ini dibuat dari ikan tenggiri atau udang yang kemudian dipadukan dengan bumbu pedas dan asam yang berasal dari cabai, jahe dan perasan jeruk limau yang dihaluskan. Kemudian semua bahan tersebut ditumis dengan sedikit minyak hingga mengeluarkan aroma yang sangat sedap juga nikmat.

17. Satar

Satar

facebook.com

Makanan enak khas Malaysia yang wajib untuk anda cicipi selanjutnya adalah Satar atau yang sering juga disebut sebagai Satah. Satar ini merupakan salah satu sajian yang berasal dari Trengganu dan terkenal di seluruh Malaysia.

Satar ini memiliki tampilan yang mirip dengan otak-otak khas Indonesia. Bahan yang digunakan untuk pembuatannya pun juga sama, yaitu daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan kelapa parut, jahe, cabai dan bawang. Adonan kemudian dibungkus dengan daun pisang dan di bakar di atas api panas. Menariknya, satar ini memiliki bentuk kerucut yang menarik. Cita rasa dari satar ini tidak terlalu pedas dan cocok untuk disantap oleh anak-anak. Biasanya Satar ini dinikmati dengan sambal kacang.

18. Chee Cheong Fun

chee-cheong-fun

danielfooddiary.com

Chee Cheong Fun merupakan salah satu makanan khas Malaysia yang memiliki bentuk seperti lembaran kwetiaw. Jajanan tradisional ini cukup populer di Malaysia dan cukup sering menjadi buruan wisatawan.

Chee Cheong Fun terbuat dari tepung beras dan tang mien yang disajikan bersama dalam potongan kemudian disiram dengan kecap asin atau saus asam manis pedas di atasnya. Sebagai tambahannya, diberi taburan bawang goreng diatasnya sehingga rasanya semakin sedap.

Baca juga :  12 Soto Terkenal yang Enak di Surabaya

Chee Cheong Fun sendiri memiliki dia jenis varian, yaitu rasa plain atau polos dan ada juga yang diberi irisan daging sapi atau babi. Kemudian ada juga chee cheong fun yang versi vegetarian.

19. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh

asianinspirations.com.au

Makanan khas Malaysia berikut ini merupakan sajian Melayu yang mendapat pengaruh dari Tionghoa. Bak Kut Teh merupakan sup yang terdiri dari daging babi dengan kuah rempah-rempah yang nikmat.

Bak Kut Teh sendiri memiliki banyak versi, ada yang kuahnya bening, gelap dan ada juga yang asam. Anda yang Muslim tentu tak perlu khawatir jika ingin mencoba bak kut teh ini karena di Malaysia telah dimodifikasi dengan mengganti bahan dasarnya yang halal. Biasanya bak kut teh ini dinikmati dengan nasi putih, cakwe dan teh.

20. Asam Laksa

Asam Laksa

prestigeonline.com

Asam Laksa juga masuk dalam daftar makanan khas Malaysia yang wajib untuk dicoba. Asam Laksa ini merupakan makanan yang berasal dari Penang dan menjadi buruan wisatawan yang berlibur di pulau cantik tersebut.

dibuat dari kuah kaldu ikan tanpa santan. Untuk perasa pada kaldunya sendiri biasanya menggunakan ikan kembung atau udang. Selain itu, biasanya juga diberi tambahan racikan rempah-rempah khas. Asam Laksa ini disajikan dengan mie putih yang terbuat dari tepung beras yang teksturnya kenyal dan tidak terlalu tipis namun tetap kenyal.

21. Ayam Percik

Ayam Percik

cutescottish.com

Makanan khas Malaysia yang wajib untuk anda coba selanjutnya adalah ayam pecik. Sesuai dengan namanya, ayam percik terbuat dari daging ayam yang diolah dengan beragam jenis rempah.

Di Malaysia sendiri terdapat dua jenis ayam percik yang dibedakan berdasarkan tempat asalnya, yaitu Trengganu dan Kelantan. Perbedaan dari keduanya adalah, jika ayam percik Kelantan menggunakan bumbu dan saus campuran dari santan dan rempah. Berbeda dengan ayam percik Trengganu, yang dibuat dengan menggunakan bumbu tambahan cabai sehingga rasanya lebih pedas dan menggugah selera.

22. Ayam Pongteh

Ayam Pongteh

asianfoodnetwork.com

Ayam Pongteh merupakan salah satu makanan khas Malaysia paling enak yang wajib untuk anda coba. Ayam Pongteh ini berasal dari Melaka, yaitu sebuah kota pelabuhan di Pantai Barat Malaysia yang dianggap sebagai salah satu pusat kebudayaan peranakan di Asia. Salah satu budaya kuliner Melayu – Tionghoa disini adalah Ayam Pongteh.

Ayam Pongteh ini awalnya memang berasal dari Tiongkok, namun sekarang telah dimodifikasi sehingga menjadi salah satu sajian Malayu-Tionghoa yang nikmat. Di Malaka, terdapat dua cara dalam memasak Ayam Pongteh ini, yaitu dengan menggunakan kecap manis dan gula Melaka. Sementara yang berwarna putih berasal dari Penang.

23. Gulai Kawah

Gulai Kawah

resepyummy.com

Makanan khas Malaysia yang satu ini juga tak kalah terkenal, yaitu Gulai Kawah. Gulai Kawah ii menjadi salah satu makanan yang cukup banyak digemari oleh wisatawan, khususnya bagi mereka yang menyukai kambing.

Gulai Kawah ini menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya dan biasanya daging yang digunakan adalah yang bertulang, kemudian dipotong-potong. Untuk bumbunya, biasanya diberi nanas parut serta rempah-rempah khas dan buah pekak. Semuanya kemudian direbus dan diberi santan juga air asam. Tak hanya aromanya yang terasa menggugah selera, rasanya pun bisa membuat siapapun ketagihan.

24. Lapis Sarawak

Lapis Sarawak

womanblitz.com

Lapis Sarawak merupakan sebuah kue tradisional yang berasal dari Serawak. Dalam Bahasa Melayu, jajanan ini dikenal dengan nama Kek Lapis Sarawak atau Kek Lapis Moden Sarawak.

Makanan khas Malaysia yang satu ini biasanya dibuat saat perayaan hari besar keagamaan, seperti Natal, Idul Fitri dan Deepavali. Lapis Sarawak ini dibuat dengan bahan-bahan sederhana, yaitu mentega, susu, selai dan telur. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dengan warna warni yang memanjakan mata.

25. Cekodok

Cekodok Makanan Khas malaysia

yummy.co.id

Makanan khas Malaysia yang terakhir adalah cekodok. Cekodok ini juga dikenal dengan beberapa nama, seperti kue cucur, jemput-jemput atau kuih kodok.

Cekodok ini merupakan camilan khas Malaysia yang menggunakan pisang dan tepung sebagai bahan dasarnya. Namun sekarang telah semakin banyak variasi dari cekodok ini, salah satunya adalah menggunakan jagung. Cekodok memiliki bentuk bulat seperti bakso dengan warna kecokelatan. Cita rasa dari cekodok ini merupakan perpaduan Antara gurih dan manis yang legit.

Itulah 25 makanan khas malaysia ini bikin ketagihan rekomended wajib banget guys di coba saat berada di Malaysia, lelah jalan-jalan menjelajahi indahnya negara Malaysia tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencoba makanan, camilan, dan minuman yang hitz banget di Malaysia, Yuk buruan ajak teman, keluarga, ataupun orang tersayang untuk menikmati 25 makanan khas malaysia ini bikin ketagihan rekomended diatas.

 



Leave a Reply