10 Oleh-oleh Khas Jawa Tengah Paling Enak dan Terkenal


Dila  May 18, 2018  0 Comment

Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah– Anda ingin berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah, salah satunya Semarang? Semarang memang merupakan kota terbesar ke-5 di Indonesia dan menjadi kota yang paling berkembang pesat di Pulau Jawa ini. Salah satu wujud kebangaan pra sejarah di Jawa Tengah yakni Candi Borobudur yang merupakan monumen Budha paling terbesar di dunia. Satu lagi Candi Prambanan yang ada di daerah Klaten yang merupakan kompleks Hindhu paling terbesar di seluruh Indonesia. Nah, berbicara tentang wisata yang ada di Jawa Tengah pastinya tidak akan luput dengan diimbangi makanan khas Provinsi Jawa Tengah. Ada banyak kuliner yang bisa Anda cicipi di Jawa Tengah.

Bahkan untuk mendapatkan oleh oleh khas Jawa Tengah sangatlah mudah, karena banyak sekali toko oleh-oleh yang menjual makanan khas Jawa Tengah sesuai apa yang Anda inginkan. Nah, penasaran apa saja oleh oleh khas dari Provinsi Jawa Tengah? Yuk simak ulasannya dibawah ini:

Ini dia rekomendasi oleh-oleh Khas Jawa

1. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

www.panorama-jtb.com

Menikmati lezatnya lumpia asli dari kota asalnya tentu akan tercipta sensasi tersendiri. Rasanya yang gurih dan renyah dengan isian rebung ayam membuat Anda tidak merasa lelah untuk mengunyahnya. Lantas bagaimana nasip keluarga Anda dirumah? Nah, pulang dari Semarang dengan membawa oleh oleh khas Jawa Tengah ini akan menjadi salah satu cara Anda untuk menunjukkan diri Anda selalu mengingat keluarga meskipun sedang berlibur ke Jawa Tengah. Untuk mendapatkan lumpia ini tidaklah sulit, Anda bisa datang langsung ke Gang Lombok daerah Pecinan Semarang.

Baca juga :  Liburan Ke Semarang, Cobain 10 Wisata Kuliner di Pasar Malam Semawis

Review kuliner

Jajan Hemat Di Semarang? Cobain Mie Kopyok Yuk!

Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Cafe Unik Nan Romantis Di Kaki Gunung Ungaran

2. Intip Solo

Intip Solo

TribunTravel.com

Anda suka dengan camilan ini? Intip adalah semacam kerak nasi yang proses pembuatannya harus dilakukan penjemuran terlebih dahulu hingga kering. Baru kemudian dilakukan dengan penggorengan yang menggunakan minyak yang cukup panas. Setelah itu, intip tersebut dibungkus rapi dengan tambahan gula merah atau garam untuk menambah cita rasa dari intip Solo tersebut. Namun ternyata intip Solo juga mempunyai banyak sekali varian rasa, diantaranya seperti gurih, asin, gula jawa dan manis. Makanan ini terbilang dari bahan yang alami tanpa adanya MSG.

3. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel

frontoneinnsemarang.com

Dari namanya makanan ini sudah terdengar aneh, tetapi roti ini memang jajanan oleh-oleh khas Jawa Tengah yang paling terpopuler. Meskipun namanya terdengar aneh, tetapi roti ganjel rel ini mempunyai rasa yang begitu khas dan istimewa. Bahan dasar pembuatan roti ini asli terbuat dari campuran tepung tapioka dengan kayu manis dan santan. Untuk memperindah tampilan roti tersebut, diberikan tambahan taburan wijen secara rata di atas roti ini. Untuk tekstur roti ini memang dibuat agak keras dan berwarna coklat yang mirip dengan bantalan rel KA. Jadi, sekarang anda sudah tahu bukan asal usul dari nama roti tersebut?

4. Wingko Babat

Wingko Babat

mytrip.co.id

Anda tahu wingko babat? Wingko babat adalah sejenis makanan tradisional asli Jawa Tengah yang terbuat dari kelapa dengan campuran bahan-bahan yang lainnya. Di daerah Jawa Tengah, wingko babat berbentuk bundar dan begitu lunak semacam jenang dodol tetapi ada campuran kelapanya. Pada umumnya wingko babat dijual dengan bentuk bundar yang dibungkus kertas. Untuk kombinasi rasa wingko babat Jawa Tengah ditambah gula pasir agar tercipta rasa yang lebih manis dan juga lezat.

Baca juga :  10 Permen Terenak di Dunia Digemari Anak Kecil Hingga Dewasa

5. Kue Mochi

Kue Mochi

www.luckycaesar.com

Kue ini terkenal asalnya dari negeri seberang, tetapi ternyata kue mochi terkenal sebagai oleh oleh khas Jawa Tengah. Kue mochi asli terbuat dari tepung ketan yang di dalamnya terdapat isian gula dan kacang cincang. Tampilannya bulat-bulat kecil dan tekturnya kenyal dengan ditambahi taburan wijen pastinya akan menggoda pecinta kuliner yang melihatnya. Kue Mochi ini dibuat tanpa adanya tambahan bahan pengawet dan bisa bertahan hingga tujuh hari. Sehingga makanan ini sangat aman untuk dikonsumsi.

6. Tahu Bakso

Tahu Bakso

Pegipegi.com

Anda suka bakso? Nah, tahu bakso khas Semarang ini bisa Anda jadikan buah tangan untuk keluarga ketika bersantai sambil minum teh. Rasa tahu bakso khas Semarang ini begitu gurih dan nikmat jika disajikan dengan tambahan cabe rawit hijau. Ada dua varian tahu bakso Semarang yakni rebus dan goreng. Anda tidak perlu bertanya varian tahu bakso mana yang enak karena memang kedua-duanya terasa lezat. Nah, untuk menemukan oleh oleh khas Jawa Tengah ini, anda bisa langsung datang ke Jl. Pandanaran, Semarang. Tahu bakso yang paling terkenal di Semarang yakni produksi B. Pudji yang pertama kalinya membuat jajanan tahu bakso sejak tahun 1995.

7. Bandeng Juwana

Bandeng Juwana

www.goodindonesianfood.com

Bagi anda penggemar olahan menu ikan maka jika datang ke Semarang, Jawa Tengah wajib untuk datang ke Toko Bandeng Juwana yang beralamatkan di Jl. Pandanaran No.57, Semarang. Di toko tersebut anda seperti masuk dalam surganya olahan Bandeng yang super lezat. Olahan bandeng bisa anda jadikan oleh oleh khasJawa Tengah diantara seperti otak-otak bandeng, bandeng asap dan bandeng lunak. Selain anda bisa membawa pulang olahan bandeng tersebut, anda ternyata juga dapat menikmati sajian menu Bandeng Juwana di lantai ke-2 dan juga dapat mencicipi olahan sate bandeng, gudeg bandeng dan bandeng tauco. Menarik bukan?

Baca juga :  7 Mangut Enak di Semarang Bikin Manggut-manggut Keenakan!

8. Super Cake Brillian

Super Cake Brillian

Tribunnews.com

Cake brillian menjadi oleh-oleh khas Jawa Tengah yang menjadi buronon para wisatawan yang datang ke Jawa Tengah. Roti ini bisa anda temukan dengan mudah di Istana Brillian tepatnya di Jl. Simpang Lima, Kota Semarang. Bahan untuk membuat roti brillian ini dari bahan-bahan pilihan dan resep yang digunakan asli resep kuno dari nenek moyang. Untuk varian rasanya juga beragam yakni rasa almond, keju, kismis dan coklat. Roti ini mampu bertahan hingga berhari-hari, sehingga sangat cocok untuk buah tangan bagi keluarga tercinta di rumah.

9. Batik Semarangan

Batik Semarangan

batiksemarang16.com

Ternyata Semarang mempunyai ciri khas batik yang sangat menarik dan terlihat unik. Batik Semarang mempunyai motif yang berbeda dari motif batik-batik lainnya. Motif Batik Semarang yang diambil asli dari gambaran landmark dengan sudut pandang kota-kota seperti Tugu Muda, Lawang Sewu dan Gereja Blenduk. Nah, untuk bisa mendapatkan Batik Semarangan ini, Anda direkomendasikan untuk datang langsung ke Kampung Batik di Jl. Batik, Semarang. Di pusat produksi batik tersebut Anda tidak hanya dapat membeli batik tersebut, tetapi juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan Batik Semarang.

10. Kaos Costa-Brava

Kaos Costa-Brava

seputarsemarang.com

Mungkin Anda masih belum mengenal istilah nama kaos khas Semarang ini. Costa Brave adalah sebuah kota yang memiliki pandangan pantai yang sangat cantik di Eropa. Diberikan nama kaos demikian karena dahulunya penjajah yang melakukan penjajahan di Semarang berasal dari kota Costa Brave. Ciri-ciri desain kaos Costa-Brava terlihat begitu unik dan asli buatan anak Semarang seperti gambar Lawang Sewu dan Simpang Lima.

Nah, itulah 10 oleh oleh khas Jawa Tengah yang paling enak dan terkenal. Banyak sekali buah tangan asli Jawa Tengah Bukan? Untuk itu disini diberikan gambaran tentang oleh oleh yang di Jawa Tengah agar Anda ketika berkunjung ke suatu tempat di Provinsi Jawa Tengah tidak merasa kesulitan dalam memilih oleh oleh. Semoga bermanfaat!



Leave a Reply