10 Kuliner di Cilegon Mulai Menu Daging Hinga Kue Tradisional


Reni  November 3, 2019  0 Comments


Membicarakan kuliner memang mengasyikkan. Jika berkunjung ke suatu tempat, rasanya tidak lengkap kalau belum mencicipi kuliner khas tempat tersebut. Akan lebih menyenangkan lagi kalau bisa membeli kuliner tersebut untuk oleh-oleh bagi keluarga. Untuk Anda yang tengah berkunjung ke Cilegon, berikut ini rekomendasi kuliner wajib coba di Cilegon yang sayang dilewatkan. Kuliner yang Wajib Anda Cicipi di Cilegon


1. Rabeg

Rabeg
Instagram/flatyfoodie


Apa itu rabeg? Secara tampilan, Rabeg nyaris serupa dengan semur. Bahan utamanya adalah daging dan jeroan sapi atau kambing yang dimasak dengan kuah kental. Pendambahan berbagai rempah ke dalamnya membuat rasa makanan ini begitu lezat. Agar semakin lengkap, Rabeg dinikmati dengan nasi uduk.
Makanan ini biasanya hadir pada acara-acara tertentu, seperti pernikahan atau khitan. Konon makanan ini merupakan makanan favorit pemimpin kesultanan Banten, yaitu Sultan Hasanuddin.
Jika Anda ingin memakan rabeg, Anda dapat datang ke warung-warung yang ada di daerah Cilegon, Banten. Harganya pun terjangkau, satu porsi rabeg biasanya dipatok harga sekitar Rp17.000-Rp20.000.

Gotravelly

Ngopi Dan Makan Enak Di Warung Kopi Imah Babaturan

Makan Di Kimbap Rina: Kedai Halal Khas Korea


2. Nasi Gonjleng

Nasi Gonjleng
Instagram/bubueataway


Kuliner di Cilegon memiliki beberapa sajian nasi yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Salah satunya adalah nasi gonjleng. Makanan ini terbentuk dari perpaduan makanan ala Timur Tengah dengan Banten.
Tampilannya tampak seperti nasi kebuli, tetapiu cita rasanya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Penyajian nasi gonjleng biasanya dengan daging sapi, kerupuk emping, sambal goreng, lengkap dengan acarnya.
Jika Anda ingin mencicipin nasi ini, Anda bisa datang ke salah satu rumah makan yang berada di Jalan RA Kartini,Cilegon. Harganya pun sangat ramah di kantong, yakni hanya sekitar Rp15.000.


3. Ayam Bekakak Kranggot

Ayam Bekakak Kranggot
jalanjalanenak.com


Bentuk ayam bekakak kranggot ini serupa dengan ayam bakar. Perbedaannya ada pada bumbu khas Banten yang digunakan ketika memasaknya. Penggunaan bumbu tersebut membuat ayam ini memiliki rasa pedas dan juga manis.
Dahulu, ayam bekakak kranggot hanya akan hadir ketika ada acara selamatan atau pernikahan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kini ayam bekakak kranggot ini mudah ditemukan di banyak warung makan di Cilegon. Sesuai dengan namanya, salah satu warung yang menjual menu ini berada di jalan raya Kranggot. Dibanding dua kuliner sebelumnya, harga kuliner ini lebih mahal, yakni sekitar Rp70.000.


4. Nasi Sumsum

Nasi Sumsum
Instagram/Ridhokelana


Nasi bakar sumsum atau yang lebih sering disebut nasi sumsum dibuat dari perpaduan nasi dengan sumsum tulang. Nasi itu dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas arang.
Kabarnya nasi ini menjadi kuliner khas Serang sejak tahun 1941. Pada masa itu, jagal hewan di daerah Serang, sering menemui sisa-sisa tulang yang sayang jika tidak diolah. Ia membawa tulang itu pulang dan rupanya ada seorang yang membelinya. Agar lebih mudah dijual, tulang itu pun dipecah-pecah menjadi bagian yang lebih kecil. Sumsum yang tidak dijual dimasak oleh istrinya dengan mencampurkan ke dalam nasi lalu dibakar.
Jika Anda tertarik mencoba nasi sumsum, Anda bisa datang ke beberapa warung yang berada di sekitar Cilegon atau Serang, Banten. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harganya hanya sekitar Rp13.000-Rp15.000 setiap porsinya.


5. Kerupuk Dapros

Kerupuk Dapros
Instagram/gilangramadhan


Serupa dengan kerupuk lainnya, bahan utama kerupuk dapros adalah tepung terigu atau tepung beras dengan tambahan bahan lain. Ciri khasnya adalah memiliki bentuk yang mirip dengan bunga mawar. Selain itu, kerupuk ini memiliki warna yang cerah, mulai dari merah muda, hijau, dan putih kekuningan. Karena bentuknya yang unik itu, maka tidak semua orang bisa membuatnya.
Kerupuk ini sangat mudah ditemui, bahkan wajib saat bulan puasa tiba. Ketika idul fitri, kerupuk dapros akan hadir di meja-meja untuk menjamu tamu. Selain itu, Anda juga bisa menemuinya di acara pernikahan. Namun jika Anda ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh, Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak toko yang menjual kerupuk ini.


6. Sate Bandeng

 Sate Bandeng
Instagram/Windasalwati


Olahan Bandeng memang sudah ada di berbagai daerah, namun sate bandeng Cilegon ini memiliki ciri khas tersendiri. Daging ikan bandeng yang sudah dipisahkan dengan durinya ditumbuk dan diberi berbagai bumbu. Bumbu yang digunakan, seperti bawang merah dan putih, jintan, ketumbar, gula merah, garam, dan parutan kelapa sedikit tua. Jika sudah, ikan dibungkus daun pisang kemudian dibakar seperti sate pada umumnya.
Cara memasak sate bandeng ini sudah turun-temurun dan pertama kali dilakukan ketika zaman Kesultanan Banten. Tujuannya sederhana, agar daging bandeng dapat dinikmati secara lebih mudah. Sebagaimana yang diketahui, ikan bandeng memang memiliki banyak duri. Sehingga ketika durinya dihilangkan dahulu, maka tentu akan lebih mudah memakannya.
Jika Anda tertarik, Anda bisa datang langsung ke warung sate bandeng yang banyak terdapat di Cilegon. Harganya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 30.000 untuk setiap porsi.


7. Kue Ketan Bintul

Kue Ketan Bintul
kabarbanten.com


Sesuai dengan namanya, kue dibuat dari bahan dasar ketan. Rasanya gurih dan lengkap dengan tambahan topping parutan kelapa goreng/serundeng. Penyajian kue ini biasanya menggunakan daun pisang yang membuat aroma khasnya semakin menggugah selera.
Makanan ini sangat mudah ditemui ketika bulan puasa, biasanya dijadikan takjil oleh masyarakat. Namun tidak perlu khawatir, karena kue ini akan tetap ada meski bulan puasa belum tiba.
Bila ingin mencari kue ketan bintul, Anda bisa datang ke objek wisata jajanan kue ketan bintul di Cilegon. Kue ini dihargai sekitar Rp15.000 setiap bungkusnya. Satu bungkus kue ketan bintul berisi 10 potong kue.


8. Sate Bebek Cibeber

Sate Bebek Cibeber
Insatagram/gebonk


Bahan utama untuk membuat sate bebek cibeber tentu saja daging bebek. Daging bebek yang sudah bersih direndam dalam suatu wadah yang berisi bumbu khusus hingga meresap. Setelah beberapa saat, tusuk daging bebek tersebut dan bakar.
Tidak ada bumbu kacang pada penyajian sate ini. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan rasanya. Tetap lezat kok. Namun jika mau, Anda bisa menambahkan kecap atau bumbu kacang atau kecap sendiri ke sate ini.
Saat ini sudah banyak warung makan yang menyediakan Sate Bebek Cilegon. Tidak perlu khawatir dengan harganya. Untuk satu tusuk sate, biasanya dihargai Rp700 – Rp1.000 saja.


9. Ceplis

Ceplis


Makanan satu ini bukan hanya ada di Cilegon, Anda juga dapat menemukan di wilayah Banten dan sekitarnya. Bahan dasarnya sama dengan emping, yakni biji melinjo. Biji tersebut dipipihkan kemudian dicetak dan dijemur langsung di bawah sinar matahari.
Jika sudah, langsung digoreng sampai matang kemudian dan diberi bumbu. Rasa yang tersedia saat ini, antara lain original, asin, gurih, manis, dan balado. Karena merupakan makanan kering, maka ceplis juga cocok dijadikan oleh-oleh. Harganya pun terjangkau, hanya sekitar Rp15.000 setiap bungkusnya.


10. Kue Gipeng

Kue Gipeng
food.detik.com


Jika Anda suka manis, maka tidak ada salahnya mencoba kue gipeng. Terbuat dari ketan yang dicampur air gula, kue ini bertekstur renyah dengan rasa manis dan agak lengket. Kue ini sekarang sudah tersedia dalam berbagai varian rasa.
Kue gipeng juga cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Meski tidak memakai pengawet, kue ini bisa tahan hingga 1 minggu.
Apakah Anda tertarik untuk mencicipi berbagai kuliner wajib coba di Cilegon tersebut?




Leave a Reply

One Response
  1. nasi goreng babat cilegon says:

    nasgorbabat.com
    kuliner enak di cilegon