Makan di Kimbap Rina: Kedai Halal Khas Korea

kimbap rina

serlievidia | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
28 Jun 2018


Makan di Kimbap Rina: Kedai Halal Khas Korea
Kita semua sudah tahu bahwa Korean Wave atau gelombang Korea sudah lama tersebar di negara kita. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa terkena demam korea. Saya sendiri tidak menampik bahwa saya termasuk di antara para pecinta korea. Berawal dari non

Kami sengaja ke sana sebelum pukul 12.00 untuk menghindari antre para Kinggu yang berlebihan. Fyi, Kinggu adalah singkatan dari Kirin Chingu yang merupakan nama dari Pelanggan Kirin. Prediksi kami benar, sesampainya di sana, hanya ada beberapa orang saja sehingga kami masih bisa memilih tempat secara leluasa. Desain interiornya dikonsep lesehan di dindingnya berhiaskan pajangan khas korea, tulisan hangeul, serta foto-foto owner saat ke korea. Di pojok atas sengaja dipasang TV yang menayangkan channel korea, seperti SBS dan KBS. Sehingga lagu-lagu korea turut mengiringi  kami makan sehingga menambah kesan koreanya.

Sistem pemesanan take in adalah kalian memilih menu yang ada di buku mencatat, kemudian ke kasir untuk melakukan pemesanan sekaligus pembayaran. Kirin juga memfasilitasi takeaway dan delivery. Untuk sistem delivery, kalian tinggal memesan lewat whatsapp dan kurir delivery akan mengantarkan pesanan kalian. Terdapat ketentuan ongkir sendiri tergantung jarakdari kedai. Besar ongkir berkisar antara Rp. 10.000-Rp.15.000.Tapi sayang, tidak semua wilayah dapat dijangkau, terutama jarak yang terlalu jauh dari kedai, misalnya daerah di Kabupaten Malang.

Kirin juga memfasilitasi kalian yang tidak bisa terlalu lama antre karena dikejar waktu. Kalian bisa memanfaatkan fasilitas sistem pesan-ambil tanpa antre. Namun ada syaratnya, kalian harus mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Caranya adalah mendaftar langsung ke kedai kemudian melengkapi form membership. Selain itu, berkas yang perlu dibawa adalah bukti pembelian di Kirin minimal 3 struk (jika membeli langsung ke kedai atau screenshoot orderan jika pernah membeli via sms/wa. Keuntungan lain yang didapat adalah free 1 porsi menu saat ulang tahun dan berkesempatan mendapatkan voucher diskon jika jumlah pembelian sudah mencapai akumulas tertentu.

 

Berikut adalah daftar menu yang ada di Kedai Kirin. (sumber: instagram @kimbaprina)

Saya dan Frida memutuskan untuk memesan Rappoki, Dak Galbi, Odeng, Sundubu Jigae, dan Patbingsu. Sebenarnya cukup banyak jika dihabiskan dua orang. Namun karena kami penasaran ingin mencobanya akhirnya kami membeli masing-masing menu hanya 1 porsi. *tepok perut.

Dak Galbi (Kiri) dan Rappoki (Kanan)

 

Dak Galbi ini merupakan ayam yang disiram dengan Gochujang (saus khas korea). Di dalamnya juga ada kue beras, wortel, kubis, bawang bombay dan ubi. Ini merupakan menu favorit saya karena rasanya perpaduan manis dan pedas. Kami membeli porsi untuk 1 orang seharga Rp.30.000. Sedangkan Rappoki merupakan mie ramyun yang dicampur dengan kue beras dan sayuran kemudian disiram dengan Gochujang. Rasanya pedas manis. Harga Rappoki 1 porsi Rp 29.000. Makanan korea memang sangat erat dengan sausnya yang dnamakan Gochujang. Tenang saja bagi teman-teman yang muslim, Gochujang, semua bahan, dan cara mengolahnya telah disertfikasi halal dari MUI.

 

Sertifikat Halal yang diberikan oleh MUI (sumber: instagram @kimbaprina)

 

Sundubu Jigae

Sundubu Jigae ini merupakan sup pedas yang di dalamnya ada tofu, daging sapi, udang, kerang/ cumi dan telur. Cara makanya dengn nasi. Harga Sundubu Jigae Rp. 30.000.

 

Odeng/ Oemuk Guk

Odeng merupakan sup yang di dalamnya berisi kue ikan dan bakso ikan. Kami membelinya seharga Rp. 25.000.

 

Patbingsu

Es campur khas korea yang di dalamnya ada kacang merah, buah-buahan seperti melon, strawberry, pisang. sebagai toppingnya terdapat es krim. sangat cocok dijadikan dessert. Kami membelinya seharga Rp.20.000

 

Menurut saya, kedai ini worth it untuk dicoba. Karena selain tempatnya yang nyaman (asal kalian datang seawal mungkin), interior yang korea banget, harga makanannya pun terjangkau dengan kualitas rasa yang diberikan. Selain itu, dan yang paling penting adalah jaminan kehalalannya :)

Opening Hours
Kedai ini buka hampir setiap hari (Kamis libur) pukul 12.00 sampai 19.30 atau jika sudah sold out. Sedangkan untuk hari Jumat, jam buka mulai pukul 12.15.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY