9 Kuliner Khas Medan Rasanya Nendang


sisil angelin  June 13, 2019  0 Comment

Medan Merupakan Ibukota dari provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Medan adalah kota ketiga terbesar di Indonesia setelah Surabaya dan juga Jakarta. Perlu diketahui bahwa Medan adalah kota multi etnis yang mana penduduknya terdiri dari orang-orang yang memiliki latar belakang budaya dan juga agama yang berbeda-beda. Medan adalah kota yang sangat unik mereka kaya akan sejarah dan juga budaya.

Membahas mengenai kota Medan maka tidak ketinggalan mengenai kulinernya. Selama berlibur di kota Medan kamu harus mencoba makanan khas Medan dan bersiaplah untuk memanjangkan lidah kamu dengan makanan enak. Medan memiliki banyak makanan khas kota Medan yang dapat kamu temui dengan mudah.

Nah untuk itu berikut ini kuliner khas Medan dari makanan yang melegenda hingga makanan yang kekinian :

1. Sate Memeng

Ternyata Medan juga memiliki makanan yang berupa sate yang diberi nama sate memeng. Ini adalah sajian kuliner yang disajikan dengan potongan lontong, sate dan saus kacang. Disini banyak orang yang rela mengantri hanya untuk mencicipi makanan yang memiliki kelezatan ini. Sate memeng ini buka pada pukul 18.00 hingga pukul 23.00. Dan untuk harganya juga sangat terjangkau yaitu mulai dari harga Rp. 5.000 hingga Rp. 200.000 dan disesuaikan dengan pesanan. Sate memeng adalah kuliner khas Medan yang menjadi favorit banyak orang, Untuk kamu yang penasaran dengan rasanya maka dapat berkunjung ke Jalan Irian Barat No.2 Gg, Buntu Medan.

Baca juga :  7 Mie Sop Medan legendaris di Medan Selalu Laris Manis
review kuliner

Cara Tepis Lapar Di Unit Lapar Darurat Bang Doel

Puthu Lanang Claket : Kuliner Legendaris Malang Sejak 1935

2. Soto Sinar Pagi

Soto Sinar Pagi
travel.tempo.co

Soto Medan adalah bagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang memiliki ciri khas kuahnya yang berwarna kuning kehijau-hijauan karena adanya rempah-rempah dan juga santan. Dan yang membedakan soto Medan dengan soto lain adalah penggunaan Jitan pada bumbunya. Dan soto yang sangat terkenal di Medan adalah soto Sinar Pagi yang terletak di jalan Sei Deli No. 2, Silalas, Kecamatan Medan Barat. Ini adalah salah satu tempat yang menyediakan soto yang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Kuah santan kental dan juga kaya akan rempah-rempah disajikan dengan potongan daging sapi,perkedel, rempeyek dan juga sambal kecap dengan taburan bawang goreng. Rumah makan ini selalu ramai karena sotonya memang mampu memanjakan lidah para pengunjung. Untuk kamu yang mencicipi soto lezat ini maka kamu bisa datang pada pukul 07.00 hingga 15.00.

3. Ucok Durian

Ucok Durian
ucokduriansolo.com

Tempat ini sangat cocok untuk kamu kunjungi apalagi jika kamu merupakan pecinta durian. Kamu bisa singgah di kuliner malam Medan yaitu Ucok Durian yang merupakan salah satu tempat kuliner yang menu utamanya adalah Durian. Ucok Durian buka selama 24 jam dan pada malam hari akan sangat ramai dipadati oleh pengunjung. Untuk kamu yang ingin kesini kamu dapat mengunjungi Jalan Wahid Hasyim No. 30-32 Babura, Medan. Untuk harganya kamu tidak perlu khawatir karena disini harganya bervariasi dari Harga Rp. 10.000 hingga harga Rp. 65.000. Disini tersedia banyak jenis durian yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera kamu dan disini juga ada beberapa durian lokal yang memiliki kualitas super. Ucok Durian merupakan tempat wisata kuliner bagi para wisatawan maupun masyarakat lokal.

Baca juga :  10 Cafe Unik di Medan Asyik Buat Nongkrong

4. Soto Kesawang

Soto Kesawang

Di Medan terdapat soto kesawang yang merupakan rekomendasi untuk para wisatawan. Soto Kesawang ialah kuliner malam yang sangat wajib untuk dicicipi. Untuk kamu yang ingin kesini kamu bisa datang pada jam 08.00 hingga 14.00. Untuk harganya pun sangat bersahabat yaitu hanya Rp. 12.000 hingga Rp. 25.000 saja.

5. Udang Tauco Deli Serdang

Ini adalah menu andalan khas dari Deli Serdang yang sangat banyak diminati oleh para wisatawan. Masakan Udang Tauco Deli Serdang ini dimasak menggunakan Tauco dan ditambahkan dengan potongan kecombrang, Tomat, dan juga cabai hijau yang banyak sehingga memiliki rasa yang pedas. Kuliner yang satu ini dimasak menggunakan petai dan juga paprika merah dan hijau untuk membuat tampilannya menarik dan rasanya pun semakin nikmat.

6. Nasi Bakar Sombang

Nasi Bakar Sombang
en.wikipedia.org

Ini adalah salah satu makanan khas Di Medan Deli, Sumatera Utara, ini adalah kuliner yang merupakan nasi bakar yang memiliki isian berupa ikan teri kecil. Nasi bakar ini juga disajikan dengan ayam Mogap dan sambal cabai hijau yang dapat menggugah selera..

7. Mie Gomak

Mie Gomak
masakanpraktisrumahan.com

Ini adalah sebutan lain dari spaghetti ala orang Medan, ini adalah makanan yang berasal dari wilayah balige danau toba. Dan ini menjadi sajian makanan yang khas yang wajib untuk dicoba. Mie Gomak memiliki rasa yang cukup istimewa yaitu memiliki bumbu-bumbu yang sedap. Kamu dapat menemukan mie Gomak ini di pasar balige kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Untuk harganya pun terbilang sangat murah yaitu untuk satu porsi hanya Rp. 5.000.

8. Mie Balap Medan

Mie Balap Medan selain memiliki nama yang unik namun juga memiliki rasa yang enak, Mie balap diberi nama seperti ini karena bermula dari kecepatan penjual dalam membuat dan menyajikan mie kepada para pelanggan. Mie balap ini terkenal dan juga menjadi favorit bagi warga Medan. Dan salah satu mie Medan yang sangat ramai dikunjungi adalah Mie balap Wahidin yang ada di Jalan Wahidin, Simpang Jalan Gajah, Medan. Mie balap adalah mie yang dipadukan dengan bumbu dan cara memasak yang membuat rasanya enak dan pas di lidah, tidak terlalu berminyak dan juga tidak kering.

Baca juga :  Muslim Traveller, Nih Rekomendasi 10 Tempat Makan Halal di Ubud Bali

9. Soto Udang

Soto merupakan makanan yang dapat dijumpai di berbagai daerah diseluruh Indonesia. Dan salah satunya ada di kota Medan yaitu soto Udang, yang merupakan makanan khas Medan. Jika biasanya kita sering menjumpai soto daging maupun soto ayam, maka disini kita akan menemukan soto udang. Soto Udang ayamnya dibakar setelah direbus dan memiliki rasa gurih dari ayam dan udang yang bercampur dengan lezat kuah kaldu.

Nah ini makanan khas Medan yang dapat kamu cicipi saat berada di kota Medan. Pastikan kamu mencicipi 9 makanan khas Medan yang sudah tertera diatas ya. Dijamin makanan-makanan tersebut mampu memanjakan lidah kamu. Jika berwisata  ke Medan memang yang menjadi incarannya adalah wisata alamnya yang sangat indah dan juga dapat memanjakan mata. Namun sangat sayang jika harus melewatkan untuk mencicipi kuliner yang lezat khas kota Medan. Karena di Medan kamu akan menemukan beragam kuliner lezat. Kamu bisa berkeliling kota Medan dan mendatangi tempat-tempat seperti warung makan maupun pasar tradisional karena disanalah kamu akan menemukan beragam makanan khas Medan.

Dimulai dari durian, mei hingga soto Medan, Soto Medan yang menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Makanan khas Medan yang disajikan dengan rempah-rempah dan bumbu-bumbu pilihan. Sekian dulu untuk ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.



Leave a Reply