Puthu Lanang Claket : Kuliner Legendaris Malang Sejak 1935

kuliner malang

Effida | Explorer
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
22 Mar 2020


Puthu Lanang Claket : Kuliner Legendaris Malang Sejak 1935
Akhirnya nggak penasaran lagi sama kuliner yang satu ini, Puthu Lanang Malang!

Setelah keliling Kota Batu, aku dibuat penasaran dengan salah satu kuliner yang cukup legendaris di Malang ini. Puthu Lanang atau biasa dikenal dengan Puthu Lanang Celaket. Kuliner yang satu ini berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Untuk lokasi lengkapnya udah aku cantumin di bagian maps yaa, tinggal klik aja.

Aku dateng ke Puthu Lanang pada pukul 9 malam, kalo liat google sih tutupnya jam 9.30 malam. Meskipun dateng malem-malem, aku tetep berharap nggak kehabisan puthu legendaris ini. Setelah motoran ngikutin maps, sampe juga di lokasi Puthu Lanang.

kuliner malang

Pas sampe lokasi Puthu Lanang, pas banget proses memasak puthu sudah berakhir alias mau tutup, jadi bonus foto alat memasaknya aja deh ya. Puthu yang dicari banyak wisatawan saat datang ke Malang ini wajib kalian coba. Meskipun pernah 3 tahun tinggal di Malang, tapi baru kali ini aku berkesempatan nyoba. Kalian orang Malang sudah pernah coba belum?

kuliner malang

Sajian puthu, lupis, cenil, dan lain-lain akan ditata rapi di atas daun pisang. Sambil nunggu pesanan kami siap, bapak penjual Puthu Lanang sempet ngobrol sama kami. Sempet nanya tentang 'cabang Puthu Lanang', dan ternyata Puthu Lanang tidak buka cabang. Sudah banyak yang menawarkan mitra franchise Puthu Lanang tapi penjual tetap tegas untuk menolak. Nggak hanya itu, bapak penjual Puthu Lanang juga pernah ditawari untuk buka toko besar Puthu Lanang di Jakarta lho. Tapi demi menjaga uniknya kuliner ini, beliau menolak dan memilih untuk tetap buka di Malang meskipun hanya berlokasi di gang kecil. 

kuliner malang

Aku memesan 1 porsi puthu dan 1 porsi cenil. Puthu Lanang menjual berbagai menu diantaranya puthu, klepon, cenil, lupis, dan campur. Harga 1 porsi semua sama yakni Rp 10.000,-. Meskipun dateng malam hari dan semua udah hampir habis, Puthu Lanang ini masih ngantri dan dicari banyak orang lho. Untungnya, aku masih kebagian 1 porsi puthu dan 1 porsi cenil.

kuliner malang

Puthu : Puthu Lanang dikenal dengan sajian puthunya yang ‘katanya’ beda dengan yang lain. Sempet nyeletuk ke bapaknya yang jual “bedanya Puthu Lanang dengan puthu lainnya apa sih pak?”, dan bapaknya dengan enteng menjawab “coba sendiri saja mbak, saya nggak enak mau ngomong”. Oke bhaiq makin bikin penasaran saja si bapak. Setelah satu porsi puthu tersaji, barulah aku mencoba rasanya. Rasa Puthu Lanang memang lebih lembut dan padat jika dibandingkan dengan puthu lainnya. Kelapa yang digunakan sebagai pelengkap juga sangat segar bahkan baru diparut menggunakan mesin. Dengan harga Rp  10.000,- dan berisi 8 biji, Puthu Lanang wajib kalian coba apalagi buat yang suka puthu!

kuliner malang

Cenil : Nggak hanya puthu, cenil juga merupakan salah satu jajanan favoritku dari kecil. Kalian hanya perlu membayar Rp 10.000,- untuk porsi cenil yang mengenyangkan, menurutku. Yap, cenil di Puthu Lanang lebih besar ukurannya jika dibandingkan dengan cenil yang bisa aku jumpai di pasar. Gulanya yang enak dan nggak bikin sakit tenggorokan juga bikin ketagihan.

kuliner malang

Puthu Lanang ini sudah ada sejak tahun 1935, nggak perlu diragukan lagi deh, udh 3 generasi guys! Oh iya, kami dapet informasi dari bapaknya kalau pengen liat antrian Puthu Lanang yang mengular, kalian bisa dateng sore hari. Puthu Lanang ini buka sekitar jam 5 sore dan sebelum buka udah banyak orang yang ngantri.

Kuliner legendaris yang satu ini sangat aku rekomendasikan buat kalian yang dateng ke Malang. Harganya terjangkau, rasanya enak, dan porsinya niat banget, kenyaaang!

Opening Hours
sekitar jam 5 sore hingga jam 9 malam
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.