9 Kuliner Khas Finlandia Yang Lezat Menggoyang Lidah


sisil angelin  April 29, 2019  0 Comment

Kuliner khas Finlandia memiliki kemiripan dengan makanan Skandinavia, perbedaannya makanan Finlandia cendeung tidak manis. Roti gandum dari Finlandia tidak diberi pemanis dan bahkan agak pahit. Pengaruh masakan Rusia dan Jerman masuk pada masakan Finlandia. Makanan Finlandia tidak telalu dikenal di luar utara Eropa.

Ikan dan daging memainkan peran penting dalam hidangan tradisional Finlandia terutama di Finlandia bagian barat. Sementara hidangan dari Finlandia bagian timur lebih cenderung barbahan sayuran dan jamur tradisional. Dalam hidangan Finlandia kehadiran roti segar merupakan kewajiban di atas meja.

Finlandia memiliki keragaman hidangan lokal yang menarik. Hutan-hutan dan danau-danau di Finlandia seolah menyembunyikan harta karun berupa bahan makanan seperti buah beri, jamur, dan ikan. Berikut ini adalah makanan khas Finlandia yang perlu Anda cicipi

1. Karjalanpiirakat

Karjalanpiirakat

ViajeJet.com


Karelian pie atau Karjalanpiirakat adalah pie berukuran kecil yang berasal dari daerah tenggara Finlandia. Anda dapat memakannya kapanpun, baik sebagai sarapan atau pun sebagai makanan ringan, bahkan pie ini juga biasa hadir dalam hidangan makan malam yang disajikan dengan campuran mentega telur.
Karelian pie dapat ditemukan di seluruh Finlandia, bahkan di supermarket. Tetapi tentu saja tidak ada yang lebih baik daripada yang buatan rumahan!

Review tempat wisata

Hunting Street Food Di Dotonburi Osaka: Mulai Dari Okonomiyaki Hingga Takoyaki

Serunya Menonton Atraksi Coconut Ball Di Jonker Street Night Market

2. Savustettu siika

 Savustettu siika

Etumies.fi


Makanan khas Finlandia yang satu ini adalah Ikan putih asap (Smoked whitefish). Ikan menjadi salah satu bahan utama dalam masakan Finlandia. Sejumlah besar danau dan sungai menjadi gudang bahan makanan ikan terutama untuk makan malam Anda dan menyiapkannya di atas api terbuka. Savustettu siika biasanya disajikan ketika menghabiskan waktu di pondok musim panas. whitefish dapat ditangkap di danau, sungai dan Laut Baltik.
Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membuat Smoked whitefish : Anda bisa menggunakan pengasap listrik atau yang lebih tradisional menggunakan api. Taburi garam pada seluruh bagian ikan yang dibersihkan terlebih dahulu, jangan terlalu banyak garam tapi merata. Taburi sedikkit gula untuk memberikan warna kecoklatan yang bagus pada ikan. Api harus menyala perlahan dan dengan panas merata di bawah asap.
Waktu memasak tergantung pada ukuran ikan, biasanya butuh waktu sekitar 45 menit untuk 1 kg ikan putih. Smoked whitefish biasa dimakan bersama keripik alder.

3. Poronkäristys

Poronkäristys

Bautrip.com


Jumlah rusa lebih banyak daripada jumlah pria di Lapland. Karenanya daging rusa adalah bahan yang sangat umum dijadikan hidangan di Finlandia Utara dan wisatawan dapat menemukannya dalam banyak variasi makanan, baik daging rusa asap, daging rusa yang dikeringkan, daging rusa yang dicacah, daging rusa yang dimasukan di dalam sup, dan sebagainya.
Rusa tumis atau Poronkäristys dalam bahasa Finlandia adalah salah satu makanan khas Finlandia yang dapat dimakan di semua musim dan wisatawan dapat menemukannya di banyak restoran. Daging rusa tumis yang diiris tipis disajikan dengan kentang tumbuk, acar, dan lingonberry.

4. Rieska

Rieska
commons.wikimedia.org


Makanan khas Finlandia yang lainnya adalah roti Rieska. Roti ini biasa hadir untuk melengkapi hidangan orang-orang Finlandia. Roti Rieska harus Anda coba ketika tinggal di Finlandia. Roti Rieska ada beberapa macam yang paling umum dan mudah ditemukan adalah rieska kentang atau perunarieska dalam bahasa Finlandia, barley rieska dan rye rieska.
Orang Finlandia menyantap roti ini sebagian besar hanya dengan mentega. Namun rieska adalah roti yang ideal untuk bahan utama menyiapkan sandwich saat melakukan perjanan hiking seharian dan untuk dinikmati di luar ruangan, di sekitar api unggun.

5. Leipajuusto

Leipajuusto

Wikipedia.org


Makanan khas Finlandia selanjutnya ialah Leipajuusto yang biasa dijadikan makanan penutup khas dari Finlandia Utara. Leipajuusto terbuat dari susu sapi, roti keju yang memiliki tekstur sangat unik. Di masa lalu, Leipajuusto sangat berharga bahkan pernah diberikan sebagai gaji untuk orang-orang yang bekerja di ladang selama panen musim panas.
Leipajuusto sangat mudah disiapkan dan tersedia di setiap supermarket lokal. Untuk menyajikannya Anda hanya perlu memotongnya menjadi irisan kecil dan menghangatkannya di atas wajan dengan campuran krim. Saat telah siap, sajikan dengan cloudberry atau lakka atau hilla dalam bahasa Finlandia. Cloudberry adalah salah satu buah yang paling lezat. Buah beri yang kaya vitamin ini bisa ditemukan di rawa-rawa Lappish.
Perpaduan Leipajuusto, krim dan cloudberry akan memberikan hasil kombinasi rasa asam dan manis yang lezat. Cocok pula sebagai teman minum kopi.

6. Korvapuusti

Korvapuusti

Lidl.fi


Pada dasarnya ini adalah roti kayu manis. Di Finlandia Korvapuusti biasa dimakan sebagai teman untuk menikmati secangkir kopi, karena orang-orang Finlandia mengkonsumsi banyak kopi dan banyak roti kayu manis dibandingkan negara Eropa lainnya. Sekali menikmati Kuliner khas Finlandia yang satu ini, sulit untuk berhenti pada satu atau dua potong saja.

7. Rapu

Rapu

Fiveprime


Rapu merupakan makanan Finlandia dalam acara pesta udang karang atau “kraftskiva”. Pada awalnya kraftskiva merupakan tradisi Swedia yang diadopsi dan dirayakan oleh orang Finlandia di setiap musim panas. Rapu atau Lobster air tawar kecil ini dianggap sebagai makanan gourmet dan tidak murah. Itulah sebabnya Rapu selalu hadir dalam pesta-pesta yang elegan. Selain itu dalam pesta musim Crayfish yang berlangsung antara 21 Juli dan awal musim gugur.

8. Silli jud uudet perunat

Silli jud uudet perunat
kodinkuvalehti.fi


Kuliner khas Finlandia ini sebenarnya adalah kentang yang dipadukan dengan ikan haring (silli). Kentang dengan ikan Haring danau segar ditambah saus chantarelle. Variasi lainnya kentang yang dipadukan dengan telur ikan dan silli. Maupun kentang yang hanya dipadukan dengan silli dan sedikit mentega, sedikit adas ditambahkan sedikit garam. Variasi silli jud uudet perunat tidak terbatas tetapi sama-sama menggiurkan.
Orang-orang Finlandia agak kesulitan mendapatkan kentang dan butuh waktu lama, karena kentang biasanya baru muncul ketika musim panas. Jika panen kentang telah tiba, koran lokal akan membuat beita setiap tahun.

9. Ruisleipä, reikäleipa dan Näkkileipä

Ruisleipä

Yle.fi


Kuliner khas Finlandia bernama Ruisleipä ini adalah roti gandum hitam yang terbuat dari adonan asam. Ruisleipä merupakan makanan pokok orang Finlandia. Ada banyak variasi Ruisleipä tetapi yang paling populer dan banyak tersedia adalah reikäleipa (roti berlubang). Orang-orang biasa menggantung roti mereka di atas tiang yang terbuat dari kayu kaso.
Roti ini bertekstur padat, rata dan berat tetapi. Karena orang-orang Finlandia terbiasa memakan roti ini, sebagian akan mengirimkannya melalui paket ketika mereka tinggal di luar negeri. Sedangkan Näkkileipä adalah versi lainnya dari roti gandum hitam (Ruisleipä). Näkkileipä memiliki banyak jenis lagi, termasuk cracker Crisp Finn yang dijual secara internasional.
Näkkileipä dimakan saat sarapan dengan olesan mentega, keju, atau olesan lainnya. Tak jarang pula Näkkileipä dimakan dengan sup saat makan siang atau sebagai camilan malam.

Dari 9 Kuliner khas Finlandia yang telah diulas di atas, apakah Anda pernah mencoba semua atau salah satunya? Jika belum pernah mencobanya, buat segera rencana perjalanan wisata Anda ke Finlandia. Makanan yang manakah yang ingin Anda cicipi terlebih dulu?



Leave a Reply