10 Kuliner Pacitan Wajib Coba Yang sesuai Dengan Selera Kamu


Fida  May 21, 2021  0 Comment

Pacitan dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyak sekali keindahan alam. Hal itu menjadikan Pacitan kerap dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.Selain indahnya tempat wisata alam, Pacitan juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang sayang untuk Anda lewatkan. Berbagai kuliner dibuat dengan bumbu yang khas serta menggugah selera.Berikut Kuliner di Pacitan Wajib coba

1. Soto Pacitan

Soto Pacitan
cookpad.com

Soto Pacitan menjadi salah satu kuliner wajib coba di Pacitan. Cita rasa soto yang satu ini tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya. Hanya saja ada beberapa isian yang membedakan soto Pacitan dengan soto lainnya seperti adanya tambahan kacang goreng.

Soto Pacitan bisa dengan mudah Anda jumpai di warung makan di dekat tempat wisata. Beberapa tempat yang cukup populer untuk menikmati soto Pacitan adalah di Soto Kebonagung dan Soto Giyem Disco. Cita rasa sensasi soto yang berpadu dengan kacang goreng akan sangat khas dan wajib Anda coba saat datang ke Pacitan.

Gotravelly

Pantai Teleng Ria, Tempatnya Bersantai Dan Berburu Ikan Laut!

Menyusuri Indahnya Sungai Maron

2. Thiwul

Thiwul
ponorogo.go.id

Thiwul merupakan salah satu kuliner wajib coba di Pacitan. Pernah mencoba makanan yang satu ini? Thiwul biasa dihidangkan sebagai pengganti nasi hanya saja memiliki warna yang agak kecoklatan. Bahan utama yang digunakan untuk pembuatan thiwul adalah dari gaplek atau ketela pohon yang dikeringkan.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, thiwul cocok dikonsumsi karena memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibanding nasi. Anda dapat menikmati makanan yang satu ini bersama dengan sambal terasi atau sambal bawang. Adanya tambahan urap-urap dan lauk sebagai pelengkap tentu menjadikan hidangan ini sangat cocok untuk Anda coba saat berada di Pacitan.

3. Jadah Bakar

Jadah Bakar
cookpad.com

Menikmati jadah tentu menjadi hal yang cukup biasa, namun pernahkah Anda mencoba sensasi jadah bakar? Jadah bakar menjadi salah satu kuliner wajib coba di Pacitan. Sensasi jadah yang gurih dan dicampur dengan gula pasir sebelum dikonsumsi menjadikan hidangan yang satu ini memiliki perpaduan rasa yang gurih dan manis.

Jadah merupakan makanan yang dibuat dengan bahan dasar ketan. Anda dapat dengan mudah menjumpai jadah bakar di kawasan alun-alun Pacitan. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati makanan ini adalah di jadah bakar Mbah Geger. Tidak hanya disukai oleh orang dewasa, makanan yang satu ini juga disukai oleh semua kalangan termasuk remaja.

4. Kupat Tahu

 Kupat Tahu
endeus.tv

Kupat tahu menjadi salah satu kuliner wajib coba di Pacitan yang sayang untuk Anda lewatkan. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini didominasi oleh isian ketupat dan tahu. Kuliner kupat tahu juga menjadi salah satu makanan favorit presiden RI ke-6 yakni Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Kupat tahu disajikan bersama dengan taburan kacang goreng, tauge, seledri, dan disiram dengan kuah yang khas. Anda akan merasakan cita rasa lezat dan nikmat saat mengkonsumsi kupat tahu. Sebagai pelengkap, biasanya makanan ini disajikan bersama dengan kerupuk udang.

5. Tahu Tuna

Tahu Tuna
endeus.tv

Saat berlibur ke Pacitan, ada yang kurang rasanya jika tidak mencoba atau membawa pulang tahu tuna. Tahu tuna merupakan salah satu kuliner wajib coba di Pacitan. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini merupakan tahu yang memiliki isian olahan tuna. Jika dilihat sekilas bentuknya hampir mirip dengan tahu bakso.

Tahu tuna akan dengan mudah Anda jumpai di warung-warung makan atau toko oleh-oleh di Pacitan. Tidak jarang wisatawan yang datang ke Pacitan membeli tahu tuna sebagai oleh-oleh. Tahu tuna dijual dengan harga berkisar Rp 10.000,- per bungkus. Lezatnya tahu tuna menjadikan salah satu makanan yang sayang untuk tidak Anda coba saat datang ke Pacitan.

6. Punten Pecel

Punten Pecel
cookpad.com

Salah satu kuliner wajib coba di Pacitan adalah Punten pecel. Kuliner yang satu ini memiliki ciri khas yakni disajikan dengan bentuk kotak-kotak. Punten dibuat dari beras yang dimasak dengan santan kemudian ditumbuk halus. Saat datang ke Pacitan, tentu sangat disayangkan jika Anda melewatkan kuliner punten pecel.

Anda dapat dengan mudah menjumpai kuliner ini salah satunya di pusat jajanan Pasar Arjowinangun yang terletak di pertigaan jalur lintas selatan. Biasanya makanan ini dijual saat pagi hari. Cita rasanya yang enak dan tampilannya yang menggugah selera menjadikan kuliner ini wajib Anda coba.

7. Sego Godhong Jati

Sego Godhong Jati
travel.detik.com

Ada cukup banyak kuliner wajib coba di Pacitan, salah satunya adalah sego godong jati. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini disajikan dengan bungkus daun jati. Tidak hanya tampilannya yang khas dan unik, kuliner yang satu ini juga menawarkan cita rasa yang lezat.

Sego godhong jati memiliki berbagai isian seperti urap-urap, kering tempe, peyek, dan juga lauk ikan asin. Aroma daun jati tentu akan membuat kuliner ini semakin menggugah selera. Anda dapat membeli sego godhong jati di jalan menuju Kecamatan Arjosari yakni di Desa Semanten.

8. Cenil

Cenil
yummy.co.id

Selain mudah dijumpai di beberapa daerah lainnya, cenil juga menjadi salah satu kuliner wajib coba di Pacitan. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner cenil. Kuliner ini biasa dijumpai di pasar-pasar tradisional atau di pinggir jalan.

Cenil dibuat dengan menggunakan bahan dasar pati ketela pohon. Kuliner yang satu ini memiliki tampilan yang berwarna-warni dengan tekstur kenyal. Adanya tambahan parutan kelapa dan gula menjadi ciri khas cenil sekaligus menjadikan rasanya semakin lezat.

9. Singkong Keju

 Singkong Keju
merdeka.com

Saat berbicara tentang kuliner wajib coba di Pacitan, singkong keju menjadi salah satu yang sayang untuk Anda lewatkan. Jajanan yang satu ini akan dengan mudah Anda jumpai di Pacitan. Singkong keju menawarkan cita rasa yang gurih dan enak.

Bagi Anda penggemar keju, kuliner yang satu ini tentu sayang untuk tidak Anda coba. Biasanya singkong keju juga ditambahkan dengan gula semut yang tentu menambah cita rasa semakin manis dan lezat. Anda dapat dengan mudah menjumpai penjual Singkong Keju di sepanjang jalan menuju Pantai Teleng Ria.

10. Sale Anggur

Sale Anggur
pacitankabmuseumjatim.wordpress.com

Sale pisang tentu menjadi makanan yang sudah cukup populer, namun pernahkah Anda mencoba sensasi sale anggur? Sale anggur merupakan salah satu kuliner wajib coba di Pacitan. Makanan satu ini disebut sale anggur karena memiliki kemasan bulat-bulat kecil dan dirangkai seperti buah anggur.

Sebenarnya sale anggur juga terbuat dari pisang yakni pisang awak. Cara pembuatannya adalah dengan memotong tipis-tipis pisang kemudian dijemur di bawah terik matahari. Setelah kering kemudian dipadatkan dan dibentuk bulatan. Setelah dibentuk bulat, sale kemudian dibungkus dan disusun menyerupai anggur. Makanan yang satu ini cocok dipilih sebagai oleh-oleh karena dapat tahan hingga 5 bulan lamanya meskipun tanpa menggunakan pengawet. Penasaran untuk mencoba sensasi cita rasa sale anggur?



Leave a Reply