Serunya Menonton Atraksi Coconut Ball di Jonker Street Night Market

coconut ball melaka

pritagizela | Tourist
Malacca City, Malacca, Malaysia | halal
23 Sep 2019


Serunya Menonton Atraksi Coconut Ball di Jonker Street Night Market
Main ke Melaka, pastikan kalian ngga melewatkan pertunjukan 'Coconut Ball' di kawasan Jonker Street Night Market ya. Seperti apa?

Traveling ke Malaysia, jangan lupa buat mampir ke Melaka ya guys! Melaka ini merupakan salah kota terpenting di Malaysia karena memiliki banyak bangunan sejarah yang menarik sekali untuk dijelajahi. Kebetulan Minggu lalu, aku abis jalan-jalan ke Melaka dan sempet menyusuri beberapa wisata seru sambil mencicipi kulinernya. Sebelum aku bahas soal wisatanya, aku mau mengulas salah satu kuliner unik yang aku cobain disana, yaitu Kelapa Muda di Fatimah Product.

atraksi coconut ball melaka

Kelapa Muda khas Melaka ini memang unik dan menarik banget guys. Kalian bisa menemukannya di kawasan Night Market Jonker Street. Fyi, pasar malam ini hanya ada di akhir pekan aja guys, yaitu hari Jumat dan Sabtu aja. Bukanya mulai sore sampe tengah malem. So, kalo kalian pengen dateng kesini, pastikan kalian mengunjungi Melaka saat akhir pekan ya.

Back to this Coconut, sebenernya di Jonker Street ada banyak banget penjual coconut drink. Tapi yang aku cobain kemaren adalah coconut drink di salah satu booth bernama Fatimah Product. Boothnya Fatimah Product ini ada di ujung Jonker Street, tepatnya di dekat air mancur. Kalian bakal mengenalinya dengan mudah soalnya tempat ini rame banget pengunjung yang menyaksikan atraksi penyajian kelapa ini. Well, ngapain sih jauh-jauh ke Melaka cuma nyobain air kelapa doang? Eitss, jangan salah guys kelapa di Melaka ini disajikan dengan cara yang berbeda dan cukup unik, beda dengan kelapa yang biasa ku beli di Indonesia.

coconut ball melaka

Di Indonesia, ada dua cara untuk menikmati air kelapa. Cara pertama adalah dengan menikmati langsung dari buahnya yang sudah diiris ujungnya, kemudian tinggal sedot langsung dengan sedotan dan kalau airnya sudah habis, daging kelapanya dikerok dengan sendok baru dimakan. Cara kedua adalah yang paling simpel, yaitu dengan menuangkan air kelapa muda dalam gelas bersamaan dengan daging kelapa yang udah dikerok. Kedua cara ini biasanya penjual kelapa menambahkan gula cair kedalam minumannya.

Video by Gotravelly

Beda halnya dengan menikmati air kelapa di Jonker Street Melaka, proses penyajiannya cukup menarik karena selama proses mengupas mereka menyajikan sebuah atraksi yang keren banget. Buah kelapa yang masih hijau ini tetap dikupas ujung-ujungnya, hanya saja bedanya seluruh batok kelapa dikuliti dengan menggunakan sebilah golok yang tajam. Proses ini dilakukan secara perlahan dan sistematis agar tidak merusak daging buah kelapanya. Setelah separuh batok terkelupas dan setengah daging kelapanya masih berada di dalam batok, kemudian dicongkel dengan sebuah alat pengait kecil.

atraksi coconut ball melakaAtraksi melempar kelapa di Fatimah Product

coconut ball melaka

Uniknya, saat mengupas daging kelapa ini mereka sama sekali tidak menyentuh daging kelapanya. Jadi setelah di congkel, mereka langsung menelungkupkannya ke dalam wadah plastik. Jadi, kalian ngga perlu khawatir soal kebersihan kelapa ini ya guys, udah pasti higienis.

coconut ball melaka

Untuk soal rasa, ngga perlu diragukan lagi guys karena enak dan seger banget. Penyajiannya tanpa es batu ataupun pemanis guys, tapi airnya udah terasa manisnya dan daging kelapanya terasa lembut banget. Seporsi kelapa ini diharga 6 Ringgit aja guys atau sekitar 20 ribuan kalo dirupiahin, harga yang menurutku masih masuk akal melihat penyajiannya yang super unik dan rasa kelapanya yang enak banget ini.

mencoba coconut ball melaka

So guys, kalo kalian berencana jalan-jalan ke Melaka dan pengen nyobain street food yang unik-unik di kawasan Jonker Street, jangan lupa buat mampir ke booth Fatimah Product dan cobain coconut ini yaa. 

Next destination, aku ke Kuala Lumpur buat dateng ke Marvel ten years of Heroes Exhibition.

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY