9 Kuliner Indonesia Warisan Belanda Dengan Kelezatan Tersendiri


sisil angelin  September 6, 2019  0 Comment

Kuliner Indonesia dikenal memiliki cita rasa yang spesial dan khas serta dapat memanjakan lidah bagi setiap yang menyantapnya. Turis mancanegara yang pelesiran ke Indonesia seringkali terpikat dengan citra rasa masakan Indonesia. Namun perlu anda ketahui ternyata terdapat beberapa kuliner Indonesia warisan Belanda lho.

Seperti yang  kita ketahui bahwa Negara Indonesia pernah mengalami kisah kelam yaitu di jajah oleh negara kolonial Belanda selama hampir tiga ratus lima puluh tahun. Tokoh Belanda hilir mudik dengan mudah masuk ke wilayah  Indonesia. Hal tersebut membuat terdapat beberapa kuliner Indonesia yang merupakan warisan Belanda. Berikut akan diulas kuliner Indonesia warisan Belanda.

Indonesia memiliki variasi menu kudapan yang sangat beragam dan memiliki kekhasan. Namun ternyata uniknya terdapat beberapa kudapan yang mungkin anda anggap sebagai makanan asli Indonesia ternyata adalah makanan khas Belanda yang di modifikasi, berikut adalah makanan khas Indonesia yang ternyata hasil modifikasi kuliner negri Belanda.

1. Perkedel

Perkedel
image credit : https://i2.wp.com

Mungkin anda sangat kaget mendengar kudapan yang satu ini ternyata hasil modifikasi makanan Belanda. Panganan yang terbuat dari kentang yang dicampur dengan daging giling ini merupakan makanan sehari hari masyarakat Indonesia. Umumnya perkedel di hidangkan dengan sayur sop dan nasi hangat yang membuat kudapan ini sangat lezat.

Di negara kincir angin perkedel dikenal dengan nama frikadeller yang terbuat dari bahan kentang tumbuk yang dicampur dengan olahan daging sapi. jadi, perkedel merupakan menu orang Belanda yang di modifikasi oleh orang Indonesia.

Gotravelly

Nasi Kulit Syuurga – Resto Kulit Ayam Goreng Yang Lagi Ngetrend Pertama Di Surabaya

Warung Ijo Wonosalam – Gagal Nyobain Sambal Durian Malah Nemu Lezatnya Kolak Durian

2. Kue Cubit

Kue Cubit
image credit : https://s2.bukalapak.com

Anda akan dengan mudah menemukan panganan ini pada jajanan anak di pinggir jalan, sekolah, maupun taman bermain anak. Kue ini terbuat dari terigu yang diberi gula pasir kemudian di cetak menggunakan cetakan dengan tema yang unik. Hal itu akan membuat jajanan ini digemari oleh anak-anak.

Kue cubit sangan mirip dengan salah satu jajanan pasar di Belanda yaitu Pofferjes. Pofferjes merupakan panganan asal Belanda yang dikenal dengan panekuk mini. Jajanan pinggir jalan ini sangat menjamur ketika musim panas tiba.

3. Lapis Legit

Lapis Legit
image credit : https://www.indonesia.travel

Lapis legit merupakanan panganan asal Indonesia yang memiliki citra rasa spesial. Kue lapis legit terbuat dari bahan terigu, telur, gula pasir, mentega, dan susu yang dicampur menjadi satu secara satu per satu. Bagi anda yang ingin membuat kue ini harus memiliki kesabaran ekstra karena pembuatanya sangat lama dan rumit.

Fakta uniknya ternyata lapis legit merupakan kuliner Indonesia warisan Belanda. Di Belanda kue ini spekuk yang umumnya disajikan dalam rijsttafel ( Jamuan ala Belanda). Perbedaan dari kue lapis dan spekuk yaitu menggunakan rempah-rempah asal asia tenggara yang sangat disukai oleh lidah lidah orang eropa.

4. Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis Surabaya
image credit : https://truffle-assets.imgix.net

Mungkin ada beberapa yang menamakan kue spiku atau kue lapis surabaya. Pada dasarnya kedua nama tersebut yaitu sama. Seperti namanya, kue ini memang merupakan kue khas surabaya. Kue ini memiliki rasa yang manis dan legit di lidah. Sepintas mungkin bentuknya sangat mirip dengan kue lapis lengit namun ketika memakannya anda akan menemukan perbedaanya.

Nah, faktanya kue lapis surabaya merupakan kuliner Indonesia warisan Belanda. Pada zaman penjajahan kue ini dapat dinikmati oleh bangsawan dan bangsa Belanda. Kue lapis surabaya ini terinspirasi dari kue spekkoek yang merupakan kudapan asli Belanda. Kue ini juga biasa disebut spiku kuno.

5. Semur Daging

Semur Daging
image credit : https://sifu.unileversolutions.com

Semur daging merupakan salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Menu ini umumnya tersaji di meja makan anda pada hari besar seperti hari raya idul fitri, hari raya idul adha, natal, serta acara resepsi pernikahan. Menu ini menjadi andalan dan sajian spesial kepada tamu tamu yang hadir pada momen tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa semur daging bukan merupakan masakan asli Indonesia. Semur daging merupakan modifikasi dari kuliner Belanda yaitu smoor. Smoor sendiri berarti suatu teknik dalam memasak daging dalam jangka waktu yang lama. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk membuat tekstur daging yang empuk serta bumbu masakan meresap sempurna.

6. Roti Goreng

Roti Goreng
image credit : https://scontent-frx5-1.cdninstagram.com

Jajanan pinggir jalan ini dapat dengan mudah anda temui di penjual martabak yang menjual kue-kue seperti cakwe, onde-onde, dan menu gorengan lainnya. Panganan ini memiliki isi yang beraneka ragam seperti cokelat, keju, maupun kacang hijau. Kelezatan roti goreng membuat anda selalu ingin menambah satu ataupun dua butir lagi.

Faktanya roti goreng merupakan kuliner Indonesia warisan Belanda. Di Belanda kue ini bernama oliebollen yang memiliki citra rasa yang sama dengan roti goreng. Oliebollen juga memiliki rasa yang manis serta cara memasaknya dengan cara digoreng.

7. Stick Keju

Stick Keju
image credit : http://api.omiyago.com

Kue ini sangat mudah anda temukan ketika momen hari raya idul fitri tiba. Seluruh meja tamu umumnya menyajikan kue ini yaitu stick keju. Kue ini merupakan salah satu menu wajib selain kue nastar. Stick kerju terbuat dari tepung terigu, margarine, telur serta parutan keju. Kue ini memiliki citra rasa yang khas yang akan membuat kita ketagihan.

Di Belanda stick keju dikenal dengan nama kaasstengels. Kue ini merupakan kue asli dari Belanda yang memiliki bentuk dan cara pembuatan yang relatif sama. Kue ini biasanya di sajikan untuk tamu-tamu undangan.

8. Selat Solo

Selat Solo
image credit : https://sifu.unileversolutions.com

Selat solo merupakan salah satu menu kudapan untuk makan berat. Kuliner asal solo tersebut terdiri dari daging sapi yang di grill dengan penambahan kentang goreng garing, telur rebus, dan sayur sayuran. Kuliner ini memiliki citra rasa yang sangat memikat dan membuat kita akan terbius untuk kembali ke kota solo.

Selat solo merupakan kuliner Indonesia warisan Belanda yang terinspirasi dari bistik eropa. Apabila selat solo memiliki kuah yang encer namun untuk bistik memiliki kuah yang relatif lebih kental.namun selat solo memiliki kelebihan yaitu lebih manis dan sangat kaya akan rempah rempah yang membuat kita akan berkeringat ketika selesai menghabiskan menu ini.

9. Kroket

Kroket
image credit : https://www.chicken.ab.ca

Kroket merupakan jajanan umum masyarakat Indonesia yang dengan mudah dapat kita temui di pusat keramaian, mall, maupun pasar tradisional. Menu ini terbuat dari olahan daging sapi yang dibalut dengan tepung panis kemudian digoreng hingga garing. Menu ini sangat nikmati di sore hari ditemani dengan segelah teh hangat.

Di Negara Belanda juga terdapat kroket, namun ada beberapa hal yang membedakan kroket Indonesia dengan Belanda. Kroket Belanda memiliki bentuk yang hampir sama dengan di Indonesia dengan isian ragout yang membedakan kroket Indonesia dan Belanda.

Tidak dapat dipungkiri bahwa akulturasi terjadi ketika Indonesia di jajah oleh kolonial Belanda. Selain adat dan istiadat menu makanan juga akan dipengaruhi oleh hal tersebut. Jadi tidak aneh apabila kita menemukan kuliner Indonesia warisan Belanda. Semoga artikel ini dapat menambah khasanah pengetahuan anda.



Leave a Reply