Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | halal
20 Feb 2020


Warung Ijo Wonosalam - Gagal Nyobain Sambal Durian Malah Nemu Lezatnya Kolak Durian
Akhirnya bisa mampir ke Warung Ijo Wonosalam yang terkenal dengan sambal duriannya.

Setelah explore beberapa tempat wisata di Wonosalam, aku dibuat penasaran dengan Warung Ijo Wonosalam yang terkenal dengan olahannya yakni sambal durian. Btw, yang belum baca reviewku explore Wonosalam, kalian bisa baca di link berikut yaa -> Wana Wisata Sumber Biru, Bukit Pinus Carang Wulung, De Durian Park. Kalau ada rekomendasi wisata atau kuliner di Wonosalam yang ingin direview bisa komen dibawah yaa hehe.

Capeknya perjalanan langsung terbayar dengan banner yang bertuliskan sambal durian. Penasaran dan rela muter lagi buat kuliner yang satu ini. Tapi seperti judul, aku kecewa karena udah jauh-jauh muter tapi sambal durian lagi kosong, huhu. Untungnya nemu sajian yang nggak kalah lezat. 

warung ijo wonosalam

warung ijo wonosalam

Pertama datang, kami disambut dengan ibu penjual yang super ramah. Langsung nyeletuk aja “sambal duriannya ada ya bu?” “kosong mbak hari ini”. Yahhhh, untungnya masih ada menu durian lain yang bisa kami coba. SI ibu langsung menyebutkan beberapa menu lain dan pilihan kami jatuh kepada Kolak Durian. 

Warung Ijo Wonosalam ini sangat terkenal dengan sambal durian. Ibunya juga bilang kalau beberapa hari kedepan Radar Jombang bakal melakukan liputan. Karena aku dateng buat liputan juga, ibunya sih menyarankan untuk janjian dulu buat nyobain lezatnya sambal durian. Ini nih nomor ibunya guys 081235480885. Kalian disarankan telepon dulu untuk memastikan sebelum jauh-jauh datang ke Warung Ijo Wonosalam.

warung ijo wonosalam

Kami mencoba Kolak Durian yang dibandrol dengan harga Rp 10.000,- per porsi. Meskipun tampilannya terkesan sederhana, tapi rasanya bikin ketagihan. Disajikan dengan kuah hangat dan gurih, cocok banget buat dinikmati di dinginnya daerah Wonosalam Jombang. Satu porsi Kolak Durian terdiri dari isian kuah, ketan, dan 2 potong daging durian . Dengan harga segitu, menu Kolak Durian di Warung Ijo Wonosalam sangat recommended untuk kalian coba.

warung ijo wonosalam

Next, Warung Ijo Wonosalam juga menawarkan pancake durian. Ukurannya beragam, ada yang kecil ada yang cukup besar. Harganyapun demikian. Seingetku harga pancake durian berkisar 40 hingga 60 ribu rupiah per box. Bolah nih kalian bawa pulang untuk oleh-oleh.

warung ijo wonosalam

Nggak hanya pancake durian, bagi kalian penggemar durian, kalian juga bisa dapetin durian kupas disini. Yap, tinggal buka dan makan aja deh. Durian disajikan per box dan frozen. Untuk satu kotak durian dibandrol dengan harga Rp 60.000,-.

warung ijo wonosalam

Kalau yang kuning ini durian non kolesterol. Karena penasaran, boleh lah kami membawa pulang satu box durian non kolesterol yang dibandrol dengan harga Rp 70.000,-. Untuk harga memang sedikit berbeda dengan durian biasa. Untuk membedakannya, durian non kolesterol memiliki warna kuning pekat, hampir mirip warna buah nangka menurutku.

warung ijo wonosalam

Warung Ijo Wonosalam nggak hanya menjual berbagai makanan yang mengandung durian. Kalau kalian nggak suka durian, tetap bisa datang ke Warung Ijo Wonosalam kok. Terdapat berbagai lauk dan pilihan nasi. Pengunjung juga bebas mengambil makanan yang dipilih alias prasmanan.

warung ijo wonosalam

Baru pertama kali ketemu ibunya, kami udah seperti langganan aja, super ramah dan terlihat ramah juga dengan pengunjung lainnya. Kebersihan di Warung Ijo Wonosalam juga menjadi nilai lebih untuk kami sebagai pengunjung. Si ibu bilang “kebersihan yang paling utama buat saya mbak”. Mantaap. Next bakal kesini lagi deh buat nyobain si sambal durian yang masih bikin penasaran.

Kalau lagi liburan ke kawasan Wonosalam Jombang, kalian bisa dateng dan mampir untuk nyobain berbagai kuliner Durian. Pecinta durian? Awas ngiler kalo nggak mampir, hihi!

Opening Hours
08.00 - 19.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY