10 Pasar Tertua di Dunia Tempat Asyik Berbelanja Hingga Cuci Mata


Reni  June 12, 2019  0 Comment



Zaman terus berkembang dan perubahan terus terjadi di mana-mana termasuk pasar salah satunya. Ada pasar tradisional yang sudah tergusur lalu berganti dengan pasar-pasar modern yang berada di dalam gedung megah lengkap dengan pendingin ruangannya. Tetapi, tidak semua pasar tradisional punah. Ada pasar tertua yang telah beroperasi selama ratusan tahun hingga bertahan sampai saat ini dan tidak pernah kehilangan ciri khasnya. Nih referensi Pasar tertua di Dunia yang menarik untuk destinasi wisata


1. Grand Bazaar, Istanbul

Grand Bazaar
goturkeytourism.com


Grand Bazaar yang ada di kota Istanbul merupakan pasar tertua di dunia yang melegenda. Pasar tertua ini didirikan pada tahun 1461 dan menjadi pasar terluas di dunia karena memiliki 11 gerbang pintu masuk, ada 64 jalan utama dan memiliki toko sebanyak 4.000. Grand Bazaar juga menjadi pasar yang paling ramai dikunjungi setiap tahunnya sebanyak 91,250,0000 pengunjung yang berlalu lalang setiap harinya.
Pasar tradisional ini tidak becek dan bau seperti yang Anda pikirkan. Tidak diherankan lagi pasar tradisional yang tertata rapi dan bersih ini menjadi tujuan favorit wisatawan. Anda bisa mengunjungi Grand Bazaar untuk wisata belanja dan menemukan ribuan toko yang menjual perhiasan, karpet, kerajinan kulit , furniture, souvenir dan oleh-oleh khas turki.
Pasar tradisional yang menjadi jantung hati Kota Istanbul ini tidak bisa lepas dari aktivitas masyarakat sehari-hari di Turki. Tidak hanya itu, pasar tertua ini sangat megah lengkap dengan fasilitas yang bahkan jarang Anda jumpai di pasar lainnya, seperti masjid, kolam air mancur, restoran, kantor polisi dan beberapa kafe. Grand Bazaar buka dari jam 09.00-19.00 setiap hari kecuali hari minggu.

Review restoran

Warung Pak Hasyim, Tahu Campurnya Juara!

MAKMU Coffee And Eatery, Tempatnya Nongkrong Seru Ditemani Live Music!


2. Queen Victoria Market

Queen Victoria Market
thefifthestate.com.a


Queen Victoria Market merupakan salah satu pasar tertua di dunia yang dibangun pada tahun 1878 yang didirikan dalam waktu 6 tahun setelah Australia menjadi negara koloni. Queen Victoria Market merupakan pasar terbesar di dunia sebagai pasar sayuran grosir dan pasar buah. Pasar tertua ini memiliki sejarah penuh kontroversial.
Pasar ini dulunya pernah menjadi lembaga pemasyarakatan wanita, dan lokasi sebagiannya merupakan situs pemakaman pertama di Melbourne. Namun semakin hari pasar bertambah, kemudian jenazah yang jumlahnya 914 saat ini menjadi area parkir. Pasar tradisional ini sangat besar dan luasnya sekitar 17 hektar.Pedagang di sini menjual hasil tani berupa sayuran segar, susu, keju, daging, serta barang non-makanan seperti kerajinan, kain dan barang seni.


3. Tsukiji Market, Tokyo, Jepang

 Tsukiji Market
gwigwi.com


Tsukiji Market merupakan pasar yang menjual ikan dan hasil laut lainnya. Pasar ikan yang dikenal sebagai pasar grosir terbesar dan tertua di dunia. Tsukiji Market setiap harinya menjual lebih dari 400 jenis hidangan laut, mulai dari rumput laut yang murah hingga caviar yang harganya ribuan dollar AS.
Pasar ini menjadi incaran wisatawan asing, di mana para wisatawan biasa datang sebelum subuh untuk dapat melihat proses pelelangan ikan. Selain itu, Pasar Ikan Tsukiji memasok kebutuhan seafood untuk restoran di seluruh dunia. Pasar ikan Tsukiji di Tokyo ini alamatnya di 5 Chome-2-1 Tsukiji, Chuo, Tokyo 104-0045, Jepang.
Pasar yang dibangun sejak tahun 1935 dan jam operasionalnya 05.00-17.00 waktu setempat. Di area luar pasar terdapat beberapa tempat makan sekaligus pasar retail. Para pengunjung dapat membeli ikan mentah, dan jangan lupa untuk mencoba sashimi di pagi hari.


4. Pasar Union Square Farmer, New York City, Amerika Serikat

 Union Square Farmer
republika.co.id


Pasar tertua di dunia selanjutnya adalah Pasar Union Square Farmer berdiri sejak tahun 1882 yang menjual semua jenis produk-produk pertanian. Pasar ini buka dari jam 08.00-18.00 Union Square W, New York. Sesuai dengan namanya pasar ini memasok langsung dari para petaninya dan menjual produk pertanian.
Sekitar 140 petani yang menjual ikan, penjual daging, roti, dan beragam produk yang segar-segar kepada para pembeli. Pasar ini sering dijadikan sebagai tempat acara memasak oleh koki selebriti, tidak hanya itu, juga banyak tour sekolah yang sering dilakukan untuk mengenal makanan sehat, serta ada juga program daur ulang sampah.


5. Pasar St. Lawrence, Toronto, Kanada

 St. Lawrence

Detik Travel


Pasar St. Lawrence, Toronto, Kanada telah berdiri sejak tahun 1803. Pasar St. Lawrence menjual berbagai produk lokal yang segar dari hasil pertanian Ontario yang bersuhu dingin, selain itu menjual beragam makanan buatan rumahan seperti aneka pie, daging rusa dan sebagainya. Sebaiknya datang pada hari sabtu, karena para petani akan menjual produk organik musiman.
Anda akan menemukan aneka sayuran, buah-buahan, keju, biji-bijian, dan daging. Hal ini sudah menjadi tradisi turun-temurun semenjak tahun 1803. Pasar ini juga memasok produk impor yang berkualitas seperti buah-buahan tropis, misalnya alpukat yang tidak bisa tumbuh di Ontario Kanada.


6. Pasar Borough, London, Inggris

Borough

eropa.panduanwisata.id


Pasar Borough di London merupakan pasar tertua di dunia karena dibangun sejak tahun 1755 yang berlokasi di 8 Southwark Street, London. Jam operasional pasar ini 10.00-17.00 waktu setempat. Sebenarnya lokasi ini sudah dikenal sebagai pasar produk-produk segar dari abad ke-13.
Produk yang dijualnya langsung dari petani setempat, mulai dari roti, keju serta pasar grosir untuk memasok bahan restoran terbaik di London. Untuk hari Kamis hingga Sabtu, pasar dibuka untuk umum. Hari itu pasar ini menawarkan untuk mencicipi makanan di beberapa toko.


7. Nishiki, Kyoto

Nishiki
japan-guide.com


Pasar tertua ini dikenal sebagai Kyo No Daidokoro atau The Kitchen of Kyoto. Pasar yang memiliki luas sekitar 1.500 meter yang berlokasi di Nishikikoji Avenue, dari Takakura Streets dan Teramichi. Pasar ini menawarkan berbagai bahan untuk memasak, alat makan, penjual alat, hingga menyediakan gerai makanan. Nishiki di Kyoto ini telah beroperasi sejak 400 tahun lalu hingga menjadi pusat kuliner yang terkenal di Kyoto.


8. La Boqueria, Spanyol

 La Boqueria

Pixabay


La Boqueria berdiri sejak tahun 1217 terkenal sebagai pasar tertua juga. Pasar yang ada di Spanyol ini sangat populer dengan menjual daging kambing karena arti dari La Boqueria ini sendiri adalah kambing. Tidak hanya itu, Anda bisa jumpai aneka hasil laut di Spanyol. Pasar ini sangat sesuai bagi Anda pecinta kuliner.


9. Galleria Vittorio Emanuele II, Milan, Italia

 Galleria Vittorio Emanuele II
reddit.com


Jika dilihat dari bentuk bangunanya, Galleria Vittorio bisa dibilang seperti sebuah mall. Galleria Vittoria dibangun sejak tahun 1860 dengan bangunan arsitektur berkubah kaca yang tingginya sekitar 17 meter. Bangunan ini berhubungan dengan Piazza Della Scala ke Piazza Del Duomo dengan kubah kaca melengkung yang didesain sejak abad ke 19. Anda bisa wisata belanja brand-brand ternama di sini, dari pakaian, dan makanan.
Pasar Campo de Fiori, Roma, Italia
Pasar yang sangat populer di Roma, Campo de Fiori ini menjadi tempat yang cocok untuk memperoleh berbagai produk segar dan sehat, mulai dari rempah-rempah, buah-buahan, daging, dan sayuran segar. Pasar ini dibangun sejak tahun 1869, yang merupakan pasar sangat indah dipandang karena bisa melihat-lihat para penjual dan pembeli melakukan tawar-menawar untuk buah-buahan dan bunga.



10. Pasar Campo de Fiori, Roma, Italia

 Pasar Campo de Fiori

Booking.com


Pasar yang sangat populer di Roma, Campo de Fiori ini menjadi tempat yang cocok untuk memperoleh berbagai produk segar dan sehat, mulai dari rempah-rempah, buah-buahan, daging, dan sayuran segar. Pasar ini dibangun sejak tahun 1869, yang merupakan pasar sangat indah dipandang karena bisa melihat-lihat para penjual dan pembeli melakukan tawar-menawar untuk buah-buahan dan bunga.



Leave a Reply