10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia Diberkahi Keindahan Alam


Reni  November 29, 2018  0 Comment

Desa wisata Indonesia – Indonesia sangat terkenal dengan berbagai destinasi yang berkenaan dengan alam salah satunya wisata pedesaan, wisata pantai dan berbagai jenis wisata alam lainnya. Nah, pada artikel kali ini Anda akan menerima informasi yang sangat bagus mengenai desa wisata di Indonesia yang mungkin saja dapat membuat Anda menjadikannya salah satu tempat wisata untuk liburan selanjutnya. Yuk mari diperhatikan apa saja di desa wisata Indonesia yang wajib untuk Anda kunjungi dan Anda tau Simak ya desa mana saja yang termasuk ke dalam desa wisata Indonesia sebagai berikut ini.

1. Desa Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat

Desa Pariangan

Kabare.id

Desa Pariangan, Sumatera Barat ini menjadi destinasi wisata pedesaan yang sangat wajib untuk Anda kunjungi. Pasalnya, desa ini menjadi salah satu destinasi pedesaan yang sangat indah sedunia versinya Budget Travel. Ternyata mereka juga menyatakan bahwa desa ini menjadi desa kelima yang paling bagus diantara Wengen yang berada di Swiss, Eze yang berada di Prancis, Niagara on the Lake yang berada di Kanada, dan juga Cesky Krumlov yang berada di Ceko. Bangga bukan ? Dengan menjaga keindahan alam dengan semestinya tanpa adanya campur tangan manusia membuahkan hasil. Desa ini juga memberikan suasana yang sangat tenang dengan menjunjung pesona dari alam sekitarnya dan pasti akan membuat siapa saja yang berkunjung berdecak kagum. Beragamnya rumah adat yang sangat terjaga dan dirawat oleh warga pribumi ini menjadi salah satu destinasi yang paling mencolok.

Baca juga :  5 Danau Terindah di Bali Sangat Instagenic Favourit Wisatawan

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

2. Desa Madobak, Kepulauan Mentawai

Desa Madobak

traveltodayindonesia.com

Desa kedua yang menjadi rekomendasi bagi Anda ialah desa Madobak yang berada di Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai juga sangat terkenal dengan wisata lautnya dan memiliki laut yang sangat indah pula. Tetapi di kepulauan Mentawai ini memiliki destinasi wisata lainnya yang dapat menarik para pengunjung yaitu dengan termasuknya desa Madobak sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Desa ini juga memiliki tradisi yang telah lama dikembangkan dan menjadi salah satu tradisi tertua di dunia. Tradisi tersebut ialah tradisi tatto yang hanya dapat dilakukan oleh warga desa Madobak ini.

3. Desa Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat

Desa Argapura

gpswisataindonesia.info

Desa Argapura ini memiliki panorama yang paling mempesona mata yaitu pertanian dan perkebunannya. Dengan keindahan tersebutlah yang membuat desa ini menjadi salah satu desa wisata terindah di Indonesia juga. Keindahan yang dimiliki oleh desa ini tidak kalah dengan desa – desa lainnya seperti yang di Vietnam, Thailand dan Bali sekalipun. Jika Anda melihat atau mendatangi bagian barat desa Argapura ini maka Anda akan melihat keindahan dari pesonanya Lembah Cilongkrang. Tapi jika Anda berpaling ke bagian timur desa ini maka Anda akan melihat pemandangan dari Gunung Cermai dengan mempunyai ketinggian setinggi 3.078 meter di atas permukaan laut. Penghasilan yang dihasilkan dari desa ini lebih mengarah ke hasil bumi misalnya padi, ubi, bawang daun, bawang merah dan lain sebagainya.

4. Desa Ponggok, Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Desa Ponggok

Pegipegi.com

Nah kalau desa yang satu ini mungkin beda dengan desa – desa lainnya. Desa yang menonjolkan suasana kolam yang sangat alami dan telah terbentuk sejak lama ini sangat cocok dijadikan tempat pembelajaran bagi para penyelam pemula untuk berlatih. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan kesusahan dengan pembelajarannya tersebut. Di kolam ini juga mempunyai beragam macam sudut yang dapat Anda abadikan dengan berselfie. Pendapatan yang di dapati oleh desa ini selama setahunnya sekitar Rp. 6.5 miliar rupiah.

Baca juga :  Indahnya Pulau Samosir Pulau di Tengah Danau Toba

5. Desa Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Jawa Timur

Desa Pujon Kidul

citrust.id

Di desa ini Anda dapat mengunjungi berbagai tempat destinasi salah satunya tempat yang mengolah susu sapi, air terjun Sumber Pitu, budi daya tanaman obat keluarga, Kebun buah, kafe sawah dan berbagai macam destinasi wisata lainnya di desa yang satu ini. Di tahun sebelumnya, tepat pada tahun 2017 bahwa desa ini termasuk ke dalam salah satu Desa wisata Indonesia terbaik dalam kategori Agro dan diberikan predikat tersebut oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

6. Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau

Desa Teluk Meranti

citrust.id

Desa yang dikenal memiliki peselancar yang sangat bagus di dunia yaitu desa Teluk Meranti ini. Walau pun ombak yang terdapat di kawasan ini tidak sebagus ombak yang ada di Pulau Nias, tetapi ombak disini telah di jajal oleh para peselancar dunia untuk di coba seberapa hebatnya ombak Bono ini. Jangan heran pula, ombak Bono ini terdapat di sebuah sungai bukan di lautan yang biasanya. Ombak Bono ini merupakan gelombang air yang telah terletak di bagian Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

7. Desa Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci, Jambi

Desa Kersik Tuo

citrust.id

Desa yang menjadi jalan utama atau pintu untuk dapat menuju Gunung kerinci ini dapat Anda ajungi jempol. Desa Kersik Tuo ini merupakan salah satu jalur yang telah resmi dan menjadi jalur yang sangat diminati oleh setiap pendaki yang datang. Jika dibandingkan dengan jalur pada bagian Solok, jalur yang ini lebih aman dan mudah. Pada desa ini juga mempunyai beberapa basecamp pendakian yang beroperasi selama 24 jam, jadi Anda tidak perlu khawatir apabila ingin mendaki di Gunung Kerinci ya.

Baca juga :  12 Tempat Belanja Murah di Jepang Nggak Bikin Kantong Jebol

8. Desa Waturaka, Ende, Nusa Tenggara Timur

Desa Waturaka

citrust.id

Desa yang memiliki jarak sangat dekat dengan desa Kalimutu yang juga memiliki konsep khusus pada wisatanya dan unik pula. Jika Anda mengunjungi atau berlibur di desa ini, maka Anda akan menggunakan rumah penduduk sebagai tempat tinggal dan melakukan semua kegiatan seperti halnya dengan warga asli desa ini. Wisatawan akan merasakan kehangatan dari warga sekitar desa yang membuat mereka menganggap tamu sebagai keluarganya sendiri.

9. Desa Bontagula, Kabupaten Bontang, Kalimantan Timur

desa wisata terbaik di indonesia

gituaja.com

Desa yang mendapatkan salah satu penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yaitu Eko Sandjojo yang menyatakan bahwa desa ini menjadi desa ke enam sebagai Desa Wisata Maritim Yang Terbaik di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari nerkembangnya desa industri ini sebagai salah satu tempat wisata yang sangat andalan. Tak hanya itu saja, di desa ini ternyata mempunyai pantai yang sangat indah dan Anda dapat melihat langsung mengenai aktivitas para warga pesisir pantainya.

10. Desa Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

Desa Ubud

wisata-bali.com

Tak hanya pantainya saja yang terkenal di Bali ini. Bali juga memiliki desa terbaik di Indonesia serta menjadi salah satu alasan yang kuat bagi para wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara untuk wajib datang ke desa Ubud di Bali ini. Keindahan dari budaya, alam dan warga sekitarnya telah diutarakan dalam salah satu buku dan film yang telah mendunia. Anda harus bangga mempunyai Desa wisata Indonesia yang telah diakui oleh dunia.



Leave a Reply