Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

7 Desa Wisata Di Bali, Adat dan Budaya Memikat Hati


Reni  April 11, 2019  0 Comment

Bali adalah pulau di Indonesia yang wisatanya sudah sangat mendunia. Banyak wisatawan yang berwisata ke sana untuk merasakan sensasi alamnya. Dari sekian banyak wisata, Bali menawarkan beragam pesona yang tiada duanya. Tak hanya terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, Bali juga cukup terkenal dengan keindahan desa wisatanya.
Tak hanya 1, Bali memiliki 7 desa yang wajib untuk dikunjungi ketika Anda tengah berlibur ke Bali. Disinilah wisatawan bisa mengenal lebih dekat segala hal tentang Bali baik itu kebudayaan ataupun keramahtamahan warga sekitarnya.

7 Desa Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi Wisatawan


Desa wisata adalah desa yang diberdayakan untuk diperkenalkan ke publik karena beberapa potensi desa. Ada beberapa desa wisata di Bali. Berikut ada 7 desa wisata di BaliDesa Panglipuran
Desa wisata yang sudah banyak dikenal publik adalah desa Panglipuran. Desa ini memiliki luas 112 hektar. Tempat ini juga termasuk salah satu wisata yang rekomendasi untuk dikunjungi saat di Bali. Dari 11 hektar, hanya 9 hektar saja yang dipakai sebagai rumah dan juga perkampungan. Sisa lahan digunakan untuk perkebunan.

1. Desa Panglipuran

desa wisata di Bali
photo via Kintamani.id


Desa satu ini terkenal sebagai desa terbersih di Bali. Nah, saking bersihnya, desa ini berhasil menyabet penghargaan sebagai desa terbersih ketiga di dunia. Kebersihan di desa ini bisa dilihat dari tidak adanya asap kendaraan bermotor. Hal ini tak lain karena warga tidak mengijinkan kendaraan bermotor untuk melintar dijalanan. Selain itu, warga sekitar sangat menjaga kebersihan desa Panglipuran.
Kebersihan yang terjaga tentulah membuat kualitas udaranya juga sangat bagus. Untuk itu pastilah tempat ini bakal membuat betah. Khususnya untuk Anda yang pecinta olahraga bersepeda atau jogging. Nah, banyak turis asing yang juga mendatangi desa ini. Tentu saja Anda juga wajib datang ke sana.
Jika Anda berlibur ke Panglipuran, maka Anda juga akan melihat rumah-rumah yang dibangun dengan memertahankan ciri khas Bali khususnya pada dapur dan bagian pintu masuknya yang menggunakan bambu.
Di desa ini Anda juga akan emnemukan sebuah monument pahlawan I Gusti Ngurah Rai yang mana biasanya disini sering diadakan upacara peringatan hari Pahlawan.

2. Desa Trunyan

desa trunyan
photo via baligetaway.co.id


Desa wisata di Bali salah satunya adalah desa Trunyan. Desa ini juga sudah banyak dikenal oleh wisatawan asing dan domestik. Ada tradisi unik yang ada di desa tersebut. Desa wisata di Bali ini memiliki tradisi meletakkan jenazah di sebuah anyaman yang terbuat dari bambu. Tradisi tersebut namanya Seme Wayah. Kalau jenazah pada umumnya dikebumikan atau dibakar, namun di Desa Trunyan jenazah dibiarkan membusuk dengan sendirinya.
Nah, salah satu hal yang unik yakni bau dari jenazah tersebut yang tidak tercium. Hal ini dikarenakan bau busuk itu terserap oleh pohon Taru Menyan yang berada disekitarnya.
Namun ada syarat khusus bagi si mayit untuk melewati proses tersebut. Syaratnya yakni meninggal dengan wajar, telah menikah serta tidak oleh lebih dari 11 jenazah.
Tradisi yang ada di Trunyan ini sebenarnya mirip dengan di Toraja. Namun kalau di Toraja jenazah dimasukkan ke dinding-dinding batu. Desa wisata di Bali ini menjadi destinasi yang unik untuk wisatawan.
Keunikan dari tradisi inilah yang membuat banyak turis berkunjung kemari. Meski begitu, untuk bisa kesini bukanlah hal yang gampang. Sebelumnya Anda harus melewati Danau Batur menggunakan boat. Untuk sampai kesana, dari Denpasar dibutuhkan waktu kisaran 2 jam menggunakan mobil. Cukup jauh dan panjang, meski begitu Anda akan mendapatkan pengalaman berkesan ketika sampai di desa ini.

3. Desa Ubud

desa ubud bali
photo via magazine.yoexplore.co.id


Ubud adalah desa wisata di Bali yang memiliki pesona alam yang luar biasa. Kawasan Ubud banyak disukai wisatawan mancanegara. Alam di Ubud sangat indah dan masih alami.
Desa ini juga terkenal sebagai desa yang sangat kaya akan budaya serta kesenian yang tiada tanding. Ada beberapa kesenian yang menarik minat wisatawan seperti lukisan, patung, dan ukiran.
Kombinasi antara kebudayaan, kesenian dan keindahan Ubud lah yang menjadikan desa ini menjadi salah satu destinasi utama para turis ketika berkunjung ke Bali.

4. Desa Teganan

desa wisata di Bali
photo via tempatwisatadibali.info


Desa wisata di Bali lainnya adalah desa Teganan. Desa Teganan masuk ke dalam tiga desa yang merupakan bagian dari Bali Aga. Sampai saat ini desa ini didiami oleh susuak Bali Agak dimana ini adalah salah satu suku yang sangat menjunjung tinggi kehidupan tradisional sehingga konsep desa dari zaman dahulu sampai kini bisa terjaga dengan baik.


Desa Teganan dikepalai oleh seorang Ketua Adat dan disini diberlakukan hukum adat atau awig-awig yang sangat ketat. Jadi, untuk Anda yang merupakan wisatawan, diwajibkan untuk tahu dan mematuhi segala aturan yang ada disini jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan.
Salah satu contoh hukum adat disini adalah terkait penebangan pohon sembarangan. Masyarakat dilarang untuk menebang pohon sembarangan, jika ketahuan maka pelakunya akan diberi sanksi yang cukup tegas.

5. Desa Batu Bulan

desa wisata di bali
photo via obyekwisataterlengkap.com


Potensi desa Batu Bulan sangatlah banyak. Desa wisata di Bali ini sering dikunjungi oleh wisatawan karena menjadi pusat pertunjukkan seperti tari tradisional Bali. Tari-tarian yang disajikan antara lain tari Kecak, tari Legong, dan tari Barong. Di desa ini juga tidak sepi pengunjung karena memiliki aneka kerajinan seni yang dijual. Aneka kesenian yang dijual antara lain ukiran dan kesenian patung. Jika Anda senang dengan koleksi kerajinan seni, daanglah ke sini.

6. Desa Pelaga

tempat wisata di bali
photo via natagiri.com


Desa Pelaga adalah desa wisata di Bali dengan konsep agrowisata. Lokasi desa dini di Kecamatan petang di Kabupaten Badung, Bali.
Lokasi wisata ini juga disebut dengan Bagus Agro Palaga. Alamnya masih sangat alami. Entunya udaranya juga masih sangat segar. Jika Anda ingin suasana yang alami, sejuk, dan menyenangkan bisa datang ke sini. Jika ingin menginap banyak penginapan yang disewakan untuk wisatawan.

7. Desa Budaya Kertalanggu

desa wisata di bali
photo via obyekwisataterlengkap.com


Kalau desa wisata yang terakhir ini sudah bertaraf Internasional. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin mengajak buah hati untuk edukasi budaya. Lokasinya berada di Ngurah Rai Denpasar. Letaknya tidak jauh dari pusat kota dan cukup populer. Nah, ini merupakan salah satu wisata terbaik di Bali.
Itulah 7 desa yang ada di Bali dan menjadi pusat wisata. Selain 7 desa diatas sudah pasti ada desa wisata lain yang juga cukup rekomended untuk dikunjungi, salah satunya adalah Desa Jatiluwih yang telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Tak hanya itu, ada juga desa Nyuh Kuning dan beberapa desa lainnya yang menarik untuk dikunjungi.
Nah, menarik bukan? Jika datang ke Bali, pastikan salah satu atau semua desa diatas telah Anda kunjungi. Jangan hanya fokus dengan wisata pantai saja, karena Bali menyimpan begitu banyak pesona yang sangat indah dan mengesankan.



Leave a Reply