Tips

8 Aplikasi Bermanfaat Bagi Traveller

Penggunaan aplikasi untuk traveller memang sangat dibutuhkan karena berguna sekali dalam menemukan tujuan suatu daerah atau tempat menginap. Tidak hanya sekedar destinasi tempat wisata saja namun cakupannya luas sekali, dan membutuhkan panduan aktif dan sensitif dari sebuah buku. Kalau zaman dahulu kita bepergian menggunakan buku wisata yang berisi peta tetapi sekarang lebih praktis dengan adanya aplikasi penuntun yang telah dibuat.

Uber


Recode.com

Anda yang sedang kesulitan berada di suatu daerah baru dan ingin bepergian sebaiknya mengunduh aplikasi uber untuk memesan kendaraan. Anda bisa mengunduh lewat aplikasi play store dan carilah “uber”, klik dan unduhlah. Akan muncul tampilan dengan kolom tujuan anda dan dimana anda saat itu, ketiklah tujuan anda dan akan terlihat hasil bahwa ada kendaraan yang anda bisa gunakan. Namun, anda harus tahu bahwa jika di daerah tersebut ada aplikasi uber maka anda bisa menggunakan jasa tersebut.

Go-Jek

dailysocial.id

Sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang sempat menjadi perdebatan di antara pengguna ojek online dan konvensional ini, yaitu go-jek. Aplikasi yang cukup mumpuni dalam melayani ini memiliki banyak fitur, mulai dari go-ride untuk memesan motor, go-car untuk memesan mobil, go-food untuk memesan makanan dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi super canggih dan fitur super lengkap ini anda tidak perlu khawatir kesasar karena dijamin oleh pemandu yang mengenal baik daerah yang anda maksudkan. Dalam aplikasi ini, tarif sebelum pemesanan bisa diketahui sehingga anda tak khawatir jika tidak jadi memesan dan bisa memperkirakan ongkos yang akan dibayarkan. Tampilan yang menarik dan mudah menjadikan anda mudah memakainya.

Traveloka

Aplikasi yang lebih banyak menyediakan fitur khusus bagi traveller ini juga sangat bermanfaat sekali dalam memberikan info detail mulai dari hotel, tempat wisata, paket wisata umroh, pulsa, transaksi bank, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunduhnya melalui playstore atau google play store dan klik traveloka. setelah selesai mengunduh dengan sempurna anda coba masukkan tujuan anda atau mencari tempat penginapan yang diinginkan sesuai tarif. Tempat penginapan yang ada di dalam aplikasi ini mencakup tarif ekonomis hingga maksimalis. Aplikasi untuk traveller traveloka mendapat rangking cukup tinggi untuk penggunanya, hal ini berarti bahwa aplikasi yang tidak pernah mengecewakan.

Trip Advisor

Jika aplikasi traveloka kebanyakan diakses untuk wilayah indonesia saja walaupun juga menyediakan untuk layanan di mancanegara, ada sebuah aplikasi trip advisor yang notabene digunakan untuk layanan mancanegara. Tampilannya yang elegan memudahkan anda dapat mengakses, namun syaratnya anda perlu memiliki akun pribadi yang nantinya bisa masuk dan menggunakan semua fitur lengkapnya. Fitur tempat wisata pada aplikasi ini tidak terbatas hanya alamat dan tarif yang tertera namun semua deskripsi umum tempat wisata. Cara mengunduhnya juga sangat simpel sekali, buka aplikasi playstore dan cari tripadvisor kemudian download dan instal.

AirBnB

hackernoon.com

Aplikasi yang sudah ramai sekali diunduh ini ternyata tidak hanya menyediakan tempat menginap sekelas hotel namun juga tempat menginap kos dan mencari lokasi penjualan lahan kosong atau rumah. Anda bisa mengunduhnya melalui playstore dan menikmati chat khusus dengan tujuan yang anda pilih. Harga yang tertera bisa dilihat dan anda bisa lebih nyaman karena kamar atau tempat yang ditawarkan tidak menipu, bisa langsung dilihat kondisi sesungguhnya dan yakin akan memesannya di kemudian hari.

Trip-lt

Aplikasi triplt yang menggunakan tampilan sederhana memberikan informasi akurat tinggi dalam perjalanan anda. Komunikasi terjalin lewat email dan anda harus memiliki email khusus saat mengunduh aplikasi ini. kelebihan triplt ini memberikan premium TripIt Pro yang berfungsi menawarkan jadwal pesawat buat anda yang hendak ke luar negeri.  

Foursquare

Aplikasi ini mirip dengan aplikasi go-jek dengan fitur di dalamnya yang cukup lengkap, anda bisa dengan mudah mengakses semua kebutuhan. Tampilan unik yang membuat anda enggan klik aplikasi lain juga memiliki rating tinggi penggunanya.

Google trips

Google trips merupakan aplikasi traveller yang komplit menyediakan tempat wisata, hotel, restoran, cafe, gmail dan banyak lagi. Tampilan yang colourful memudahkan anda mengamati detail jalan yang harus dilewati atau tempat terdekat yang akan disarankan untuk kita datangi.

Aplikasi untuk traveller memang sangat membantu sekali untuk perjalanan anda kedepannya namun ada sedikit kelemahan. Kelemahannya adalah sukar digunakan untuk wilayah yang tidak terjangkau sinyal, hutan dan pegunungan. Para traveller tidak semuanya menyukai perjalanan ke tempat yang umum dilalui, terkadang ada komunitas pecinta alam misalnya ingin berpetualang menjelajah area pelosok. Maka, tetap anda harus menggunakan buku panduan dan literatur lengkap guna menunjang informasi agar tidak terjadi hal-hal di luar dugaan.

Berikut bisa anda pertimbangkan sisi positif dan negatif dalam pemanfaatan aplikasi traveller.

Sisi Positif Aplikasi Traveller

  • Bisa mengurangi kesalahan jadwal saat pemesanan dan bisa segera dikonfirmasi jika memang terjadi
  • Membantu anda memberikan solusi tarif terbaik. Tarif tiket kendaraan, tarif hotel atau tarif tempat wisata  biasanya akan muncul dengan standar yang anda butuhkan mulai dari ekonomis hingga eksekutif.
  • Terdapat pilihan rute, tempat wisata, kendaraan saat terjebak dalam situasi sulit.
  • Lebih aman saat bertransaksi karena karena telah bekerja sama dengan pihak resmi seperti bank untuk proses pembayaran.
  • Perjalanan dengan jumlah banyak tidak akan merugikan. Ketika anda berencana bepergian dalam jumlah besar maka akan lebih mudah dan ringkas dalam menyediakan keinginan yang dibutuhkan karena terangkum dalam satu paket.
  • Bersikap profesional. Anda yang memesan tiket kereta manual pasti menemukan calo untuk mendapatkan tiket dengan harga 2 kali lipat namun jika memakai aplikasi tidak demikian adanya. Semua terjadwal dan terinci dengan baik sehingga disiplin dalam pemesanan.

Sisi Negatif Aplikasi Traveller

  • Terbatas untuk daerah yang mudah sinyal. Andaikan saja anda berada di suatu tempat yang tidak mendukung sinyal tertentu maka anda akan kehilangan arah perjalanan dan mau tidak mau anda harus bertanya kepada orang sekitar tentang tujuan anda. Daerah pegunungan misalnya susah dijangkau sinyal, aplikasi maps tidak akan berfungsi dengan baik.
  • Harus membayar dengan kartu kredit fitur tertentu. Untuk beberapa orang modern memang cukup praktis namun sebagian orang yang sudah lanjut usia namun ingin “mandiri” biasanya akan membawa uang cash kemana-mana. Misalkan saja, seorang ibu berusia 58 tahun ingin membeli pulsa listrik melalui aplikasi online namun tidak memiliki kartu kredit sedangkan agen pulsa jauh dari rumah, efeknya si ibu akan kesulitan.

Kelahiran teknologi modern membantu anda dalam memenuhi kebutuhan. Aplikasi untuk traveller memang cocok sekali bagi anda yang hobi bepergian ke luar kota atau ke luar negeri hanya sekedar melepas penat sejenak dari tekanan pekerjaan.

2 Comments

  1. evrinasp February 7, 2019
  2. evrinasp February 7, 2019

Join The Discussion