10 Tips Liburan Saat High Season Biar Tetap Menyenangkan


Altesa  September 26, 2022  0 Comment

Liburan merupakan aktifitas menyenangkan yang banyak digemari orang saat ini. Banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan ketika berlibur, mulai dari bisa menemukan tempat – tempat indah di dunia hingga menjadi salah satu aktifitas untuk menurunkan tingkat stres dari kehidupan sehari – hari. Setiap pekan tempat wisata di daerah pegunungan maupun pantai ramai dikunjungi pengunjung baik dari daerahnya hingga luar daerah. Selain itu, saat ini banyak sekali tempat wisata baru yang mulai bermunculan dan menarik hati ingin mengunjunginya. Beberapa tempat wisata baru bahkan masih memiliki akses yang sulit untuk dijangkau, namun menyimpan keindahan yang sesuai dengan kerja keras untuk mengunjunginya. Saat ini, tingkat turis di seluruh dunia meningkat pesat, banyak sekali masyarakat yang memiliki hobi travelling. Bahkan banyak masyarakat yang menjadikan liburan menjadi aktifitas wajib serta terjadwal setiap bulan ataupun tahun. Namun, karena tingkat keinginan travelling saat ini mulai meningkat membuat di beberapa waktu tempat – tempat wisata akan sangat ramai, karena bertepatan dengan beberapa kalangan juga sedang libur, seperti saat liburan sekolah maupun libur nasional. Sulit sekali untuk liburan nyaman saat high season. Kali ini gotravelly akan membagikan tips liburan saat high season, agar liburanmu tetap nyaman dan menyenangkan. Berikut 10 Tips Liburan Saat High Season Biar Tetap Nayaman dan Menyenangkan;

1. Buat Timeline atau Itinerary Perjalanan

Buat Timeline atau Itinerary Perjalanan
m.tribunnews.com

Tips liburan saat high season yang pertama adalah membuat timeline atau itinerary perjalanan. Sebelum berangkat berlibur, ada baiknya kamu sudah merencanakan atau membuat itinerary perjalanan liburan mu. Lakukan research mendalam tentang tempat wisata yang ingin kamu tuju, seperti berpaa tiket masuknya, jam buka dan tutup, alamat, dan beberapa komentar atau revuew dari traveller lain yang sudah pernah melakukan perjalanan kesana. Catat info – info penting tersebut di setiap destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Setelah melakukan research, mulai kamu pertimbangkan apakah destinasi – destinasi tersebut cocok untuk kamu kunjungi, mulai dari budget, lokasi, hingga jam bukanya juga harus kamu pertimbangkan. Setelah itu buat itinerary perjalanan setiap hari nya, usahakan untuk mempertimbangkan jarak tempuh perjalanan di setiap jadwal destinasi kamu. Buat jadwal perjalanan dengan lokasi destinasi yang berdekatan menjadi satu hari, agar kamu tidak membuang waktu pada jarak tempuh yang terlalu jauh.

Gotravelly

Nongkrong Dan Menikmati Pemandangan Tugu Yogyakarta Di Kebon Ndalem Coffee And Eatery

Menyusuri Wisata Kampung Pecinan, Destinasi Wisata Heritage Surabaya

2. Mencari Destinasi Yang Sesuai

Mencari Destinasi Yang Sesuai
travel.okezone.com

Tips liburan saat high season selanjutnya adalah mencari destinasi yang sesuai. Meskipun saat high season pilihlah destinasi – destinasi wisata yang belum banyak terjamah. Saat ini, sudah banyak sekali wisata – wisata baru yang masih belum banyak diketahui banyak orang namun menyimpan sejuta pesona yang tak kalah dengan wisata yang sudah populer. Mengunjungi wisata yang belum populer juga menjadi tren saat ini, kamu bisa menjadi salah satu tren dengan tidak mengunjungi tempat – tempat yang sudah mainstream dikunjungi. Jika kamu tetap ingin mengunjungi destinasi yang sudah pasti ramai dikunjungi saat high season sebaiknya atur jadwal leboh pagi dan rencanakan dengan seksama apa saja yang ingin kamu lakukan disana, sehingga nantinya kamu tidak akan membuang waktu untuk mengantri atau masih berpikir akan melakukan apa disana.

3. Mencari Akomodasi yang Lokasinya Strategis dengan Semua Tempat Wisata

Mencari Akomodasi yang Lokasinya Strategis dengan Semua Tempat Wisata
travel.kompas.com

Tips liburan saat high season yang ketiga adalah dengan mencari akomodasi yang lokasinya strategis dengan semua tempat wisata. Nah, karena biasanya saat liburan kita hanya ingin focus mengunjungi berbagai wisata di daerah tersebut, terkadang kita lupa untuk mencari akomodasi dengan lokasinya yang juga startegis. Maksud strategis disini tak harus  berada di tengah kota dan keramaian dari landmark kota tersebut, namun juga strategis dengan wisata – wisata yang kamu kinjungi. Jika kamu memilih penginapan di tengah landmark namun memilih destinasi – destinasi wisata yang jaraknya jauh dari tempat kamu menginap, akan kurang efisien waktu yang kamu buang untuk perjalanan saja bisa kamu gunakan untuk bermain di wisata yang ingin kamu kunjungi. Oleh karena itu, baiknya untuk mencari lokasi menginap yang strategis dan tidak terlalu jauh dari wisata – wisata yang kamu tuju. Jika wisata – wisata yang kamu tuju memang memiliki jarak yang cukup jauh, kamu bisa memilih lokasi menginap yang berbeda.

4. Pesan Tiket dan Akomodasi Jauh – Jauh Hari

Pesan Tiket dan Akomodasi Jauh – Jauh Hari
travel.okezone.com

Memesan tiket perjalanan dan menginap merupakan tips liburan saat high season yang wajib kamu lakukan. Hal ini dikarenakan saat high season banyak sekali orang yang juga akan mencari tiket di waktu atau tanggal tersebut, sehingga permintaan akan jauh meningkat seperti biasanya dan menyebabkan harganya pun jadi semakin naik. Untuk menghindari harga tiket dan akomodasi yang terlalu tinggi, sebaiknya kamu sudah memesan tiket perjalanan dan akomodasi kamu jauh – jauh hari sebelum keberangkatan sehingga kamu akan mendapatkan harga yang masih normal sebelum orang – orang mulai membeli tiket untuk perjalanan mereka di waktu tersebut. Dengan memesan tiket dan akomodasi kamu jauh – jauh hari juga akan

5. Memanfaatkan Event Diskon atau Travel Fair

Memanfaatkan Event Diskon atau Travel Fair
tribunnews.com

Memanfaatkan event diskon atau travel fair menjadi salah satu tips liburan saat high season yang bisa kamu lakukan. Dengan membeli tiket pada saat diskon besar aplikasi booking akomodasi atau tiket pesawat kamu bisa mendapatkan tiket dan akomodasi yang bagus dengan harga yang murah. Selain itu, tak ada salahnya untuk kamu membeli tiket dan akomodasi tersebut  jauh – jauh hari dan pada saat ada diskon atau travel fair. Dengan begitu perencanaan kamu juga tidak akan melebihi batas budget liburan yang sudah kamu rencanakan.

6. Membawa Snack dan Botol Minum

Membawa Snack dan Botol Minum
idntimes.com

Tips liburan saat high season selanjutnya adalah dengan membawa snack dan perbekalan di perjalanan. Makan dan minum merupakan suatu kebutuhan dasar manusia, sehingga membawa botol minum dan snack saat dibutuhkan terutama pada saat – saat tertentu dimana diperjalanan mungkin kita merasa haus ataupun lapar. Selain itu, ada beberapa penginapan dan wisata yang juga menyediakan refill air minum saat ini, sehingga taka da ruginya bagimu untuk menyimpan botol minum di perjalanan. Untuk berkeliling wisata terkadang kamu harus memakan waktu yang banyak untuk berjalan kaki, dengan membawa air minum bisa membantu mu untuk meredakan haus di tengah aktifitas wisata kamu.

7. Hindari Membeli Oleh – Oleh di Tourist Spot

Tips Liburan Saat High Season
dreamstime.com

Membawa oleh -oleh atau buah tangan biasanya menjadi sebuah kebiasaan terutama untuk orang asia disaat pulang berlibur. Oleh – oleh biasanya diberikan untuk orang – orang terdekat atau yang berada pada lingkungan sekitarmu. Oleh – oleh sendiri biasanya dapat berupa makanan khas daerah, souvenir, baju, tas, dan masih banyak lagi. Nah, saat kamu liburan usahakan untuk memberi budget pada pengeluaran souvenir kamu agar tidak melebihi dari pengeluaran travelling kamu. Selain itu, tips liburan saat high season selanjutnya adalah kamu bisa menghindari tempat membeli oleh – oleh di tourist spot karena dengan berbelanja di tourist spot biasanya harganya akan lebih mahal disbanding dengan spot oleh – oleh lainnya. Hal ini mungkin dikarenakan, kebanyakan orang akan langsung pergi kesana untuk berbelanja oleh – oleh dan menjadi jujugan turis yang mengikut travel karena tempat tersebut dekat dengan wisata yang populer atau berada di pusat kota. Kamu bisa research terlebih dahulu spot belanja oleh – oleh mana yang sekiranya tidak menjadi jujugan langsung para turis atau kamu bisa bertanya kepada orang – orang asli daerah tersebut dimana biasanya mereka berbelanja dengan harga yang terjangkau. Memang biasanya spot – spot berbelanja yang tidak menjadi tourist spot berada agak jauh dari tempat wisata populer namun, harga yang dijual bisa lebih murah disbanding dengan harga di pusat oleh – oleh, jika kamu mengambil banyak oleh – oleh kamu tidak akan rugi.

8. Jalan Kaki

Jalan Kaki
travel.kompas.com

Jalam kaki merupakan tips liburan saat high season selanjutnya. Berjalan kaki selain bermanfaat untuk kesehatan juga jauh lebih terjangkau. Selain itu dengan berjalan kaki kamu bisa benar – benar menikmati bagaimana suasana daerah tersebut dan melihat sekeliling dengan lebih jeli. Terkadang juga ada beberapa tempat wisata atau makan yang bagus serta enak yang hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Berjalan kaki juga membuat kamu menemukan tempat – tempat yang tidak bisa kamu lihat jika menaiki kendaraan karena terlalu cepat.

9. Membawa Peralatan P3K Dasar dan Obat – Obatan

Membawa Peralatan P3K Dasar dan Obat – Obatan
alodokter.com

Saat liburan banyak seklai aktifitas yang mungkin kamu lakukan, bahkan di beberapa liburan atau destinasi kamu mungkin akan melakukan aktifitas yang cukup ekstrim sehingga dimungkinkan untuk terluka saat melakukan aktifitas tersebut. Selain itu, pada saat liburan kamu juga akan melakukan banyak aktifitas dan mengunjungi berbagai tempat dengan kondisi maupun cuaca yang mungkin tak bisa di tebak. Oleh karena itu, membawa P3K dan juga obat – obatan sangat diperlukan dan menjadi tips liburan saat high seaso, apalagi jika kamu berlibur dengan anak – anak. anak – anak biasanya cenderung aktif dan sedikit ceriboh sehingga saat berkunjung di beberapa tempat terkadang bisa terluka. Saat high season tempat wisata juga akan lebih ramai sehingga dimungkinkan akan berdesak desakan dan juga terluka saat berada diwisata tersebut. Dengan membawa P3K dasar dan obat – obatan bisa sangat amat membantu disaat kondisi darurat.

10. Jaga Kesehatan

Jaga Kesehatan
bolaangmongondow.pikiran-rakyat.com

Saat ini banyak sekali virus dan juga penyakit yang berkembang. Menjaga kesehatan dan kebersihan adalah hal yang wajib dilakukan dimanapun kita berada, untuk menghindari penyakit dan sakit. Begitu pula saat liburan, karena saat liburan kita sendiri banyak melakukan aktifitas luar ruangan yang lebih banyak di bandingkan kehidupan sehair – hari kita. Data liburan kitapun akan berinteraksi dengan orang dari berbagai asal dan latar belakang, sehingga menjaga daya tahan tubuh saat liburan sudah menjadi salah satu priorritas yang harus kita lakukan. terutama jika kita mengunjungi tempat – tempat yang membutuhkan aktifitas berat maupun tempat – tempat asing. Jaga pola makan dan juga istirahat yang cukup serta minum vitamin adalah beberapa tips liburan saat high season untuk menjaga daya tahan tubuh kamu.

Itulah dia, beberapa tips liburan saat high season yang mungkin berguna untuk kamu. Pada saat high season mungkin semua tempat wisata akan lebih ramai dari biasanya, namun bukan berarti itu menjadi alasan kamu untuk tidak liburan dan mengunjungi banyak destinasi indah di dunia bukan. Persiapkan rencana liburna kamu dan beberapa tips diatas mungkin bisa membantu kamu untuk mendapatkan liburan yang nyaman dan menyenangkan saat high season. Jika kamu memiliki tips liburan lainnya kamu bisa share di kolom komentar ya.



Leave a Reply