Es Bubur Kacang Ijo Klenteng Jombang. Terlegend!

kuliner di jombang

Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | halal
01 Apr 2019


Es Bubur Kacang Ijo Klenteng Jombang. Terlegend!
Ada yang kangen dengan kuliner tradisional yang masih hits sampek sekarang, simak review ku sampai habis yuk!

Weekend weekend.. Saatnya balik kampung halaman di Jombang Jawa Timur. Hari Sabtu kemaren cuaca Jombang lagi panas dan jam 12 siang aku harus nganterin adek ke sekolah buat Simulasi UNBK, kebayang kan gimana panasnya hehe. Kami berdua berangkat dari pukul 11 siang dan pengennya cari kuliner dulu di Jombang. Pengen cari yang dingin dan seger wkwk. 

Setelah lama memilih antara milih makan berat atau nge es, akhirnya kami memilih nge es aja karena cukup kenyang dan panas bangett. Kebetulan kami melewati Jalan RE Martadinata unruk menuju ke sekolah dan nemu kuliner legendaris ini. Namanya terkenal dengan sebutan Es Bubur Kacang Ijo Klenteng.

kuliner di jombang

kuliner di jombang

kuliner di jombang

tempatnya sederhana, tapi nggak pernah sepi. Wajib coba kalo ke Jombang!

Setahuku, Es Bubur Kacang Ijo Klenteng ini sudah ada sejak jaman aku kecil. Lokasinya hanya berpindah satu kali. Yang pertama adalah di deket Klenteng Jombang, nggak heran kalau sebutan es bubur kacang ijo ini ada klenteng klentengnya gitu. Kini, Es Bubur Kacang Ijo Klenteng berlokasi di Jalan RE Martadinata No 30, Kepatihan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Nggak jauh dari tempatnya yang lama sih. Buat kalian yang belum tau lokasinya bisa langsung cek google maps ya. 

Menurutku, Es Bubur Kacang Ijo Klenteng udah termasuk kuliner yang cukup legendaris di Jombang, karena udah dari jaman aku kecil Es Bubur Kacang Ijo Klenteng rame hingga saat ini. Kami dateng sekitar pukul 11 dan pas lagi rame ramenya hehe. 

kuliner di jombang

tampilan lezatnya es bubur kacang ijo klenteng. Kayakya satu porsi kurang deh hehe.

Setibanya di Es Bubur Kacang Ijo Klenteng, si adek langsung cari tampat duduk dan aku memesan 2 porsi Es Bubur Kacang Ijo Klenteng. Cukup ngantri waktu itu, tapi nggak lama karena cepet banget bikin menunya hehe. Yap, kami pesen menu campur. 

Yippy, makanan tersaji di depan kami. Udah lama rasanya nggak nyobain kuliner yang satu ini. Porsinya tetep, dan sendok yang digunakan juga masih sama, khas banget! Es Bubur Kacang Ijo Klenteng menyajikan menu dengan porsi yang pas, nggak terlalu banyak, juga nggak terlalu sedikit. Buat yang penasaran isiannya apa aja, ada kacang hijau dan ketan hitam, santan, dan es serut tentunya. Ah, manisnya rasa olahan kacang hijau yang berpadu dengan santan dan es serut yang seger emang pas banget dinikmati siang siang gini. 

kuliner di jombang

kuliner di jombang

yummyyyyyy, menggoda banget kan!

Es Bubur Kacang Ijo Klenteng dibandrol dengan harga Rp 6000,- per porsinya. Nggak mahal kan? Selain menikmati olahan Es Bubur Kacang Ijo yang segernya bukan main, disini pembeli juga bisa menikmati menu tambahan lainnya. Ada macam macam gorengan yang dibandrol dengan harga Rp 1000,- per pcs. Ada juga kacang yang sering digunakan orang untuk campuran di Es Bubur Kacang Ijo(?) kalau kacangnya dibandrol Rp 500,- per bungkus. Murah meriah dan enak memang. 

kuliner di jombang

kacang Rp 500,-

kuliner di jombang

kerupuk Rp 1000,-

kuliner di jombang

aneka gorengan Rp 1000,-

Tempatnya cukup sederhana, kalau tanya ramenya udah jangan ditanya lagi, rame banget. Pembelinya banyak, selain makan ditempat banyak juga yang bungkus. Bungkusnya nggak 1 atau 2, 10an gitu per orang. Jadi, kalo kalian ngantri wajib sabar ya wkwk. Paling enak emang makan pas lagi suasana panas gini, seger! Jangan lupa mampir kalau ke Jombang..

Opening Hours
08.00 pagi - 18.00 sore
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.