5 Destinasi Wisata Mandi Lumpur di Dunia Dipercaya Bikin Kulit Bercahaya


Altesa  August 15, 2022  0 Comment

 Yuk travelling lagi. Dimasa setelah pandemi seperti ini, banyak negara sudah dibuka untuk turis. Sebagian besar negara tersebut ingin mengembalikan perekonomian pariwisata mereka. Tidak bisa dipungkiri sector pariwisata di beberapa tahun sebelum pandemi merupakan sektor yang menjanjikan dan memiliki pendapatan yang tidak sedikit. Namun, karena pandemi di tahun 2020 sektor ini sempat terhenti, karena seluruh negara harus ditutup akibat covid 19. Tahun 2022 menjadi titik balik kembalinya sector pariwisata untuk dibuka kembali. Nah, kali ini gotravelly akan kasi kamu rekomendasi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Berbeda dengan destinasi lain seperti pantai, gunung, dan taman bermain, kali ini gotravelly akan berikan kamu destinasi mandi lumpur di dunia.

Lumpur sendiri memiliki banyak sekali manfaat, karena manfaatnya yang cukup beragam lumpur sudah digunakan sejak zaman dahulu. Beberapa jenis lumpur biasa dimanfaatkan terutama untuk kecantikan. Beberapa jenis lumpur seperti lumpur vulkanis, lumpur hitam, lumour alpine dipercaya memberikan dampak yang baik untuk kesehatan dan kulit. Banyak produk perawatan kulit saat ini memanfaatkan lumpur atau clay sebagai salah satu produk perawatan mereka. Tidak heran saat ini tidak hanya untuk wajah lumpur juga bisa dimanfaaatkan untuk kulit badan. Nah, untuk kamu yang ingin menikmati sensasi dan manfaat mandi lumpur, berikut gotravelly berikan 5 destinasi mandi lumpur di dunia.

Destinasi Mandi Lumpur

1. Danau Tus, Rusia

 Danau Tus, Rusia
m.merdeka.com

Danau Tus Rusia terletak di wilayah Khakassia,Siberia Krasnoyask, Rusia. Danau ini memiliki kandungan lumpur hitam di tepian danaunya. Lumpur hitam sendiri dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Setiap tahun selama musim panas bulan juli danau ini selalu ramai dikunjungi oleh warga Rusia dari berbagai wilayah untuk mandi di danau ini. Dipercaya oleh warga lokal berendam air dan melumuri tubug dengan lumpur hitam dapat membuat kulit lebih segar dan awet muda. Nah, tak heran danau ini masuk dalam destinasi mandi lumpur di dunia.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Sumbawa Tawarkan Sisi Lain Exsotisme Indonesia

Tidak seperti kebanyakan danau yang memiliki air tawar danau ini memiliki air asin. Danau ini juga merupakan laut mati nya Rusia. Air di danau tus asin dan padat sehingga wisatawan dapat mengapung santai diatas air. Fakta unik lain dari danau ini adalah kadar mineralnya sendiriyang sangat tinggi. Air lumpur pada danau tus memiliki efek yang baik bagi tubuh terutama penyakit musculoskeletal seperti radang sendi dan penyakit kulit serta penyakit pada system saraf tepi.

Gotravelly

Sensasi Tenang Dan Sejuknya Pemandian Mata Air Fotuno Rete Di Muna

Wisata Pemandian Laut Dan Panorama Matahari Terbenam Di Katobengke Cliffs

2. Laut Mati, Yordania

Laut Mati, Yordania
travel.detik.com

Satu lagi nih destinasi mandi lumpur yang memiliki jenis laut mati yaitu Laut Mati Yordania meskipun Namanya laut mati tapi sebenarnya tempat ini adalah danau yang terbentang serta dikelilingi oleh 3 negara sekaligus, yaitu Israel, Yordania, dan Palestina. Danau ini dinamai laut mati karena kandungan garam yang sangat tinggi dan mengakibatkan tidak ada makhluk hidup didalam air. Satu satunya makhluk hidup yang bisa bertahan hanyalah bakteri.

Laut mati Yordania merupakan laut mati yang paling terkenal didunia dan banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tak heran, jika kamu mengunjungi laut ini kamu tidak akan susah untuk mebcari penginapan di sekitaran danau ini. Dengan kadar garam yang tinggi pengunjung sangat menikmati berenang dan mengapung di danau ini. Daya tarik lain dari laut mati ini adalah memiliki pemandangan yang sangat indah dan udara yang sangat sejuk. Pantas saja laut mati ini menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh banyak orang sebagai destinasi mandi lumpur terbaik.

Baca juga :  7 Wisata Terkenal di Kawasan PIK Pantai Indah Kapuk

3. Cartagena Mud Volcano, Kolombia

Destinasi Mandi Lumpur
viator.com

Cartagena Mud Volcano terletak di daerah Kolombia. Bebeda dari destinasi mandi lumpur sebelumnya, Cartagena Mud Vulcano terletak di daerah gunung berapi. Para wisatawan mandi langsung dari dalam gunung. Untuk bisa mengunjungi kolam lumpurnya, kalian harus mendaki gunung kecil yang dipercaya oleh masyarakat sebagai gunung berapi yang semoat aktif.

Nah, selain keunikan dari letak kolam lumpur ini, ada cerita menarik dari terjadinya destinasi mandi lumpur ini. Masyarakat setempat percaya bahwa gunung yang digunakan sebagai kolam lumpur dulunya adalah gunung berapi aktif, namun gunung tersebut dijinakkan oleh ahli agama setempat dengan menggunakan air suci sehingga gunung sudah tidak aktif lagi. Dengan menggunakan air suci ahli agama tersebut mengubah lava manjadi ramuan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh. Menarik bukan?, tidak hanya destinasi wisatanya saja, namun tempat ini juga menyimpan cerita lokal yang menarik.

Uniknya di destinasi mandi lumpur ini ada petugas yang siap sedia membantu kamu untuk melumuri seluruh badanmu dengan lumpur. Harga yang ditawarkan destinasi ini mulai dari 45 ribu peso saja.

4. Blue Lagoon, Islandia

Blue Lagoon, Islandia
smartwatermagazine.com

Blue Lagoon terletak di daerah Islandia. Merupakan air panas terbesar di Islandia dan cukup populer disana. Blue Lagoon terletak di kawasan lava Grindavik, tepatnya diatas semenanjung Reykjanes, daerah barat Islandia. Lokasinya cukup dekat dengan bandara yaitu sekitar 20 menit saja dari Bandara Internasional Keflavik. Blue lagoon layak dijadikan destinasi mandi lumpur di dunia karena mamiliki kandungan lumpur yang kaya akan sulfur dan silica.

Destinasi mandi lumpur ini memiliki warna kolam biru toska dan susu yang menarik untuk dilihat. Tidak heran jika wisatawan tertarik untuk datang dan berkunjung, selain karena untuk menikmati berendam air panas dan mandi lumpur, wisatawan juga bisa menikmati keindahan suasana terbuka alam yang asri dan menenangkan.

Baca juga :  10 Desa Terbersih di India Menjadi Destinasi Wisata Dunia

Di Blue lagoon kalian bisa menikmati spa dengan pijat sambal berendam di air, akan menambahkan kenikmatan tersendiri saat berendam. Selain itu, terdapat rekomendasi masker lumpur yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Beerbeda dari destinasi mandi lumpur lain, blue lagoon bukanlah danau yang terbentuk secara alami, namun blue lagoon merupakan danau buatan yang berisi air panas dengan sumber panas bumi. Kolam ini terbentuk dari buangan pembangkit listrik geothermal yang ada di daeras tersebut. Dipercaya bahwa air panas itu memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh untuk tubuh

5. Kawah Rengganis, Ciwidey Bandung

Kawah Rengganis, Ciwidey Bandung
pikiran-rakyat.com

Eits, siapa bilang Indonesia tidak punya destinasi mandi lumpur. Jangan khawatir masih di daerah Pulau Jawa teoatnya Jawa Barat terdapat destinasi mandi lumpur yang sudah cukup terkenal yaitu, Spa Lumpur Kawah Rengganis. Lokasi dari kawah Rengganis berada di Rancabali, ditengah perkebunan the. Lokasi destinasi wisata mandi lumpur ini masi sulit untuk dijangkau dengan mobil maupun motor. Pengunjung harus rela berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke spa lumpur ini. Jangan khawatir jika kamu takut capek berjalan, kamu bisa menggunakan jasa ojek setempat, yang bisa membantu kamu untuk sampai lebih cepat ke Kawah Rengganis.

Selain dikenal dengan destinasi mandi lumpur, Kawah Rengganis juga memiliki kolam air panas yang menggoda untuk berendam disana. Memiliki air belerang berwarna hijau tosca, serta dikelilingi oleh tebing putih, pengunjung dimanjakan tidak hanya dengan kolam yang nyaman namun juga pemandangan yang memanjakan mata.

Untuk spa lumpurnya pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5000,00 saja dan bisa menerima manfaat dari kolam lumpur dan kolam air panasnya. Nah, makin lengkap healing berendam kalian dengan foto estetik yang bisa kamu lakuakn disana.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi destinasi mandi lumpur di dunia versi gotravelly nih. Untuk kamu yang hobi berendam air panas dan mandi lumpur destinasi mana yang akan akamu kunjungi terlebih dahulu, yuk tulis jawaban kalian di kolom komentar ya



Leave a Reply