Air Terjun Sekumpul Surga Tersembunyi di Bali


Reni  December 13, 2017  0 Comment

Air terjun Sekumpul adalah destinasi baru yang sedang trend di kalangan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Disebut baru, karena objek wisata ini baru ditemukan, dan lokasinya cukup tersembunyi di Bali Utara.

Air Terjun Sekumpul

 

Air terjun l ini sebenarya memiliki beberapa nama, yaitu, air terjun Gerombong, air terjun Pemuatan, dll. Ada 2 alasan mengapa air terjun ini disebut dengan nama air terjun Sekumpul, yaitu karena lokasinya yang berada di desa Sekumpul, dan yang kedua karena air terjun ini terdiri atas beberapa air terjun. Air terjun Sekumpul ini memiliki sekitar 7 air terjun. 2 diantaranya mudah diakses, karena lokasinya yang berdekatan, sedangkan 5 lainnya memiliki lokasi yang cukup ekstrem untuk dikunjungi. Walaupun kedua air terjun ini berdekatan, namun keindahan air terjun serta karakterisitik dari kedua air terjun ini berbeda. Air terjun yang ada di sebelah kiri, berasal dari mata air, sedangkan air terjun yang berada di sebelah kanan berasal dari air sungai, yang jika terkena hujan, maka airnya berubah menjadi coklat. Sedangkan air terjunyang berasal dari mata air, warna airnya tidak akan berubah menjadi coklat, walaupun terkena air hujan.

Gotravelly

Pantai Mertasari: Ngadem Di Bawah Pinus Atau Berjemur Di Panas Matahari

Nikmat Menyantap Nasi Pecal Saat CFD Di Lapangan Bajra Sandhi Renon

 

Lokasi air terjun Sekumpul

Seperti yang telah disebutkan di atas, air terjun yang satu ini berada di desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupten Buleleng, Bali. Dari kota Denpasar, jaraknya sekitar 76 km, sedangkan dari kota Singaraja, jarknya sekitar 20 km, atau dapat ditepuh dengan 1 jam perjalanan. Lokasi air terjun ini dapat ditembuh menggunakan roda amepat atau bahkan roda dua.

Apabila Anda berangkat dari kota Denpasar, menuju air terjun Sekumpul, maka sebaiknya arahkan kendaraan Anda, ke daerah Bedegul, yang melalui jalur Denpasar, Singaraja. Dari Rest area puncak, Bedegul, atau sekitar 10 km, Anda akan menemui pertigaan dengan plang bukit Henkson. Arahkan kendaran Anda ke kanan, kemudian ikuti jalur yang ada, hingga akhirnya tiba di pintu masuk air terjun Sekumpul. Jarak dari pertigaan hinga ke gerbang objek wisata air terjun Sekumpul, sekitar 12 km. Dari segi jalur, tidak terlalu curam, bahkan bisa dibilang mulus, hanya sekdikit sempit dan berlekok-kelok.

Tiba di area parkir, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki, sepanjang jalan menuju air terjun cukup nyaman. Karena sudah menggunakan paving blok, dan sebagian lagi sudah dibeton. Ada juga ratusan anak tangga yang dapat Anda gunakan untuk menuju air terjun. Tiba di kaki tangga, Anda akan menemukan sebuah jembatan, dan di akhir jembatan, Anda akan menemukan 2 arah. Arah ke kanan menuju air terjun Lemukih, sedangkan arah kiri menuju air terjun Sekumpul.

Perjalanan akan kembali dilanjutkan dengan menelusuri jalan setapak, dan menyebrangi sungai, hingga akhirnya Anda tiba di lokasi iar terjun.

Daya tarik air terjun Sekumpul

Ada banyak sekali hal menarik yang akan Anda peroleh ketika mengunjungi lokasi tersebut, antara lain :

–          Anda akan melihat beberapa rumah penduduk lokal Bali yang masih kental dengan rumah adat Balinya.

–          Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan pohon rambutan dan pohon durian yang menjulang. Ini akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri, ketika pohon tersebut tengah berbuah.

–          Pemandangan alam lain yang dapat Anda lihat di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun adalah sawah teraseringnya indah. Lokasi sawah ini berada di perbukitan, dan Anda dapat melihat air terjun dari kejauhan.

–          Untuk  mengunjungi objek wisata air terjun Sekumpul, tersebut, Anda harus memiliki stamina yang sangat baik. Karena jalur yang harus ditempuh cukup panjang dan sedikit ekstrem. Disini Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam, dan menyebrangi sungai yang tingginya sekitar paha orang dewasa.

–          Tinggi air terjun Sekumpul ini sekitar 100 meter, dan air yang berhasil mencapai bawah, akan terkumpul, dan menjadi sebuah danau kecil, yang dapat digunakan untuk berenang.

–          Apabila Anda ingin mengunjungi 5 air terjun lainnya yang termsuk air terjun sekumpul, ada baiknya jika Anda mencari guide lokal.

–          Wisatan asing sangat menyukai objek wisata yang lokasinya agak tersembunyi tersebut. Wisatawan asing menyebut objek wista yang satu ini dengan sebutan Seven Point Waterfall.

–          Air terjun yang ada di tempat ini juga sangat cantik, dikelilingioleh tebing yang tinggi, dan ditumbuhi oleh aneka pepohonan dan tananan hijau lainnya, membuat suasana, terasa lebih sejuk,dan asri.

–          2 buah air terjun yang ada di lokasi yang satu ini mempunyai ketinggian dan juga karakteristik yang berbeda. 1 diantaranya memiliki tinggi sekitar 100 meter, sedangkan yang lainnya kurang dari 100 meter.

Waktu yang tepat mengunjungi air terjun Sekumpul

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun  tersebut, maka Anda harus mendatangi lokasi wisata ini pagi-pagi sekali, sembari melakukan aktivitas trekking. Waktu yang paling tepat, untuk mengalami trekking sekitar yang 7 hingga jam 8 pagi.  Jadi jika Anda berada di kawasan Denpasar, maka Anda harus berangkat pukul 4 pagi, karena perjalanan menuju ke lokasi ini sekitar 3 jam. Atau Anda juga dapat menginap di beberapa hotel yang ada di sekitar lokasi.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mengunjungi kawasan ini di pagi hari, yaitu untuk menghindari hujan yang sering terjadi di siang atau bahkan sore hari. Jika turun hujan, maka jalan setapak menjadi licin. Kondisi ini yang tentunya memperbesar risiko terjadi kecelakaan, terutama ketika Anda sedang berjalan di jalan setapak atau bahkan di anak tangga.

Tiket dan parkir Air terjun sekumpuk

Untuk masuk ke lokasi yang satu ini Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 2.000 per orang untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan mancanegara harga tiket masuknya sekitar Rp 5.000.

Fasilitas dan akomodasi air terjun sekumpul

Untuk masalah fasilitas dan akomodasi di lokasi dan seputar lokasi air terjun ini sudah cukup memadai. Hal ini terbukti dengan jalan setapak yang sudah dibeton, anak tangga yang juga sudah dibeton dan dilengkapi dengan pegangan tangga. Ada juga beberapa buah gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat, dan fasilitas lainnya. Walaupun memang fasilitas toilet dan juga kamar mandi belum dibuat di tempat ini.

Sedangkan untuk masalah akomodasi, Anda juga tidak perlu khawatir, karena ada beberapa penginapan di sekitar lokasi air terjun. Ini yang akan mempermudah Anda untuk mengunjungi objek wisata air terjun ini pagi-pagi sekali. Hal ini karena lokasi air terjun ini berada dekat dengan pantai Lovina. Dimana pantai yang satu ini merupakan salah satu objek wisata pantai menarik yang ada di kawasan Bali Utara.

Jadi untuk Anda yang  suka tantangan dan ingin menikmati keindahan alam Bali dari sisi yang berbeda, tidak ada salahnya untuk mengunjungi air terjun Sekumpul!



Leave a Reply