Segar dan Beningnya Air Terjun Cibodas + Rute Lokasi


Reni  July 16, 2018  0 Comment

Berjalan – jalan ke Cibodas memang tidak hanya sebatas menikmati pemandangan alamnya yang tersembunyi di balik kebun raya Cibodas saja, sebab banyak wisata menarik yang pastinya menjadikan kita serasa “back to nature”. Dikenal dengan sebutan air terjun Cibodas, obyek wisata yang satu ini memang tidak kalah menariknya dengan beberapa obyek wisata sekitar yang juga memiliki keindahan tersendiri.

Pesona indah air terjun dan segarnya air yang jatuh dari ketinggian tebing yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi, sebab banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan ataupun akhir pekan di lokasi yang pastinya juga tidak jauh dari pusat kota.

Bagi Kamu yang mungkin bukan asli orang sunda, sudah sepantasnya tahu tentang seluk beluk air terjun Cibodas ini. Pada dasarnya, air terjun yang sangat indah ini berasal dari bahasa Sunda yang adalah hal ini adalah “cai bodas”. Secara literal, kata tersebut bisa diartikan sebagai air putih atau yang lebih tepatnya air yang sangat jernih.

Namun, tahukah Kamu, bahwa yang namanya air terjun Cibodas ini ternyata merujuk pada tujuh air terjun yang lokasinya ada di Cibodas. Ketujuh air terjun tersebut di antaranya adalah air terjun Cibeureum, air terjun Cikundul, air terjun Cibogo, air terjun Ciismun, air terjun Ciwalen, air terjun Cidendeng dan air terjun Rawa Gede. Keseluruhan air terjun tersebut lokasinya sangat berdekatan dan ada di wilayah Cibodas, sehingga secara keseluruhan, ketujuh air terjun itu dikenal dengan sebutan air terjun Cibodas.

Jelajahi Taman Labirin Coban Rondo Yang Menantang

Omah Mangan Resto, Sajikan Ragam Menu Lezat Dengan Pemandangan Memikat

Air Terjun Cibodas +  rute lokasi

Air Terjun Cibodas

Berbicara mengenai lokasi dari air terjun, pada hakikatnya, ketujuh lokasi air terjun tersebut berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Untuk air terjun Cidendeng, air terjun Cibeureum dan juga air terjun Cikundul lokasinya tidak jauh dari pos tiket. Kamu hanya perlu berjalan sepanjang 2.8km atau dengan waktu tempuh selama 45 – 60 menit untuk sampai di lokasi wisata tersebut. Sedangkan untuk air terjun Ciwalen ini berlokasi di dalam hutan gunung Pangrango yang lokasinya juga tidak jauh dari pos tempat pembelian tiket masuk.

Baca juga :  11 Tempat Wisata Batu Malang Keindahannya Bagaikan Surga

Untuk air terjun Ciismun dan juga air terjun Cibogo ada di kebun raya Cibodas. Tidak hanya itu saja, air terjun lain yang masuk dalam kelompok air terjun Cibodas yang dikenal dengan sebutan air terjun Rawa Gede lokasinya ada di dalam bumi perkemahan Mandalawangi. Ketujuh lokasi wisata air terjun yang sangat berdekatan ini memberikan kemudahan bagi setiap wisatawan untuk mengeksplorasinya lebih dalam hanya dalam waktu satu hari saja.

Aktivitas dan keindahan di air terjun Cibodas

yang tersebar di Kebun Raya Cibodas. Seperti halnya air terjun Cibeureum yang bisa dijangkau dengan perjalanan 2,8km dari tempat pembelian tiket. Dikenal sebagai air terjun terbesar diantara ketujuh air terjun lainnya, air terjun Cibeureum memiliki pesona alam yang sangat berkesan dengan udara sejuk serta airnya yang sangat segar.

Selain itu, Kamu bisa mengunjungi air terjun Cidendeng yang ada di sebelah barat dari air terjun Cibuereum. Dengan ketinggian tebing tempat jatuhnya air yang lebih tinggi, air terjun yang satu ini memiliki debit yang lebih kecil dengan keindahan yang tidak kalah menariknya dari air terjun yang lain. Di sini, Kamu bisa merasakan sensasi segar dari air yang jatuh dari tebing tinggi.

Jika Kamu ingin merasakan sensasi air yang sangat dingin layaknya es, di air terjun Cibodas ini ada pesona indah air terjun Cikundul yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki ke sebelah barat dari lokasi dua air terjun sebelumnya. Meskipun air terjun ini jarang terekspose oleh para wisatawan, namun keindahan dan sensasi dingin airnya layak untuk Kamu coba.

Selain tiga air terjun di atas, Kamu juga bisa singgah di air terjun Ciwalen yang lokasinya ada di 300 meter dari pos piket. Sangat dekat bukan? Hanya dengan menempuh perjalanan selama 10 – 15 menit sembari menikmati hijaunya vegetasi di sepanjang jalan, Kamu akan disuguhkan dengan tantangan berupa jembatan gantung yang cukup tinggi diantara dua pohon besar. dengan melewati jembatan ini, Kamu akan melihat eksotisme luar biasa dari air terjun Ciwalen ini.

Baca juga :  11 Tempat Wisata di Medan Yang Romantis

Rute perjalanan menuju wisata air terjun Cibodas

ada di komplek lokasi Kebun Raya Cibodas, sehingga bagi Kamu yang memang ingin menjelajahi ketujuh pesona air terjun yang memiliki keunikan tersendiri ini, Kamu bisa meluncur ke lokasi wisata Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Perjalanan menuju lokasi wisata yang indah ini bisa Kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan umum, di mana rute perjalanan awalnya bisa dimulai dari stasiun Bogor. Dari sini, Kamu bisa menggunakan angkot 03 untuk bisa sampai di terminal Baranangsiang dengan ongkos perjalanan sekitar Rp 3000.

Mintalah kepada sopir untuk berhenti di bawah jembatan dekat terminal dan perjalananmu bisa dilanjutkan dengan menggunakan mobil colt yang berwarna putih jurusan Cianjur. Dengan mobil ini, Kamu akan diminta membayar ongkos sebesar Rp 17,000, sebab perjalanan yang Kamu tempuh sekitar 1 – 2 jam lamanya.

Jika Kamu memanfaatkan bus dengan jurusan Cianjur dari Kampung Rambutan untuk menuju ke air terjun Cibodas, maka ongkos perjalanan yang akan Kamu keluarkan sebesar Rp 20,000 – Rp 40,000 (AC/Non-AC). Perjalanan dengan menggunakan bus ini ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam lamanya. Baik itu Kamu menggunakan bus ataupun COLT, pastikan untuk selalu berhenti di pertigaan yang mengarah ke Cibodas.

Pastikan juga untuk selalu membawa baju ganti, jika memang Kamu ingin menghabiskan waktu sembari merasakan kesegaran air yang jatuh dari tebing dengan ketinggian tertentu. Akan sangat menarik jika Kamu menghabiskan waktu liburan di sini sebelum kembali beraktivitas di kantor.



Leave a Reply