18 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukoharjo, Jawa Tengah


Fida  July 22, 2022  0 Comment

Sukoharjo dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang menyimpan banyaknya tempat wisata. Kamu dapat dengan mudah menjumpai tempat wisata di Sukoharjo mulai dari tempat wisata alam, tempat wisata religi, hingga tempat wisata bersejarah.

Mengunjungi salah satu dari banyaknya tempat wisata di Sukoharjo tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Beberapa tempat wisata tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tetapi juga akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Tidak perlu bingung menentukan tujuan inilah daftar 18 rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo yang menarik untuk kamu datangi.

1. Curug Krajan

curug krajan
jadwaltravel.com

Rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo yang populer dan menarik untuk kamu kunjungi adalah Curug Krajan. Curug Krajan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat datang ke Sukoharjo. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini di jalan Kelir Manyaran, Bangun Sari, Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Air terjun yang satu ini menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Pengunjung juga dapat merasakan suasana yang tenang dan nyaman saat berada di lokasi air terjun. Jika bingung menentukan tujuan wisata di Sukoharjo, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang dan menyusuri kawasan Curug Krajan.

Gotravelly

Menara Pandang Teratai, Tawarkan Keindahan Kota Purwokerto Dari Ketinggian

Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

2. Alun Alun Satya Negara Sukoharjo

alun alun satya negara sukoharjo
alun-alun-satya-negara-sukoharjo.business.site

Rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Alun Alun Satya Negara. Alun Alun ini tentu menjadi rekomendasi tempat untuk berwisata sekaligus bersantai bersama keluarga. Alun Alun Satya Negara Sukoharjo area yang luas dengan banyaknya tempat beristirahat.

Tidak hanya dapat bersantai, pengunjung yang datang ke Alun Alun Satya Negara Sukoharjo juga dapat mencoba berbagai permainan serta menikmati jajanan yang dijual di sekitar alun-alun. Adanya delman juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Suasana nyaman yang ditawarkan menjadikan Alun Alun Satya Negara sayang untuk tidak kamu kunjungi saat datang ke Sukoharjo.

3. Telaga Celaket

telaga celaket
travel.kompas.com

Tidak kalah menarik dengan berbagai tempat wisata di Sukoharjo lainnya, kamu dapat datang ke indahnya tempat wisata alam Telaga Celaket. Telaga yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan yang indah dan masih sangat alami. Tidak hanya akan dimanjakan dengan bersih dan luasnya area perairan, tetapi pengunjung juga akan disuguhkan dengan perbukitan serta penghijauan di sekeliling telaga.

Untuk datang dan menyusuri indahnya kawasan Telaga Celaket, pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Bagi pecinta foto, Telaga Celaket juga menawarkan banyaknya spot menarik dan instagramable. Saat berkunjung ke Sukoharjo, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan datang dan berwisata di Telaga Celaket.

4. Royal Water Adventure

royal water adventure
ihategreenjello.com

Royal Water Adventure dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Sukoharjo yang populer dan cocok dikunjungi bersama keluarga maupun anak anak. Tempat wisata yang satu ini menawarkan banyaknya pilihan kolam renang. Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya beberapa permainan air. Seru sekali bukan?

Royal Water Adventure dapat kamu kunjungi di Jalan Raya Telukan KM 08, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Tempatnya yang nyaman serta memiliki banyak fasilitas menjadikan tempat wisata yang satu ini cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur.

5. Dunia Air Pandawa

dunia air pandawa
nativeindonesia.com

Selain Royal Water Adventure, Dunia Air Pandawa juga menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo yang bisa kamu datangi. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi sebagai lokasi untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak-anak. Sesuai dengan namanya, Dunia Air Pandawa pakai permainan air yang menarik untuk kamu coba.

Dunia Air Pandawa beralamat di Jalan Cemara Raya Gedangan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Tidak hanya dimanjakan dengan adanya berbagai permainan yang dapat dicoba, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas saat datang ke Dunia Air Pandawa.

6. Gunung Sepikul

Tempat Wisata di Sukoharjo
travel.kompas.com

Siapa nih yang suka mendaki? Gunung Sepikul menjadi salah satu rekomendasi tempat pendakian serta tempat wisata di Sukoharjo yang populer. Gunung yang satu ini terletak di Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Selain dapat mencoba sensasi mendaki, pengunjung juga dapat melihat indahnya pemandangan dari ketinggian.

Gunung Sepikul menawarkan suasana yang sangat sejuk dan asri. Tempat wisata yang satu ini tentu sangat cocok dikunjungi khususnya bagi kamu pecinta wisata alam. Tidak hanya banyak didatangi oleh masyarakat lokal, Gunung Sepikul juga kerap menjadi destinasi berlibur bagi para wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Tertarik untuk menyempatkan berlibur ke Gunung Sepikul saat berada di Sukoharjo?

7. Waduk Mulur

waduk mulur
visitjawatengah.jatengprov.go.id

Waduk Mulur menjadi rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini menawarkan luasnya area waduk dengan pemandangan yang menakjubkan. Terdapat area penghijauan dan pepohonan di sekeliling waduk yang menambah kesan alami. Tidak hanya itu, pengunjung yang datang juga akan dimanjakan dengan suasana sejuk dan segar. Bagi kamu pecinta foto, Waduk Mulur juga menawarkan banyaknya spot menarik dan instagramable yang sayang untuk kamu lewatkan.

Untuk datang dan menyusuri kawasan Waduk Mulur, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? Saat berada di Sukoharjo, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berlibur ke Waduk Mulur bersama teman maupun keluarga. Kamu dapat mengunjungi waduk yang satu ini di daerah Dondong, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

8. Gunung Taruwongso

gunung taruwongso
nativeindonesia.com

Selain Gunung Sepikul, Gunung Taruwongso juga merupakan salah satu tempat wisata di Sukoharjo yang cocok dikunjungi bagi kamu yang hobi mendaki. Gunung Taruwongso beralamat di daerah Tawangsari, Watubonang, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Tidak kalah dengan gunung lainnya, Gunung Taruwongso juga menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Dari gunung ini, kamu dapat menikmati indahnya Kabupaten Sukoharjo dari ketinggian. Pengunjung tidak perlu khawatir karena terdapat anak tangga untuk mendaki gunung ini.

Hal yang menjadi daya tarik tersendiri adalah adanya batu mancen pada Gunung Taruwongso. Batu yang satu ini dipercaya dapat membawa keberkahan, khususnya bagi mereka yang belum memiliki pasangan. Unik sekali bukan?

9. Wisata Alam Batu Seribu

wisata alam batu seribu
travel.kompas.com

Pernah mendengar sebutan destinasi Wisata Alam Batu Seribu? Wisata Alam Batu Seribu merupakan salah satu tempat wisata di Sukoharjo yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Tempat wisata yang satu ini menawarkan banyaknya spot foto dengan latar pemandangan alam yang menakjubkan.

Wisata Alam Batu Seribu sangat cocok dipilih untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak-anak. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini di daerah Bulu, Pacinan, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

10. Alas Karet Polokarto

alas karet polokarto
wisataindonesia.xyz

Tidak perlu bingung mencari tempat wisata di Sukoharjo yang bisa dikunjungi, kamu dapat datang ke Alas Karet Polokarto. Tempat yang satu ini merupakan kawasan wisata alam yang dapat kamu kunjungi di Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Saat datang ke Alas Karet Polokarto, kamu akan merasakan suasana yang nyaman dan tenang. Pengunjung juga dapat menikmati kesan alami dan segar karena banyaknya penghijauan. Karena karena Alas Karet Polokarto dikenal dikenal menawarkan pemandangan yang indah dan instagramable, maka tidak heran jika tempat wisata yang satu ini juga kerap dipilih sebagai tempat untuk melakukan sesi foto pre-wedding, dan lain-lain. Saat datang ke Sukoharjo, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk datang dan menyusuri kawasan Alas Karet Polokarto.

11. Dam Colo

dam colo
travel.detik.com

Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan destinasi wisata Dam Colo. Dam Colo merupakan bagian dari sungai yang juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Sukoharjo. Kamu dapat mengunjungi Dam Colo di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Wisata yang satu ini merupakan kawasan bendungan yang dikenal memiliki pemandangan indah. Oleh karena itu, tidak heran jika Dam Colo banyak didatangi oleh wisatawan karena spotnya yang dikenal instagramable. Tertarik untuk mencoba sensasi berfoto di kawasan Dam Colo?

12. Pura Sahasra Adhi

pura sahasra adhi
tempatwisataseru.com

Saat mencari rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo yang bisa dikunjungi, kamu dapat datang ke salah satu tempat wisata religi yakni Pura Sahasra Adhi. Pura yang satu ini dapat kamu kunjungi di daerah Wirun, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Tempat ibadah yang satu ini menawarkan bangunan yang megah dengan arsitektur yang unik. Pengunjung dapat menyusuri area Pura dan akan disuguhkan dengan bangunan serta banyaknya penghijauan. Selain menawarkan pemandangan yang indah serta memiliki banyak spot foto, pengunjung juga dapat merasakan suasana tenang selama berada di Pura Sahasra Adhi. Saat datang ke Sukoharjo, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan datang ke pura yang satu ini.

13. Keraton Kartasura

keraton kartasura
liputan6.com

Suka tempat wisata bersejarah? Keraton Kartasura menjadi rekomendasi tepat yang bisa kamu datangi. Salah satu tempat wisata di Sukoharjo ini berlokasi di daerah Ngadirejo, Kecamatan Kartasura. Keraton yang satu ini dulunya merupakan bekas Keraton dan Kesultanan Mataram pada tahun 1680 hingga 1745.

Selain dikunjungi sebagai tempat wisata bersejarah, Keraton Kartasura juga dapat dipilih sebagai sarana edukasi yang tepat. Terdapat beberapa peninggalan yang masih tersisa dan dapat dinikmati oleh pengunjung diantaranya dinding cepuri, baluwarti, taman keraton, gedong obat, gedong pring, dalem pangeran, serta toponim. Tertarik untuk mengunjungi Keraton Kartasura saat datang ke Sukoharjo?

14. The Heritage Palace

the heritage palace
nativeindonesia.com

Suka berfoto di tempat kekinian? The Heritage Palace menjadi salah satu tempat wisata di Sukoharjo yang tepat untuk kamu kunjungi. Tempat wisata yang satu ini menawarkan banyaknya spot foto menarik dan tersedia area indoor serta outdoor. Untuk masuk dan menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 30.000,- untuk area outdoor dan Rp 65.000,- untuk tiket terusan.

Karena The Heritage Palace menawarkan banyak spot foto, maka jangan lupa untuk membawa peralatan berfoto seperti tongsis dan camera. Kamu dapat menjumpai adanya area Rumah Terbalik, Museum 3D, playground, dan masih banyak lagi.

15. Gunung Gajah Mungkur

gunung gajah mungkur
traveling.bisnis.com

Pecinta tempat wisata alam, Gunung Gajah Mungkur menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo yang menarik untuk dikunjungi. Gunung yang satu ini terletak di Dusun Kerjo, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, kabupaten Sukoharjo. Ketinggian gunung yang tidak lebih dari 500 meter di atas permukaan laut menjadikan Gunung Gajah Mungkur sangat cocok untuk didatangi meskipun untuk pendaki pemula.

Gunung Gajah Mungkur juga memiliki Puncak yang disebut dengan puncak Laskar Pelangi. Puncak yang satu ini menjadi spot favorit pengunjung dan biasa dikunjungi untuk berburu sunset saat sore hari. Suasana yang sejuk dan segar juga dapat kamu rasakan saat berada di sekitar Gunung Gajah Mungkur. Menghabiskan waktu berlibur dengan mencoba sensasi mendaki gunung ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

16. Desa Wisata Ngrombo

desa wisata ngrombo
kumparan.com

Pertama mendengar sebutan Desa Wisata Ngrombo? Desa Wisata Ngrombo dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Sukoharjo yang untuk kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya, kawasan yang satu ini merupakan desa wisata dan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berlibur.

Desa ngrombo juga dikenal dengan sebutan Kampung Gitar karena merupakan sentra industri gitar di Kabupaten Sukoharjo. Tapi tidak hanya itu, desa yang satu ini juga berpotensi akan budaya, kuliner, serta tempat wisatanya. Saat mengunjungi Desa Wisata Ngrombo, kamu tentu dapat mengetahui banyak hal baru serta merasakan pengalaman liburan yang berkesan. Tertarik untuk menghabiskan waktu di desa wisata yang satu ini?

17. Ronce Stable

ronce stable
nativeindonesia.com

Ronce Stable juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Sukoharjo yang tidak boleh kamu lewatkan. Di tempat wisata yang satu ini, kamu dapat mencoba sensasi berkuda. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencoba berbagai kuliner lezat yang ditawarkan.

Indahnya pemandangan di Ronce Stable menjadikan kawasan ini melewatkan saat datang ke Sukoharjo. Selain dapat menaiki kuda, tempat yang satu ini juga menyediakan peternakan yang biasa digunakan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak. Lengkap sekali bukan?

Untuk masuk dan menyusuri indahnya kawasan Ronce Stable, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000,- untuk berkeliling Kampung menggunakan kuda. Bagi kamu yang ingin belajar berkuda, Ronce Stable juga sangat cocok untuk kamu datangi. Pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 130.000,- hingga Rp 150.000,- untuk belajar privat mengendarai kuda. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas berupa helm dan sepatu. Tertarik untuk mencoba sensasi berkuda di Ronce Stable?

18. Telaga Biru

telaga biru
ihategreenjello.com

Satu lagi rekomendasi tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Telaga Biru. Telaga Biru terletak di perbatasan antara Sukoharjo dan Gunung Kidul. Tempat wisata alam yang satu ini menawarkan indahnya pemandangan. Sesuai dengan namanya, telaga biru menyuguhkan perairan yang berwarna biru dan sangat memanjakan mata.

Nah, itulah daftar 18 rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo yang sayang untuk kamu lewatkan. Tempat tempat tersebut tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga membuat liburanmu semakin berkesan. Saat berkesempatan datang ke Sukoharjo, kira-kira tempat wisata manakah yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply