10 Tempat Wisata Di Sumbawa Tawarkan Sisi Lain Exsotisme Indonesia


sisil angelin  September 3, 2019  0 Comment

Libur panjang tidak akan berkesan jika tidak dihabiskan dengan berwisata. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi terbaik untuk Kamu yang memang benar-benar jenuh dan suntuk karena pekerjaan yang menumpuk. Satu dari sekian banyak pesona Indonesia yang sangat mengagumkan dan telah mendapatkan pengakuan dari dunia adalah Sumbawa. Disebutkan bahwa banyak sekali tempat wisata di Sumbawa yang sangat menarik.

Sekilas mengenai Sumbawa, disebutkan bahwa pulau yang bersebrangan dengan pulau Lombok ini memiliki setidaknya 4 kabupaten dan 2 kota. Memiliki luas setidaknya 6 ribu kilometer persegi, tempat wisata di Sumbawa ini sangat terkenal dengan pesona alamnya yang sangat menakjubkan. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi liburan yang sangat berkesan bagi Kamu yang memang menyukai aktivitas traveling.

Bagi Kamu yang notabene masih pertama kali berlibur di Sumbawa, sudah pasti Kamu bakalan dibuat bingung dengan keberagaman keindahan yang sangat menakjubkan. Bahkan, kecenderungan Kamu bakalan ingin berlama-lama ada di pulau yang masuk kawasan NTT ini. Lebih lanjut, berikut beberapa tempat wisata di Sumbawa yang pastinya bakalan membuat liburan Kamu menjadi sangat berkesan.

1. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa
image credit : http://infopublik.i

Salah satu tempat wisata di Sumbawa yang sangat eksotis dan menawarkan keindahan alam yang sangat mengagumkan adalah pulau Kenawa. Sebuah pulau yang ada di Sumbawa Barat ini sangat populer dengan keindahan padang savanna sekaligua juga pasir pantai putihnya. Sangat cocok untuk Kamu yang menggilai aktivitas selfie. Selain itu, Kamu juga berkesempatan menyelami indahnya bawah laut yang tidak kalah menarik.

Dengan luas yang hanya mencapai 15 hektar, tempat wisata di Sumbawa ini memiliki corak rerumputan yang sangat indah dan ditentukan oleh waktu. Demi kenyamaan selama berwisata di tempat ini, Kamu harus membawa air mineral karena tidak adanya persediaan air minum di sana. Untuk tiba di sana, Kamu bisa naik perahu yang dibandrol dengan harga Rp 500,000 untuk 10 orang.

Gotravelly

Wisata Batu Sori, Situs Batu Apung Favorit Di Baubau

Akhir Pekan Sambil Trekking Menyenangkan Di Bukit Teletabis Rongi

2. Pulau Paserang

Pulau Paserang
image credit : https://travelingyuk.com/

Selain tempat wisata di Sumbawa yang tersebut di atas, ada juga pulau Paserang yang juga sangat terkenal dengan nuansanya yang sangat sepi. Di sini, Kamu bisa lebih bebas dalam menikmati liburan tanpa adanya gangguan dari orang lain. Untuk Kamu yang menyukai aktivitas snorkeling, Kamu bisa menyelami surga bawah laut pulau Paserang yang tidak kalah menarik dari pulau Kenawa.

Bagi Kamu yang tidak jago untuk berenang, Kamu juga bisa menikmati pemandangan bawah laut yang elok dan indah hanya dengan menaiki perahu. Hal ini tidak lain karena air laut di Pulau Paserang sangatlah jernih sehingga berbagai biota laut bisa dengan mudah disaksikan tanpa harus berbasah kuyup. Sangat cocok untuk Kamu yang menyukai kehidupan laut di wilayah tempat wisata di Sumbawa.

3. Desa Mantar

Desa Mantar
image credit : https://travelingyuk.com

Tempat wisata di Sumbawa yang satu ini mulai terkenal sejak dijadikannya sebagai latar dalam film Serdadu Kumbang. Di sini, wisatawan bisa menikmati berbagai pemandangan alam yang masih alami dengan memanfaatkan layanan paralayang yang pastinya akan memicu adrenalin Kamu. Untuk bisa menjangkau wilayah dengan perbukitan yang sangat indah ini, Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sejumlah Rp 40,000 untuk menyewa pick up pulang pergi.

4. Danau Lebo

Danau Lebo
image credit : https://www.republika.co.id

Danau Lebo merupakan salah satu tempat yang juga menawarkan pemandangan alam di sore hari yang tidak kalah indah dengan tempat wisata lain. Disebutkan bahwa perpaduan warna danau yang biru dengan sinar matahari keemasan menjadikan nuansa sore terkesan lebih romantis. Untuk bisa menjangkau wisata ini, Kamu hanya perlu berkendara selama 30 menit dari wilayah Pelabuhan Poto Tono.

5. Masjid Agung Darussalam

Masjid Agung Darussalam
image credit : https://kontraktorkubahmasjid.com

Bagi Kamu yang menghendaki adanya wisata religi, Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Sumbawa yang populer dikenal dengan sebutan Masjid Agung Darussalam. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Kota Taliwang, tepatnya di Kabupaten Sumbawa Barat. Hal menarik yang bisa dinikmati selama di lokasi ini adalah desain arsitekturnya yang begitu mengagumkan dan mempesona.

6. Pantai Jelenga

Pantai Jelenga
image credit : https://www.youtube.com

Berlokasi di wilayah Kecamatan Jereweh, tempat yang dijuluki Pantai Jelenga ini bisa Kamu tempuh dengan perjalanan 1,5 jam dari wilayah Pelabuhan Poto Tano. Sayangnya, pantai ini terbilang masih sepi, namun sangat cocok untuk Kamu yang menginginkan kesendirian selama berwisata tanpa adanya gangguan dari orang lain. Namun demikian, beberapa pengunjung terlihat menikmati surfing dengan papan selancar mereka.

7. Pantai Muluk

Pantai Muluk
image credit : https://www.triptrus.com

Masih seputar wisata pantai, di Sumbawa sendiri juga memiliki pantai yang terkenal dengan namanya Pantai Muluk. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Muluk, yaitu 2 jam perjalanan dari wilayah Pelabuhan Poto Tano. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya sekaligus juga berbagai kuliner tradisional yang dijajakan di pinggiran pantai. Untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan Kamu bisa menaiki bukit Mantun yang lokasinya tidak jauh dari pantai Muluk.

Tidak kalah menariknya lagi, di tempat wisata di Sumbawa ini Kamu juga berkesempatan untuk menaklukkan ombaknya yang ganas dengan berselancar. Untuk menikmati aktivitas ini, Kamu bisa datang pada bulan Juni sampai Agustus. Namun ingat untuk membooking penginapan di sini karena sudah pasti banyak wisatawan yang berdatangan.

8. Pantai Lawar

Pantai Lawar
image credit : https://reyginawisataindonesia.blogspot.com

Selain beberapa pantai yang tersebut di atas, di Sumbawa sendiri juga memiliki tempat wisata lain yang disebut dengan Pantai Lawar. Memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang dengan kondisi pantai yang cukup hening. Lokasi dari pantai ini ada di Kecamatan Sekongkang dan bisa dijangkau dengan berkendara selama 2,5 jam dari wilayah Pelabuhan Poto Tano.

9. Pantai Rantung

Pantai Rantung
image credit : https://www.skyscanner.co.id

Tahukah Kamu bahwa dari sekian banyak pantai yang ada di Sumbawa, Pantai Rantung merupakan satu-satunya pantai yang memiliki banyak sekali penginapan. Di tempat yang satu ini banyak terlihat wisatawan mancanegara yang menikmati pemandangan pantai sekaligus bermalam untuk menikmati liburan yang cukup panjang. Pantai ini berlokasi di wilayah Sumbawa Barat, tepatnya di Kecamatan Sekongkang.

10. Pantai Tropical

Pantai Tropical

Bagi Kamu yang datang berlibur bersama pasangan atau memang berencana untuk berbulan madu, nampaknya tempat wisata di Sumbawa yang dikenal dengan pantai Tropical ini bisa dijadikan sebagai destinasi yang tepat. Sayangnya, tempat wisata yang juga berlokasi di wilayah Sumbawa Barat ini hanya memiliki satu hotel yang setara dengan bintang 4. Sekalipun demikian, tempat ini cukup mendapatkan perhatian dari wisatawan.

Itulah beberapa tempat wisata di Sumbawa yang sangat direkomendasi untuk Kamu yang memang ingin berlibur di wilayah Sumbawa. Selain beberapa spot menarik tersebut di atas, Kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat lain yang tidak kalah mengagumkan seperti halnya Air Terjun Kalela dan masih banyak lagi. Bagaimana? Tertarik dengan seluk beluk di dalam pulau yang sangat populer ini? Segera kemasi barang Kamu dan dapatkan penerbangan paling awal sekarang juga.



Leave a Reply