9 Tempat Wisata di Lamongan, No#5 Paling Diminati


Reni  September 18, 2018  0 Comment

Tempat Wisata di Lamongan  keren keren, lho. Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang kaya akan objek wisatanya, namun para wisatawan masih bingung harus memilih tempat yang mana untuk dikunjungi. Salah satu kota yang terkenal akan objek wisatanya adalah Lamongan. Lamongan sebagai kota soto ini adalah kabupaten yang letaknya berbatasan dengan laut Jawa sebelah utara, di sebelah timurnya Kabupaten Gresik, sebelah selatan Kabupaten Mojokerto, dan Bojonegoro di sebelah baratnya. Tidak hanya wisata kuliner, Lamongan juga memiliki banyak wisata alam yang menarik.

1. Pantai Kutang

Pantai Kutang

Phinemo.com

Salah satu tempat wisata lamongan yang banyak diminati adalah Pantai Kutang. Pantai yang memiliki predikat masih perawan ini memang menawarkan keindahan alam yang sangat menarik. Banyak wisatawan berkunjung ke pantai tersebut. Untuk nama pantainya sendiri memang terdengar cukup aneh. Pantai ini diberi nama “kutang” karena banyak kutang atau pakaian dalam yang ditemukan/berserakan disana. Pantai Kutang ini berlokasi di ujung Dusun Kenthong, Labuhan, Brondong, Lamongan.

Paket wisata murah

Soto Lamongan Cak Rohim, Irisan Daging Ayamnya Nggak Pelit

Sego Boranan, Makanan Khas Lamongan Gengan Guyuran Bumbu Spesial

2.  Pantai Klayar

Pantai Klayar

travelingyuk.com

Selain pantai kutang, tempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi yaitu pantai klayar. Pantai ini berlokasi di Dusun Klayar, Kec. Paciran, Lamongan. Jarang orang yang berkunjung ke pantai ini. Tak heran jika masih sangat indah. Pemandangan pantai semakin menarik karena banyak batu karang mengelilingi pohon bakau di pinggir pantai. Untuk bisa menikmati indahnya pantai klayar tidak dikenakan biaya, hanya saja anda harus membayar uang parkir. Terkait fasilitas umum, disini masih belum terlalu memadai, namun bagi anda yang ingin melepas penat, maka pantai ini bisa menjadi salah satu pilihannya.

Baca juga :  Pagung Agro Wisata Kediri : Harga Tiket, Lokasi, dan Daya Tarik!

3. Wisata Edukasi Gondang (Wego)

Wisata Edukasi Gondang

WisataBaru.Com

Selain pantai, di Lamongan juga terdapat wisata edukasi Gondang (Wego). Objek wisata ini dibangun di atas lahan seluas 23 hektar. Ada beragam jenis atau wahana wisata di dalamnya, seperti bumi perkemahan, wahana outbond, dan kolam renang bergaya Eropa. Objek wisata ini tergolong baru di Lamongan yaitu diresmikan pada bulan November 2016 lalu. Awalnya, objek wisata ini memang dibangun khusus untuk tujuan edukasi saja, namun karena di dalamnya banyak beragam tanaman, maka wisata edukasi tersebut diberi nama WEGO yang berarti (Wisata Edukasi Gondang Outbond). Ada sekitar 300 jenis pohon di dalamnya dan para pengunjungpun bisa mengetahui hal tersebut saat berkunjung kesana.

4. Gunung Pegat

Gunung Pegat

mayangkaranews.com

Gunung pegat adalah salah satu perbukitan yang terletak di pusat Kota Babat. Dalam Bahasa Jawa, Pegat adalah (putus, terpisah). Gunung Pegat ini adalah bukit kapur penghubung antara Kota Lamongan dan Kota Jombang. Sekalipun hanya bukit, namun keindahannya sangat menakjubkan. Pada Gunung Pegat ini ada sebuah mitos, jika membawa pasangan ke tempat ini dipercaya akan menjadikan hubungan kedua sejoli tersebut terpisah/ putus. Mitos ini masih dipercaya hingga kini oleh masyarakat.

5. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Wisata Bahari Lamongan

travelspromo.com

Diantara beberapa yang disebutkan di atas, wisata bahari lamongan atau yang disingkat dengan WBL adalah yang paling populer. WBL ini bahkan sudah menjadi ikon kota Lamongan. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Lamongan, kebanyakan selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke WBL ini. Keindahan alamnya sangat bagus dengan beragam wahana wisata yang sangat lengkap di dalamnya. WBL berlokasi di Kabupaten Lamongan. Jawa Timur. Dahulunya, tempat wisata ini populer dengan nama Pantai Tanjung Kodok. Lokasinya berada di Jalur Pantura yaitu antara Tuban dan Surabaya. Pengelolaannya yang bagus menjadikan tempat wisata ini semakin banyak dikunjungi wisatawan. WBL ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga karena wahana permainan yang ada di dalamnya mencakup seluruh range usia. Ada museum edukasi, permainan anak-anak, wahana ekstrim, waterpark, dan yang lainnya. WBL ini beroperasi pukul 08.00 – 16.30 setiap harinya.

Baca juga :  10 Tebing Terindah di Dunia Favorit Wisatawan Dunia

6. Goa Maharani Zoo (Mazola)

Goa Maharani Zoo

reresepan.com

Tidak hanya WBL, saat berkunjung ke Lamongan, anda juga akan mendengar Goa Mahari Zoo. Objek wisata ini masih berlokasi di WBL. Anda yang sudah ke WBL bisa sekalian berkunjung ke Mazola ini dengan melewati jembatan penghubung. Luas objek wisata kurang lebih 2.500 m2 dengan kedalamannya sekitar 25 m. Beragam jenis bebatuan dapat anda lihat di dalam goa dan dapat dipastikan, anda akan terkagum-kagum dengan hal tersebut. Jika anda berniat untuk berkunjung ke tempat wisata Lamongan Mazola ini, maka harus datang pukul 07.30 – 12.00 atau 13.00 – 17.00. Jadi, jika anda datang pada jam di luar tersebut, maka lokasi wisata biasanya ditutup.

7. Pantai Brondong Lamongan

Pantai Brondong Lamongan

superadventure.co.id

Anda yang ingin menikmati pesona pantai lengkap dengan aneka kapal tradisional, pantai Brondong inilah bisa menjadi salah satu tujuannya. Tidak hanya itu, di tempat ini anda juga bisa membeli ikan dari para nelayan. Ikannya masih segar dan tentu harganya pun lebih murah. Lokasi pantai yaitu di Desa Brondong, Kecamatan Brondong, Lamongan, Jawa Timur. Dari pusat Kota Lamongan kurang lebih berjarak 47 km.

8. Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat

ombonejagad.com

Tidak hanya wisata alam saja, Lamongan juga terkenal dengan objek wisata religi yaitu Makam Sunan Drajat. Sunan Drajat merupakan salah satu Walisongo yang berjasa dalam penyebaran agama islam di Jawa. Untuk menuju tempat wisata ini hanya dibutuhkan waktu kurang lebih setengah jam dari pusat kota Lamongan. Berziarah ke makam sunan drajat, saat ini sudah lebih nyaman pasalnya sejak tahun 1992-1994 situs makam dilakukan pemugaran. Selain makam sunan drajat, masih ada makam-makam lain di dalamnya yaitu pengikut dan santri beliau.
Sunan Drajat adalah putra atau anak dari Sunan Ampel dan nama ibu dari Sunan Drajat adalah Nyai Ageng Manila atau lebih populer dengan Dewi Condrowati. Sunan Drajat juga merupakan adik dari Sunan Bonang. Nama lain dari Sunan Drajat adalah Raden Qasim, Sunan Mahmud, Sunan Mayang Madu, Pangeran Syarifuddin, Maulana Hasyim, dan pangeran Kadrajat. Dalam menyebarkan agama Silam, sunan drajat ini melakukannya dengan cara membaur dengan masyarakat. Sunan Drajat juga dikenal sangat ramah sehingga masyarakat pun merasa nyaman dengan hal tersebut. Dengan begitu, cara beliau berdakwah pun diterima baik oleh masyarakat sekitar.

Baca juga :  17 Kota Indah di Belanda Pesonanya Mendebarkan Hati

9. Museum Sunan

Museum Sunan

sportourism.id

Di kawasan makam Sunan Drajat juga terdapat Museum. Di museum ini anda bisa mengetahui sejarah perkembangan Islam, khususnya di Lamongan. terdapat beberapa koleksi peninggalan Sunan Drajat seperti kitab maupun barang lainnya. Jika anda ingin mengetahui sejarah dan perkembangan Islam, maka anda pun bisa sekalian berkunjung ke museum ini. Beberapa koleksi yang ada di Museum Sunan Drajat antara lain; Gamelan Singo Mengkok, Batik drajat, daun lontar yang berhuruf jawa baru dan berisi surat Yusuf.

Itulah 9 tempat wisata Lamongan yang bisa anda list untuk mengisi jadwal liburan anda nantinya. Tidak lupa juga untuk mengajak keluarga, kerabat, maupun teman sehingga liburan anda pun menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.



Leave a Reply