7 Jajanan Khas Lamongan Yang Cocok Buat Oleh Oleh


Fida  February 6, 2022  0 Comment

Lamongan dikenal sebagai salah satu daerah yang terletak di Jawa Timur. Tidak hanya dikenal akan budayanya, Lamongan juga dikenal memiliki berbagai tempat wisata hingga kuliner khas. Saat berkunjung ke Lamongan, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba salah satu jajanan khas yang ditawarkan.

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Lamongan yang bisa kamu coba. Beberapa jajanan khas Lamongan tidak hanya cocok untuk dinikmati saat bersantai tetapi juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, inilah 7 rekomendasi jajanan khas Lamongan yang bisa kamu coba.

1. Keripik Sunduk

keripik sunduk
itrip.id

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Lamongan, kamu dapat memilih menikmati lezat dan uniknya keripik sunduk. Jajanan yang satu ini merupakan makanan ringan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan sunduk. Saat mencoba lezatnya keripik sunduk, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa serta tekstur yang khas.

Ikan sunduk merupakan ikan yang dikenal memiliki cita rasa yang mirip dengan ikan tenggiri dan ikan kakap. Karena menawarkan cita rasa gurih dan lezat, tidak heran jika keripik yang satu ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Keripik yang satu ini sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama teman maupun keluarga. Saat berkunjung ke Lamongan, berburu keripik sunduk tentu menjadi hal yang mudah. Kamu dapat membeli keripik yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Lamongan dan biasa dijual dengan kemasan praktis. Tidak perlu khawatir soal harga, keripik yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 25.000,- per kemasan. Keripik sunduk juga sayang untuk dilewatkan sebagai oleh-oleh karena dikenal mampu bertahan lama. Tertarik untuk mencobanya?

GoTravelly

Soto Lamongan Cak Rohim, Irisan Daging Ayamnya Nggak Pelit

Sego Boranan, Makanan Khas Lamongan Gengan Guyuran Bumbu Spesial

2. Empeng

empeng
javatravel.net

Selain keripik sunduk, empeng juga menjadi rekomendasi jajanan khas Lamongan yang menarik untuk kamu coba. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama jagung yang diolah dengan cara dipipil kemudian diberi bumbu. Saat mencoba empeng, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa asin dan gurih. Teksturnya yang renyah juga membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Tidak hanya cocok dipilih sebagai camilan, jajanan yang satu ini juga banyak diburu sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Satu bungkus empeng biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-. Terjangkau sekali bukan?

3. Wingko Babat

wingko babat
merdeka.com

Wingko babat menjadi salah satu jajanan khas Lamongan yang tentu sudah tidak asing lagi didengar oleh beberapa orang. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini berasal dari daerah Babat, Lamongan. Wingko babat dikenal dengan teksturnya yang khas serta citarasanya yang cenderung manis.

Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung ketan, parutan kelapa, hingga santan. Karena dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik, tidak heran jika jajaran yang satu ini juga kerap diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Lamongan. Kamu dapat membeli wingko babat di berbagai toko kue atau toko oleh-oleh di Lamongan.

4. Jumbrek

jumbrek
topijelajah.com

Pernah mendengar sebutan jajanan jumbrek? Jumbrek dikenal sebagai salah satu jajanan khas Lamongan yang unik dan menarik untuk dicoba. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan yang khas yakni berbentuk kerucut. Tidak hanya cocok dipilih sebagai jajanan yang dapat dinikmati saat berkunjung ke Lamongan, tidak jarang juga jumbrek dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Jajanan yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 15.000,- hingga Rp 30.000,- per biji. Selain bentuknya yang unik, kamu juga akan dimanjakan dengan cita rasa serta tekstur yang halus saat mencobanya. Saat berkunjung ke Lamongan, jumbrek menjadi salah satu jajanan yang sayang untuk tidak kamu coba.

4. Rempeyek Cita Rasa

rempeyek cita rasa
topijelajah.com

Salah satu jajanan khas Lamongan yang menarik untuk dicoba adalah Rempeyek Cita Rasa. Jajanan yang satu ini dikenal populer dan banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Jika dilihat sekilas, rempeyek cita rasa memang memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan rempeyek pada umumnya.

Hal yang membedakan Rempeyek Cita Rasa dengan rempeyek lainnya adalah isian rempeyek yang menggunakan kacang hijau. Saat mencoba Rempeyek Cita Rasa, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta citarasa gurih dan lezat. Jajanan yang satu ini dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,- per bungkus.

6. Ental

ental
cookpad.com

Jajanan khas Lamongan berikutnya yang dikenal lezat dan tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Ental. Jika dilihat dari tampilannya, ental memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan dawet. Yang membedakan adalah ental dibuat dengan menggunakan bahan utama buah siwalan.

Saat berkunjung ke Lamongan, berburu jajanan ental tentu menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Jajanan yang satu ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 5.000,- per porsi. Selain cocok untuk dinikmati langsung saat berkunjung ke Lamongan, tidak jarang ental juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Karena tidak mampu bertahan lama, maka jajanan yang satu ini hanya direkomendasikan sebagai oleh-oleh bagi kamu yang memiliki tempat tinggal tidak jauh dari lamongan.

Ental juga dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga jika terlalu lama dibiarkan ental akan basi dan tidak dapat dikonsumsi. Karena dibuat dengan cara alami, maka memasukkan ental ke dalam lemari pendingin menjadi pilihan tepat agar ental tetap segar.

7. Marning

Jajanan Khas Lamongan
camilanmahkota.wordpress.com

Pernah mendengar sebutan jajanan marning? Marning juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi jajanan khas Lamongan yang menarik untuk kamu coba. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama biji jagung yang dikeringkan kemudian digoreng hingga garing. Setelah digoreng, marning kemudian ditambahkan dengan beberapa bumbu seperti gula, garam, dan juga penyedap lainnya.

Marning khas Lamongan dikenal melalui proses pengeringan sehingga memiliki tekstur yang renyah dan kering. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa jagung dan bumbu yang gurih. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh di Lamongan. Marning juga dikenal mampu bertahan cukup lama meskipun dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet.

Nah itulah daftar 7 rekomendasi jajanan khas Lamongan yang dikenal menawarkan cita rasa lezat dan sayang untuk kamu lewatkan. Dari 7 rekomendasi tersebut, jajanan manakah yang paling ingin kamu coba saat berkunjung ke Lamongan?



Leave a Reply