10 Tempat Camping di Mojokerto Yang Asri dan Sejuk


Fida  October 9, 2022  0 Comment

Mojokerto merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan banyaknya tempat wisata. Tidak hanya dapat menghabiskan waktu dengan mengunjungi tempat wisata, kamu juga dapat mencoba sensasi bermalam dengan mendirikan tenda atau camping. Kamu tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa tempat di mojokerto yang cocok dipilih sebagai lokasi camping. Tidak hanya areanya yang luas, pemandangannya yang indah juga menjadikan beberapa tempat berikut ini sayang untuk kamu lewatkan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 10 rekomendasi tempat camping di Mojokerto yang menarik untuk kamu datangi.  

1. Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung 

bumi perkemahan air terjun dlundung
travelspromo.com

Air Terjun Dlundung dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Mojokerto yang populer di kalangan wisatawan. Kawasan air terjun ini juga kerap dikunjungi sebagai salah satu tempat camping di Mojokerto. Hal itu dikarenakan Air Terjun Dlundung memiliki area bumi perkemahan yang luas dengan suasana yang sejuk dan segar. 

Bagi kamu yang sudah biasa camping, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk membawa berbagai peralatan camping dari rumah. Bagi pemula, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat tempat persewaan alat camping seperi tenda, matras, hingga alat memasak. Harga yang ditawarkan juga terbilang cukup terjangkau yakni Rp 50.000,- untuk sewa tenda dan Rp 10.000,- untuk sewa alat memasak.

Bumi perkemahan di Air Terjun Dlundung juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung seperti adanya musholla, tempat cuci tangan, toilet, hingga koneksi wifi. Kamu juga dapat dengan mudah menjumpai adanya warung atau tempat makan di kawasan Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung.  

Selain suasananya yang sejuk dan segar, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri dan masih alami. Pengunjung juga dapat melihat langsung panorama Gunung Penanggungan serta barisan perbukitan hijau. Saat malam hari, kamu juga bisa membuat api unggun. Mencoba sensasi berkemah bersama teman maupun keluarga tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. 

Gotravelly

Mengulik Peninggalan Majapahit Di Candi Brahu Mojokerto

Warung Wader Bu Tin Asli Majapahit. Sambelnya Nagih!

2. Alas Pelangi

alas pelangi
nesapdia.com

Pernah mendengar sebutan Alas Pelangi? Alas Pelangi merupakan salah satu tempat wisata sekaligus tempat camping di Mojokerto yang menarik untuk didatangi. Wisata yang satu ini banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin mencoba sensasi camping di tengah hutan. 

Untuk tiba di lokasi camping yang satu ini, pengunjung perlu melewati jalanan yang sedikit menanjak. Alas Pelangi beralamat di Jalan Trawas – Mojosari No 32 – 19, Cembor, Trawas, Mojokerto. Untuk masuk ke kawasan wisata dan mencoba sensasi camping, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000,- per orang. 

Lokasi Alas Pelangi yang berada di tengah tengah antara Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Suasananya yang sejuk dan segar juga membuat pengunjung betah. Deretan hutan pinus menjadikan pemandangan semakin indah sekaligus menjadi spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. 

Terdapat berbagai kegiatan seru yang bisa kamu coba seperti outbond hingga senam pagi. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti banyaknya warung atau tempat makan, musholla, hingga kamar mandi. Meskipun bermalam menggunakan tenda, pengunjung tetap akan mendapat aliran listrik di setiap tenda. Lokasinya yang berada di perbukitan juga menjadikan perangkat yang kamu bawa akan mengalami susah sinyal. Alas Pelangi menawarkan akses wifi atau internet dengan biaya Rp 5.000,- / 6 jam.

3. Puthuk Panggang Welut 

puthuk panggang welut
suryatravel.tribunnews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan destinasi Puthuk Panggang Welut bukan? Puthuk Panggang Welut merupakan tempat wisata sekaligus tempat camping di Mojokerto yang menarik untuk kamu datangi. Tempat wisata yang satu ini menawarkan indahnya hutan pinus serta udara yang dingin dan segar. 

Waktu terbaik untuk datang ke Puthuk Panggang Welut adalah saat weekdays karena pengunjung tidak terlalu ramai sehingga kamu dapat merasakan suasana yang tenang. Camping menjadi salah satu hal seru dan bisa kamu coba bersama keluarga maupun teman saat datang ke destinasi yang satu ini. Kamu tentu tidak perlu khawatir karena terdapat area camping ground yang luas serta fasilitas yang cukup memadai. 

Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung diantaranya adanya musholla, kamar mandi, hingga banyaknya spot foto instagramable. Jangan lupa untuk membawa peralatan camping dari rumah jika ingin bermalam dengan mendirikan tenda di Puthuk Panggang Welut.

Tidak hanya menyusuri kawasan hutan pinus, pengunjung dapat datang ke 2 air terjun yang terletak tidak jauh dari camping ground yakni Cobaan Curah Watu dan Cobaan Watu Gedhek. Tidak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan, pengunjung juga dapat mencoba sensasi bermain air hingga mandi di sungai bawah air terjun. Permainan lainnya seperti ATV juga dapat kamu coba saat berada di Puthuk Panggang Welut. 

4. Air Terjun Surodadu

Tempat Camping di Mojokerto
jadwaltravel.com

Rekomendasi tempat camping di Mojokerto berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Surodadu. Air terjun yang satu ini dapat kamu datangi di kawasan Dusun Mligi, Desa Claket, Pacet, Kabupaten Mojokerto. Air terjun yang satu ini menawarkan indahnya pemandangan air terjun utama, air terjun mini, serta kawasan hutan bambu. 

Terdapat area camping ground yang diperuntukkan bagi kamu yang ingin menginap. Jangan lupa untuk membawa tenda serta peralatan camping lainnya dari rumah. Tidak jauh dari tenda, pengunjung akan disuguhkan dengan adanya aliran sungai sehingga terdapat suara gemercik air yang menenangkan.

Tidak kalah dengan tempat camping lainnya, kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti adanya warung atau tempat makan. Pengunjung tidak perlu khawatir karena harga makanan atau minuman yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau. 

Untuk datang dan mencoba sensasi camping, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Pemandangan alam yang menakjubkan serta suasana yang sejuk dan segar tentu membuat pengunjung betah dan enggan pulang. Saat hari libur tiba, tidak ada salahnya jika kamu merencanakan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Air Terjun Surodadu. 

5. Putuk Kembang 

puthuk kembang
pemandanganindah.my.id

Ada cukup banyak pilihan destinasi wisata di Mojokerto yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Putuk Kembang. Putuk Kembang merupakan puncak bukit dengan ketinggian mencapai 550 mdpl. Karena terbilang tidak terlalu tinggi, maka tidak heran jika tempat ini kerap didatangi oleh pendaki pemula. Tidak hanya itu, Putuk Kembang ini juga populer sebagai salah satu tempat camping di Mojokerto yang menarik untuk dikunjungi. 

Saat memutuskan untuk datang ke Puncak Putuk Kembang, kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan Gunung Penanggungan yang dapat dinikmati langsung dari puncak ini. Di malam hari, kamu dapat melihat indahnya pemandangan lampu kota dari ketinggian. Putuk Kembang juga dikenal sebagai destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan. 

Saat berkunjung ke Putuk Kembang, tentu sayang rasanya jika kamu tidak memutuskan untuk berlama-lama dengan membangun tenda. Bermalam dengan suguhan suasana alam tentu dapat kamu rasakan saat berada di puncak ini. Datang bersama teman maupun keluarga ke Putuk Kembang tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Kamu dapat memilih untuk membawa peralatan camping dari rumah maupun menyewa di tempat dengan biaya Rp 35.000,-.

Bagi kamu pecinta foto, Putuk Kembang juga menawarkan banyak spot menarik dan instagramable. Jangan lupa untuk siapkan pakaian yang keren serta membawa kamera untuk mengabadikan momen di puncak yang satu ini. 

6. Bernah De Vallei

bernah de valley
infomojokerto.jurnalisindonesia.id

Bernah De Vallei dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Mojokerto yang menawarkan berbagai aktivitas seru dan menarik untuk dicoba. Tempat yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu tempat camping di Mojokerto yang menawarkan pemandangan indah serta suasana yang menyenangkan. 

Bernah De Vallei memiliki area camping ground yang cukup luas. Pengunjung dapat bebas memilih tempat untuk mendirikan tenda di area camping ground. Tempat yang satu ini banyak disukai pengunjung karena kamu tidak perlu mendaki untuk merasakam sensasi camping atau berkemah. 

Tempat yang satu ini semakin terkesan alami karena memiliki area hutan pinus yang luas serta pepohonan hijau dan tanaman bunga. Terdapat berbagai permainan seru yang ditawarkan dan dapat kamu coba seperti ATV, outbond, hingga mengunjungi Taman Kelinci. Kamu juga dapat mencoba berenang di kolam renang yang airnya bersumber langsung dari pegunungan. Seru sekali bukan? 

Bagi kamu yang suka berpetualan, Bernah De Vallei juga menawarkan aktivitas trekking untuk menjelajahi indahnya pegunungan. Bernah De Vallei juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya kamar mandi hingga masjid. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di Jalan Raya Tirtowening, Paras, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Untuk mencoba sensasi camping, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 12.000,- per orang.

7. Camp Mujung B9

camp mujung b9
kacawisata.com

Pernah mendengar sebutan Camp Mujung B9? Destinasi wisata yang satu ini dikenal sebagai salah satu tempat camping di Mojokerto yang menawarkan pemandangan indah serta suasana yang sejuk dan segar. Pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang untuk menyusuri kawasan wisata sekaligus mencoba sensasi camping. 

Camp Mujung B9 menawarkan area camping ground yang luas dan dapat menampung hingga 20 tenda. Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi, kamu akan dimanjakan dengan indahnya pepohonan di kanan kiri jalan. Pengunjung juga dapat mendengarkan suara gemericik air sungai yang menenangkan.

Jika memutuskan untuk camping, jangan lupa untuk membawa peralatan berkemah dari rumah. Sangat disarankan untuk camping ketika saat musim hujan karena jalanan akan menjadi lebih licin dan berbahaya. Indahnya pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau tentu akan membuat pengunjung kagum dan terpesona. Jika beruntung, pengunjung juga dapat menjumpai berbagai satwa liar di kawasan ini seperti elang, landak, dan lain-lain. Seru sekali bukan? Camp Mujung B9 dapat kamu datangi di kawasan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. 

8. Puncak Bayangan Gunung Penanggungan

puncak bayangan gunung penanggungan
jatim.tribunnews.com

Gunung Penanggungan merupakan salah satu dari banyaknya gunung populer di Jawa Timur. Gunung yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah. Tidak hanya puncaknya yang mempesona, terdapat Puncak Bayangan Gunung Penanggungan yang banyak dikunjungi wisatawan sebagai salah satu tempat camping di Mojokerto. 

Kamu tidak perlu khawatir karena untuk menuju ke lokasi, pengunjung akan menjumpai medan yang landai dan tidak telalu berat untuk dilalui. Puncak Bayangan Gunung Penanggungan menawakan area camping ground yang cukup luas dan mampu menampung hingga 20 tenda. Pengunjung dapat mencoba sensasi bermalam dengan suguhan suasana alam yang menakjubkan. Indahnya pemandangan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang juga dapat dilihat dengan jelas dari Puncak Bayangan Gunung Penanggungan. 

Sangat disarankan untuk datang saat musim kemarau karena saat musim hujan jalanan akan menjadi lebih licin dan berbahaya. Jika ingin merasakan suasana tenang, tidak ada salahnya jika kamu datang saat weekdays. Meskipun cukup melelahkan, tetapi rasa lelah akan terbayar lunas saat tiba di lokasi. Indahnya Puncak Bayangan Gunung Penanggungan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang. 

9. Alas Veenuz Trawas

alas veenuz trawas
alonesia.com

Satu lagi rekomendasi tempat camping di Mojokerto yang menarik untuk didatangi yakni Alas Veenuz Trawas. Tempat camping yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang belum pernah mendaki. Untuk mencoba sensasi camping di Alas Veenuz Trawas, kamu tidak perlu melakukan trekking atau pendakian. Cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000,- dan pengunjung sudah bisa masuk ke kawasan Alas Veenuz Trawas. 

Bagi kamu yang ingin traveling tanpa ribet, Alas Veenuz Trawas menawarkan tenda yang sudah jadi dan siap ditempati. Pengunjung dikenakan biaya sewa sekitar Rp 70.000,- per satu tenda yang bisa digunakan untuk 2 hingga 4 orang. Terjangkau bukan? Tidak hanya itu, Alas Veenuz Trawas juga menawarkan persewaan peralatan lainnya seperti tenda, matras, lampu, hingga peralatan memasak. Lengkap sekali bukan? 

Selain menyuguhkan pemandangan perbukitan yang indah, tenda berwarna warni yang berjejer di Alas Veenuz Trawas juga menjadikan tempat ini terlihat estetik dan  instagramable. Bagi pecinta foto, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mengabadikan momen dengan berfoto di Alas Veenuz Trawas. 

10. Air Terjun Watu Gedek

air terjun watu gedek
traveljaya.com

Ingin mencoba sensasi camping di dekat air terjun? Air Terjun Watu Gedek menjadi salah satu tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Air Terjun Watu Gedek berlokasi di lereng Gunung Penanggungan sehingga tidak heran jika menawarkan udara yang sejuk dan segar. Terdapat area camping ground yang bisa kamu manfaatkan untuk berkemah bersama teman maupun keluarga. 

Dengan ketinggian air terjun mencapai 40 meter, Air Terjun Watu Gedek mampu menarik perhatian wisatawan. Terdapat banyak spot foto menarik dan instagramable yang akan kamu jumpai di kawasan air terjun ini. 

Jangan lupa untuk membawa peralatan camping dari rumah bagi kamu yang ingin memutuskan untuk bermalam. Kamu dapat mengunjungi indahnya Air Terjun Watu Gedek di kawasan Nogosari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. 

Nah, itulah daftar 10 tempat camping di Mojokerto yang bisa kamu datangi untuk menghabiskan waktu berlibur. Dari rekomendasi di atas, tempat manakah yang paling indah dan ingin kamu datangi sebagai lokasi camping?



Leave a Reply