Soto Lamongan Cak Rohim, Irisan Daging ayamnya Nggak Pelit

soto lamongan cak rohim

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
24 Mar 2020


Soto Lamongan Cak Rohim, Irisan Daging ayamnya Nggak Pelit
Salah satu soto ayam Lamongan paling enak di Gresik ini sajikan potongan daging ayam yang banyak dan cita rasa kuah yang beda dengan lainnya.

Kapan hari setelah wisata religi ke Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri, saya mampir ke salah satu soto paling enak di Gresik, Soto ayam Lamongan Cak Rohim. Letaknya memang tak jauh dari maqam Sunan Giri, berada di jalan Sunan Giri, dekat dengan perempatan Kebomas.

Sampai di soto Lamongan cak Rohim suasana ramai. Tempat duduk nya penuh, baik yang diluar maupun di dalam. Sambil nunggu tempat duduk kosong, saya mendekat ke tempat meracik soto yang berada di depan.

Sekalian nunggu tempat duduk kosong, saya sibuk nge video on. Hehehe. Menjadi kesenangan tersendiri melihat geliat bagaimana penjual meracik menu sebelum dihidangkan pada penjual. Pelayanan soto Lamongan lumayan cepat. Nasi ditaruh di mangkok, kemudian ditambahkan mie soun, irisan daging ayam, kemudian ditambah poyah yang melimpah, ditaburi kombinasi irisan bawang daun dan seledri. Terakhir diguyur dengan kuah soto.

soto lamongan cak rohim


soto lamongan cak rohim


Hmmmm dilihat dari dandang tempat kuahnya bisa terlihat bumbunya kuat banget. Biasanya soto ayam lamongan kuahnya kuning. Nah, ini kuningnya nggak terlalu. Dan aroma sukses bikin perut kerucukan. Lap lap mulut dah jadinya, ngeces.

Nah, Setelah dapat tempat duduk kosong, saya langsung tancap ke tempat duduk. Maklum, dah laper. Sebelumnya saya sudah pesen dua soto ayam dan es teh. Sebenarnya pingin banget pesen soto ayam yang lengkap, yang pakai telur belum jadi itu, tambha jerohan serta usus. Tapi karena belum selesai dimasak, akhirnya saya pesen yang soto ayam biasa saja, lauknya pakai daging ayam saja.

Di meja sudah tersedia irisan jeruk nipi, kecap manis, sambal dan aneka krupuk. Ada krupuk bawang dan juga kerupuk udang. Kalau kesini bisa pilih krupuk sesukanya.

soto lamongan cak rohim


Dua mangkok sudah terhidang. Saya hujani dengan perasan jeruk nipis. Dan saya tambahkan dengan satu sendok sambal. Kemudian di aduk aduk.

Waktu ngaduk sudah terlhat banyak banget irisan daging ayamnya. Dan poyah juga nggak pelit. Karena di kasih banyak poyah, jadi aroma gurih bawang putih terasa banget. Dan banyaknya poyah ini juga yang membuat tekstur kuah soto jadi tidak terlalu cair, juga nggak terlalu kental.

soto lamongan cak rohim


Rasanya, wow enak, gurih dan segar. Potongan ayamnya tipis dan melebar. Rasa gurih poyah terasa. Dan saya suka banget. Jujur ya, saya paling suka kalau makan soto lamongan dan banyak poyahnya. Rasanya jadi lebih mantap. Rasa bawang putih berpadu dengan krupuk udang jadinya nampol.

soto lamongan cak rohim

soto lamongan cak rohim



Yang saya rasa kurang sreg disini itu sambelnya. Iya, soto ayam Lamongan cak Rohim ini pakai sambal goreng. Maksudnya sambalnya digiling kemudian digoreng matang. Saya biasanya lebih suka makan soto dengan sambal yang direbus itu, rasanya lebih matching dan seger.

soto lamongan cak rohim


But Overall, rasa soto nya enak dan ayamnya banyak. Jika suka manis bisa menambahkan kecap manis. Karena aku nggak suka soto dengan kecap manis, jadi aku skip deh.

 

Nah untuk kamu yang berwisata religi ke Sunan Giri, Cobain mampir ke soto ayam Lamongan Cak rohim. Tapi hati hati ya, saya nggak tanggung jawab kalau ntar kalian ntar ketagihan

Opening Hours
06.00 - Sore
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.