9 Negara Bebas Visa di Eropa Untuk Indonesia


prita  August 9, 2022  0 Comment

Benua Eropa merupakan salah satu benua paling populer di dunia. Negara-negara di benua tersebut menjadi salah satu destinasi yang tak pernah kehilangan pesona dan selalu menjadi tujuan wisata banyak wisatawan dunia, termasuk Indonesia. Sayangnya, banyak sekali wisatawan yang ingin berlibur ke Eropa namun terkenadala visa, yang mana bagi sebagian orang merasa kerepotan hingga akhirnya mengurungkan niat untuk berlibur kesana, padahal kamu bisa menemukan beberapa negara bebas visa di Eropa khusus untuk pemegang paspor Indonesia.

Nah, untuk kamu yang ingin berlibur ke Benua Eropa tanpa harus direpotkan dengan proses pembuatan visa Schengen, berikut ini adalah 9 daftar negara di Eropa yang memberlakukan bebas visa bagi pemiliki paspor Indonesia. Tertarik berkunjung?

1. Armenia

Armenia
id.educations.com

Negara bebas visa di Eropa yang pertama adalah Armenia. Dengan hanya bermodalkan paspor Indonesia, kamu hanya membutuhkan visa on arrival (VoA) yang dapat langsung diurus sesampainya di bagian imigrasi Zvartnots International Airport. Visa ini memungkinkan kamu untuk berada di Armenia hingga 120 hari kunjungan.

Armenia ternyata menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa memulai perjalanan dari Yerevan yang merupakan ibu kota Armenia sekaligus menjadi kota paling kuno di dunia. Lalu, perjalanan bisa kamu lanjutkan menuju Geghard yang merupakan peninggalan zaman Medieval yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO hingga mencoba Wings of Tatev yang tercantum di Guinness Book World of Record sebagai kereta gantung terpanjang di dunia.

Gotravelly

Everest Base Camp Trek – Journey To Nirvana

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

2. Kosovo

Kosovo
outdoorkosova.com

Kosovo menjadi negara bebas visa di Eropa selanjutnya yang patut untuk kamu kunjungi. Meskipun negara ini tidak terlalu terkenal, namun negara yang baru merdeka di tahun 2008 ini menyimpan sejumlah destinasi memukau dengan panorama luar biasa.

Di negara ini, kamu bisa mengunjungi Prizren, yaitu kota tua bersejarah peninggalan Ottoman hingga hiking di Rugova yang indah. Jika kamu memiliki paspor diplomatik atau memiliki residence permit dari salah satu negara Schengen atau memiliki visa multiple entry Schengen yang masih berlaku, kamu bisa mendapatkan fasilitas bebas visa di Kosovo selama maksimal 15 hari.

3. Serbia

Serbia
britannica.com

Negara bebas visa di Eropa berikutnya adalah Serbia. Sejak November 2014, pemegang visa Schengen atau Amerika Serikat yang masih valid ataupun kamu yang memiliki izin tinggal di wilayah tersebut bisa berkunjung ke Serbia tanpa visa hingga 90 hari lamanya dalam periode 180 hari.

Saat berada di Serbia, kamu bisa mengunjungi sejumlah tempat menarik, seperti Belgrade Fortress yang merupakan kastil megah dilengkapi dengan Kalemegdan Park yang indah. Kemudian, kamu juga bisa mengunjungi kota Novi Sad yang berada di tepi Sungai Danube. Lengkapi perjalanan kamu di Serbia dengan mengunjungi Dvengard, yaitu sebuah desa tradisional yang awalnya dibangun untuk kebutuhan syuting film Life is a Miracle.

4. Andorra

Andorra
dedalus.com

Pernahkah kamu mendengar tentang Andorra? Andorra merupakan sebuah negara yang lokasinya berada di tengah Spanyol dan Perancis. Meskipun kurang populer dibandingkan dengan negara di sekitarnya, namun Andorra ternyata menawarkan lokasi terbaik untuk menikmati salju dan bermain ski saat musim dingin.

Jika kamu berkunjung saat musim panas, kamu bisa mengelilingi kota Andorra le Vella yang dikenal sebagai surga belanja dan surga bagi pecinta bangunan klasik. Selain itu, kamu juga bisa hiking di Rec del Sola hingga berfoto di jembatan tua La Margineda. Hanya dengan bermodalkan paspor Indonesia, kamu bisa memanfaatkan kebijakan bebas visa di Andorra yang berlaku untuk 9 hari kunjungan. Namun, perlu diingat meskipun kamu tidak memerlukan visa untuk masuk ke Andorra, namun kamu tetap membutuhkan visa Schengen untuk masuk ke Spanyol atau Perancis yang menjadi salah satu jalan masuk ke Andorra.

5. Georgia

Georgia
theculturetrip.com

Negara bebas visa di Eropa berikutnya adalah Georgia. Georgia merupakan sebuah negara yang berada di persimpangan Eropa dan Asia.

Negara ini menawarkan banyak destinasi alam yang bisa membuat siapapun takjub dengan keindahannya. Beberapa tempat menarik yang wajib untuk kamu kunjungi saat berada di Georgia adalah Gua Vardzia, kota Stepantsminda dengan Gergeti Trinity Church yang berada di atas bukit hingga kota Batumi yang gemerlap. Jika kamu memiliki paspor diplomati dan pemilik visa Schengen atau Amerika Serikat yang masih valid, kamu bisa menikmati fasilitas bebas visa ke Georgia.

6. Turki

Turki
banksinarmas.com

Turki memang menjadi salah satu negara bebas visa di Eropa yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Jika kamu pemegang paspor diplomatik, maka kamu bisa mendapatkan fasilitas bebas visa selama 30 hari. Sementara jika kamu pemegang paspor biasa, kamu perlu mengurus e-visa secara online yang prosesnya pun cukup mudah.

Saat berkunjung ke Turki, kamu bisa menjajal sensasi menaiki balon udara di Cappadoccia. Kemudian kamu bisa menjelajahi kota Selcuk untuk menikmati peninggalan sejarah di masa romawi dan Yunani kuno. Di Turki, kamu juga bisa merasakan sensasi berendam di pemandian air panas alami yang indah di Pamukkale kemudian jangan lewatkan untuk berbelanja di salah satu pasar tertua di dunia, yaitu Grand Bazaar.

7. Kroasia

Kroasia
travellersworldwide.com

Negara bebas visa di Eropa yang tak kalah menarik untuk dijelajahi adalah Kroasia. Kroasia merupakan surga bagi para pemburu wisata alam yang indah. Jika berukunjung ke Kroasia, pastikan kamu mengunjungi Dubrovnik, yaitu kota tua yang cantik di pinggir laut yang selalu membuat pengunjung terpesona. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi indahnya Plitvice Lakes National Park yang menakjubkan.

Untuk menjelajahi indahnya alam Kroasia, pemilik paspor diplomatik dapat langsung terbang ke Kroasia dan mendapatkan durasi waktu berkunjung selama 14 hari.

8. Rusia

Negara Bebas Visa di Eropa
bbc.com

Rusia menjadi negara bebas visa di Eropa selanjutnya yang tak boleh untuk kamu lewatkan. Pemegang paspor dinas dan paspor diplomatik mendapat kemudahan akses berkunjung selama 14 hari di Rusia tanpa mengurus visa terlebih dahulu. Atau jika kamu pemegang APEC Business Travel Card dan berkunjung ke Rusia untuk tujuan bisnis, kamu juga tak perlu repot mengurus visa.

Di Rusia, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mengunjungi deretan tempat wisata yang keren. Sebut saja Danau Burlinskoye yang berwarna pink, berfoto di Red Square hingga menjelajahi beragam bangunan menarik yang tersebar di Moscow. Kamu juga harus merasakan sensasi bertualang di Kamchatka Peninsula, bersantai di Olkhon Island hingga mendaki Gunung Elbrus.

9. Belarus

Belarus
thecrazytourist.com

Negara bebas visa di Eropa yang terakhir adalah Belarus. Per tanggal 12 Februari 2017, Belarus memberikan kebijakan untuk membebaskan visa bagi pemegang paspor Indonesia yang masuk dari Bandara Internasional Minsk dalam jangka waktu maksimal 5 hari.

Selama 5 hari, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk menjelajahi indahnya Belarus. Kamu bisa menjelajah arsitektur lewat beragam bangunan klasik di kota Minsk, melihat megahnya Brest Fortess, bertualang di Bolevezhskaya Puscha National Park hinggaberfoto di Mir Castle Complex.



Leave a Reply