9 Taman Nasional di Sulawesi Dengan Keaneragaman Hayati


Fida  February 15, 2022  0 Comment

Indonesia dikenal menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Taman Nasional menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menikmati keragaman flora dan fauna. Saat berkunjung ke Sulawesi, terdapat beberapa pilihan taman nasional yang dikenal indah dan menakjubkan. Berikut daftar 9 rekomendasi taman nasional di Sulawesi yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

taman nasional bogani nani wartabone
celebes.co

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dikenal sebagai salah satu taman nasional di Sulawesi yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Taman nasional yang satu ini kenal sebagai konservasi daratan terluas di Sulawesi tepatnya memiliki luas sekitar 282.008,757 hektar. Saat berada di Sulawesi, kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone di kawasan Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk datang dan menyusuri kawasan Taman Nasional ini pada saat weekday, pengunjung harus membayar Rp 5.000,- untuk WNI dan Rp 150.000,- untuk WNA. Sedangkan saat hari libur atau weekend, WNI dikenakan biaya tiket masuk Rp 7.500,- sedangkan WNA dikenakan biaya tiket masuk Rp 175.000,-. Di taman nasional yang satu ini, pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya kekayaan alam berupa flora dan fauna. Burung Maleo menjadi ikon di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

GoTravelly

Wisata Batu Sori, Situs Batu Apung Favorit Di Baubau

Sensasi Tenang Dan Sejuknya Pemandian Mata Air Fotuno Rete Di Muna

2. Taman Nasional Bunaken

taman nasional bunaken
itrip.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan salah satu taman nasional di Sulawesi yakni Taman Nasional Bunaken. Taman nasional yang satu ini terletak di kawasan Wori, Provinsi Sulawesi Utara. Taman Nasional Bunaken juga dikenal indah karena menawarkan keindahan bawah laut dan taman nasional ini memang didominasi oleh 97% kawasan perairan.

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan adanya 20 spot menyelam. Kamu dapat mencoba sensasi seru menikmati keindahan bawah laut yang ditawarkan. Jika ingin mengunjungi kawasan Taman Nasional ini, pengunjung WNI akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 50.000,- per orang sedangkan WNA Rp 150.000,- per orang.

3. Taman Nasional Lore Lindu

taman nasional lore lindu
esklopediaindonesia.com

Taman Nasional Lore Lindu juga menjadi salah satu destinasi taman nasional di Sulawesi yang sayang untuk tidak kamu kunjungi. Kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Lore Lindu di kawasan Sulawesi Tengah. Saat mengunjunginya, kamu akan dimanjakan dengan luasnya taman nasional yang mencapai 2180 km persegi.

Di Taman Nasional Lore Lindu, ujung akan dimanjakan dengan ragam flora dan fauna yang ada. Anoa menjadi salah satu hewan endemik yang rentan punah. Kawasan Taman Nasional ini juga dikenal memiliki keunikan yakni terdapat sekitar 350 situs peninggalan zaman megalitikum. Menarik sekali bukan?

4. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

taman nasional rawa aopa watumohai
merahputih.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu taman nasional di Sulawesi, kamu dapat mengunjungi indahnya Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Taman nasional yang satu ini dikenal didominasi oleh lahan basah dan memiliki topografi bukit dengan keindahan yang menakjubkan. Tidak sedikit yang menyebut bahwa kawasan ini memiliki tampilan mirip dengan bukit teletubbies.

Karena keindahannya, maka tidak heran jika Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai kerap menjadi destinasi favorit pengunjung yang datang ke Sulawesi. Untuk mengunjunginya, kamu bisa datang ke daerah Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kawasan ini juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto karena menawarkan latar pemandangan yang sangat indah.

5. Taman Nasional Gandang Dewata

taman nasional gandang dewata
klikhijau.com

Tidak kalah menarik dengan taman nasional di Sulawesi lainnya, Taman Nasional Gandang Dewata juga menjadi salah satu destinasi yang sayang untuk tidak dikunjungi. Taman nasional yang satu ini dikenal masih baru dan dapat dikunjungi di daerah Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Selain dikenal akan keindahannya, taman nasional yang satu ini juga memiliki banyak mitos yang beredar. Salah satu mitos yang cukup populer adalah adanya suara gendang di puncak gunung yang akan berbunyi saat ada orang meninggal atau hilang di atas gunung. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini?

6. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Taman Nasional di Sulawesi
wanaswara.com

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung atau yang biasa disebut dengan TN Babul dikenal sebagai salah satu taman nasional di Sulawesi yang menarik untuk kamu kunjungi. Taman nasional yang satu ini juga memiliki julukan the Kingdom of butterfly. Hal itu dikarenakan terdapat naturalis asal Inggris yang memperkirakan terdapat kurang lebih 250 spesies kupu-kupu di taman nasional yang satu ini.

Tidak hanya dikenal akan banyaknya spesies kupu-kupu, taman nasional yang satu ini juga menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Pengunjung dapat menikmati adanya lembah bukit kapur hingga air terjun dan juga goa. Menarik sekali bukan? Jika penasaran, kamu dapat mengunjungi taman nasional yang satu ini di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene, Provinsi Sulawesi Selatan.

7. Taman Nasional Kepulauan Togean

taman nasional kepulauan togean
hipwee.com

Taman Nasional Kepulauan Togean dikenal sebagai salah satu destinasi taman nasional yang sayang untuk tidak kamu kunjungi. Taman nasional yang satu ini berlokasi di kawasan Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah.

Sesuai dengan namanya, kawasan taman nasional ini memang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya terumbu karang yang dibedakan menjadi 4 tipe yakni karang penghalang, karang tompok, karang cincin, dan karang tepi. Untuk datang dan menyusuri taman nasional yang satu ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 50.000,- per orang.

8. Taman Nasional Taka Bone Rate

taman nasional taka bone rate
travel.kompas.com

Taman Nasional Taka Bone Rate menjadi salah satu destinasi yang tidak kalah menarik dengan taman nasional lainnya. Kawasan yang telah dipilih sebagai calon situs warisan dunia UNESCO ini memiliki luas sekitar 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang yang mencapai 500 kilometer persegi.

Bagi kamu pecinta wisata bawah air, tentu menjadi hal yang tepat untuk datang ke Taman Nasional Taka Bone Rate karena menawarkan keindahan bawah air yang luar biasa. Ada sekitar 43 spot diving yang bisa kamu pilih. Pengunjung juga dapat datang ke berapa pulau-pulau yang terdapat di taman nasional ini diantaranya Pulau Rajuni dan Pulau Lantigiang.

9. Taman Nasional Wakatobi

taman nasional wakatobi
celebes.co

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Taman Nasional Wakatobi bukan? Sebutkan taman nasional yang satu ini berasal dari keempat pulau utamanya yakni Wangi-wangi, Kaledupa, dan juga Tomia, Binongko.

Tidak hanya menarik di kalangan masyarakat lokal saja, taman Nasional Wakatobi juga sudah populer di kalangan wisatawan mancanegara. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah taman nasional ini memiliki 750 spesies koral dari total 850 spesies koral di dunia. Menarik sekali bukan? Jika penasaran, kamu dapat memutuskan untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini di daerah Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.



Leave a Reply