7 Danau Paling Misterius di Dunia, Bikin Merinding!


Fida  December 7, 2022  0 Comment

Danau menjadi salah satu destinasi wisata alam yang berhasil memikat perhatian wisatawan. Selain identik dengan perairan yang luas dan tenang, beberapa danau juga menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. Tidak hanya danau indah, tahukah kamu jika terdapat beberapa danau paling misterus di dunia? 

Inilah daftar 7 danau paling misterius di dunia yang wajib kamu ketahui. 

1. Danau Hillier, Australia

danau hillier
travel.okezone.com

Danau Hillier dikenal sebagai salah satu danau paling misterius di dunia. Danau yang terletak di Australia Barat ini juga memiliki sebutan lain yakni Hillier-Pink Lake atau Danau Hillier-Pink. Hal tersebut dikarenakan danau ini memiliki ciri khas yakni airnya yang berwarna pink. Tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal, Danau Hillier juga berhasil menjadi wisata menarik di dunia. 

Masih menjadi misteri terkait mengapa perairan di Danau Hillier bisa memiliki warna pink. Awalnya, banyak yang mengira bahwa warna pink di danau ini berasal dari ganggang. Tetapi hal tersebut ternyata tidak benar. Beberapa ahli mengatakan bahwa perairan di Danau Hillier berwarna pink dikarenakan memiliki kadar keasinan yang sangat tinggi.

Meskipun begitu, wisatawan yang datang ke Danau Hillier tetap dapat mencoba untuk bermain air hingga berenang.  Hanya saja, pengunjung tidak boleh meminum air Danau Hillier karena cukup berbahaya hingga dapat menyebabkan gagal ginjal. Danau paling misterius di dunia dengan keunikan luar biasa ini tentu menjadi destinasi wisata yang menarik untuk kamu datangi. 

2. Danau Plitvice, Kroasia

danau plitvice
travel.detik.com

Danau paling misterius di dunia tidak hanya dapat kamu jumpai di Australia, tetapi juga ada di Kroasia. Danau Plitvice dikenal sebagai salah satu danau misterius karena terletak di tengah hutan lebat dan dihuni oleh banyak hewan seperti serigala, babi hutan, rusa, hingga beberapa spesies burung langka. Tidak hanya itu, Danau Plitvice juga dikabarkan menjadi tempat tinggal bagi beruang Gua Pleistosen yang sudah punah. 

Hal yang menjadi misteri selanjutnya adalah Danau Plitvice dipercaya sebagai anugerah bagi wilayah yang dilanda kekeringan. Anugerah tersebut konon diberikan oleh sang ratu magis. Cukup misterius bukan? 

Selain misterius, Danau Plitvice juga dikenal indah dan masuk ke dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO. Hal tersebut dikarenakan danau ini memiliki keberagaman flora dan fauna yang sangat eksotis. Saat berlibur ke Kroasia, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan mampir dan berkunjung ke Danau Plitvice. 

3. Danau Roopkund, India

danau roopkund
dictio.id

Danau Roopkund juga merupakan salah satu danau paling misterius di dunia yang dapat kamu kunjungi di India. Danau ini memiliki cerita misteri yang tidak kalah unik dibandingkan danau misterius lainnya. 

Salah satu cerita misteri yang populer adalah saat matahari musim gugur menyinari tarn glasial yang membeku, danau ini meleleh. Dan saat meleleh, terdapat ratusan kerangka manusia yang mengapung di permukaan air. Danau Roopkund sangat mengerikan karena tampak seperti koktail sup manusia. 

Belum diketahui pasti darimana kerangka itu berasal. Tetapi Danau Roopkund ditemukan saat perang. Oleh karena itu, adanya kerangka manusia di danau ini dianggap berasal dari pembantaian Jepang. 

Saat ditteliti, terdapat hasil yang lebih mengerikan karena ternyata kerangka manusia di Danau Roopkund telah ada sejak 850 sebelum Masehi. Bagaimana, beranikah kamu untuk datang ke danau misterus dengan ratusan kerangka manusia ini? 

4. Danau Khiluk, Kanada

danau khiluk
travel.tribunnews.com

Kanada menjadi negara selanjutnya yang memiliki danau paling misterius di dunia. Danau yang penuh misteri di Kanada ini memiliki sebutan Danau Khiluk. Saat musim dingin atau musim semi, Danau Khiluk memiliki tampilan yang tidak berbeda dengan danau pada umumnya. Tetapi saat musim panas tiba, perairan di Danau Khiluk menguap dan membentuk kolam kolam kecil. 

Kolam kolam kecil yang terbentuk dari hasil penguapan air danau ini memiliki warna yang beragam mulai dari biru, hijau, hingga kuning. Selain itu, ukuran kolamnya juga berbeda beda. Jika dilihat dari kejauhan, kolam-kolam kecil tersebut tampak seperti bintik-bintik. Oleh karena itu, danau ini juga memiliki julukan khusus yakni Spotted Lake. 

Meskipun misterius, Danau Khiluk berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya. Keindahan alam Danau Khiluk memang sangat langka dijumpai di berbagai daerah lain. Saat musim panas, danau ini tampak sangat indah bukan?

5. Danau Vostok, Rusia

danau vostok
travel.tribunnews.com

Danau paling misterius di dunia berikutnya dapat kamu jumpai di Rusia, yakni Danau Vostok. Danau yang satu ini memiliki kedalaman mencapai 13.000 kaki dan terletak di bawah es. Oleh karena itu, Danau Vostok hampir tidak dapat didatangi oleh manusia. 

Meskipun begitu, ada salah seorang ahli yang pernah mengunjungi danau ini. Ahli yang berasal dari Rusia ini menemukan adanya kehidupan di Danau Vostok yang tidak diketahui oleh manusia. Selain itu, terdapat anomali magnetik misterius yang berasal dari danau. Karena isu lingkungan, Danau Vostok terbilang masih tertutup dari media dan para ahli hingga saat ini. 

6. Danau Taal, Filipina

danau taal
travel.detik.com

Selain menyuguhkan banyaknya tempat wisata indah, Filipina juga menawarkan adanya danau paling misterius di dunia yakni Danau Taal. Danau yang satu ini terletak sekitar 60 kilometer tenggara Manila, Ibu Kota Filipina. 

Yang menjadi keunikan dari Danau Taal salah satunya adalah adanya pulau kecil di tengah danau yang menjadi lokasi aktivitas vulkanik bersejarah. Di pulau tersebut terdapat danau sehingga Danau Taal menyuguhkan pemandangan danau di atas danau. Danau ini juga cukup misterius karena konon menjadi tempat tinggal bagi ular laut yang berwarna hitam dan putih. 

7. Danau Natron, Tanzania

danau natron
kumparan.com

Satu lagi danau paling misterius di dunia yang cukup populer adalah Danau Natron yang terletak di Tanzania. Danau yang satu ini memiliki cerita yang cukup misterius yakni konon apapun hewan dan burung yang singgah di perairan Danau Natron akan terjebak dan terbunuh. Hal tersebut dikarenakan perairan danau yang mendidih karena letak geografisnya. 

Baca Juga :

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget ke Danau Linow

Sesuai dengan namanya, Danau Natron memiliki komposisi air yang kaya akan natron, senyawa natrion alami dengan kandungan campuran natrium karbonat, bikarbonat, klorida, dan juga sulfat. Hal ini tentu menjadi faktor peningkatan alkalinitas air di Danau Natron. 

Baca Juga :

Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

Kandungan berbahaya pada Danau Natron dinilai sangat berbahaya bagi tubuh, mengapur bangkai dan membuatnya mengapung di permukaan. Hal tersebut tentu menjadikan Danau Natron dikenal sebagai danau paling misterius di dunia. 

Baca Juga :

Wisata Murah Meriah Danau Alam Jaya

Itulah daftar 7 danau paling misterius di dunia yang populer. Dari daftar di atas, danau manakah yang tampak paling misterius dan menyeramkan untuk didatangi? 



Leave a Reply