5 Taman Nasional di Papua dan Maluku Dengan Pesona Memukau


Fida  July 19, 2022  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai negara yang menyimpan banyaknya kekayaan alam berupa flora dan fauna. Taman Nasional menjadi salah satu kawasan pelestarian alam yang ditujukan sebagai sarana penelitian, ilmu pengetahuan, hingga pariwisata dan rekreasi. Jika bingung menentukan tujuan menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu datang dan menyusuri kawasan taman Nasional. Ada cukup banyak pilihan taman Nasional di Indonesia yang bisa kamu datangi, salah satunya yang terletak di kawasan Papua dan Maluku. Keindahan serta suasana yang ditawarkan sudah tidak perlu diragukan lagi. Inilah daftar 5 rekomendasi taman nasional di Papua dan Maluku yang menarik untuk kamu kunjungi.

Taman Nasional di Papua dan Maluku :

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

taman nasional teluk cendrawasih
keriknews.com

Tinggi saat ingin mengunjungi salah satu taman Nasional di Papua dan Maluku, kamu dapat datang ke Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Taman nasional yang satu ini dikenal sebagai taman nasional perairan laut terluas di Indonesia. Pemandangan yang indah dan menakjubkan menjadikan Taman Nasional Teluk Cendrawasih sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Papua. Lokasi tepat dari Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire.

Dengan luas mencapai 1.453.500 ha, taman Nasional yang satu ini meliputi kawasan daratan pesisir pantai, daratan pulau, wilayah terumbu karang, serta perairan lautan. Di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, kamu juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna bawah laut yang sangat memanjakan mata. Kamu akan menjumpai ratusan jenis ikan, lamun, mamalia laut, hingga mangrove.

Baca juga :  7 Taman Nasional di Brazil Dengan Pemandangan Alam Menakjubkan

Yang menjadi daya tarik adalah kamu dapat menjumpai adanya ikan hiu paus yang dikenal sebagai salah satu spesies terlangka di Indonesia. Menarik sekali bukan? Saat ingin menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mengunjungi salah satu taman Nasional di papua dan Maluku yang satu ini. Taman Nasional Teluk Cendrawasih tentu akan memberimu pengalaman liburan yang sangat berkesan.

Gotravelly

Taman Nasional Baluran ‘Little Afrika In Java’

Bukit Pampaea: Bukit Teletabis Yang Menghampar Di Bumi Bombana

2. Taman Nasional Wasur

regional.kompas.com

Rekomendasi taman nasional di Papua dan Maluku berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Wasur. Kamu dapat mengunjungi indahnya Taman Nasional Wasur di Kabupaten Merauke. Sebutan taman nasional yang satu ini berasal dari nama salah satu desa di dalamnya. Taman Nasional Wasur juga dikenal sebagai lahan basah yang tergenang air selama 4 sampai 6 bulan dalam setahun.

Tidak berbeda dengan taman nasional lainnya, Taman Nasional Wasur juga menyimpan keanekaragaman flora dan fauna. Kamu akan menjumpai habitat burung migran saat datang ke taman nasional ini. Tidak hanya itu, taman nasional ini juga dikenal menjadi rumah bagi kasuari dan kanguru pohon.

Yang menjadi ciri khas dari Taman Nasional Wasur salah satunya adalah banyaknya gundukan tanah berwarna coklat. Gundukan tanah yang menjulang tinggi tersebut sebenarnya adalah sarang semut. Oleh masyarakat Merauke, gundukan gundukan ini disebut musamus. Unik sekali bukan?

Saat berada di Kabupaten Merauke, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk datang dan menyusuri kawasan Taman Nasional Wasur. Indahnya taman nasional yang satu ini tentu akan membuatmu tenang dan memberimu pengalaman berkesan selama berlibur.

Baca juga :  10 Taman Nasional Terindah di Indonesia, Pemandanganya Wow!

3. Taman Nasional Lorentz

taman nasional lorentz
jatim.tribunnews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Taman Nasional Lorenz bukan? Taman Nasional Lorentz termasuk ke dalam salah satu taman nasional di Papua dan Maluku yang populer dan bisa kamu kunjungi. Dengan luas mencapai 2,4 juta hektar, taman Nasional Lorenz dikenal sebagai taman nasional terluas di Asia Tenggara.

Tidak hanya dikenal sebagai taman nasional terluas, taman Nasional Lorenz juga memiliki spektrum ekosistem yang sangat lengkap. Ekosistem yang disuguhkan meliputi pesisir pantai hingga pegunungan bersalju. Indahnya gunung dengan ketinggian mencapai 4884 meter di atas permukaan laut tentu akan membuatmu kagum.

Tidak berbeda dengan taman nasional lainnya, taman Nasional Lorenz juga merupakan rumah bagi banyaknya flora dan fauna. Diperkirakan terdapat kurang lebih 200 tumbuhan berbunga, 411 spesies burung, 123 spesies mamalia, serta 150 spesies reptil dan amfibi.

Taman Nasional Lorentz tentu sudah tidak perlu dilakukan lagi keindahannya. Sejak tahun 1999, taman Nasional Lorenz sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Keren sekali ya? Jika ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu taman nasional di Papua dan Maluku, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mengunjungi Taman Nasional Lorentz. Pemandangan serta suasana yang ditawarkan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang.

4. Taman Nasional Manusela

Taman Nasional di Papua dan Maluku
daihatsu.co.id

Tidak perlu bingung saat ingin datang ke salah satu taman nasional di Papua dan Maluku, kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Manusela. Taman Nasional yang satu ini dapat kamu datangi di wilayah Maluku Tengah.

Taman nasional yang satu ini menawarkan ekosistem yang sangat bervariasi dan terdiri dari lautan, hutan tropis, hutan bakau hingga pegunungan. Kawasan tertinggi dari Taman Nasional Manusela adalah Gunung Binaiya yang memiliki ketinggian mencapai 3.027 meter di atas permukaan laut. Dengan luas mencapai 189.000 ha, pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya flora dan fauna yang ada. Taman Nasional Manusela dikenal sebagai salah satu habitat dari kasuari, kuskus, dan cemara laut.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Unik Dari Berbagai Negara, Indonesia Paling Unik

Menghabiskan waktu berlibur dengan datang dan menyusuri kawasan Taman Nasional Manusela tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

5. Taman Nasional Aketajawe Lolobata

taman nasional aketajawe lolobata
agrozine.id

Taman Nasional Aketajawe Lolobata juga dikenal sebagai salah satu taman nasional di Papua dan Maluku yang menarik untuk kamu datangi. Taman nasional yang satu ini memiliki luas wilayah mencapai 167.300 ha. Kamu dapat menjumpai banyaknya ekosistem di Taman Nasional Aketajawe Lolobata diantaranya hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa dataran rendah, hutan hujan pegunungan, serta padang rumput sub-alpin.

Seperti Taman Nasional lainnya, Taman Nasional Aketajawe Lolobata juga menjadi rumah bagi banyaknya flora dan fauna. Kamu dapat menjumpai beberapa hewan bahkan yang sudah bersifat langka seperti kuskus, elang bondol, serta burung kepudang sungu.

Jika ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu taman nasional di Papua dan Maluku, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Nah itulah daftar 5 rekomendasi taman nasional di Papua dan Maluku yang bisa kamu datangi. Berbagai taman nasional di atas menawarkan pemandangan indah serta suasana yang nyaman. Saat berkesempatan datang ke Papua dan Maluku, taman Nasional manakah yang paling ingin kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur?



Leave a Reply