7 Rekomendasi Kuliner Khas Yang Enak di Nunukan


Reni  October 17, 2022  0 Comment

Makanan Indonesia terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan menggugah selera. Setiap daerah memiliki Makanan khas masing-masing dengan rasa yang unik dan berbeda-beda. Contohnya makanan daerah Solo dan Jogja terkenal dengan rasa manisnya. Karena setiap daerah di Indonesia memiliki banyak makanan khas, tidak ada salahnya bila anda mencoba makanan khas saat berkunjung ke daerah tersebut. Salah satu daerah yang wajib anda coba kuliner khas Nunukan di Kalimantan Utara.

Nunukan adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Utara. Terdapat banyak sekali objek wisata yang bisa anda kunjungi di Nunukan, antara lain:

Pantai Batu Lamampu

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Saat berkunjung ke pantai ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pantai yang masih sangat alami dan airnya yang jernih.

Meskipun untuk mengunjunginya anda harus menempuh perjalanan dengan medan yang sulit, tetapi semua akan terbayarkan dengan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan saat sampai di tujuan. Terlebih pantai ini belum banyak diketahui orang, sehingga pengunjung di pantai ini tidak terlalu ramai.

Air terjun Sianak

Air terjun Sianak berlokasi di daerah Bambangan, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Mengunjungi air terjun Sianak bisa menenangkan diri sekaligus menyegarkan pikiran karena keindahan dan alamnya yang alami. Tempat wisata ini  tidak hanya dikunjungi wisatawan dalam negeri namun juga mancanegara.

Kebun Raya Binusan

Bila berkunjung ke kebun raya Binusan, maka pengunjung akan dimanjakan spot-spot menarik dan udara yang sejuk. Pengunjung juga akan merasakan suasana yang tenang karena tempat wisata ini dikelilingi pepohonan yang rindang. Salah satu hal yang menarik dari kawasan kebun raya Bonusan adalah Air Terjun Binusan yang sangat menakjubkan. Sangat cocok dijadikan tempat wisata bersama keluarga bukan?

Pulau Sebatik

Pulau ini berlokasi di daerah Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan. Pulau Sebatik berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Keindahan alam pulau Sebatik sangatlah luar biasa. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantainya yang sangat eksotis.

Long Bawan

Long Bawan merupakan sebuah desa yang terletak di ketinggian 700 hingga 1200 mdpl. Suasana yang sejuk dan masih sangat alami terdapat di desa ini. Saat berkunjung ke kawasan Long Bawan, wisatawan yang datang biasanya membeli apel dan garam gunung sebagai oleh-oleh mereka.

Kabupaten Nunukan tidak hanya dikenal karena menawarkan banyaknya tempat wisata, namun juga dikenal memiliki berbagai jenis makanan khas yang wajib anda coba. Bila anda berkunjung ke Kalimantan Utara tepatnya di daerah Nunukan, ada banyak kuliner khas di Nunukan yang bisa anda coba.

1. Dodol rumput laut 

dodol rumput laut
celebes.co

Dodol rumput laut merupakan salah satu makanan khas Nunukan yang menjadi favorit banyak wisatawan karena rasanya yang lezat. Banyak wisatawan juga yang menjadikan dodol ini sebagai oleh-oleh.  

Untuk membuat dodol rumput laut ini, mula-mula rumput laut dicuci untuk menghilangkan kotoran yang menempel lalu kemudian direndam di dalam air tawar. Air rendaman rumput laut harus diganti sehari sekali dan volumenya selalu ditambah karena rumput laut makin lama akan mengembang. 

Pada saat proses perendaman ini juga diberi kapur sirih untuk menghilangkan bau amis yang berasal dari rumput laut. Setelah melalui proses perendaman kurang lebih 2-3 hari, rumput laut siap diolah menjadi dodol.

Gotravelly

Kekeyalan Es Siwalan Khas Gresik Bikin Ketagihan

Menikmati Sunset Terindah Di Pulau Noko Selayar Bawean

2. Kerupuk rumput laut

kerupuk rumput laut
kaltim.antaranews.com

Kuliner khas Nunukan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah pastilah sangat disukai banyak orang. 

Ternyata proses pembuatan kerupuk rumput laut tidaklah sulit. Pertama-tama rumput laut dicuci untuk menghilangkan kotorannya, lalu direbus, dan kemudian di blender. Setelah itu adonan tadi dicampur dengan bumbu dan bahan lain lalu dikukus sekitar 2 jam hingga matang. Setelah dikukus dan didinginkan, bahan tadi lalu dipotong kecil-kecil untuk nantinya digoreng.

Biasanya banyak varian rasa yang tersedia untuk kerupuk rumput laut ini, seperti bawang putih, keju, wortel, udang, dan bayam.

3. Beras adan

beras adan
kaltara.tribunnews.com

Pernahkah anda mendengar nama berasa adan? Beras adan adalah beras lokal hasil budidaya masyarakat Krayan, Kabupaten Nunukan. Beras adan terkenal sangat diminati oleh wisatawan yang datang berkunjung ke Nunukan. Beras adan memiliki tekstur yang halus dan memiliki rasa yang khas. Aroma beras adan juga dikenal sangat sedap. Kekhasan yang dimiliki beras adan karena Nunukan berada di dataran tinggi, masyarakat Nunukan memanfaatkan air gunung sebagai irigasi untuk persawahan mereka. Hal ini ternyata dapat membuat padi hasil dari budidaya mereka memiliki kualitas yang tinggi. Karena kualitas tinggi inilah, beras adan mampu menarik perhatian dan  membuat banyak orang penasaran ingin mencobanya.

Beras adan juga tergolong menjadi beras organik dengan kualitas terbaik, karena selama proses tanam hingga panennya, beras ini sama sekali tidak tersentuh bahan kimia sedikitpun. Beras adan memiliki tiga varian yang diunggulkan, yaitu beras adan putih, beras adan merah, dan beras adan hitam.

4. Sambal acar mangga

sambal acar mangga
budaya-indonesia.org

Bagi anda pecinta pedas wajib mencoba kuliner khas di nunukan yang satu ini. Sambal yang berbahan dasar buah mangga ini, memiliki rasa yang segar dan sedikit asam. Sambal ini cocok dinikmati dengan berbagai macam lauk, dan sudah pasti bisa meningkatkan nafsu makan bagi yang menyantapnya. 

Jadi tidak ada salahnya bila saat berkunjung ke Nunukan, anda menyempatkan  diri untuk mencoba lezatnya sambal acar mangga.

5. Abon kepiting Soka

abon kepiting soka
celebes.co

Sesuai dengan namanya, kuliner nunukan ini menggunakan kepiting Soka sebagai bahan utamanya. Selain cocok untuk dinikmati secara langsung, abon kepiting Soka juga cocok dinikmati untuk dijadikan lauk bersama dengan nasi hangat. 

Abon kepiting Soka memiliki cita rasa khas yang lezat sehingga bisa membuat siapapun yang menikmatinya akan ketagihan. Karena kemasannya yang praktis, abon kepiting Soka juga cocok anda jadikan oleh-oleh.

6. Madu alam Sembakung 

madu alam sembakung
shopee.co.id

Madu alam Sembakung tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal tetapi juga di kalangan wisatawan yang datang secara langsung ke Nunukan. Tidak hanya terkenal akan cita rasanya yang lezat dan khas, madu ini juga dikenal kaya manfaat dan baik bagi tubuh. Oleh karenanya, tidak heran jika madu ini banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Nunukan untuk dibawa pulang.

7. Madu Mongso

madu mongso
travel.kompas.com

Bagi anda orang Jawa, tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan madu Mongso. Ternyata madu Mongso juga dikenal sebagai salah satu kuliner khas di Nunukan. Namun madu mongso khas Nunukan memiliki rasa yang berbeda dengan madu mongso pada umumnya. Yang membedakan madu Mongso khas Nunukan dengan madu Mongso biasa adalah madu mongso khas Nunukan dibuat dengan tambahan rumput laut. Ini menjadikan madu Mongso khas Nunukan memiliki tekstur yang lebih kenyal dan mengandung banyak serat. Rumput laut juga menjadikan makanan ini bisa tahan lebih lama.

Itulah tadi beberapa tempat wisata dan kuliner khas Kabupaten Nunukan di Provinsi Kalimantan Utara yang patut anda coba dan nikmati kelezatannya. Semoga bisa menambah referensi tempat wisata dan kuliner apabila anda berkunjung ke Nunukan Kalimantan Utara.



Leave a Reply