7 Kuliner Khas Tanjung Selor Yang Menjadi Favorit Wisatawan


sisil angelin  June 24, 2021  0 Comment

Kuliner Khas Tanjung Selor memang menjadi salah satu surganya kuliner bagi wisatawan lokal. Kuliner di Indonesia ini memang memiliki beraneka kuliner lokal yang memiliki rasa rempah yang autentik, dan disetiap daerah tentunya memiliki keunikan tersendiri untuk masalah rasa. Makanya tak heran jika indonesia sendiri menjadi salah satu tempat yang sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat wisata. Nah untuk kalian yang belum tau kuliner di Tanjung Selor wajib banget nih simak artikel GoTravelly. Yang akan bahas beberapa kuliner khas, unik, dan pastinya wajib kalian cicipi saat berada di Tanjung Selor. Ohya Tanjung Selor sendiri menjadi salah satu kota yang memiliki sejarah, dan menjadi tempat strategis. Makanya tak heran jika Kota Tanjung Selor ini pada adad ke-19 menjadi jalur perdagangan internasional hingga saat ini. Hal ini tentunya juga mempengaruhi kuliner-kuliner khas yang ada disini pastinya unik, dan bikin siapa saja yang bersinggah ke Kota Tanjung Selor ini penasaran untuk mencicipi kuliner khasnya. Nah dari pada penasaran langsung aja yuk simak artikel dibawah ini! Berikut Daftar Kuliner Khas Tanjung Selor

1. Kepiting Soka

Kepiting Soka
detik.com

Di dunia kuliner memang Kepiting Soka menjadi perbincangan, dan terkenal sekali dengan rasanya yang lezat. Nah jika kalian berkunjung ke Kota Tanjung Selor maka wajib banget mencicipi makanan tradisional khas kota ini, Karena masyarakat di Tanjung Selor ini sangat menyukai hidangan yang terbuat dari Kepiting Soka. Nah biasanya Kepiting Soka ini akan dimasak menjadi beraneka hidangan dari Kepiting Soka Tumis, Kepiting Soka Goreng Crispy, Kepiting Soka Saus Telur Asin, Kepiting Soka Saus Tiram, Kepiting Soka Cabe Bawang, Kepiting Soka Lada Hitam, Kepiting Soka Mentega, dan masih banyak lagi beraneka bumbu yang bisa dimasak dengan Kepiting Soka. Untuk menemukan Kepiting Soka ini sangatlah mudah kalian bisa membelinya dipenjual seafood yang ada di Tanjung Selor dengan harga yang beragam sesuai dengan kualitas, dan beratnya Kepiting Soka yang kalian beli.

Gotravelly

The Balance Coffee Barn : Tempat Ngopi Santai Dengan Interior Super Kece

Cobain Kuliner Legendaris Di Kota Blitar Warung Sri Rejeki Blitar

2. Lawa

Lawa
travelingyuk.com

Makanan khas Tanjung Selor yang akan kita bahas diurutan kedua ini adalah Lawa. Jadi Lawa ini merupakan hidangan khas dari Kerajaan Bulungan, dan kuliner ini menjadi kulner tradisional yang disukai Kerajaan Bulungan. Untuk yang kalian belum tau apa sih Lawa ini? Jadi Lawa ini terdiri dari rumput laut atau timun yang akan di sangrai dengan kelapa, udang, dan kerang. Sehingga saat matang Lawa ini akan menjadi hidangan yang super lezat, dan bisanya lawa menjadi makanan pembuka bagi penduduk di Tanjung Selor. Hingga saat ini kuliner tradisional, dan khas dari Tanjung Selor ini masih dijual. Untuk menemukannya kalian bisa membeli dirumah makan, atau depot yang ada di Kota Tanjung Selor biasanya menjual Lawa dengan nasi hangat yang menjadi salah satu perpaduan yang sempurna untuk dimakan bersama Lawa.

3. Tumis Kapah

 Tumis Kapah
kataomed.com

Kota Tanjung Selor memang terkenal sekali dengan beraneka hidangan lautnya yang segar, dan salah satu hidangan lautnya yang terkenal di Kota Tanjung Selor ini adalah Tumis Kapah. Jadi Tumis Kapah ini merupakan kerang kapah yang akan ditumis dengan bumbu khusus seperti cabai, bawang, gula, garam, dan bumbu rahasia untuk menumis Kapah Sehingga rasa kerang kapah yang dicampur dengan bumbu ini akan mengeluarkan aroma serta rsa yang sedap. Tumis Kapah ini selain terkenal di Kota Tanjung Selor ternyata Tumis Kapah juga sangat terkenal di Kota Tarakan, dan menjadi salah satu kuliner populer di Kalimantan Utara. Jadi untuk kalian yang suka dengan rasa kerang fresh, dan bumbu yang kaya akan rempah wajib banget cobain Tumis Kapah ini. Sedapnya Tumis Kapah ini sangat sempurna dimakan bersama dengan nasi putih. Makanya tak heran jika penduduk di Tanjung Selor ini sangat menyukai hidangan sehat, dan kaya akan protein ini. Tunggu apalagi yuk berburu Tumis Kapah di Tanjug Selor!

4. Nasi Subut

Nasi Subut
detik.com

Nasi memang menjadi salah satu makanan pokok bagi warga Indonesia, makanya tak heran jika diberbagai daerah mengolah nasi dengan beraneka bumbu, dan cara yang unik. Salah satunya Nasi Subut yang menjadi salah satu kuliner khas Tanjung Selor. Jadi Nasi Subut ini memang memiliki warna yang cantik yaitu berwarna ungu, dan warna ungu dari Nasi Subut ini berasal dari Ubi Ungu. Selain menggunakan ubi ungu Nasi Subut ini terdiri dari jagung manis, dan bumbu khas untuk Nasi Subut sehingga menciptakan rasa yang gurih saat dimakan bersama lauk. Nah untuk kalian yang penasaran dengan nasi sehat yang satu ini wajib banget mampir ke Tanjung Selor untuk mencicipi hidangan khas Tanjung Selor yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat sekitar. Untuk harga Nasi Subut ini juga terjangkau, dan sangat lezat dimakan dengan lauk yang sedap.

5. Sate Ikan Pari

Sate Ikan Pari
cookpad.com

Saat mendengar sate ikan pari pasti kalian melongo, dan untuk kalian yang bukan asli orang Kalimantan Utara pasti masih asing dengan olahan Ikan Pari. Nah jika selama ini kalian hanya mendengar atau mencoba beberapa sate yang terbuat dari beberapa bahan seperti ayam, daging sapi, daging kambing, daging babi, dan bagaimana jadinya jika sate terbuat dari bahan ikan pari? kalian bisa membayangkannya? Jadi di Tanjung Selor ini sate diolah dengan menggunakan bahan dasar ikan pari loh! Hal unik inilah yang menarik minat traveller untuk mencicipi Sate Ikan Pari yang dimasak dengan rempah-rempah, madu, dan kecap manis saat dibakar. Jadi kalian bisa bayangkan gimana nih rasa gurih, asin, manis, dan kenyalnya tekstur ikan pari yang dibakar.

6. Ikan Asin Richa

Ikan Asin Richa
borneo24.com

Ikan Asin Richa ini salah satu lauk yang wajib ada saat menikmati Nasi Subut yang terbuat dari Ubi Ungu. Nah jadi Ikan Asin Richa ini menjadi salah satu kuliner khas Kalimantan Utara yang disukai masyarakat lokal, dan rasanya yang lezat membuat siapa saja ketagihan dengan rasa Ikan Asin Richa. Sesuai dengan namanya Ikan Asin Richa ini dimasak dengan saus richa yang gurih, dan dicampur dengan sayur singkong sehingaa Ikan Asin Richa ini sangat sempurna jika dimakan dengan nasi subut khas Kota Tanjung Selor. Daripada kalian penasaran langsung yuk berburu Ikan Asin Richa di Kota Tanjung Selor.

7. Tudai

Tudai
borneo24.com

Kuliner yang akan kita bahas terakhir ini adalah Tudai. Jadi Tudai ini adalah kerang yang memiliki cangkang berwarna hitam, dan berdaging tebal. biasanya kerang yang diberi nama Tudai ini akan dimasak dengan bumbu yaitu dengan cara direbus atau digoreng. Untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi Tudai ini sangatlah lezat, dan bikin siapa aja ketagihan. Jadi tunggu apalagi yuk buruan ke Tanjung Selor, dan cobain sajian Tudai sambal goreng.

Itulah beberapa Makanan khas Tanjung Selor yang rekommended, dan wajib kalian coba saat berada di Tanjung Pinang. Semoga info ini bermanfaat untuk kalian yang ingin berkunjung ke Kota Tanjung Selor ya! Selamat mencoba kuliner makanan khas Tanjung Selor yang ada diatas.



Leave a Reply