8 Makanan Tradisional Betawi Enak dan Murah


sisil angelin  February 8, 2018  0 Comment

Indonesia memang banyak sekali memiliki budaya yang unik dan salah satunya adalah budaya Betawi, budaya yang satu ini selain sudah terkenal di Indonesia dengan beberapa seni beladirinya, ternyata Makanan khas betawi juga menjadi daya tarik masyarakat indonesia, di betawi banyak sekali kuliner-kuliner yang lezat dan jarang diketahui wisatawan, nah berikut 8 makanan tradisional betawi enak tapi jarang di ketahui wisatawn dan pastinya rekomended banget untuk kalian yang ingin mencoba

1. Kerak Telor

Kerak Telor

IndonesiaKaya.com

Kuliner yang pertama ini mungkin sudah pernah anda dengar tapi kebanyakan orang belum pernah mencobanya, nah untuk anda yang belum tau kerak telor itu terdiri dari apa saja. kerak telor ini sebenarnya hampir mirip dengan martabak, namun isi dari kerak telur ini berbeda dengan martabak, karena kerak telur dicetak di atas tungku dan biasanya setelah matang kerak telur ini di beri abon, bawang goreng, dan 1 porsi kerak telor ini memiliki rasa yang gurih, asin, manis, dan pastinya lezat!!! 1 porsi kerak telor ini anya seharga 10 ribu , gimana murah bukan? Yuk buruan cari kerak telor.

Review kuliner

Berburu Siwalan Dan Legen Di Bumi Ronggolawe

Inilah Rahasia Dibalik Dahsyatnya Rasa Ayam Bakar Warung Apung Rahmawati

2. Semur Jengkol

makanan khas betawi

resepmedia.com

Semur Jengkol memang menjadi makanan khas betawi yang sdah terkenal sekali, di betawi jengkol ini olah semur dan biasanya jengkol ini memiliki rasa yang gurih, pedas, pokok nya mantep!!! Makanan yang satuinimenjadi makanan favorit orang betawi, nah semur jengkol ini wajib banget anda cobain guys, semur jengkol lebih nikmati jika di santap dengan nasi hangat dan lauk. untuk menacari semur jengkol anda bisa masuk ke depot-depot yang menjual masakan khas Betawi. 1x coba pasti ketagihan guys!!! Yuk buruan berbuu jengkol.

Baca juga :  8 Makanan Khas Natal di Eropa Tawarkan Rasa yang Creamy dan Lezat

3. Asinan Betawi

Asinan Betawi

harianresep.blogspot.co.id

Asinan betawi ini memang unik dan berbeda dari asinan di daerah-daerah yang ada di Indonesia karena asinan disini terdiri dari sayuran, kacang goreng, bumbu kacang, cabai, krupuk, cuka, dan menciptakan 1 asinan betawi yang sangat segar, manis, dan pastinya bikin siang anda menyenangkan!!! untuk mencari asinan betawi ini biasanya ada di depot-depot, pinggi jalan, dan restorant yang memasak makanan khas Betawi.

4. Kue Cucur

makanan tradisional betawi

cookpad.com

Kue yang imut-imut ini memang menjadi salah satu makanan khas Betawi dan selalu menjadi makanan pencuci mulut orang betawi. jajanan pasar ini memang sudah bisa di temukan dimanapun anda berada, untuk mendapatkan kue cucur ini anda bisa membelinya dipenjual jajanan pasar biasanya 2 kue cucur ini seharga 1500 ribu guys, gimana murah banget kan, rasanya itu manis, gurih, dan pas banget untuk dijadikan camilan saat pagi, siang, ataupun malam.

5. Dodol Betawi

Dodol Betawi

beritadaerah.co.id

Dodol ini memang sudah menjadi makanan tradisional Indonesia yang terkenal dan selalu menjadi buruan untuk dijadikan oleh-oleh, salah satunya adalah dodol betawi, mungkin kalo dodol pada umumnya kecil berbeda dengan dodol betawi ini memiliki ukuran yang besar dan hampir mirip seperti kue keranjang. dodol betawi ini terdiri dari ketan, gula merah, gula pasir, santan dan lalu dimasukan ke cetakan selanjutnya di bakar diatas tungku. rasa legit dari dodol betawi ini memang memikat siapa saja saat mencobanya 1x, yuk buruan cari dodol betawi dan beli untuk oleh-oleh keluarga dirumah guys.

6. Kue Talam

Kue Talam

bukalapak.com

Kue Talam ini adalah kue yang terbuat dari tepung beras ketan yang di campur dengan gula merah, lalu dikukus di dalam cetakan kecil-kecil, memmbuat kue talam ini terlihat cantik guys, untuk rasa dari kue talam ini gurih santannya kerasa, gulanya tidak terlalu manis, dan tepung beras di kue talam ini terasa lezat, makanya tak salah jika makanan yang satu ini selalu menjadi pilihan bagi masyarakat betawi.

Baca juga :  Restoran Halal di Jepang yang Wajib Kalian Datengin

7. Roti Buaya

Roti Buaya

goodindonesianfood.com

Roti Buaya??? nah roti yang satu ini mungkin sudah terkenal di Indonesia dan menjadi roti khas masyarakat betawi, roti ini wajib ada saat diacara pernikahan, lamaran, dan acara-acara besar adat betawi guys. Rasa dari roti buaya ini memang enak, kenapa di beri nama roti buaya? karena bentuk dari roi ini mirio dengan buaya guys, untuk mencari roti buaya ini anda bisa mencari ditoko-toko roti yabg ada di Jakarta yang biasanya di beri harga sekitar 40 ribu an. Nah gimana penasaran dengan roti buaya? buruan ke jakarta borong kue buaya hehe…

8. Soto Betawi

Soto Betawi

pesona-indonesia.info

Makanan tradisional Betawi yang terakhir ini memang dari photonya saja sudah menggoda ya guys. nah Soto betawi ini memiliki rasa yang sangat lezat karena terdiri dari daging sapi, tomat, kentang dan kuahnya itu terdiri dari santan jadi rasanya itu ada asin, manis, gurih, akan lebih lezat jika disantap dengan nasi putih hangat, makanan yang satu ini pas banget dijadikan menu untuk makan siang guys…kuah dari soto betawi ini memang membuat mood membaik saat berada di Jakarta. untuk mendapatkan 1 porsi soto betawi ini cukup nmudah ditemukan anda bisa mencarina di kota jakarta dari warung-warung, depot, cafe, sampai restorant bisa anda temukan penjual soto betawi. 1 porsi soto betawi ini biasanya diberi harga sekitar 20 ribu saja, selain nikmat, soto betawi ini juga terjangkau banget harganya, yuk buruan cari soto betawi.

Gimana guys 8 makanan tradisional betawi  yang ada diatas bikin nafsu makan anda meningkat bukan? yuk dari pada ngler langsung aja jelajah kuliner di jakarta dan pastikan anda sudah mencoba kuliner khas betawi yang ada diatas ya, semoga info kuliner diatas berguna untuk anda yang lagi pengen cari kuliner khas betawi, Selamat mencoba!!!



Leave a Reply