7 Minuman Khas Kalimantan, Kesegarannya Tak Tertahankan


sisil angelin  December 18, 2020  0 Comments

Kalimantan memang terkenal sekali dengan wisatanya alamnya yang indah, kulinernya yang lezat, dan budayanya yang melekat. Panasnya terik matahari siang hari di Kalimantan memang sangat menyengat, dan paling pas jika menikmati minuman dingin yang menyegarkan badan. Nah kalian tau gak sih ternyata di Kalimantan itu banyak banget minuman yang segar, unik, dan pastinya Khas banget. Mau tau apa saja minuman khas Kalimantan? simak saja artikel dibawah ini GoTravelly bakal kasih kalian 7 minuman khas kalimantan yang rekommended banget, dan pastinya wajib kamu cobain!

1. Es Cendol Samarinda – Kalimantan Timur

es cendol samarinda
theboxsceneproject.org

Jika berada di Kota Samarinda jangan lewatkan untuk mencicipi Es Cendolnya yang mantep. Nah Es Cendol Samarinda terdiri dari Cendol, Gula merah, santan, dan biasanya akan diberi topping buah. Beberapa buah yang biasaya digunakan untuk campuran Es Cendol Samarinda adalah durian, nangka, dan alpukat. Untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi cendol yang memiliki tekstur kenyal dicampur dengan gula merah yang kental, dan ditambah santan yang memberikan cita rasa gurih dari 1 porsi Es Cendol Samarinda memang sangat sempurna. Apalagi dihidangkan saat siang hari. Untuk menemukan Es Cendol Samarinda ini cukup mudah, dan harga dari es cendol ini hanya 8k loh! Tertarik mencobanya?

Gotravelly

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?

Kalian Suka Unicorn Dan Tempat Yang Gemas? Wajib Banget Ke Kokumi!

2. Tuak – Kalimantan Tengah

tuak dayak
indonesia.go.id

Tuak ini adalah minuman sejenis Sake tradisional dari suku Dayak yang tinggal dikawasan Lamandau. Minuman Tuak ini memang sudah ada sejak lama, dan menjadi kesukaan orang Dayak hingga saat ini. Tuak ini terdiri dari fermentasi beras ketan, dan air nira yang hanya bisa kalian temukan di Kalimantan Tengah. Makanya Tuak ini menjadi minuman yang dijaga sejak turun-temurun bagi suku Dayak.
Tuak sendiri digunakan untuk perayaan, dan tuak sendiri memiliki makna yaitu persatuan. Untuk menemukan Tuak ini cukup mudah kok, dan dibeberapa kawasan yang ada di Kalimantan Tengah biasanya menjual Tuak dengan harga 1 litter 15k. Untuk rasa dari Tuak ini cendrung ke pedas, manis, dan menyegarkan saat dinikmati.

3. Ce Hun Tiau – Kalimantan Barat

Ce Hun Tiau
pergidulu.com/

Minuman yang diberi nama Ce Hun Tiau ini adalah minuman khas Pontianak, dan menjadi minuman segar yang paling populer di Kalimantan loh. nama minuman dari Ce Hun Tiau sendiri memiliki arti yaitu Che (Ubi), Hun (Tepung) dan Tiau (bentuk balok yang memanjang). Jadi Ce Hun Tiau terdiri dari kacang merah, cincau, ketan hitam, dan pastinya serutan Ce Hun Tiau. Untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi manis, gurih, tekstur yang lembut dari Ce Hun Tiau, dan perpaduan kacang merah ini memang sangat sempurna dijadikan dalam 1 porsi Ce Hun Tiau.
Memang Ce Hun Tiau ini termasuk kuliner langka, namun jika kamu berada di Kota Pontianak maka bisa menemukan penjual Ce Hun Tiau yang menjajakan jualannya digerobak pinggir jalan, dan harga dari 1 mangkuk Ce Hun Tiau hanya 8k saja loh.

4. Es Lidah Buaya – Kalimantan Tengah

Es Lidah Buaya
travel.tribunnews.com

Siapa disini yang pernah cobain Es Lidah Buaya? Nah jika belum pernah kalian wajib banget cobain Es Lidah Buaya khas dari Kalimantan Tengah ini guys! Nah Es Lidah Buaya ini berbahan dasar tanaman lidah buaya, disajikan dengan es batu, dan irisan lemon. Selain memiliki rasa yang segar Es Lidah Buaya ini juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh loh. Untuk kalian yang ingin mencoba Es Lidah Buaya ini bisa membelinya di pedagang kaki lima, dan Es Lidah Buaya ini juga biasanya dijual di cafe-cafe yang ada di Kalimantan Tengah. Harga dari 1 gelas Es lidah buaya ini sekitar 8k saja, dan untuk harga standart cafe biasanya sekitar 15k saja loh.

5. Es Jagung – Kalimantan Tengah

Es Jagung
indozone.id

Apa jadinya jika jagung manis dijadikan es? Nah jika kalian berada di Kalimantan Tengah maka wajib banget cobain Es Jagung. jadi jagung yang digunakan untuk segelas es disini menggunakan jagung muda, es batu, susu, dan rasa dari Es Jagung memang sangat unik. yaitu itu manis, gurih, dan segar. Untuk menemukan Es Jagung ini kalian bisa mencarinya di pinggir jalan, dan harga dari Es Jagung hanya 10k saja loh guys. Gimana murah meriah bukan? Nah dari pada penasaran langsung aja yuk cari kuliner di Kalimantan Tengah.

6. Es Kacang Merah – Kalimantan Barat

Es Kacang Merah
ayobandung.com

Es Kacang Merah ini sebenarnya adalah minuman khas dari Tionghoa yang sangat disukai masyarakat keturunan china di Kalimantan Barat. Makanya tak heran jika di Kalimantan Barat terutama di Kota Pontianak banyak sekali penjual Es Kacang Merah. 1 porsi Es Kacang Merah ini terdiri dari kacang merah, gula, cincau hitam, agar-agar, es batu, dan santan yang menambah citarasa gurih pada 1 porsi Es Kacang Merah. Untuk 1 porsi Es Kacang Merah bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar 15k saja loh. Dengan 15k kalian sudah bisa menikmati Es Kacang Merah yang manis, gurih, dan segar!

7. Es Teler Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Es Teler Banjarmasin
indozone.id

Es Teler memang sangat mudah ditemukan diberbagai daerah yang ada di Indonesia. Salah satu daerah yang memiliki es teler enak adalah di Kota Banjar. semangkuk Es Teler ini terdiri dari beraneka potongan buah ada alpukat, nangka, durian, nanas, melon, kelapa dan masih banyak lagi. Selain beraneka buah Es Teler juga diberi tambahan rumput laut, kolang-kaling, mutiara, es serut, susu kental manis, dan sirup. Untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi guys! Karena rasanya itu segar, dan paling pas dinikmati saat siang hari yang panas.

Untuk menemukan Es Teler cukup mudah hampir dibeberapa kawasan yang ada dikota Banjarmasin menjual Es Teler. Harga dari Es Teler ini biasanya dibandrol sekitar 15k hingga 30k tergantung kalian membeli es telernya dimana guys. Nah dari pada penasaran langsung aja deh kulineran di Banjarmasin, dijamin kulineran kalian kali ini berkesan!

Gimana guys 7 minuman Khas Kalimantan yang ada diatas menyegarkan, murah, unik, dan menarik bukan untuk dicoba? Nah menurut kalian 7 minuman Khas Kalimantan diatas yang mana yang paling segar, unik, menarik, dan pengen banget kalian coba? Kalian bisa jawab dikolom komentar yang ada dibawah ya! Untuk kamu yang udah coba minuman diatas bisa jelasin gimana rasanya juga dikolom komentar yang ada dibawah, Selamt mencoba!



Leave a Reply

One Response
  1. isen mulang konveksi says:

    pesen wearpack grosir murah di tarakan