10 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya Cocok Untuk Teman dan Keluarga


sisil angelin  February 20, 2021  0 Comment

Siapa disini yang sudah pernah berkunjung ke Kota Palangkaraya yang menjadi ibu kota Kalimantan Tengah ini? maka kalian wajib banget menjelajahi indahnya wisata-wisata alam yang masih asri di Palangkaraya sekalian membawa Oleh-oleh khas Palangkaraya. Pulau Kalimantan memang terkenal sekali dengan hutan lindungnya yang indah, dan beberapa wisata yang ada di Palangkaraya ini juga mejadi daya tarik wisatawan saat bekunjung ke Palangkaraya.

Selain memiliki alam yang masih asri Kota Palangkaraya juga memiliki kuliner-kuliner unik yang wajib banget kalian cicipi saat berada di Kota Palangkaraya, dan pengalaman kuliner kali ini terntunya berkesan untuk kalian yang lagi menjelajahi Kota Palangka. Nah mau tau apa saja kuliner unik, dan oleh-oleh khas Palangkaraya yang bisa kalian bawa pulang? Langsung aja yuk simak artikel dibawah ini, Karena GoTravelly bakalan kasih tau kalian 10 oleh-oleh khas Palangkaraya yang wajib kalian cicipi, dan menjadi buah tangan untuk orang tersayang.

1. Rabuk Patin Kandas Sarai Pedas

Rabuk Patin Kandas Sarai Pedas
m.kaskus.co.id

Untuk kalian yang pernah makan ikan patin, wajib banget cobain abon patin khas Palangkaraya ini. Jadi rabuk patin ini terdiri dari beberapa bahan yaitu ikan patin, sambal, serai, dan akan diolah menjadi abon. Untuk rasa dari Rabuk Patin Kandas Sarai Pedas ini pedas, manis, asin, gurih, dan sangat sempurna dimakan bersamaan dengan nasi putih hangat. Nah untuk menemukan Rabuk Patin Kandas Sarai Pedas ini sangat mudah, kalian bisa ke pusat oleh-oleh yang ada di Kota Palangka. Setelah mencoba Rabuk Patin Kandas Sarai Pedas ini dijamin kalian bakal ketagihan dengan rasanya yang lezat, aromanya wangi, dan teksturnya yang gurih.

Review kuliner

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Ichi Sushi, Sajikan Masakan Jepang Halal Di Gresik

2. Wadai Apam khas Palangkaraya

Wadai Apam khas Palangkaraya
m.merdeka.com

Kue jika di Pulau Kalimantan biasanya disebut dengan ‘Wadai’ makanya jika kalian menemukan beberapa kue disana pasti disebut Wadai. Salah satunya adalah wadai apam. Jadi wadai apam ini memiliki aroma yang wangi, dan rasa dari wadai apam ini sangat lembut dengan rasanya yang tidak terlalu manis memang sangat lezat dinikmati saat sarapan dengan secangkir kopi. Untuk menemukan wadai apam ini biasanya dipasar tradisional, dan penjual kue basah. Wadai apam ini bisa mejadi oleh-oleh keluarga dirumah loh guys. nah dari pada penasaran langsung aja yuk cari apam khas Palangkaraya.

3. Ikan Seluang

Ikan Seluang
m.fimela.com

Ikan Seluang ini menjadi salah satu ikan yang disukai masyarakat Palangkaraya, dan Ikan Seluang ini biasanya dimakan dengan nasi hangat serta tambahan sambal khas Palangkaraya. Namun ikan seluang kini digoreng, dan akan dipacking kedalam plastik sehingga awet. Ikan Seluang ini memiliki ukuran yang kecil, gurih, dan bikin nagih. Untuk menemukan Ikan Seluang ini kalian bisa membelinya dipusat oleh-oleh yang ada di Palangkaraya.

4. Ikan Wadi Khas Kalimantan Tengah

Ikan Wadi Khas Kalimantan Tengah
banjarmasin.tribunnews.com

Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan memang terkenal sekali dengan fermentasi ikannya yang disebut Wadi. Jadi wadi ini adalah proses fermentasi ikan yang menggunakan beras, garam, dan ikan tersebut akan disimpan selama 1 minggu lamanya. Sehingga ikan tersebut awet, dan teknik ini berasal dari suku Dayak yang ada di Kalimantan Tengah loh. Ikan yang biasanya diwadi adalah ikan nila, ikan patin, ikan haruan (ikan gabus), ikan bawal, ikan papuyu, ikan sapat, dan ikan saluang. Nah untuk menemukan ikan wadi ini kalian bisa kepusat oleh-oleh ataupun pasar tradisional.

5. Lemang khas Palangkaraya

Lemang khas Palangkaraya
tribunnewswiki.com

Lemang ini adalah salah satu hidangan khas Palangkaraya yang terdiri dari beras ketan, dan beras ketan tersebur akan dibungkus dengan daun. Setelah rapi lemang kan dimasak didalam bambu muda sampai matang, dan aroma lemang ini sangat harum. Biasanya orang Palangka memakan Lemang ini dengan telur asin, dan ada yang dicocol dengan sambal. Untuk tekstur Lemang ini lembut, pulen, dan aroma harum dari lemang ini bikin nagih. Untuk kalian yang penasaran sama rasa lemang bisa membelinya di pasar, dan tempat penjual jajanan basah.

6. Tahu Bakso Ijo

Tahu Bakso Ijo
wisato.id

Tahu Bakso Ijo ini sebenarnya adalah nama salah satu warung penjual tahu bakso. Namun karena Tahu Bakso Ijo ini sangat terkenal di Palangkaraya, makanya tak heran jika disebut sebagai Tahu Bakso Ijo. Penjual Tahu Bakso Ijo ini memang sangat banyak di Kota Palangkaraya, dan biasanya Tahu Bakso Ijo ini menjadi salah satu buah tangan untuk wisatawan bawa pulang kerumah. Untuk varian rasa Tahu Bakso Ijo ini ada rasa daging sapi, daging ayam, dan daging ikan. Tahu Bakso Ijo ini sangat nikmat dimakan saat hangat, dan rasanya memang bikin nagih.

7. Keripik Kelakai Khas Palangkaraya

Keripik Kelakai Khas Palangkaraya
indonesiakaya.com

Keripik Kelakai Khas Palangkaraya ini dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh yaitu meredakan diare, darah rendah, dan membuat kulit kalian menjadi awet muda. Kelakai ini adalah tanaman khas dari Kalimantan Tengah, dan Kelakai ini menjadi obat suku Dayak loh. Namun seiring berjalannya waktu kini kelakai menjadi keripik yang kriuk, sehat, dan bikin nagih. Keripik Kelakai Khas Palangkaraya ini juga sangat mudah ditemukan dipusat oleh-oleh yang ada di Kota Palangkaraya, dan harga dari Keripik Kelakai Khas Palangkaraya ini hanya 10k saja. Gimana Keripik Kelakai Khas Palangkaraya ini rekommended banget bukan untuk dijadikan oleh-oleh orang tersayang?

8. Ikan Jelawat Khas Kalimantan

Ikan Jelawat Khas Kalimantan
makananoleholeh.com

Ikan yang satu ini adalah jenis ikan yang hanya hidup dikawasan perairan Kalimantan saja, dan ikan jelawat ini memiliki ukuran sekitar 20 cm lebih. kalian bisa bayangkan betapa besarnya ikan jelawat ini? Selain memiliki ukuran yang besar ikan jelawat ini juga memiliki rasa yang lezat, mani, dan gurih. Ikan Jelawat biasanya di bakar, goreng, dan rebus dengan bumbu khas yang ada di Palangkaraya. Jadi untuk kalian yang ingin mencoba Ikan Jelawat langsung aja yuk ke depot atau restoran yang ada di Kota Palangkaraya. Ikan Jelawat ini juga bisa kalian jadikan buah tangan loh guys!

9. Topi Kulit Kayu

Topi Kulit Kayu
travel.kompas.com

Selain bisa membeli beraneka camilan, dan makanan untuk menjadi oleh-oleh. kalian juga bisa membeli topi kulit kayu ini guys untuk orang tersayang! Jadi Topi Kulit Kayu ini adalah kerajinan tangan orang Palangkaraya yang menggunakan jenis kayu Nyamung yang anti air, dan kayunya kuat. Topi Kulit Kayu ini juga bisa digunakan saat hujan. Selain Topi Kulit Kayu kalian juga bisa membeli tas kulit kayu, dompet kulit kayu, kalung, dan masih banyak lagi barang-barang yang terbuat dari kaui nyamung.

10. Souvenir Suku Dayak

Souvenir Suku Dayak
makananoleholeh.com

Oleh-oleh yang terakhir kita bahas satu ini memang rekommended banget, dan sangat keren untuk dijadikan oleh-oleh. Karena souvenir suku dayak ini sangat cantik dengan motif, dan coraknya yang beragam memberikan kesan seni serta budaya yang mendalam. beberapa souvenir suku dayak yang bisa kalian beli ada kalung, gelang, tas, cincin, kain, gantungan kunci, topi, dan masih banyak lagi Souvenir Suku Dayak yang bisa menjadi buah tangan kalian.



Leave a Reply