8 Oleh Oleh khas Nunukan, Ada Abon Kepiting Hingga Dodol


Fida  April 22, 2022  0 Comment

Nunukan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Utara. Daerah yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata, tetapi juga memiliki berbagai oleh-oleh yang menarik untuk kamu beli. Ada berbagai pilihan oleh oleh khas Nunukan yang menarik untuk dicoba mulai dari makanan hingga kain batik. Saat berkunjung ke Nunukan, tidak ada salahnya jika kamu membeli salah satu dari banyaknya rekomendasi oleh-oleh berikut ini.

1. Dodol Rumput Laut

dodol rumput laut
tokomesin.com

Salah satu rekomendasi oleh oleh khas Nunukan yang populer dan menarik untuk kamu coba adalah dodol rumput laut. Makanan yang satu ini dikenal unik karena menggunakan rumput laut sebagai bahan utama pembuatannya. Tidak hanya rumput laut, dodol ini juga dibuat dengan beberapa bahan tambahan, salah satunya adalah tepung beras ketan.

Dodol rumput laut disajikan dengan tekstur yang tidak jauh berbeda dengan dodol pada umumnya. Saat berkunjung ke Nunukan, makanan dodol rumput laut tentu sangat mudah untuk kamu jumpai. Biasanya, dodol rumput laut dijual dengan kemasan praktis dan menarik. Makanan yang satu ini juga dijual dengan harga yang terjangkau yakni berkisar Rp 13.000,- per bungkus.

GoTravelly

Leisure Time At Hotel Konansou Fuji: Mulai Dari Onsen Sampai Sushi

Menyambangi Taj Mahal, Bangunan Paling Ikonik Di India

2. Kerupuk Rumput Laut

kerupuk rumput laut
tokopedia.com

Selain dodol rumput laut, kalian juga dapat membeli kerupuk rumput laut sebagai salah satu oleh oleh khas Nunukan. Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa gurih. Biasanya, kerupuk rumput laut dijual dengan kemasan praktis dan dapat kamu dapatkan di berbagai toko oleh oleh di Nunukan.

Kerupuk rumput laut tidak hanya dibuat dengan menggunakan bahan dasar rumput laut saja, tetapi juga menggunakan berbagai tambahan bumbu serta rempah sehingga menghasilkan cita rasa lezat. Saat mencoba kerupuk rumput laut, kamu akan dibuat ketagihan dengan kelezatannya. Kerupuk yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk keluarga atau kerabat di rumah.

3. Abon Kepiting Soka

abon kepiting soka
shopee.co.id

Rekomendasi oleh oleh khas Nunukan berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah abon kepiting soka. Makanan yang satu ini dikenal sangat khas dan menawarkan cita rasa lezat. Saat berkunjung ke Nunukan, kamu dapat membeli abon kepiting soka di berbagai toko oleh oleh.

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang menggunakan kepiting soka sebagai bahan utamanya. Selain cocok untuk dinikmati langsung, abon kepiting soka juga cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat. Siapapun yang mencobanya tentu akam dibuat ketagihan dengan cita rasa yang ditawarkan. Kemasannya yang praktis dan menarik menjadikan abon kepiting soka sangat cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

4. Madu Alam Sembakung

madu alam sembakung
bukalapak.com

Madu alam Sembakung juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi oleh oleh khas Nunukan yang menarik untuk kamu coba. Madu yang satu ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal tetapi juga di kalangan wisatawan yang datang ke Nunukan. Tidak hanya dikenal dengan cita rasanya yang lezat dan khas, madu ini juga dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Oleh karena itu, maka tidak heran jika madu alam Sembakung banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Kemasan yang praktis juga menjadikan madu alam sembako sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh. Saat berkunjung ke Nunukan, tidak ada salahnya bagi kamu untuk berburu madu yang satu ini.

5. Beras Adan

beras adan
food.detik.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan beras adan? Beras adan dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Nunukan yang banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Beras yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang halus serta menawarkan cita rasa yang khas. Aroma beras adan juga dikenal sangat sedap.

Beras yang merupakan beras lokal hasil budidaya masyarakat Nunukan ini banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain lezat, beras yang dikenal berkualitas tinggi ini mampu menarik perhatian sehingga membuat banyak orang penasaran dan ingin mencobanya.

6. Batik Lulantatibu

batik lulantatibu
news.detik.com

Tidak hanya makanan, batik juga menjadi salah satu rekomendasi yang dapat kamu pilih saat berburu oleh oleh khas Nunukan. Batik khas Nunukan yang populer dan dikenal oleh masyarakat lokal maupun wisatawan adalah batik lulantatibu. Batik yang satu ini dapat kamu beli dalam bentuk lembaran maupun siap pakai seperti baju maupun pakaian lainnya.

Motif dalam batik ini merupakan gabungan dari motif yang dimiliki oleh empat suku yakni Dayak Lundayeh, Dayak Taghol, Dayak Tagalan, dan juga Dayak Tidung Bulungan. Warna-warna yang digunakan untuk membuat batik ini juga berasal dari pewarna alami seperti kayu secang untuk warna merah, kunyit untuk warna orange, daun jambu untuk warna coklat muda, dan juga daun jati untuk warna merah marun. Menarik sekali bukan? Saat berkunjung ke Nunukan, membeli batik yang satu ini tentu menjadi pilihan tepat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat di rumah.

7. Sambal Acar Mangga

sambal acar mangga
lifestyle.okezone.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan sambal acar mangga? Sambal acar mangga merupakan salah satu makanan sekaligus oleh oleh khas Nunukan yang banyak diburu oleh wisatawan. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan dasar buah mangga.

Saat dinikmati, sambal acar mangga menawarkan cita rasa yang segar dan juga asam. Sambal yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi dan dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Saat berkunjung ke Nunukan, tidak ada salahnya jika kamu menyampaikan untuk berburu lezatnya sambal acar mangga. Kamu akan dibuat ketagihan setelah mencoba makanan yang satu ini.

8. Madu Mongso

Oleh Oleh khas Nunukan
celebes.co

Sebutkan makanan madu mongso tentu sudah tidak asing lagi didengar. Madu mongso juga dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Nunukan yang bisa kamu coba. Madu mongso khas Nunukan dikenal memiliki cita rasa yang berbeda dengan madu mongso pada umumnya.

Hal yang membedakan adalah madu mongso khas Nunukan dibuat dengan tambahan rumput laut sehingga memiliki tekstur yang lebih kenyal dan mengandung banyak serat. Adanya tambahan rumput laut juga menjadikan makanan ini dapat tahan lebih lama. Kemasannya yang praktis dan menarik menjadikan madu mongso dapat kamu beli sebagai oleh oleh khas Nunukan untuk dibawa pulang.

Nah, itulah daftar 8 rekomendasi oleh oleh khas Nunukan yang menarik kamu pilih. Saat berkunjung ke Nunukan, oleh oleh manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu coba?



Leave a Reply