7 Air Terjun di Purwakarta Segarkan Jiwa Raga


Fida  August 13, 2022  0 Comment

Purwakarta dikenal sebagai salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang menawarkan banyaknya tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang dapat kamu kunjungi adalah air terjun. Kamu dapat menjumpai beberapa air terjun di Purwakarta dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 7 rekomendasi air terjun di Purwakarta yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Curug Suhada Purwakarta

curug suhada purwakarta
nativeindonesia.com

Salah satu rekomendasi air terjun di Purwakarta yang populer dan menarik untuk kamu datangi adalah Curug Suhada. Air terjun yang satu ini kerap menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur di Purwakarta. Lokasi dari Curug Suhada berada di daerah Sindanglaya, Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Air terjun yang satu ini juga kerap disebut sebagai air terjun terbesar di Purwakarta. Dengan ketinggian mencapai 7 meter, pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya aliran air yang deras dan jernih. Tidak hanya itu, pemandangan tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga tampak sangat menakjubkan.

Kawasan Curug Suhada juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, salah satunya adalah adanya camping ground. Saat musim kemarau tiba, air terjun ini memiliki debit air yang lebih kecil dari biasanya.

Udara yang sejuk dan segar menjadikan tempat wisata yang satu ini cocok kamu pilih sebagai tempat untuk menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Suasana asri dan tenang yang ditawarkan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang.

Gotravelly

Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami

Air Terjun Kogawuna Baubau Yang Tetap Segar Di Musim Hujan

2. Curug Cilamaya

curug cilamaya
libur.co

Rekomendasi air terjun berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu datangi adalah Curug Cilamaya. Air terjun ini dapat kamu datangi di daerah Pusakamulya, Kiarapedes. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus terbih dahulu berjalan kaki melewarti area persawahan. Kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun.

Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadikan air terjun ini belum ramai dikunjungi wisatawan. Hal itu tentu menjadikan Curug Cilamaya memiliki suasana yang masih asri dan alami. Udaranya yang sejuk dan cenderung dingin juga mengaharuskan pengunjung untuk membawa jaket atau penghangat sebelum datang ke curug ini.

Jika ingin melepas penat dengan mengunjungi salah satu air terjun di Purwakarta, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi indahnya Curug Cilamaya. Keindahan serta keasrian yang ditawarkan tentu akan membuat pengunjung betah. Tempat wisata yang satu ini juga cocok dikunjungi bagi kamu yang suka berpetualang.

3. Curug Cimata Indung

curug cimata indung
rctiplus.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu air terjun di Purwakarta, kamu dapat mengunjungi indahnya Curug Cimata Indung. Air terjun yang satu ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan yang sering datang ke Purwakarta.

Curug Cimata Indung bisa kamu datangi di daerah Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Akses jalan yang mudah dilalui menjadikan wisata ini dapat kamu pilih untuk menghabiskan waktu berlibur saat berada di Purwakarta. Tidak hanya itu, di sekitar Curug Cimata Indung juga terdapat banyak tempat makan sehingga sangat memudahkan pengunjung untuk mengisi perut saat berlibur.

Curug Cimata Indung menawarkan keindahan alam luar biasa. Tidak hanya dapat bersantai di sekitar air terjun, pengunjung juga dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang di bawah air terjun. Menarik sekali, ya? Saat datang ke Purwakarta, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan datang dan menikmati indahnya Curug Cimata Indung.

4. Curug Walanda

curug walanda
jabarnews.com

Curug Walanda juga dikenal sebagai salah satu air terjun yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Air terjun yang satu ini dapat kamu datangi di Daerah Sukamukti, Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Curug Walanda menawarkan suasana yang sangat asri dan tenang sehingga cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur di Purwakarta. Aliran air yang deras dan jernih juga sangat memanjakan mata. Tidak hanya menikmati pemadangan, pengunjung juga dapat mencoba langsung sensasi bermain air hingga berenang di bawah air terjun. Seru sekali bukan?

Bagi pecinta foto, Curug Walanda menawarkan banyak spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Adanya tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami. Tertarik untuk datang ke Curug Walanda saat berada di Purwakarta?

5. Curug Cipurut

curug cipurut
sikidang.com

Tidak kalah indah dengan wisata air terjun lainnya, Curug Cipurut juga dapat menjadi tujuan tepat untuk berlibur. Air terjun yang satu ini terletak di daerag Wanasaya, Kabupaten Purwakarta. Untuk datang dan menyusuri indahnya tempat wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000,- per orang.

Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak. Curug Cipuruit menawarkan pemandangan indah dan sangat memanjakan mata. Wisata ini juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung seperti adanya toilet, musholla, serta warung atau tempat makan.

Jika datang saat musim penghujan, air terjun ini akan mengalirkan air dengan debit yang lebih besar dari biasanya. Air terjun yang megah dengan pemadangan hijau di sekeklilingnya ini tentu dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu dan keluarga untuk menghabiskan waktu berlibur.

6. Curug Cisomang

Air Terjun di Purwakarta
travel.kompas.com

Rekomendasi air terjun berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Curug Cisomang. Air terjun yang satu ini dapat kamu datangi di Desa Sepok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

Saat tiba di lokasi air terjun, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan yang ditawarkan. Aliran air yang deras dan jernih di Curug Cisomang tentu sangat memanjakan mata. Kamu dapat bersantai sekaligus menikmati keindahan yang ditawarkan. Tidak hanya itu, pemandangan curug ini juga menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto.

7. Curug Cijalu

curug cijalu
nativeindonesia.com

Pernah mendenger sebutan wisata Curug Cijalu? Curug Cijalu merupakan salah satu wisata alam berupa air terjun yang menarik untuk kamu datangi. Air terjun yang satu ini masih menjadi satu lokasi dengan Curug Putri. Karena berada di ketinggian 1030 mdpl, maka tidak heran jika air terjun ini menawarkan suasana yang sejuk.

Indahnya pemandangan Curug Cijalu tentu akan membuat pengunjung betah. Tempat yang satu ini sangat cocok kamu pilih sebagai lokasi untuk menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Selain dapat bersantai dan berfoto dengan indahnya pemandangan, pengunjung juga dapat bermain air hingga berenang di bawah air terjun. Seru sekali bukan?

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi air terjun di Purwakarta yang menarik untuk kamu datangi. Saat berkesempatan menghabiskan waktu berlibur di Purwakarta, air terjun manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply