10 Wisata Alam di Riau, Pesonanya Memukau


Fida  August 6, 2022  0 Comment

Riau dikenal sebagai salah satu Provinsi di Indonesia yang menawarkan banyaknya tempat wisata. Kawasan yang satu ini dikenal memiliki banyak tempat wisata alam dengan pemandangan eksotis dan menakjubkan. Saat berkunjung ke Riau, inilah daftar 10 rekomendasi tempat wisata alam Riau yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Bukit Ulu Kasok

bukit ulu kasok
travel.detik.com

Bukit Ulu Kasok dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Riau yang populer dan bisa kamu datangi. Bukit yang satu ini terletak di Desa Pulau Gadang, Koto Kampar, Riau.

Sesuai dengan namanya, Bukit Ulu Kasok menawarkan perbukitan dengan pemandangan indah di sekelilingnya. Untuk tiba di puncak, pengunjung perlu mendaki dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa Bukit Ulu Kasok menawarkan pemandangan indah layaknya wisata Raja Ampat di Papua. Kamu dapat melihat langsung perairan serta gugusan pulaunya yang indah.

Gotravelly

One Day Trip Silalahi Sumatera Utara

Tangkahan : The Hidden Paradise

2. Pulau Jemur

pulau jemur
hotelmurah.com

Pernah medengar sebutan Pulau Jemur? Pulau Jemur dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Riau yang populer dan banyak didatangi wisatawan. Pulau yang satu ini memang dikenal menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan.

Yang menjadi daya tarik dari pulau ini adalah adanya pantai dengan pasir putih yang juga merupakan tempat tinggal bagi penyu hijau. Suasananya yang masih sangat alami juga akan memberimu ketenangan saat berlibur di Pulau Jemur. Saat datang ke Riau, kamu dapat mengunjungi Pulai Jemur di Kecamatan Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir.

3. Pantai Trikora

pantai trikora
pesonaindonesia.kompas.com

Berlibur ke pantai memang menjadi hal mengasyikkan yang bisa kamu coba. Pantai Trikora dapat menjadi tujuan tepat bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata alam di Riau. Pantai ini memiliki wilayah yang cukup luas dan dibagi menjadi 4 bagian diantaranya Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, dan juga Trikora 4.

Di pantai ini, kamu akan dimanjakan dengan suasana yang sangat tenang. Adanya bebatuan di pinggir pantai juga menjadikan pemandangan tampak semakin menakjubkan. Tidak hanya itu, pegunjung juga dapat mencoba sensasi snorkeling dan beberapa aktivitas lainnya. Seru sekali, ya?

4. Air Terjun Lubuk Bigau

air terjun lubuk bigau
reyginaiwsataindonesia.blogspot.com

Tidak hanya wisata pantai dan bukit, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata alam di Riau berupa air terjun. Salah satu air terjun yang populer dan dikenal indah adalah Air Terjun Lubuk Bigau. Air terjun yang satu ini dapat kamu kunjungi di Desa Lubuk Ligau, Kecamatan Kamparan Hulu, Kampar, Riau.

Air terjun yang satu ini juga dikenal dengan sebutan lain yakni Air Terjun Batang Kapas atau Air Terjun Pangkalan Kapas. Disini, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya aliran air yang terjun dari ketinggian mencapai 150 meter. Indahnya pemandangan tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga akan membuatmu betah dan enggan pulang.

5. Pantai Lagoi Bay

pantai lagoy bay
nativeindonesia.com

Berbicara soal tempat wisata alam di Riau memang tidak ada habis habisnya. Rekomendasi wisata berikutnya yang bisa kamu datangi di Riau adalah Pantai Lagoi Bay. Pantai yang satu ini dikenal indah dan dapat dikunjungi di kawasan Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Provinsi Riau.

Kamu tidak perlu khawatir karena Pantai Lagoi Bay dikenal bersih dan indah. Pengunjung juga tidak dikenakan biaya untuk datang dan menyusuri kawasan pantai ini. Garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang bersih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pantai ini juga memiliki banyak pohon kelapa sehingga tampak semakin indah dan asri. Tertarik untuk menghabiskan waktu di Pantai Lagoi Bay saat datang ke Riau?

6. Pulau Beting Aceh

Wisata Alam di Riau
travel.okezone.com

Pernah mendengar istilah pasir berbisik? Istilah ini digunakan untuk kawasan pantai yang pasirnya dapat mengeluarkan suara saat diinjak atau disentuh. Kamu dapat menjumpai pasir berbisik dengan mengunjungi Pulau Beting Aceh. Salah satu wisata alam di Riau ini berlokasi di daerah Titi Akar, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Selain pasir berbisik, pulau ini juga dikenal dengan suasananya yang masih sangat alami. Pengunjung akan merasakan suasana yang tenang saat berlibur ke Pulau Beting Aceh. Untuk tiba di pulau ini, pengunjung harus mengendarai speedboat dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Untuk menaiki transportasi speedboat menuju pulau, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 1.500.000,- per 10 orang.

7. Sungai Gulamo

sungai gulamo
bertuahpos.com

Sunagi Gulamo atau yang kerap disebut mirip dengan Grand Canyon ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Riau yang menarik untuk kamu datangi. Sungai yang diapit oleh bebatuan ini memberi kesan unik dan menarik bagi wisatawan.

Sungai Gulamo dapat kamu datangi di Jalan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Ada banyak kegiatan yang dapat kamu coba di kawasan sungai ini diantaranya rafting, berenang, hingga bermain air. Pengunjung akan dibuat betah dengan keindahan serta suasana yang ditawarkan oleh Sungai Gulamo.

8. Sungai Kampar

sungai kampar
travel.okezone.com

Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin, datang ke Sungai Kampar tentu menjadi hal tepat yang bisa kamu coba. Sungai Kampar dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Riau yang populer dan unik. Bagaimana tidak, sungai ini memiliki ombak yang tinggi dan mirip dengan di laut. Tidak sedikit wisatawan yang mencoba sensasi berselancar di ombak Sungai Kampar.

Masyarakat setempat menyebut ombak di sungai ini dengan sebutan ombak bono. Ombak bono merupakan ombak yang terbentuk dari benturan arus sungai dan laut. Sungai ini berlokasi di Kacamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur dengan berselancar di Sungai Kampar?

9. Teluk Rhu Rupat

teluk rhu rupat
bengkaliskab.go.id

Bersantai dan menikmati pemandangan matahari terbenam tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Dengan mengunjungi wisata alam di Riau yang satu ini, kamu dapat bersantai sekaligus menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam di sore hari. Teluk Rhu Rupat dapat kamu kunjungi di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten bengkalis, Riau. Suasananya yang tenang menjadikan tempat ini sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Riau.

10. Pantai Sepahat

pantai sepahat
indonesiatraveler.id

Satu lagi rekomendasi wisata alam di Riau yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Pantai Sepahat. Pantai yang satu ini dikenal indah dan memiliki suasana yang masih sangat alami. Pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan eksotis saat sore hari. Pengunjung dapat menikmati indahnya senja di Pantai Sepahat. Menarik sekali bukan?

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi wisata alam di Riau yang dapat kamu kunjungi. Saat berkesempatan datang ke Riau, tempat wisata manakah yang tampak menarik dan paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply