10 Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan


sisil angelin  October 24, 2018  0 Comment

Oleh oleh khas Kalimantan menjadi salah satu hal yang diburu oleh wisatawan. Makanan disana memang sangat menarik sehingga banyak yang membawanya pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Kalimantan merupakan salah satu Pulau di Indonesia yang dijuluki Borneo dalam kancah International. Disana sangat terkenal dengan tempat wisatawanya yang indah dan berbagai macam oleh-oleh khas Kalimantan.
Semua wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan menghabiskan waktunya untuk menikmati seluruh tempat wisata disana. Pada waktu liburan sekolah pasti banyak sekali wisatawan datang dari luar kota dan luar pulau untuk melakukan liburan disana. Bahkan ada yang liburan bersama keluarga besar juga. Anda pastinya juga ingin liburan di Kalimantan, liburan saja sekarang dan jangan lupa membeli oleh-oleh khas Kalimantan.

Setiap tempat wisata di Kalimantan pasti ada penjual makanan oleh-oleh. Anda tidak perlu bingung lagi dalam membeli buah tangan, karena tinggal memilihnya di para penjual. Aneka makanan ringan khas Kalimantan dijual dengan harga yang murah, jadi Anda bisa membeli makanan khas tersebut dengan jumlah yang banyak. Berikut ini  oleh-oleh makanan khas Kalimantan

1. Rabuk ikan khas Banjarmasin

Rabuk ikan khas Banjarmasin

cookpad.com

Banjarmasin merupakan salah satu kota di Kalimantan. Pada kota tersebut ada makanan khas yang bisa dibeli untuk dijadikan buah tangan yaitu rabuk ikan. Rasa rabuk ikan ini sangat lezat, bisa digunakan sebagai lauk makan atau cemilan ketika santai.
Bahan yang digunakan untuk membuat rabuk ikan yaitu dari ikan tenggiri dan gabus. Melihat bahan ikan yang digunakan sangat berkualitas maka, rasanya pasti dijamin lezat. Bentuk rabuk ikan seperti abon, warnanya cokelat dan rasanya sangat lezat.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Kepulauan Halmahera Yang Unik Dan Menarik

Mie Bancir Agus Sasirangan

Pondok Patin Bakar Banjarmasin

2. Dodol kandangan

Dodol kandangan

IndonesiaKaya.com

Siapa sangka kalau oleh-oleh khas Kalimantan juga ada dodol. Biasanya dodol paling enak dibuat dikota Garut namun, dodol Kalimantan juga tidak kalah enak. Dodol kandangan terbuat dari gula aren, ketan dan berbagai bahan lainnya. Bila Anda memegang dodol kandangan maka, teksturnya tidak berbeda dengan dodol pada umumnya.
Keunikan yang berada di dodol kandangan yaitu ada varian rasanya. Rasa yang disajikan cukup memikat hati para wisatawan untuk membelinya. Anda bisa memilih rasa durian, karena dodol kandngan rasa durian ini paling populer. Rasa manis dodol kandangan tidak membuat orang bosan melainkan, membuat orang jadi semakin ketagihan.

3. Amplang (kuku macan)

Amplang

pegipegi.com

Amplang merupakan makanan ringan yang rasanya lezat. Makanan ini biasa disebut dengan kuku macan, karena bentuk makanannya sepertu kuku macan yang besar. Amplang biasanya cocok sekali dibuat untuk camilan dikala santai. Bahkan ada juga yang menjadikan amplang sebagai krupuk dan memakannya bersama nasik.
Rasa amplang sangat kental dengan ikan. Memang amplang terbuat dari ikan tenggiri dan campuran bahan kanji. Sebenarnya ikan yang digunakan tidak hanya tenggiri saja melainkan bisa ikan mujair, ikan pipih, dan ikan haruan.

4. Bakpia

Bakpia

oleh-olehkhasbanjar.blogspot.com

Sekarang pulau Kalimantan tepatnya di daerah Balikpapan ada makanan khas bakpia. Anda bisa melihat bakpia dengan ukuran besar disana. Inilah ciri khas yang dimiliki oleh bakpia Kalimantan, jadi saat memakan bakpia tersebut rasanya sangat puas dan kenyang. Ada variasi rasa yang ditawarkan oleh bakpia, diantaranya yaitu ada rasa kacang hijau, cokelat, dan keju. Anda bisa memilih rasa bakpia sesuai dengan kesukaan.
Pada waktu mencari penjual oleh-oleh khas Kalimantan bakpia tidaklah sulit, karena penjualnya bisa ditemukan pada sepanjang jalan. Harganya juga cukup terjangkau sehingga wisatawan selalu melakukan pembelian bakpia dalam jumlah yang banyak.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Trenggalek Yang Murah Dan Mengesankan

5. Bingka

Bingka

Kumparan.com

Bingka merupakan kue tradisional yang berada di Kalimantan Timur. Makanan ini rasanya enak dan paling favorite didaerah sana. Waktu para wisatawan mencicipi makanan oleh-oleh khas Kalimantan ini ternyata banyak yang menyukainya. Mereka akhirnya membeli bingka untuk dijadikan oleh-oleh. Kue bingka terbuat dari bahan susu, gula, santan, mentega dan kentang. Rasanya manis dan lezat sehingga.
Berbagai macam rasa bingka yang menarik perhatian wisatawan yaitu ada keju, gula merah, cokelat, vanilla, pandang dan pisang. Bingka merupakan kue basah, sehingga hanya dapat bertahan selama satu hari saja. Bila rumah Anda jauh maka, sebaiknya tidak membungkus makanan ini untuk buah tangan takutnya sampai rumah sudah tidak enak.

6. Onde-onde ubi ungu

Onde-onde ubi ungu

blog.traveloka.com

Anda pasti belum pernah memakan onde-onde dengan isi ubi ungu. Tentu saja makanan ini hanya bisa ditemukan di Kalimantan. Bahan yang digunakan untuk membuat onde-onde sama seperti biasanya tetapi, isinya tidak terbuat dari kacang hijau melainkan diganti dengan ubi yang sudah ditumbuk halus. Uniknya onde-onde ini membuat semua orang tertarik untuk mencicipinya.
Ternyata isi yang ditawarkan tidak hanya ubi, ada beberapa isi atau topping yang dapat dirasakan oleh anda. Diantaranya yaitu ada topping cokelat, keju, kacang hijau dan masih banyak lagi lainnya.

7. Mantau

Mantau khas kalimantan

KSMTour.com

Mantau adalah makanan yang unik dan rasanya begitu lezat. Bila dimakanan rasanya renyah lezat sehingga membuat orang ketagihan. Harga mantau dibanderol sekitar Rp. 50.000. Dalam satu kardus mantau berisi 10 biji yang ukurannya lumayan besar. Biasanya mantau bisa dibeli pada toko oleh-oleh khas Kalimantan. Anda harus membelinya untuk diberikan ke keluarga tercinta dirumah.

8. Keripik kelakai

Keripik kelakai

IndonesiaKaya.com

Dari namanya saja Anda pasti sangat penasaran dengan keripik kelakai. Memang wisatawan selalu penasaran dengan keripik ini, karena namanya sangat berbeda dengan keripik lainnya. Keripik terbuat dari bahan adonan rempah dan diberi bumbu khusus. Rasanya renyah, sedap dan gurih jadi satu.
Oleh-oleh khas Kalimantan ini mengandung gizi yang cukup banyak. Ada kandungan alkaloid, steroid, fenol dan flavonoid. Keripik juga tidak diberi bahan pengawet apapun sehingga aman sekali untuk dikonsumsi. Harganya dibanderol dari Rp. 5000 hingga Rp. 12.000.

Baca juga :  17 Oleh-oleh Khas Surabaya Terkenal

9. Kue kucur

toko oleh oleh terdekat

rancahpost.com

Oleh-oleh khas Kalimantan selanjutnya yaitu ada kue kucur. Sebenarnya kue kucur dibuat untuk melakukan ritual keagamaan di Kalimantan. Sajian ritual harus diberi kue kucur karena kepercayaan masyarakat disana memang begitu.
Sekarang kue kucur tidak hanya digunakan sebagai makanan sesajen melainkan sudah dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat Kalimantan. Kue kucur terbuat dari bahan gula pasir, beras serta lainnya. Biasanya kue berwarna merah, kuning, putih, hijau dan warna lainnya.

10. Wadai apam

Wadai apam

dapur-teh-enur.blogspot.com

Anda bisa membeli oleh-oleh khas Kalimantan kue apam. Keunya sangat lembut dan manis, rasa manisnya sedang sehingga tidak terlalu legit. Kalau legit akan membuat orang bosan memakannya. Bentuk kue sangat menarik ada bundar, bunga dan persegi empat. Harga sangat murah, Anda bisa memborong kue ini.
Oleh-oleh khas Kalimantan di atas sangat direkomendasikan untuk dibeli. Meski ada beberapa makanan yang basah sehingga mudah sekali tidak enak tetapi, Anda dapat memilih makanan kering lainnya. Dijamin keluarga Anda pasti sangat senang ketika dikasih oleh-oleh khas Kalimantan. Bahkan mereka akan ketagihan, karena rasa makanan oleh-oleh khas Kalimantan tersebut begitu lezat.



Leave a Reply