11 Oleh Oleh Khas Sumbawa, Ada Susu Kuda Liar Hingga Tenun


Reni  July 26, 2022  0 Comment

Sumbawa berada di Nusa tenggara Timur dikenal dengan keindahan alam berupa perbukitan, padang yang luas dan juga pantainya yang bening. Hasil alam menjadikan Sumbawa menghasilkan produk yang terasa unik dan spesial. Apa sajakah oleh oleh khas Sumbawa? berikut daftarnya.

1. Madu Sumbawa

madu sumbawa
twitter.com

Oleh oleh khas Sumbawa yang bisa kamu bawang selanjutnya adalah Madu Sumbawa. Madu khas Sumbawa ini memang spesial karena berasal dari hutan Sumbawa. Jadi bukan madu ternakan.  Madu berasal dari jenis lebah Apis Dorsata dimana sumber makanan lebah ini berasal dari nektar pohon kopi dan bidara. Lebah-lebah  ini memang banyak menghuni hutan-hutan di Sumbawa.

Karena bukan madu ternakan, untuk mendapatkan madu Sumbawa ini lumayan langka. Apalagi kadar air dalam madu Sumbawa ini lebih rendah dibandingkan madu dari daerah lain. Nggak salah jika harganya juga lumayan mahal. Untuk kemasan botol berukuran kecil hingga botol berukuran 1 liter madu asli Sumbawa dibandrol dnegan harga Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000.

Gotravelly

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

Desa Sade : Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok Selain Pantai

2. Susu Kuda Liar

susu kuda liar
wartalombok.pikiran-rakyat.com

Oleh oleh khas Sumbawa yang satu ini wajib banget kamu bawa pulang. Susu kuda tidak banyak dijumpai di daerah lain. Produk susu kuda liar sangat terkenal, tak hanya di Indonesia tapi juga terkenal hingga mancanegara.

Susu kuda liar memang diambil dari perasan susu kuda yang tinggal di alam bebas. Memiliki rasa yang sangat gurih dan kandungan gulanya lumayan lebih tinggi, jadi lebih manis terasa. Meski demikin susu kuda liar sangat menyehatkan.

Susu kuda liar ini memiliki segudang manfaat. Baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit, juga bagus untuk kesehatan kulit. Dan paling terkenal adalah manfaatnya untuk membuat stamina pria lebih kuat dan tahan lama ketika berhubungan intim. Tertarik untuk mengkonsumsi?

3. Permen Susu Kuda Liar

permen susu kuda liar
shopee.co.id

Jika kamu tidak menyukai meminum langsung susu kuda liar, maka kamu bisa mencobanya dalam bentuk permen. Yap, susu kuda liar tersedia pula dalam bentuk permen, jadi lebih tahan lama.

Rasa permen kuda liar ini rasanya tidak terlalu kuat seperti meminum susunya secara langsung. Rasanya lebih manis dan cocok di lidah kita. Permen susu kuda liar banyak dijumpai di toko oleh oleh di Sumbawa.

4. Manjareal

manjareal
food.detik.com

Kue tradisional khas Sumbawa bisa menjadi pilihan oleh oleh khas Sumbawa yang bisa kamu bawa pulang. Manjareal terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan. Kemudian dimasak bersama gula hingga kalis. Selanjutnya dicampur bersama tepung atau sagu.

Setelah matang, adonan kemudian dicetak menggunakan daun lontar berbentuk seperti daun semanggi. Atau simbol keriting dalam kartu remi. Setelah dicetak kemudian dikeringkan, jadi manjareal ini lebih tahan lama.

Teksturnya yang padat beremah dengan rasa manis terasa lumer di lidah. Hargnya cukup ramah di kantong, manjareal biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 10.000/ bungkus

5. Kre’alang

kre alang sumbawa
antarafoto.com

Kain tenun khas Nusa tengara memang sudah terkenal hingga mancanegara. Mereka dikenal sebagai penghasil tenun terbaik.

Kre’alang sendiri adalah  hasil kerajinan tenun berupa sarung yang khusus dibuat dengan bahan sesek. Ciri khas Kre’alang adalah pada motif yang biasanya berbentuk tumbuhan atau binatang. Motif di design dengan menggunakan benang dengan warna keemasan.

Kre’alang bisa kamu beli di desa Poto yang merupakan pusat pengrajin Kre’alang di Nusa Tengggara. Karena proses pembuatan tenun tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lumayan lama, jangan kaget jika kain tenun asli dibandrol dengan harga sedikit mahal.

6. Baso Siong

baso siong
siapgrak.com

Eh jangan salah, lho ini bukan bakso melainkan baso, bahan utamanya dan teksturnya jelas beda. Baso siong salah satu oleh oleh khas Sumbawa ini terbuat dari jagung. Lebih mirip dengan popcorn.

Jagung kering dimasak dengan cara di sangrai hingga mengembang dan matang. Kemudian diberi garam atau bumbu resep rahasia. Rasanya gurih enak.

Baso siong dapat kamu jumpai di toko oleh oleh, juga biasanya ada penjual di tepi jalan kota. Cobain deh, cocok buat nemenin perjalanan kamu melihat bukit bukit cakep di daerah Sumbawa.

7. Kue Babingka

babingka
dapurhana.web.id

Oleh oleh khas Sumbawa selanjutnya adalah kue babingka yang paling banyak diincar oleh wisatawan. Kue babingka terbuat dari tepung ketan yang sudah dihaluskan. Kemudian dicampur dengan kelapa muda, santan, gula merah kemudian di panggang.

Rasanya manis dan gurih dengan tekstur kenyal. Di Pulau Jawa kue babingka ini mirip dengan kue wingko babat.

8. Dodol Rumput Laut

dodol rumput laut
katalog.oleholehkhaslombok.net

Salah satu oleh oleh khas Sumbawa yang tak boleh dilewatkan adalah dodol rumput laut. Jika dodol di daerah lain memiliki tekstur yang lembek dang lengket, dodol rumput laut khas Sumbawa ini teksturnya lebih padat kenyal.

Begitu pula dengan warnanya, jika dodol pada umumnya berwarna kecoklatan atau hitam, dodol rumput laut ini tersedia dalam warna warni cerah menggoda. Warna warni ini dibuat menyesuaikan rasanya. Ada rasa melon, strawberry, nanas, durian, tomat dan masih banyak lainnya.

Rumput laut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagus untuk menurunkan berat badan, menambah energi, menguatkan tulang dan gigi , melawan radikal bebas hingga memelihara kesehatan jantung. Jadi kalau kamu pas jalan jalan ke Sumbawa, jangan lupa membawa dodol rumput laut.

9. Keripik Plecing Tempe

keripik plecing tempe
lifestyle.okezone.com

Setelah yang manis manis, berikutnya adalah oleh oleh khas Sumbawa dengan rada pedas yakni keripik plecing tempe. Plecing sendiri adalah sambal khas masyarakat Nusa tenggara.

Keripik dengan rasa gurih pedas ini bisa kamu  nikmati sebagai camilan. Atau bisa juga kamu hidangkan bersama nasi hangat. Mantap!. kripik plecing tempe ini ini bisa kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh di Sumbawa.

10. Terasi Udang Labuan Botong

terasi udang labuan botong
shopee.co.id

Yang suka sambel jangan lupa bawa pulang terasi udang labuan botong. Terasi yang terbuat dari udang segar ini memiliki rasa lebih gurih dan aroma yang tidak terlalu menyengat.

Terasi udang Labuan botong ini menjadi salah satu bahan untuk membuat ikan bakar yang banyak dijual di restoran restoran di Sumbawa. Untuk membeli terasi datang saja ke pasar tradisional.

11. Minyak Sumbawa

minyak sumbawa
shopee.co.id

Minyak Sumbawa yang menjadi oleh oleh khas Sumbawa bukan sembarang minyak, lho. Minyak yang tak hanya dibuat untuk menggosok badan ini juga bisa digunakan untuk memasak. Minyak Sumbawa ini terbuat dari puluhan jenis rempah rempah termasuk akar kayu tertentu yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ternyata untuk membuat minyak Sumbawa tidak boleh dibuat oleh sembarang orang. Hanya Sandro yakni sebutan untuk pembuat minyak. Selama pembuatan minyak, Sadro dilarang bersentuhan dengan wanita. Tak cukup di situ saja, keistimewaan minyak Sumbawa adalah hanya dibuat saat bulan Muharram saja. Masyarakat percaya bahwa semua aturan dibuat agar khasiat minyak lebih mantap dan mujarab.

Deretan oleh oleh kahs Sumbawa ini benar benar unik kan? sangat berbeda dengan daerah lainnya. Jadi ketika kamu jalan jalan ke Sumbawa, siapin duit yang cukup untuk memborong semua oleh oleh, dijamin semua pasti senang.



Leave a Reply