Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
27 Feb 2020


Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?
Tak perlu jauh jauh ke Makasar apalagi sampai ke Alaska untuk menikmati semangkok es pisang Ijo karena di Gresik ada es pisang Ijo yang enaknya nggak ketulungan.

Puas menikmati nasi Padang Pariaman Jaya, tenggorokan minta dibasahi dengan yang segar dan manis. Kebetulan di daerah PPS, Pondok Permata Suci, Gresik berdekatan dengan nasi padang Pariaman Jaya ada penjual es pisang Ijo enak, namanya es Pisang ijo Alaska.

Eh, bukanya es pisang Ijo asli dari Makasar, ya? nggak salah. Es Pisang Ijo ini memang makanan khas Makasar, Sulawesi Selatan. Alaska ini hanya untuk penamaan saja.  Mungkin karena Alaska identik dengan hawa dingin sekaligus menjadi pemilihan nama yang mudah diingat.

Bisa dibilang es Ijo Alaska ini adalah pisang Ijo paling enak di Gresik. Beberapa kali saya kesini dan nggak pernah bosen. Dulu jualannya di sebuah mobil dipinggir jalan. Kemarin waktu kesini, saya kira sudah habis karena bagian belakang mobil sudah ditutup. Eh, waktu saya putar balik, ternyata sekarang jualannya di depan Toko. Dengan booth bertuliskan Es Pisang Ijo Alaska.

es pisang ijo alaska


Es pisang Ijo segera mendarat di kedua telapak tangan setelah saya memesannya. Selain cepat pelayannanya. Penyajiannya juga bersih.

Dalam semangkok es Pisang Ijo Alaska berisi bubur putih, kemudian diatasnya diberi potongan pisang ijo. Pisang ijo ini yang menjadi ciri khasnya. Pisangnya dibalut dalam adonan tepung berwarna hijau. Semacam pancake tipis.

Mangkok yang sudah berisi bubur dan pisang ijo kemudian ditambahakan mutiara, irisan nangka, es crystal, sirup merah dan terakhir diberi susu kental manis.

es pisang ijo alaska


Seperti biasa, sebelum menikmati, saya aduk terlebih dahulu biar tercampur semua. Setelah cukup tercampur saya tunggu hingga cukup dingin.setelah itu sesendok pisang Ijo mendarat dalam mulut saya.

Rasanya enak, tidak terlalu manis, jadi tidak neg. Bisa dirasakan sirupnya menggunakan gula asli, nggak serik. Lebih terasa halus di tenggorokan. Bubur putihnya juga pas tekturnya, nggak terlalu menggumpaltebal juga nggak terlalu lembek. Ketika bercampur dengan lelehan es, rasanya masih tetep enak. Gurih.

es pisang ijo alaska


Nagkanya segar manis, kadar kematanganya juga pas. Bisa diliat dari warna kuning dan aroma yang menggoda hidung.

es pisang ijo alaska

es pisang ijo alaska


Untuk pisangnya ini yang menjadi andalan disini. Enak rasa pisangnya. Manis pas dan gurih. Tingkat kematangan pisang pas sekali. Tidak telalu tua atau muda. Balutan tepung yang membungkus pisang tekturnya lembut. Rasa pisang ini melebur dan matching dengan bubur putih, Mutiara, Nangka dan sirup. Sebuah kombinasi yang memanjakan lidah dihari yang terik maupun hujan.

 

Kalau suka nikmati es pisang ijo dirumah, nggak usah khawatir. Es pisang ijo Alaska juga menyediakan wadah mangkok plastik yang nyaman dibawah. Es nya juga dimasukkan dalam plastik yang berbeda. Jadi nggak tercampur dengan adonan pisang Ijo. 

Semangkok es pisang Ijo harganya Rp. 8.000 saja. dan bukannya siang, Jam 10.00 – 14.00. Kadang kalau laris sebelum jam 14.000 sudah habis.

Opening Hours
10.00 - 14.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY