10 Camilan Serba Kacang Khas Daerah Indonesia


Fida  April 3, 2021  0 Comment

Indonesia menjadi salah satu negara yang dikenal kaya akan budaya, tempat wisata, dan makanan khas. Beberapa jajanan khas Indonesia juga tidak kalah menggugah selera untuk dicoba. Camilan serba kacang khas daerah Indonesia juga sangat banyak dan beragam. Beberapa camilan serba kacang tersebut diolah dengan bahan tambahan serta proses pengolahan yang berbeda-beda.

1. Ampyang

ampyang
blibli.com

Salah satu camilan serba kacang khas daerah Indonesia adalah ampyang. Camilan yang satu ini serat menjadi oleh-oleh dari beberapa daerah di Jawa Tengah. Dibuat dengan bahan dasar kacang, ampyang memiliki tambahan seperti serbuk jahe dan gula Jawa yang dilarutkan dengan air.

Setelah adonan dibuat dan masih hangat, selanjutnya adalah memasukkan kacang tanah yang telah disangrai ke dalam adonan. Jajanan yang satu ini memiliki cita rasa yang dominan manis. Rasa gurih yang berasal dari kacang dan sedikit pedas yang berasal dari jahe menjadikan cita rasa jajanan yang satu ini sangat pas untuk dinikmati.

review kuliner

Pantai Karang Bolong

Bakpia Pathok 25 : Oleh-Oleh Yang Harus Banget Dibeli Saat Ke Jogja!

2. Kacang Sembunyi

 Kacang Sembunyi
anitakue.wordpress.com

Kacang sembunyi menjadi salah satu cemilan serba kacang khas daerah Indonesia. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini memiliki bentuk 1 kacang yang dilapisi dengan adonan kulit sehingga tampak seperti kacang sembunyi. Adonan kulit kacang sembunyi dibuat dari tepung terigu.

Setelah adonan ditipiskan dan dipotong kecil dengan ukuran 4 sampai 6 cm, selanjutnya adalah mengisi adonan dengan kacang dan menggulungnya. Setelah itu kacang sembunyi di goreng hingga berwarna kecoklatan. Adanya tambahan guyuran gula dan karamel menjadikan cita rasa kacang sembunyi semakin nikmat. Jajanan yang satu ini biasa disajikan saat acara besar seperti hari raya.

3. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese
pinterest.com.au

Almond crispy cheese menjadi salah satu cemilan serba kacang khas daerah Indonesia. Camilan yang satu ini sangat mudah dijumpai di beberapa kota khususnya Kota Surabaya. Almond crispy cheese dibuat dari serbuk kacang almond yang dicampur dengan adonan tepung.

Adanya toping kacang almond dan parutan keju menjadikan tampilan jajanan yang satu ini semakin menggugah selera. Saat berkunjung ke Kota Surabaya, jangan lewatkan untuk mencoba uniknya jajanan almond crispy cheese.

4. Tumpi

Tumpi
cookpad.com

Saat ingin mencoba lezatnya salah satu camilan serba kacang khas daerah Indonesia, Anda bisa memilih Tumpi sebagai camilan yang bisa Anda coba. Tumpi memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan peyek kacang. Namun hal yang membedakan tumpi dengan peyek pada umumnya adalah pemilihan kacang. Tumpi menggunakan kacang hijau sebagai tambahannya.

Camilan yang satu ini terkenal dan mudah dijumpai di daerah Jawa Tengah seperti Cilacap. Meskipun terkesan sederhana, camilan yang satu ini memiliki banyak manfaat dan gizi. Selain enak dinikmati langsung, tumpi juga semakin lezat dinikmati bersama dengan nasi dan lauk.

5. Kacang Disco

Kacang Disco
dapurkobe.co.id

Pernah mendengar istilah kacang disco? Kacang disco merupakan salah satu camilan serba kacang khas daerah Indonesia yang berasal dari Bali. Selain namanya yang unik, lezatnya jajanan yang satu ini juga tak terlupakan. Kacang disco dibuat dari kacang tanah yang dilapisi dengan adonan tepung terigu. Setelah terlapisi dengan adonan tepung yang gurih, kacang disco kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Selain dikenal nikmat, kacang disco juga memiliki aroma daun jeruk yang khas. Ada beberapa rasa yang bisa Anda pilih seperti gurih, manis, maupun pedas. Salah satu oleh-oleh dari Bali yang sayang untuk Anda lewatkan.

6. Roti Kering Kenari

Roti Kering Kenari
egindo.co

Salah satu camilan serba kacang khas daerah Indonesia yang bisa Anda coba adalah roti kering kenari. Roti kering kenari merupakan camilan yang dibuat dengan bahan dasar roti tawar yang dipotong kotak-kotak. Setelah dipotong, roti tawar kemudian ditaburi dengan kacang kenari dan dipanggang.

Roti kering kenari juga diolesi dengan telur yang dicampur susu kental manis sebelum dipanggang. Sudah terbayang bagaimana lezatnya camilan dari olahan kacang yang satu ini? Jajanan yang satu ini cocok dinikmati bersama satu cangkir teh atau kopi.

7. Halua Kenari

Halua Kenari
daerahkita.com

Salah satu camilan serba kacang khas daerah Indonesia yang bisa Anda coba adalah halua kenari. Halua kenari merupakan camilan olahan kacang yang memiliki cara pembuatan hampir sama dengan ampyang. Gula merah yang telah meleleh dikucurkan ke kacang kenari.

Jajanan yang satu ini sangat khas karena dibungkus dengan menggunakan klobot jagung. Selain itu, ada juga yang dicetak dengan menggunakan alat hingga dibentuk menjadi bola-bola. Bagi anda yang suka cemilan atau jajanan dengan cita rasa manis, halua kenari bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda coba. Jajanan yang satu ini terkenal dan mudah dijumpai di wilayah timur Indonesia.

8. Kacang Goyang

Kacang Goyang
blog.tiket.com

Salah satu camilan serba kacang khas Indonesia yang cukup populer adalah kacang goyang. Kacang goyang merupakan camilan khas Minahasa. Proses pembuatan camilan yang satu ini membutuhkan waktu cukup lama.

Langkah pertama adalah kacang tanah yang masih menjadi satu dengan kulitnya disangrai hingga matang. Saat melakukan proses sangrai, kacang tanah digoyang-goyangkan. Hal itu yang menjadikan camilan yang satu ini memiliki nama kacang goyang. Setelah proses sangrai selesai, kacang kemudian dikupas dan diguyur dengan pemanis serta pewarna makanan. Proses pembuatannya yang cukup lama juga menghasilkan cita rasa yang luar biasa pada camilan yang satu ini. Salah satu camilan yang sayang untuk tidak Anda coba.

9. Rempeyek Kacang

Rempeyek Kacang
resepmasakterbaru.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan rempeyek kacang. Makanan yang satu ini merupakan salah satu cemilan serba kacang khas daerah Indonesia. Rempeyek dibuat dengan berbagai bahan seperti tepung beras bumbu dan juga air. Tidak lupa kacang tanah sebagai pelengkap yang menghasilkan cita rasa khas.

Rempeyek kacang menawarkan cita rasa gurih serta tekstur yang renyah. Selain cocok untuk dinikmati langsung, rempeyek juga cocok menjadi pendamping nasi putih dan sayur saat makan. Rempeyek kacang cukup mudah dijumpai khususnya di beberapa restoran atau warung makan. Harganya yang terjangkau juga menjadikan rempeyek kacang masih banyak diburu hingga saat ini.

10. Jipang Kacang

Jipang Kacang
tokopedia.com

Salah satu camilan serba kacang khas daerah Indonesia yang bisa Anda coba adalah jipang kacang. Simpang kaca memiliki bentuk persegi panjang. Adonan yang dipakai menggunakan bahan dasar gula Jawa atau gula aren. Sebelum dicampurkan dengan adonan, kacang tanah terlebih dahulu digoreng. Setelah digoreng kacang digebuk hingga menjadi potongan kecil-kecil.

Jipang kacang dibuat dengan menggunakan cetakan untuk menghasilkan bentuk yang rapi. Salah satu jajanan dengan cita rasa manis yang sayang untuk Anda lewatkan.

Nah, itulah 10 camilan serba kacang khas daerah indonesia yang bisa Anda coba. Manakah camilan yang paling menggugah selera?



Leave a Reply