9 Oleh-oleh Khas Samarinda Terkenal Enak Buruan Para Wisatawan


Dila  May 16, 2018  0 Comment

Jalan-jalan ke Samarinda tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh berupa cinderamata ataupun makanan. Oleh oleh khas Samarinda sangat bervariasi dari mulai yang paling enak hingga paling banyak diburu oleh wisatawan. Samarinda yang terkenal dengan produksi tekstilnya menjadi cinderamata paling wajib anda bawa pulang. Bagaimana dengan oleh-oleh yang terbuat dari makanan? Olahan makanan khas Samarinda lebih dominan manis. Daripada anda bingung dan penasaran, Berikut ini oleh oleh khas Samarinda

1. Sarung Samarinda

Sarung Samarinda

www.sarungatlas.co.id

Anda pasti sangat familiar dengan sarung, karena orang Indonesia doyan mengenakan sarung. Sarung Samarinda merupakan salah satu produk unggulan yang diproduksi oleh masyarakat lokal Samarinda. Dahulu Sarung Samarinda diperkenalkan pertama kali oleh pendatang suku Bigis yang berasal dari Sulawesi pada tahun 1668. Tentunya anda menginginkan oleh-oleh khas Samarinda yang terbuat dari kain seperti sarung satu ini. Anda bisa menjadikan kain sarung ini pada saat moment lebaran bersama keluarga. Harga Sarung Samarinda berkisar 100-200 ribu rupiah tergantung ukuran dan bahan dasarnya.

Review kuliner

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Ayam Lodho Pak Yusuf bikin nagih

2. Keminting Samarinda

Keminting Samarinda

bukalapak

Keminting Samarinda merupakan salah satu oleh oleh khas Samarinda yang juga terkenal dikalangan wisatawan. Keminting hanya bisa anda temukan di Samrinda, karena olahan satu ini terbuat dari biji kemiri yang dicampur dengan sagu, tepung, dan gula. Rasanya sangat manis dan sedikit lebih lemak. Teksturnya yang kasar dan beruas rapi membuat anda penasaran untuk segera mencicipinya. Anda jangan ragu memilih Keminting kedalam daftar oleh oleh khas dari Samarinda. Untuk harganya sendiri dihitung per kilo. Jika anda tidak ingin membawa kemasan keminting berukuran besar, maka pilih saja ukuran medium. Jadi, bagi anda suka nyemil, Keminting khas Samiranda bisa dimasukan kedalam daftar oleh-oleh yang wajib dibawa pulang.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya Cocok Untuk Teman dan Keluarga

3. Gula Gait

Gula Gait

gulagaitareta.blogspot.com

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa oleh oleh khas Samarinda yang diolah menjadi panganan rasanya lumayan manis. Gula Gait sebenarnya menjadi salah satu ikon khas Samarinda yang terbuat dari campuran gula aren dan gula putih. Untuk membuat olahan ini, masyarakat Samarinda membutuhkan waktu yang lumaya lama hingga Gula Gait dapat dinikmati. Jajanan khas Samarinda ini sangat unik dan berasa legit di mulut, selain itu tampilannya yang sangat imut menyerupai kayu. Temukan makanan ini di tempat oleh-oleh dan jangan takut kehabisan, karena stoknya akan selalu tersedia. Bagi anda yang tidak ingin bepergian ke luar hotel, anda bisa memesannya lewat online langsung dari tempat pembuatan Gula Gait.

4. Amplang

Amplang

elyanica.blogspot.co.id

Oleh-oleh tidak selalu berupa cinderamata, buktinya camilan menjadi buah tangan yang digemari dan paling mudah dibawa. Salah satunya adalah Amplang menjadi oleh oleh khas Samarinda yang paling terkenal banyak diburu olehh wisatawan. Terbuat dari olahan ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung kanji. Tidak lupa bumbu yang dicampur kedalam adonan sangat khas sehingga memberikan cita rasa yang gurih dan renyah di mulut. Jika anda ingin oleh-oleh yang ringan, Amplang adalah opsi yang tepat. Untuk camilan satu ini dihargai berkisaran 30-100 ribu rupiah beradasarkan beratnya. Anda tertarik membeli Amplang? Minta driver mengantarkan anda ke tempat toko oleh oleh khusus Amplang di Samarinda.

5. Bolu Gulung Durian Panglima

Bolu Gulung Durian Panglima

magazine.job-like.com

Oleh oleh khas Samarinda yang juga terkenal yaitu bolu Gulung Panglima. Panganan satu ini wajib anda bawa pulan untuk dibagikan ke tetangga anda di rumah. Terbuat dari durian Panglima inilah yang menjadi bolu ini istimewa. Ada banyak varian rasa yang bisa anda dapatkan dan semuanya berasal dari bahan-bahan yang berkualitas. Anda juga bisa memilih isi bolu dari durian dan daging. Inilah yang membuat wisatawan ingin segera mencicipi bolu gulung Durian Panglima. Selain rasanya yang legit, adonan yang dibuat untuk bolu ini dicamur dengan durian dan bisa juga dipadukan dengan daging. Bolu harus segera dibagikan ke tetangga anda jika sudah tiba di rumah, karena kue ini tidak cukup lama masa expirednya sekitar 3-4 hari saja.

Baca juga :  7 Rekomendasi Kuliner Khas Yang Enak di Nunukan

6. Abon Ikan Haruan

Abon Ikan Haruan

blog.kulina.id

Selain Amplang, ada juga oleh-oleh khas Samarinda lainnya yang juga terbuat dari ikan yaitu Abon. Abon ikan Haruan merupakan nama lain dari ikan gabus. Samarinda, Kalimantan Timur memang sangat terkenal dengan ikan gabus yang sudah menjadi makanan khas penduduk lokal. Kini tidak hanya digoreng, ikan Haruan ini sudah diolah menjadi abon yang lezat dan bebas pengawet. Abon ikan gabus ini punya cita rasa yang khas. Oleh sebab itu banyak wisatawan memburu oleh-oleh abon khas Samarinda. Harga abon ikan Haruan cukup bervariasi tergantung dengan jenisnya. Biasanya harga abon ikan Haruan sangat bervariasi dimulai dari 15-20 ribu per ons nya.

7. Kue Ilat Sapi

Kue Ilat Sapi

kaltim.prokal.co

Kue Ilat Sapi jika diartikan kedalam bahasa jawa artinya lidah sapi. Jangan terkecoh dengan artinya, karena kue Ilat Sapi terbuat dari gula merah dan tepung. Sebenarnya kue ini juga cukup tekenal di Semarang. Tidak hanya menjadi panganan masyarakat lokal pada saat bertamu, Kue ini juga menjadi oleh-oleh yang paling diburu oleh wisatawan. Warnanya yang coklat dan berbentuk bulat dengan taburan wijen diatasnya, rasanya yang enak dan lemak. Ini bisa menjadi oleh-oleh yang sangat simpel juga mudah dibawa. Oleh oleh khas Samarinda memang tidak pernah ada habisnya dan terasa empuk pada saat dikonsumsi. Harga kue Ilat Sapi khas Samarinda terbilang murah. Panganan ini bisa didapat disetiap toko oleh-oleh yang anda lalui.

8. Kaos

Kaos

kaosilove.com

Siapa yang tidak membeli kaos pada saat anda berkunjung ke suatu daerah untuk sekedar jalan-jalan? Sungguh terlalu jika anda tidak membeli kaos khas dari daerah tersebut. Kaos sudah menjadi oleh oleh khas Samarinda yang sangat tekenal dan paling dicari oleh wisatawan. Desain kaos yang khas diambil dari kebudayaan atau kearifan lokal di Samarinda. Anda bisa memilih kaos yang anda inginkan dan motifnya bervariasi. Kaos Samarinda bisanya juga merepresentasikan suku dayak dengan ukiran yang khas. Beli di tempat aslinya agar kualitas kaos tetap terjaga.

Baca juga :  15 Makanan Khas Kendari yang Wajib Kamu Cicipi!

9. Aksesoris dan Pernak-pernik khas Samarinda

toko oleh-oleh terdekat

qiijrindah.blogspot.com

Aksesoris dan pernak-pernik juga menjadi salah satu oleh oleh khas Samarinda yang paling diburu oleh wisatawan. Berbicara aksesoris dari Kalimantan Timur pastinya tidak terlepas dari olahan kayu. Kalimantan memang sangat terkenal dengan etniknya yang unik dalam membuat ukiran dari kayu. Oleh sebab itu momen ini dijadikan mata pencaharian para pengrajin aksesoris yang berasal dari Kalimantan Timur. Ada banyak sekali oleh-oleh khas Samarinda yang bisa anda temukan di pasar induk. Pernak-pernak ini berbentuk gelang dan kalung yang terbuat dari kayu. Gelang merupakan pilihan yang paling populer bagi wisatawan muda. Dan mungkin anda adalah salah satunya.



Leave a Reply