7 Minuman Khas Gorontalo Segar Dari Bahan Tradisional


Fida  February 11, 2022  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Saat berkunjung ke salah satu daerah di Indonesia, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba berbagai kuliner yang ditawarkan. Bagaimana tidak, berbagai daerah tentu menawarkan dengan cita rasa khas dan berbeda dengan daerah lainnya.Gorontalo merupakan salah satu daerah yang terletak di Sulawesi dan dikenal menawarkan cukup banyak kuliner khas. Tidak hanya makanan, kamu juga akan dimanjakan dengan banyaknya minuman khas yang menarik untuk dicoba. Beberapa minuman khas Gorontalo dikenal memiliki tampilan serta cita rasa yang unik dan beragam. Saat berkesempatan datang ke kawasan Gorontalo, salah satu dari 7 minuman berikut ini tentu sayang untuk tidak kamu coba.

1. Saraba

saraba
kompas.com

Salah satu rekomendasi minuman khas Gorontalo yang populer dan bisa kamu coba adalah saraba. Minuman ini kerap disebut mirip dengan wedang jahe dari daerah Jawa. Saraba juga dibuat dengan menggunakan bahan utama potongan jahe yang direbus. Selain itu, minuman ini juga disajikan bersama dengan tambahan bahan berupa gula aren dan juga susu. Untuk penambah stamina, telur ayam kampung juga kerap dipilih sebagai campuran minuman ini sebelum dikonsumsi.

Karena dibuat dengan bahan utama jahe, tidak heran jika saraba memberi sensasi hangat pada tubuh. Oleh karena itu, minuman ini kerap dikonsumsi saat musim dingin atau menjelang malam.

Selain dikenal unik, minuman ini juga melalui proses pembuatan yang cukup mudah. Langkah pertama adalah dengan cara merebus air bersama potongan jahe. Setelah itu, buang ampas jahe dan tambahkan beberapa tambahan bahan yang diinginkan. Saat berkunjung ke Gorontalo, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba uniknya minuman yang satu ini.

GoTravelly

JI Gelato: Restoran Gelato Pertama Di Tanah Buton

Air Terjun Kogawuna Baubau Yang Tetap Segar Di Musim Hujan

2. Bohito Fruity

bohito fruity
keluyuran.com

Rekomendasi minuman khas Gorontalo berikutnya adalah bohito fruity. Minuman yang satu ini dan disukai oleh masyarakat lokal serta banyak membuat wisatawan penasaran. Bohito merupakan sebutan air nira yang berasal dari pohon aren. Minuman unik yang satu ini dibuat dengan cara merebus air nira yang telah ditampung di dalam bambu. Tidak lupa juga ditambahkan beberapa bahan salah satunya adalah kembang telang.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, bohito fruity juga dikenal segar. Minuman yang satu ini biasa disajikan dalam keadaan dingin dengan adanya tambahan es batu. Minuman khas Gorontalo yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba.

3. Bohito Presso

bohito presso
genpi.co

Selain bohito fruity, bohito presto juga menjadi salah satu rekomendasi minuman khas Gorontalo yang populer dan menarik untuk dicoba. Minuman yang satu ini juga menggunakan air nira segar sebagai bahan utamanya. Berbeda dengan bohito fruity yang dibuat dengan campuran air nira dan bunga telang, minuman ini dibuat dengan campuran air nira dan kopi khas Gorontalo.

Begitu presto dibuat dengan proses yang cukup mudah yakni dengan cara merebus air nira hingga mendidih. Setelah itu, air nira kemudian didinginkan sebelum dicampur dengan kopi khas Gorontalo. Kopi khas Gorontalo memiliki cita rasa yang unik sehingga minuman ini juga menghasilkan cita rasa yang khas. Bagaimana, tertarik untuk mencoba salah satu minuman khas Gorontalo berupa campuran air nira dan campuran kopi ini?

4. Es Brenebon

es brenebon
daerahkita.com

Pernah mendengar sebutan es brenebon? Es brenebon dikenal sebagai salah satu minuman khas Gorontalo yang populer tetapi saat ini sudah cukup langka. Sesuai dengan tampilannya, minuman ini dibuat dengan menggunakan bahan utama kacang merah.

Kacang merah diolah dengan cara direbus dan ditambahkan dengan beberapa toping sebelum disajikan. Beberapa topping yang digunakan diantaranya puding, sirup pandan, susu coklat, dan juga es serut. Biasanya, minuman segar yang satu ini disajikan dalam mangkuk kecil. Es brenebon juga sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadhan tiba.

Selain dikenal lezat dan segar, minuman ini juga dikenal menyehatkan serta mengenyangkan. Salah satu minuman khas Gorontalo yang dikenal sebagai minuman tradisional ini tentu sayang untuk kamu lewatkan.

5. Omu

omu
liputan6.com

Ada banyak sekali pilihan minuman khas Gorontalo yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah omu. Minuman yang satu ini juga dikenal cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1957. Biasanya, omu sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadhan tiba.

Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama kelapa muda yang dicampur dengan beberapa bahan lainnya seperti gula merah yang dibuat dari fermentasi air aren. Selain itu, terdapat juga potongan jeli yang dibuat dengan bahan dasar tepung sagu. Adanya tambahan es batu juga menjadikan minuman ini semakin segar saat dinikmati. Saat berkunjung ke Gorontalo, berburu minuman khas yakni omu tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.

6. Gohu Pepaya

gohu pepaya
yummy.co.id

Gohu Pepaya juga dikenal sebagai salah satu minuman khas Gorontalo yang banyak diminati oleh masyarakat lokal dan berhasil membuat wisatawan penasaran. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama buah pepaya tepatnya buah pepaya muda. Jika dilihat dari tampilannya, ini dapat dikatakan menyerupai asinan atau sejenis rujak.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan buah pepaya muda bersama dengan cuka, air matang, cabe, gula, garam, dan juga jahe. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan sensasi segar dengan perpaduan rasa manis, pedas, dan juga asam. Menikmati lezatnya gohu pepaya dalam keadaan dingin saat suasana panas tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Saat berkunjung ke Gorontalo, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu lezatnya minuman unik yang satu ini.

7. Kopi Pinogu

Minuman Khas Gorontalo
liputan6.com

Kopi pinogu tentu sudah tidak asing lagi dikenal sebagai salah satu produk unggulan kopi organik di Gorontalo. Kopi pinogu berasal dari daerah pertanian yang terletak di Kecamatan Pinogu. Campuran dari kopi robusta dan kopi liberika ini memberikan sensasi rasa yang khas.

Kopi yang satu ini memiliki rasa asam yang kuat. Karena dikenal memiliki cita rasa yang khas, maka tidak heran jika kopi pinogu banyak dilirik oleh pecinta kopi dunia. Konon katanya, minuman kopi ini juga disukai oleh ratu Belanda. Menarik sekali bukan?

Nah, itulah daftar 7 minuman khas Gorontalo yang menarik untuk kamu coba. Dari 7 rekomendasi di atas, minuman manakah yang tampak paling menggoda dan ingin kamu coba saat berkunjung ke Gorontalo?



Leave a Reply