pribadiganda | Tourist
Bau Bau, Sulawesi Tenggara, Indonesia | Waterfall
05 May 2020


Air Terjun Kogawuna Baubau yang Tetap Segar di Musim Hujan
Di musim hujan, air terjun seperti Kowaguna di Baubau ini memang tampak kecoklatan. Namun, tampilannya justru tidak mengurangi kesegaran yang dirasakan saat mandi dan berenang di sana.

How to Get There

Air terjun Kogawuna adalah salah satu air terjun favorit di Kota Baubau. Akses ke lokasinya saat ini cukup mudah dijangkau, karena melewati jalan beraspal. Padahal sebelumnya, orang-orang yang ingin merasakan kesegarannya harus melalui jalan pengerasan bersemak sepanjang 3 kilometer dari jalan poros.

Letaknya di Kelurahan Lakologou, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau. Jalan masuk menuju lokasi tepat berada di belakang kantor camat Bungi, sekitar 10 kilometer dari kota. Selain melalui jalan beraspal, alternatif jalan lain bisa lewat perumahan Waruruma, Kokalukuna. Namun jalannya masih dalam pengerasan dan harus melalui penurunan yang curam.

Meski jarak dan akses yang saat ini sudah lebih mudah, namun pengunjung masih harus melewati hutan dan menyeberangi sungai di atas pipa besar sejauh 200 meter untuk tiba di kaki air terjun. Pengunjung diharapkan berhati-hati saat musim hujan, karena jalur hutan menjadi becek dan pipa jembatan penyebangan jadi licin.

air terjun kogawuna
air terjun kogawuna
Rintangan yang harus dilalui tersebut menjadi jadi tidak terasa ketika tiba dan menyaksikan langsung atmosfer air terjun Kogawuna ini. Keindahan alam air terjun di antara pepohonan yang rimbun begitu menyegarkan dan menenangkan.

air terjun kogawuna

What to Do

Memang di saat musim hujan, warna aliran air dari air terjun tampak kecoklatan. Itu akibat endapan lumpur dari atas yang terbawa oleh aliran yang deras, sehingga membuat air keruh dan kecoklatan.

Namun pengunjung tidak perlu khawatir, karena warna yang tampak tidak mempengaruhi sensasi kesegaran dari air terjun ini. Dengan debit yang besar, pengunjung justru dapat dengan puas melompat terjun dari undakan bibir air terjun.

air terjun kogawuna
Pengunjung juga tetap harus berhati-hati agar tidak terseret derasnya kucuran air dari atas saat berenang tepat di bawah air terjun. Juga harus waspada agar tidak berkunjung saat intensitas hujan sedang tinggi, karena bisa terjadi air bah di sepanjang aliran air terjun.


Lebih mantap bila berkunjung ke air terjun Kogawuna di luar musim hujan. Warna aliran air tampak lebih jernih dan segar. Pengunjung juga dapat melihat sampai ke dasar aliran air.

Air terjun Kogawuna memiliki dua tingkatan. Di tingkatan pertama, atau yang menjadi air terjun utama, bibir undakan sampai ke bawah setinggi sekitar 7 meter dengan kedalaman air lebih dari 2 meter. Di sini lebih banyak pengunjung yang mandi dan berenang, karena lebar aliran air cukup besar.

air terjun kogawuna
air terjun kogawuna
Sedangkan di tingkatan kedua, bibir undakan hanya setinggi sekitar 2 meter. Selain tidak setinggi dari tingkatan pertama, sepanjang aliran di depan air terjun tingkatan kedua ini masih banyak batu-batu cadas. Sehingga kurang bagus berenang di bagian sini.


air terjun kogawuna
air terjun kogawuna
Debit aliran air dari air terjun ini memang cukup besar, sehingga di dekatnya didirikan penampungan air dari Perusahan Daerah Air Minum (PDAM). Pipa besar yang dilewati menuju ke air terjun ini juga adalah sarana yang didirikan oleh pihak PDAM.


air terjun kogawuna
Jadi di antara kelebihan dari wisata air terjun Kogawuna ini adalah belum adanya jembatan yang dapat digunakan untuk menyeberang. Mungkin kalau sudah ada jembatan, anak-anak dan orangtua pun dapat menikmati bermandi di air terjun ini. Bahkan destinasi wisata ini dapat dikomersialisasi lebih luas.

Tips and Trick
  1. Membawa pakaian berganti bila ingin mandi atau berenang di air terjun.

  2. Menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

  3. Menjaga sikap dan tutur kata selama berada di lokasi wisata.
  4. Tetap berhati-hati saat berkunjung di musim penghujan.
  5. air terjun kogawuna

Where to Stay
Belum ada tempat penginapan yang tersedia di dekat lokasi wisata, karena jarak ke kota lebih dekat dan mudah dicapai.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY