8 Minuman Khas Arab, Kaya Rempah Dan Menyehatkan


Fida  February 28, 2022  0 Comment

Arab Saudi dikenal sebagai salah satu wilayah yang menawarkan banyaknya minuman khas. Berbagai minuman dibuat kaya akan rempah serta memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Saat berkunjung ke kawasan Arab Saudi, beberapa minuman berikut ini tentu sayang untuk tidak kamu coba.

1. Mint Lemonade

mint lemonade
thetravelbite.com

Salah satu rekomendasi minuman khas Arab yang populer dan menarik untuk kamu coba adalah mint lemonade. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan dasar lemon. Adanya tambahan berupa daun mint juga menjadikan minuman ini semakin segar dan kaya manfaat.

Di Arab Saudi, minuman yang satu ini sangat diburu karena sangat segar dan cocok dinikmati saat cuaca panas. Saat musim haji lalu, suhu udara di Arab mencapai 50 derajat celcius. Tidak hanya segar, minuman yang satu ini juga dapat menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh.

Minuman yang satu ini tidak hanya digemari oleh masyarakat lokal saja tetapi juga banyak membuat wisatawan penasaran sekaligus ketagihan setelah mencobanya. Di Arab sendiri tentu menjadi hal yang mudah untuk menjumpai penjual minuman mint lemonade. Bagaimana, tertarik untuk mencoba segarnya minuman khas Arab yang satu ini?

Gotravelly

Fruit Factory Juice N Shake: Kedai Minuman Segar Dan Menyehatkan

Ngopi Ala Jogja Dengan Konsep Menarik Di Coffee Joglo

2. Qishr

qishr
pinterest.com

Pernahkah kamu mendengar minuman dengan sebutan qishr? Minuman yang satu ini dikenal sebagai salah satu minuman khas Arab yang pertama kali dipopulerkan oleh masyarakat Yaman dan Eutopia. Saat datang ke Arab, tentu menjadi hal yang mudah untuk menjumpai minuman yang satu ini.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan minuman qishr adalah kopi, jahe, kapulaga, dan juga kayu manis. Tidak hanya dikenal khas, minuman yang satu ini juga memiliki banyak manfaat diantaranya dapat menghangatkan tubuh sekaligus memberikan energi. Untuk menambah cita rasa manis, beberapa orang biasanya memberi tambahan berupa gula atau kurma ke dalam minuman ini.

Saat berkunjung ke Arab Saudi, tidak ada salahnya bagi kamu untuk berburu minuman khas dan kaya manfaat yang satu ini. Setelah mencoba minuman qishr, kamu tentu akan merasakan sensasi khas serta ketagihan.

3. Tamer Hindi

tamer hindi
lifestyle.okezone.com

Ada cukup banyak pilihan minuman khas Arab yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah Tamer Hindi. Minuman yang satu ini tentu sudah tidak asing dan populer di kalangan masyarakat lokal. Minuman ini merupakan jus yang dikenal dengan cita rasanya yang asam dan menyegarkan.

Tamar Hindi dibuat dengan menggunakan pecahan buah asam dan ditambahkan dengan gula. Oleh karena itu, maka tidak heran jika minuman ini memiliki rasa yang cenderung asam.

Karena Arab dikenal memiliki cuaca atau suhu yang panas, maka mengkonsumsi Tamar Hindi menjadi hal yang tepat untuk kamu coba. Minuman yang satu ini juga mulai banyak diburu oleh wisatawan karena dikenal unik dan khas. Saat berkunjung ke Arab, Tamar Hindi menjadi salah satu minuman yang sayang untuk kamu lewatkan.

4. Sobya

sobya
kumparan.com

Pernah mendengar sebutan minuman sobya? Sobya dikenal sebagai salah satu minuman khas Arab yang menarik untuk kamu coba. Minuman yang satu ini akan banyak kamu jumpai di berbagai daerah saat kamu berkunjung ke Arab. Jika dilihat dari tampilannya, minuman yang satu ini memiliki warna khas yakni berwarna putih.

Sobya dibuat dengan melalui proses fermentasi roti coklat. Sebelum disajikan, minuman yang satu ini terlebih dahulu ditambahkan dengan beberapa bahan seperti bubuk kelapa, gula dan juga susu.

Saat pertama kali mencobanya, kamu dapat langsung merasakan rasa yang unik dan khas dari minuman ini. Saat berkesempatan datang ke Arab, minuman ini tentu menjadi salah satu yang sayang untuk kamu lewatkan.

5. Jus Carob

jus carob
bogor-today.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan minuman jus carob? Jus carob merupakan salah satu minuman khas Arab yang populer dan menarik untuk kamu coba. Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama pod carob. Saat berkunjung ke Arab, tentu menjadi hal yang tidak untuk berburu dan mencoba lezatnya minuman yang satu ini.

Saraf sendiri merupakan bubuk coklat yang berasal dari Mediterania. Masyarakat Arab juga mempercayai bahwa carob dikenal lebih menyehatkan daripada coklat. Karena dikenal unik dan khas, maka tidak heran jika minuman yang satu ini banyak diburu dan digemari oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Arab. Saat berkunjung ke Arab, tidak ada salahnya jika kamu berburu minuman yang unik dan kaya manfaat yang satu ini.

6. Leban

leban
saryadinilan.blogspot.com

Leban juga dikenal sebagai salah satu dari banyaknya minuman khas Arab yang populer dan digemari oleh masyarakat. Minuman yang satu ini dikenal sebagai minuman kesehatan dengan banyak manfaat bagi tubuh.

Leban dibuat dengan menggunakan bahan utama butter milk. Minuman yang satu ini sangat cocok dinikmati saat pagi hari. Saat datang ke Arab, tentu menjadi hal yang mudah untuk menjumpai minuman Leban. Kamu dapat membelinya di berbagai pasar atau swalayan di seluruh Arab Saudi. Tertarik untuk mencobanya?

7. Ayran

ayran
cantik.tempo.co

Tidak kalah menarik dengan minuman Leban, Ayran juga dikenal sebagai salah satu minuman khas Arab yang menarik untuk kamu coba. Jika leban dibuat dengan bahan utama butter milk, tetapi Ayran dibuat dengan bahan utama yoghurt.

Saat mencoba minuman yang satu ini, kamu akan merasakan cita rasa yang sedikit asin. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja, minuman ini juga banyak digemari di berbagai negara di Timur Tengah hingga Turki. Ayran menjadi salah satu minuman khas Arab yang tentu sayang untuk tidak kamu coba.

8. Karkadeh

Minuman Khas Arab
honestcooking.com

Minuman khas Arab selanjutnya yang sayang untuk tidak kamu coba adalah karkadeh. Minuman yang satu ini dikenal sangat populer hampir di seluruh wilayah Timur Tengah.

Jika dilihat sekilas, karkadeh memang memiliki tampilan yang mirip dengan teh. Tetapi sebenarnya minuman ini menggunakan daun bunga jenis Hibiscus sabdariffa. Bunga ini banyak dijumpai di daerah Timur Tengah dan dikenal dengan warnanya yang cantik dan merah menyala.

Saat diolah menjadi minuman, karkadeh juga memiliki warna merah yang sedikit gelap. Sebelum disajikan sebagai minuman, langkah pertama adalah dengan cara memetik bunga kemudian dikeringkan. Setelah bunga benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan air panas pada bunga kering. Menarik sekali bukan?

Nah itulah daftar 8 rekomendasi minuman khas Arab yang dikenal khas dan menarik untuk kamu coba. Saat berkesempatan datang ke Arab, minuman manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba?



Leave a Reply